Cara Memelihara Kura-Kura Kecil Untuk Pemula


Cara Memelihara Kura-Kura Kecil Hingga Besar Untuk Pemula - Sebelum  memelihara kura-kura sebaiknya ketahui dulu karakteristik kura-kura.

Apa sih Kura-kura ??

Kura-kura merupakan hewan air tawar yang memiliki tempurung dan berfungsi sebagai perlindungan diri saat terancam. Kura-kura masih kerabat dekat dengan bulus(biasa disebut labi-labi) dan juga penyu.

kura-kura brazil

Ada banyak alasan kenapa seseorang tertarik memelihara kura-kura. Bentuknya yang unik dengan cangkang/tempurung yang keras. Selain itu kura-kura juga terlihat menyeramkan seperti hewan purba. Ada banyak jenis kura-kura yang biasa dipelihara diantaranya kura-kura kotak-kotak, kura-kura mata-mata, kura-kura aligator, kura-kura galapagos, kura-kura kepala babi, kura-kura hijau, kura-kura brazil, kura-kura ambon dan masih banyak jenis lainnya.

Apa Anda beminat memelihara Kura-kura ??

Sebelum memelihara kura-kura sebaiknya ketahui dahulu cara merawat dan memelihara kura-kura kecil mulai dari kandang, pemberian pakan, perawatan kura-kura. Sebaiknya kita bahas satu persatu kawan.

1. Kandang (bisa berupa kolam atau akuarium)

Kandang merupakan tempat untuk hidupdan menetap kura-kura anda, jadi gunakan kandang (kolam/aquarium) yang nyaman.

Berikut ini tips memilih kandang untuk Kura-kura :

1. Hal pertama saat akan memelihara adalah pemilihan kandang yang tepat agar kura-kura kalian nyaman dan tidak stres.

2. Ada dua jenis kura-kura berdasarkan habitatnya yaitu kura-kura air dan kura-kura darat.
>> Kura-kura Air : jenis ini lebih banyak berdiam didalam air. Kalian bisa memeliharanya di dalam aquarium maupun kolam. Anda bisa membuat aquarium sendiri atau membelinya ditoko. Tambahkan bebatuan atau tanah dipinggiran kolam agar kura-kura sesekali bisa naik kedaratan.
>> Kura-kura Darat : jenis ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berdiam didarat. Dan jenis ini lebih cocok dipelihara di dalam kolam. Meskipun ini kura-kura darat tetapi kalain harus tetap memberikan air didalam kolam.

3. Lengkapi kandang dengan hiasan/barang yang sesuai dengan jenis kura-kura.
>>  Jika kalian memelihara didalam ruangan : kalian memerlukan sumber cahaya seperti lampu, bebatuan, air untuk berenang dan hiasan lainnya.
>> Jika kalian memelihara di luar ruangan : buatlah kolam yang sesuai dengan ukuran kura-kura. Tambahkan bebatuan dan rumput disekitar kolam. Jangan lupa paggari punggir kolam agar kura-kura tidak kabur.

4. Letakan kandang ditempat yang tepat. Jangan ditaruh di ruangan yang terlalu dingin, jangan juga diletakan ditempat terbuka tanpa ada atap dan tempat berlindung saat cuaca panas tirik.

2. Pemberian Pakan Yang Baik dan Benar



Berikut ini Cara Pemberian Pakan yang Benar :

1. Kura kura merupakan hewan yang pilih-pilih makanan. Kalian bisa mencoba beberapa jenis makanan untuk mengetahui makanan mana yang cocok untuk kura-kura anda.

2. Kura-kura darat merupakan herbivora, mereka lebih suka mengkonsumsi dedaunan hijau. Rumput merupakan makan kesukaan jenis ini selain itu Kubis, Brokoli dan sayuran lainnya.

3. Sedangkan Kura-kura  Air lebih cenderung karnivora, mereka lebih suka makan udang, ikan-ikan kecil, siput, cacaing tanah, belalang dan jangkrik. Potong kecil-kecil pakan tersebut agar tidak menyulitkan kura-kura saat menyantapnya. Kalian juga bisa menambahkan sayuran hijau sebagai selingan untuk menambah nutrisi kura-kura.

4. Cukup berikan makanan 3 - 4 kali sehari, kecuali memang itu spesies khusus. Jauhkan tangan kalian dari mulut kura-kura agar tidak tergigit, saat diberi makan kura-kura cenderung lebih agresif.

5. Buang dan bersihkan pelet yang tersisa atau mengapung. Hal ini dilakukan agar kondiai air tetap bersih dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.



3. Pemeliharaan atau Perawatan Kura-kura Air Tawar



Berikut ini Cara Merawat Kura-kura Darat/Air :

1. Pertimbangkan bila ingin memelihara hewan lain dalam satu kolam/akuarium. Hindari hewan lain seperti ikan sapu-sapu, ikan lele atau ikan lain yang membahayakan dan mengandung racun. Meskipun kura-kura air merupakan karnivora dan akan menyantap hewan air lain seperti ikan, namun duri dari ikan lele bisa membahayakan dan nyangkut ditenggorokan kura-kura.

2. Cukup ganti 25% air aquarium satu minggu sekali (jangan pernah membuang seluruh air dalam aquarium karena akan menghilangkan bakteri baik). Selain itu jangan pula mencuci bersih filter air, apalagi membersihkannya dengan sabun. Cukup bilas filter agar kotoran hilang.

3. Bersihkan sisa makanan yang ada pada kolam, paling tidak 3 hari sekali. Sisa makanan akan menimbulkan tumbuhnya bakteri. Selain itu endapan makanan juga menimbulkan bau tidak sedap.

4. Bersihkan kotoran kura-kura setiap hari menggunakan sekop kecil. Hal ini berlaku untuk kura-kura darat.

5. Sebelum dan sesudah memegang kura-kura pastikan tangan dalam keadaan sellu bersih. Perlu diingat setiap hewan dapat menularkan virus kepada manusia. 





0 Response to "Cara Memelihara Kura-Kura Kecil Untuk Pemula"

Post a Comment