4 Resep Umpan Ikan Baung Di Sungai Terbukti Ampuh


4 Resep Umpan Ikan Baung Di Sungai Terbukti Ampuh - Apa itu ikan Baung ?? Ikan baung merupakan jenis ikan air tawar yang hidup di sungai mulai dari hulu hingga muara. Ikan baung banyak ditemukan di sungai-sungai di Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Ikan baung juga sering ditemukan di rawa, danau, situ dan waduk. Ikan ini bersifat nokturnal atau lebih aktif malam hari saat mrncari makan. Namun tidak menutup kemungkinan bila ikan baung bisa dipancing di siang hari.


Namun, Siang hari ikan baung akan lebih suka bersembunyi di lubang-lubang persembunyiannya.  Ikan ini lebih suka memangsa ikan-ikan kecil yang berada disekitarnya. Akan tetapi ikan baung juga termasuk golongan omnivora (pemakan segala).

Dibeberapa daerah ikan baung dikenal dengan berbagai sebutan seperti ikan senggal dan singgah di Jawa Barat, ikan beong,  sogo dan baong di Jawa Tengah dan Jogjakarta. Lalu ikan patik, siken, niken, tiken dan tiken boto di daerah Kalimantan.

4 Resep Umpan Ampuh Mancing Ikan Baung

Buat yang sudah sering memancing ikan baung pasti tidak asing lagi dengan umpan ini. Umpan yang sudah sangat terkenal ke ampuhan dan jitunnya.

Umpan apaan Tuhh ??

Umpan Kucur mas broo..!!

Hah umpan kucur. Iya bro karena keampuhannya umpan kucur sampai diperjual belikan dalam bentuk kaleng kecil atau plastik. Dan dipasaran umpan tersebut dibandrol dari Rp. 25.000,- s/d Rp. 50.000. Namun nggak usah khawatir gan, kali ini mimin akan bagikan cara buatnya secara gratis. tis. tis. (maaf sedikit lebay).

umpan kucur

1. Cara Membuat Umpan Kucur

Baiklah gan langsung saja simak apa saja dan bagaimana caranya membuat Umpan Kucur.

Bahan-bahan :
  • 3 Kg Ikan Lele
  • 2 buah Kelapa (parut terlebih dahulu)
  • 1/5 kg Lemak Kambing (kenapa saya pilih lemak kambing??karena lemak kambing mempunyai bau yang lebih tajam dibandingkan lemak hewan lain)
  • Kapas Secukupnya
  • 3 butir Telur Bebek
Bila takaran bahan-bahan diatas terlalu banyak, kalian bisa menyesuaikannya dengan takaran yang sama pula.
Cara Membuatnya :

>> Hancurkan lele menggunakan blender atau Penghancur daging termasuk tulang-tulangnya.

>> Gongseng Kelapa sampai coklat (seperti membuat serundeng)

>> Siapkan wadah lalu masukan serundeng dan lemak kambing aduk sampai merata, kemudian masukan daging lele giling beserta telur itik. Lalu aduk kembali sampai tercampur rata.

>> Masukan kapas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

>> Bungkus adonan menggunakan plastik tebal menjadi beberapa bagian serta ikat kuat.

>> Pendam adonan dalam tanah selam satu minggu sampai umpan membusuk.
Catatan : fungsi kapas pada umpan kucur ialah agar saat dipaki, umpan kucur tetap bisa dikaitkan ke kail walau umpan dalam keadaan busuk. Selain itu kapas juga menyerap bau busuk sehingga bisa lebih awet saat digunakan dan tidak mudah hancur didalam air.
Meski umpan kucur sangat ampuh, namun sebagian orang enggan untuk menggunakannya karena tudak kuat denagn baunya yang menyengat itu.

Tapi tenang kawan bia kalian tidak tahan dengan umpan kucur. Ada kok Alternatif Umpan Ikan Baung selain Umpan Kucur. Umpan di bawah ini juga tidak kalah ampuh gan.



