Cara Membuat Cetakan Soft Frog Mudah dan Murah


Cara Membuat Cetakan Soft Frog Mudah dan Murah - Soft frog adalah umpan mancing yang paling ampuh untuk memancing ikan gabus. Soft frog punya banyak kelebihan dibandingkan jenis umpan lainnya. Soft frog tidak gampang tersangkut di rerumputan dan tanaman air lainnya yang merupakan spot ikan gabus. Tetapi disarankan tetap membawa cadangan soft frog untuk berjaga-jaga.

Di pasaran harga soft frog (lure) lumayan mahal, yakni 20 ribuan untuk yang paling murah. Jika sekali mancing menghabiskan 2 atau lebih soft frog karena tersangkut. Lumayan tekor kan, tiap kali mancing 40 ribu terbuang.

cara membuat cetakan soft frog

Nah !! dari pada tekor kenapa ga buat sendiri aja !! Lumayan kan lebih hemat jadinya.,

Untuk cara membuat soft frog bisa lihat di artikel minim sebelumnya. Banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam membuat soft frog, namun yang paling utama ialah cetakan / mold soft frog.

Kenapa ??

Bentuk cetakan/mold akan mempengaruhi bagus tidaknya soft frog yang kita buat. Membuat cetakan soft frog tidaklah sulit tetapi perlu ketlatenan agar bisa lebih sempurna. Kebanyakan orang membuat cetakan dari bahan kayu, namun buat kita yang tidak biasa tentu sangat menyulitkan.

Tapi tenang disini mimin akan mengajarkan cara pembuatan cetakan soft frog dari semen. Pembuatan cetakan dari semen akan terasa lebih mudah, meski pemula sekalipun. Teknik ini disebut mengcloning/memperbanyak soft frog yang ada.

Langsung saja gan, Cara Membuat Cetakan Soft Frog :

1. Sediakan bahan-bahannya terlebih dahulu, yang meliputi :

  • Soft Frog (sebagai tumbal yang nantinya akan kita cloning/perbanyak)
  • Semen
  • Pasir
  • Air
  • Tusukan (bisa tusukan sate atau apapun yang kuat)

2. Setelah semua bahan siap ambil Soft Frog lalu belah bagian bawah tepat ditengah-tengah.

soft frog kanibalan/tumbal

3. Siapkan wadah untuk mencampur semen dan pasir. Takaran semen dan pasir adalah 2:1. Lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan cukup kental dan menyatu. Jangan terlalu banyak air karena adonan semen akan terlalu encer. Bila adonan terlalu encer bisa tambahkan semen.
TIPS : Gunakan pasir yang lembut agar cetakan atau mold bisa lebih halus dan rata.
4. Masukan adonan semen kedalam soft frog tadi. Pastikan adonan terisi merata dan padat ke soft frog.

5. Masukan tusukan sate ke adonan semen. Posisinya di bagian belakang Soft Frog/SF. Lebih tepatnya pada bagian bawah tempat masuknya double hook nanti. Usahakan posisi tusukan tegak dan tidak miring.





6. Jemur cetakan pada sinar matahari sampai kering. Mungkin bisa memakan waktu 1x24 jam. Pastikan cetakan sudah benar-benar kering.

7. Setelah itu cabut/copot soft frog tumbal tadi dari cetakan. Bila takaran adonan pas pasti akan kuat dan tidak gampang retak/pecah.

8. Selesai. Cetakan sudah jadi dan siap digunakan untuk membuat Soft Frog yang baru.

Dengan cetakan/mold kalian bisa membuat Soft frog sebanyak kalian suka. Atau bisa juga untuk bisnis dengan menjual soft frog. Semoga artikel diatas bisa sedikit membantu.





0 Response to "Cara Membuat Cetakan Soft Frog Mudah dan Murah"

Post a Comment