Cara Membuat Soft Frog dari Lateks untuk Pemula


Cara Membuat Soft Frog dari Lateks untuk Pemula - Buat pecinta casting ikan gabus pasti tidak asing lagi dengan Soft Frog. Soft frog adalah umpan tiruan/buatan/lure mirip kodok yang terbuat dari bahan karet. Soft frog memang paling ampuh untuk memancing ikan Gabus / Toman, sehingga banyak sekali pemancing yang menggunakan umpan ini.

Bahan baku untuk membuat soft frog biasanya ada 2 jenis yaitu sealant dan latex / lateks. Namun kali ini mimin memilih lateks sebagai bahan baku pembuatan soft frog nanti.


Kenapa lateks ?? dan apa itu lateks ??

Lateks adalah cairan getah pohon karet yang dicampur dengan bahan kimia tertentu dan tidak mudah kering/beku sewaktu dikemas. Alasan itulah latex sangat cocok digunakan sebagai bahan baku membuat soft frog. Lateks tersebut berwujud cairan berwarna putih dan aromanya cukup menyengat (mirip amoniak).

Cara Membuat Soft Frog/Kodok Karet dari Lateks/latex :

1. Pertama tama siapkan bahannya dulu bro, Seperti :
  • Cairan Lateks + Pengental dan Pewarna.
  • Cetakan Soft Frog (ditusuk dibagian belakang).
  • Wadah untuk tempat Cairan Lateks.
  • Busa/Styrofoam digunakan untuk dudukan tusukan cetakan.
  • Pisau tajam.
cetakan soft frog


2. Siapkan wadah kecil dan masukan lateks secukupnya (bila ada campurkan pengental latek).  Aduk-aduk sampai tercampur, sebenarnya tetap bisa tanpa pengental. Hanya saja waktu pembuatan akan lebih lama. Jika kalian tidak menggunakan pengental bisa sampai 10 kali pencelupan, namun dengan pengental cukup 6-7 kali pencelupan saja.

cairan lateks

3. Setelah itu celupkan cetakan ke dalam lateks lalu tiriskan, setelah itu tancapkan bilah cetakan ke styrofoam/busa. Kemudian jemur hingga agak kering dan padat. Celupkan lagi cekatan ke adonan lateks > tiriskan dan jemur. Ulangi langkah tersebut sampai dirasa cukup.

4. Bila sudah kering perlu tambahan celupan pada bagian depan soft frog agar lebih tebal. Hal ini dimaksudkan karena bagian depan merupakan jalur untuk menusukan swivel serta jalur benang utama.

5. Setelah bahan baku jadi waktunya pewarnaan. Sebaiknya gunakan tinta khusus lateks. Kenapa ?? Tinta lain mungkin bisa, namun kurang cocok dan warna yang dihasilkan akan mudah luntur.

6. Siapkan pewarna khusus lateks (gunakan warna putih sebagai dasaran). Campurkan pewarna secukupnya ke cairan lateks lalu aduk sampai merata.

7. Setelah pewarna tercampur dan siap, saatnya pencelupan. Celupkan bahan baku (dalam cetakan) ke pewarna lalu tiriskan dan jemur di bawah matahari. Kalian bisa mengulangi langkah ini sampai 2 kali.


8. Bila kalain ingin mewarnai body agar lebih bagus, sebaiknya gunakan warna lain sesuai selera. Cara pembuatan pewarna sama yakni campurkan lateks dan pewarna. Untuk mewarnai body soft frog / SF gunakan benda yanga agak tajam seperti tusuk gigi. Celupkan tusuk gigi ke pewarna lalu lukis pada body sesuai selera. Swtelah itu jemur hingga kering.
TIPS !! Bila sedang mendung dan tidak ada sinar matahari, kalian bisa menggunakan lampu bohlam dengan kotak tertutup agar panas bisa merata. Bisa juga menggunakan hairdryer/pengering rambut. 
9. Proses pewarnaan soft frog telah selesai. Tunggu hingga 1 hari satu malam barulah cetakan bisa dilepas. Gunakan pisau tajam untuk memotong bagian bawah yang nanti sebagai jalur masuk double hook.


10. Selesai. Kalian tinggal memasang kail dan hiasan lainnya dan Soft frog siap digunakan.

Proses pembuatan lateks sebenarnya cukup mudah. Bahkan bisa dilakukan untuk pemula sekalipun.
CATATAN : Proses pencelupan bisa dilakukan sesuai selera. Bedanya hanya tingkat ketebalan Soft Froggy tersebut. Semakin banyak pencelupan berarti SF juga lebih tebal.
PENTING !! Proses pengeringan sangatlah penting. Lama tidaknya pengeringan akan mempengaruhi kualitas dari Soft Frogy/SF tersebut. Pastikan soft sudah benar-benar kering baru bisa digunakan. 





0 Response to "Cara Membuat Soft Frog dari Lateks untuk Pemula"

Post a Comment