2. Umpan Ikan Baung ( Pelet Udang) | Alternatif Umpan Kucur

Bahan-bahan :
  • Pelet Udang Secukupnya
  • 1 butir Telur Bebek (ambil kuningnya saja)
  • Terasi secukupnya
  • Aur panas secukupnya

Cara Membuatnya :

Siapkan wadah plastik lalu masukan semua bahan. Aduk-aduk adonan sampai tercampur rata. Bila adonan kurang kenyal tambahkan sedikit air panas kemudian aduk kembali.

3. Umpan Ikan Baung (Tepung Ikan) | Alternatif Umpan Kucur

Bahan-bahan :
  • 1 bungkus Tepung Ikan
  • Pelet Udang
  • 2 butir Telur Bebek Rebus (ambil kuningnya)
  • 2 buah Terasi
  • Kapas secukupnya
  • Air Panas secukupnya

Cara Membuatnya :

Siapkan wadah plastik lalu masukan semua bahan jadi satu kecuali kapas. Aduk-aduk adonan sampai merata dan kenyal. Saat akan digunakan tambahkan kapas serta aduk agar umpan meresap kekapas. Umpan siap digunakan.


4. Umpan Ikan Baung (Tepung Terigu dan Kanji) | Alternatif Umpan Kucur

Bahan-bahan :
  • 1/2 gelas Tepung Terigu
  • 1/2 gelas Tepung Kanji
  • 1 butir Telur Bebek
  • Pelet Secukupnya
  • 1 buah Terasi
  • Air panas secukupnya

Cara Membuatnya :

Siapkan wadah plastik lalu masukan semua bahan, aduk dan uleni sampai merata. Goreng adonan tadi setengah matang dan umpan siap digunakan.

Itulah Umpan Kucur ikan baung dan beberapa umpan alternatif kucur. Namun saran mimin bila kalian tahan dengan bau yang menyengat lebih baik gunakan umpan kucur saja.

Tips Cara Memancing Ikan Baung

1. Siapkan peralatan mancing kalian seperti joran, reel, pelampung, kail dan beberapa perlengkapan lainnya.

2. Pilih spot atau lokasi mancing yang tepat. Ikan baung paling suka di sekitar lubuk ditepian sungai namun dalam dan kondisi air tenang.

3. Tentukan waktu memancing anda. Ikan baung lebih aktif mencari makan pada malam hari. Jadi sebaiknya datang pada malah hari saja. Namun bila tetap ingin memancing di siang hari gapapa, tetapi harus pandai-pandai memilih spot.

4. Lemparkan Umpan kespot tadi dan tunggu sampai umpan disambar. Untuk memudahkan pengamatan gunakan pelampung dengan starlight agar terlihat saat malam hari.

5. Tarikan ikan baung sangat agresif dan kuat jadi bersabarlah dan jangan lengah agar tidak boncos, serta bisa mendaratkan ikan tersebut.

TIPS # : Cara Menghilangkan Bau Umpan Kucur yang Menempel Ditangan

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa umpan kucur memang sangat manjur untuk memancing ikan baung. Tapi bau yang menempel ditangan susah sekali hilang walau berhari-hari meski sudah dicuci menggunakan sabun. Karena memang umpan kucur terbuat dari lemak kambing atau sapi serta telur yang membusuk karena proses pemendaman selama berhari-hari.

Dan Untuk menghilangkan bau tersebut cukup menggunakan daun Pisang Kepok. Caranya cari daun pisang kepok yang sudah tua lalu ditumbuk sampai hancur kemudian gosokan ke tangan (tunggu -/+ 5 menit). Lalu bilas dengan air sabun. Dijamin baunya kabur brow. Ramuan ini juga bisa dipakai untuk mencuci peralatan mancing seperti Joran dan Reel.

# tips tersebut mimin ambil dari beberapa sumber.

Mungkin itu saja pertemuan kali ini dengan mimin semoga informasi diatas bisa bermanfaat. Bila ada pertanyaan atau tambahan silakan kirim ke kolom komentar dibawa. Terima kasih. 





0 Response to "4 Resep Umpan Ikan Baung Di Sungai Terbukti Ampuh"

Post a Comment