Penyebab Ikan Lele Yang Tidak Mau Makan | Cara Menambah Nafsu Makan


Mengatasi Ikan Lele Yang Tidak Mau Makan - Pernahkah kalian merasakan memancing ikan lele namun tidak mau makan?? Baik itu di kolam, sungai, danau maupun rawa. Dan ikan lele cuma berenang kesana kemari di permukaaan air tanpa menyentuh umpan kalian.

Biarpun ikan lele tergolong omnivora yakni pemakan segala, namun ada kalanya ikan lele ogah-ogahan makan. Ada beberapa faktor kenapa ikan lele enggan makan dan nafsu makan menurun. Untuk itu kita harus mengetahui karakter ikan lele atau mimilih waktu yang tepat supaya ikan mau makan.



Baiklah kita bahas satu persatu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi nafsu makan ikan lele :

1. Penggunaan/Pemilihan Warna dan Ukuran yang Salah

Emang warna dan ukuran Senar pengaruh dengan nafsu makan ikan lele ??

Tentu gan, Semakin tebal senar yang kalian gunakan akan justru akan menurunkan nafsu makan ikan lele. Kenapa ?? Ikan lele memakan umpan dengan dua indra yakni penglihatan dan penciuman. Di dalam air senar yang tebal akan lebih terlihat jelas dan sangat mengganggu ikan. Jadi sebaiknya gunakan senar ukuran kecil antara 0.14 - 0.20 mm saja sudah cukup.

Tapi hal itu juga harus kalian imbangi dengan besar kecilnya ikan. Semakin besar ikan lele tentu diperlukan senar yang besar pula. Tapi ga usah kawatir gan, sekarang banyak senar dengan ukuran kecil namun punya kekutan yang besar. Seperti mimin menggunakan senar 0.20 mm kekuatan 6 kg.

Begitu pula warna senar, warna yang begitu mencolok akan sangat mengganggu penglihatan ikan lele. Sebaiknya gunakan senar dengan warna putih agak transparan.

2. Pemilihan Ukuran Kail yang TIDAK Tepat

Pemilihan mata kail juga sangat berpengaruh loh dengan hasil tangkapan.

Mungkin kalian pernah memancing ikan lele, Saat pelampung menyelam cepat namun saat joran dihentakan tidak ada ikan yang nyantol. Hal itu disebabkan karena kebiasaan ikan lele mendorong umpan tanpa memakannya.

Saat itu umpan tidak berada di mulut ikan, namun hanya di depan mulut saja. Menggunakan kail ukuran kecil tentu potensi kail menancap sangat kecil. Untuk mengatasi hal tersebut gunakan kail yang lebih besar agar kemungkinan kail menancap dimulut ikan lebih besar. Sebaiknya gunakan kail no. 8 - 10, selain itu pilih kail dengan ketajaman tinggi.


3. Waktu Memancing Ikan Lele yang Kurang Tepat

Pemilihan waktu memancing juga menjadi kunci keberhasilan dalam memancing. Ikan lele akan lebih agresif dan aktif mencari makan pada malam hari. Selain itu ikan lele akan lebih agresif saat gerimis datang atau setelah hujan turun.

Nah kesimpulannya, ikan lele akan lebih galak saat gerimis atau setelah hujan turun meski pada siang hari sekalipun.



4. Penggunaan Umpan yang Salah

Inilah faktor paling penting saat memancing. Pemilihan umpan yang tepat tentu sangat mempengaruhi hasil memancing. Umpan diibaratkan peluru saat menembak, jadi pilihlah umpan terbaik sesuai dengan kondisi air.
TIPS : Menurut pengalaman mimin umpan memancing Ikan Lele paling jitu adalah cacing. Umpan cacing bisa digunakan di Sungai, Rawa, Danau maupun Kolam Harian.
Namun terkadang Ikan Lele gak mau makan min ?? Terlebih lagi saat memancing di kolam harian. Adakah solusinya ??

Sudah mimin jelaskan diatas banyak faktor yang mempengaruhi termasuk umpan. Untuk menghindari hal itu sebaiknya buat umpan cacing lebih menggoda. Caranya kalian bisa menambahkan Essen Alami / Obat alami penambah nafsu makan pada umpan. Kalian juga bisa menggunakan essen buatan pabrik yang lebih praktis. Untuk cara pembutan Essen alami Ikan Lele bisa baca disini.
Catatan : Umpan berupa Cacing tidak berlaku saat Galatama ikan lele. Kenapa ?? Kalian tahu sendiri kan, saat lomba galatama pemancing menggunakan umpan yang sangat berfariasi. Terlebih lagi ikan lele kolam galatama sudah terbiasa memakan umpan racikan. 
Untuk umpan ikan lele galatama yang ampuh bisa lihat disini.

Mimin rasa penjelasan diatas sudah cukup detail. Jadi sebaiknya perlu perhatikan hal-hal  yang terlihat sepele diatas namun sangat mempengaruhi nafsu makan ikan lele.

Cukup sekian dari mimin. Semoga bisa bermanfaat. Salam joran melengkung. Mantaaap. 





0 Response to "Penyebab Ikan Lele Yang Tidak Mau Makan | Cara Menambah Nafsu Makan"

Post a Comment