Jenis-Jenis Umpan Buatan untuk Memancing di Sungai


Jenis-Jenis Umpan Buatan untuk Memancing di Sungai - Umpan buatan / tiruan atau biasa disebut lure memang tergolong untuk memancing ikan air tawar. Baik itu di sungai, rawa, danau maupun kolam. Umpan buatan biasanya digunakan untuk memancing ikan gabus, hampala, nilem, toman, bawal, lele dan patin.

Bentuknya yang mirip dengan hewan aslinya serta lebih menarik karena bunyi-bunyi yang di hasilkan menjadikan umpan buatan lebih favorit. Kelebihan lain dari umpan buatan yaitu mudah dibawa kemana saja dan tentunya umpan buatan lebih awet dipakai dibandingkan umpan alami.
umpan buatan model froggy
Banyak sekali jenis-jenis dari umpan buatan / lures ini. Tentunya tergantung spot dan jenis ikan target. Begitu juga bahan yang digunakan untuk memuat umpan buatan, pastinya berfariasi juga. Adapun bahan tersebut berupa karet, kayu, plastik dan logam.

Berdasarkan Posisi Umpan di dalam air, Umpan buatan bisa dibagi menjadi 4 :

1. Floating Type

Jenis umpan yang mengapung dinpermukaan air. Ada juga yang meyebut sebagai Surface Lure dan Top Water Lure. Umpan jenis ini sangat cocok untuk memancing ikan yang biasa berenang di permukaan air sungai. Contohnya ikan gabus.

2. Suspending Type

Jenis umpan tiruan ini melayang di air, artinya posisi umpan berada ditengah-tengah kedalaman air (tidak terapung dan tidak tenggelam). Istilah seperti uni disebut Rapping Plug. Dan biasanya umpan ini berenang secara zig zag sehingga lebih menarik perhatian ikan.

3. Sinking Type

Umpan buatan jenis ini berada di dasar air/sungai atau tenggelam. Karena pada dasarnya umpan buatan ini terbuat dari bahan logam, jadi cepat sekali tenggelam. Umpan buatan seperti ini sangat cocok untuk memancing predator ukuran besar. Karena biasanya babon predator berada di dasar air.

4. Diving Type

Umpan jenis ini punya kemampuan menyelam di dalam air. Namun sebenarnya umpan buatan ini terapung dipermukaan air. Umpan ini akan bergerak turun danenyelam saat kita menariknya. Dan akan lebih menyelam hingga dasar perairan bila kalian lebih keras menariknya. Untuk kemampuan menyelam tiap jenis umpan berbeda-beda.


Berdasarkan Bahan/Materialnya, Umpan buatan bisa dibagi menjadi 3 :

1. Karet

Mungkin bahan ini sudah tidak asing lagi, memang karet sangat familiar digunakann untuk bahan pembuatan umpan buatan/lure. Karena menggunakan bahan karet akan lebih awet dibandingkan bahan lain. Selain itu bentuknya lebih menarik dan lebih menyerupai hewan aslinya. Umpan buatan dengan bahan karet yang beredar di pasaran berupa cumi-cumi, ikan kecil, kodok, udang, jangkrik dan belalang.

2. Logam


Logam juga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan umpan tiruan. Seperti Metal jug, Kucir dan Spun. Kiloan yang dihasilkan dari logam terbukti sangat efektif menarik ikan predator. Selain itu bunyi-bunyi yang dihasilkan juga menarik predator untuk menyambar.

3. Non-logam

Bahan-bahan non-logam antara lain kayu, plastik, resin dan fiber. Bahan-bahan tersebut sering digunakan untuk pembuatan lure. Selain itu bahan diatas juga mudah dibentuk menjadi umpan buatan. Contoh umpan buatan dengan bahan non-logam misalnya Froggy dan Minnow.

Cukup sekian dulu pembahasan dari mimin tentang umpan buatan untuk memancing di sungai atau air tawar. 





0 Response to "Jenis-Jenis Umpan Buatan untuk Memancing di Sungai"

Post a Comment