Umpan Dan Teknik Mancing Rock Fishing (Karangan)


Cara Mancing Rock Fishing (Karangan) -  Pernahkan anda mendengar kata rock fishing? Atau bahkan sudah pernah memancing dengan teknik rock fishing atau yang biasa disebut memancing karangan. Olahraga memancing ektrim yang cukup mengerikan. Kenapa? Teknik ini dilakukan dari atas tebing karang namun sensasi yang didapat sangat memacu adrenalin.

Saat memancing karangan (rock fishing) dibutuhkan kerjasama tim, dan minimal 3 orang pada saat strike dan penjangkaran (proses penaikan ikan). Selain itu siapkan mental dan fisik yang harus prima. Mengingat spot memancing yang berada di tebing dengan ketinggian 20-50 meter bahkan lebih.

surflifesaving.com.au
Namun hal tersebut terbayar saat strike dengan pemandangan indah dari atas tebing. Untuk memancing teknik rock fishing tentu dibutuhkan umpan yang tepat. Jenis ikan yang bermukim disekitaran tebing tentu berfariasi. Begitu pula umpan yang kalian pakai, umpan bisa diibaratkan peluru bagi senjata api. Selain itu peralatan atau piranti juga harus mendukung.
Penting!! : Saat memancing karangan (rock fishing) harus extra hati-hati. Spot mancing dengan tanah merah dan berlumpur juga sangat licin. Sedang spot land base bahaya akan tersapu ombak. Untuk itu Pengetahuan tentang Spot, Cuaca dan Gelombang pasang dan surut sangat penting.
Pelaratan Yang Harus Dimiliki Seorang Pemancing Rock Fishing (Karangan)

1. Joran

Saat memuntuskan memancing rock fishing gunakan joran/rod sambung 3 berbahan fiber, grafit atai carbon dengan panjang 3.9 - 4.2 meter.

2. Reel

Kalian bisa menggunakan reel dengan ukuran minuman 5000. Jangan memaksakan menggunakan reel kecil karena kita tidak tau sebesar apa predator yang akan menyambar.

3. Line 

Gunakan line/senar PE atau monofilament ukuran PE 5-10 / 0.35 - 0.60.

4. Mata Kail/Hook

Pemilihan mata kail/hook bisa disesuaikan dengan ikan target kalian. Untuk target ikan kecil bisa menggunakan kali ukuran 2/0 - 3/0. Sedangkan target predator yang besar gunakan mata kail ukuran 7/0. Pilih mata kail berbahan dasar stainless steel karena lebih kuat dan tahan karat.

5. Shock Leader

Untuk target ikan kecil sampai sedang bisa menggunkan leader 40-60 lbs, sedangkan ikan besar gunakan leader 80 lbs.
Catatan : Kenapa harus menggunakan PE line leader besar? Ingat!! Spot kita memancing bro. Sebesar apapun PE yang kalian gunakan bisa terus bergesekan dengan karang alhasil bakal lewat. Dan untuk berjaga-jaga gunakan PE dengan lbs besar. 
6. Timbel / Timah Pemberat

Dalam pemilihan Timah pemberat tetap harus disesuaikan dengan jenis ikan target. Bila target ikan kecil cukup gunakan timbel ukuran 60-80 gram, sedangkan ikan besar gunakan timbel ukuran 100 gram keatas. Selain itu kalian juga harus menyesuaikan ukuran kenur, pelampung dan arus laut di spot teraebut.

7. Jagrak

Jagrak berfungsi sebagai tempat dudukan joran agar lebih mudah saat menaruhnya. Jangan menaruh joran pada lubang karang, selain tidak kuat juga joran akan mudah lecet dan karatan.

8. Jangkar


mediapancing image


Fungsinya sebagai alat untuk menaikan ikan keatas/darat. Ada banyak model jangkar diantaranya jangkar ganvo mata 2, jangkar kurung, jangkar tombak mata 3, jangkar tunggal.

Umpan Untuk Mancing Karangan (Rock Finsing) Paling Ampuh

1. Ikan Kembung

Ikan kembung ternyata sangat disukai predator air laut seeprti Giant Trevally, Barracuda dan Kakap. Usahakan umpan dalam kondisi segar, kalian bisa menggunakan ikan utuh untuk ukuran kecil atau juga memotongnya menjadi 2 bagian.

2. Ikan Tongkol

Ikan tongkol juga tak kalah ampuh untuk target berupa Ikan Pogot atau jenis predator lainnya. Iris ikan tongkol menjadi beberapa bagian sebelum digunakan.


3. Ikan Dencis

Ikan Dencis yang juga dikenal dengan sebutan ikan teropong sangat ampuh untuk memancing predator air laut. Hampir semua predator menyukai ikan ini seperti Giant Trevally, Barracuda, Kampar, Kakap dan masih banyak lainnya.

4. Ikan Belanak

Umpan satu ini juga patut diperhitungkan, namun tekstur dagingnya yang lembek sehingga mudah hancur terkena ombak dan benturan karang. Namun ini bisa menjadi alternatif saat sulit mencari umpan berupa ikan kembung, tongkol dan dencis.

5. Ikan Teri

Gunakan ikan teri berukuran besar dan tentunya masih segar. Teri sangat ampuh untuk memancing ikan layur saat musimnya tiba.

6. Cumi-Cumi

Teksturnya yang kuat sangat cocok digunakan untuk spot dengan arus yang kuat. Kalian juga bisa memancing cumi-ciumi terlebih dahulu sehingga kondisinya masih segar saat digunakan.

7. Gurita/Kapurito

Inilah umpan yang paling disukai semua predator air asin. Selain itu teksturnya yang keras dan kenyal tidak mudah hancur ternkena ombak dan benturan karang. Kapurito sangat cocok untuk memancing dengan teknik rock fishing.

8. Ikan Air Tawar

Tidak hanya ikan air asin, ikan air tawar juga bisa digunakan. Terlebih lagi kita lebih mudah membawa ikan air tawar hidup sehingga masih segar saat digunakan. Adapun jenis ikan tawar yang bisa kalian pakai seperti ikan lele atau ikan sepat.

Itulah Tips dan Trik Memancing Tehnik Rock Fishing yang perlu kalian terapkan. Persiapan yang matang harus dilakukan agar acara memancing berjalar mulus.





0 Response to "Umpan Dan Teknik Mancing Rock Fishing (Karangan) "

Post a Comment