Tips Memilih Joran/Rod Yang Bagus dan Berkualitas


Tips Memilih Joran/Rod Yang Baik Untuk Pemula - Joran merupakan piranti mancing yang sangat penting. Fungsinya memudahkan pemancing saat melempar umpan dan saat strike. Karena itu hati-hati dalam memilih joran. Salah dalam memilih joran tentu malah akan merepotkan anda sendiri.

Misalnya anda memancing di sungai atau kolam kecil, tetapi menggunakan dan memilih joran yang panjangnya 5 meter. Pasti kalian akan kerepotan sendiri bukan ??

Terus bagaimana sih Cara memilih Joran yang Bagus dan Kuat ??

Joran pancing itu banyak kriterianya, begitu pula jenis-jenis kegunaannya untuk teknik mancing yang berbeda-beda. Kriteria memancing di laut dengan sungai tentu sangatlah berbeda. Jadi memilih joran haruslah sesuai spot yang kalian tuju kawan.

tips memilih joran

Setelah kalian tahu kriteria dan kegunaan joran dengan spot tertentu, barulah kalian menentukan standar kekuatan dari joran tersebut. Hal ini penting sebelum kalian memilih joran tersebut.

Standar bahan Joran yang Kuat yang paling banyak dipakai :

1. Komposit Graphit campuran Fiberglass

2. Komposit Graphit campuran Karbon + E-Glass

3. Komposit  Karbon campuran Fiberglass

Itulah ketiga jenis joran yang ada dipasaran, dari ketiga jenis material diatas mempunyai sifat yang berbeda-beda pula.

Sifat-sifat material/bahan dasar Joran :

1. Karbon merupakan material atau bahan yang sifatnya ringan namun padat dan kuat.

2.Fiberglass merupakan bahan atau material yang sifatnya elastis atau lentur serta tidak mudah patah namun cukup berat.

3. Graphit merupakan material atau bahan yang mempunyai sifat elastis, padat, ringan serta kuat.

Dari ketiga bahan tersebut komposisi bahan antara Graphit dan Karbon + E-glass lah yang sekarang banyak digunakan para produsen. Hal tersebut dikarenakan sifatnya yang ringan, kuat dan tahan lama. Sekilas memang pengaetahuan tentang bahan baku pembuat Joran tidak begitu penting. Namun hal itu akan terasa saat kalian fight dengan monster-monster perairan yang ganas.


Mimin rasa cukup pengetahuan tentang bahan / material membuat Joran, Langsung saja simak.

Tips dan Cara Memilih Joran Pancing yang Bagus, Kuat Dan Berkualitas :


1 Pilih Joran Sesuai Teknik memancing kalian

Memang hal ini tidak wajib, dan toh di spot tertentu terkadang kita tidak sesuai dengan harapan. Tapi . . . Hal itu menjadi penting saat kalian menggunakan teknik tertentu dengan joran yang tidak pas. Pasti akan kesulitan.

2. Pilih Joran sesuai Spot yang kalian tuju

Hal ini wajib dilakukan . Kenapa  ??

Begini kawan misalnya kalian memancing di Laut namun kalian menggunakan joran kecil baik ukuran maupun kekuatan.

Tahu sendiri kan penghuni lautan ??

Banyak predator besar yang bobotnya puluhan kilogram. Meskipun belum tentu kita bakal strike ikan yang besar, tapi setidaknya piranti kita sudah memadai. Dan begitu pula sebaliknya, Bila kalian memancing di rawa atau kolam tapi mengunakan Joran panjang dan besar.

Meskipun kuat. Tapi, Lucu kan !!

3. Sesuaikan Joran Dengan Reel yang kalian gunakan

Saat ini ada dua jenis reel yang paling populer yaitu Spinning Reel dan Baitcasting Reel. Jadi bila kalian menggunakan Spinning Reel maka pilih Joran Underhead Reel. Sebaliknya bila kalian menggunakan Baitcasting Reel maka gunakan Joran tipe Overhead Reel.

Selain itu kalian juga harus menyesuaikan ukuran Joran dengan Reel yang kalian pakai.

4. Tentukan Panjang Joran dengan Spot yang kalian tuju

Misalnya kalian memancing dengan teknik pasiran, popping atau casting pasti joran yang dibutuhkan juga berbeda-beda. Begitu pula saat memilih spot air tawar seperti di kolam, sungai atau rawa dan tentunya panjang joran harus kita sesuaikan.

5. Pilih Diameter Joran yang Pas

Meskipun terlihat sepele namun sebenarnya diameter joran sangat berpengaruh dengan kenyamanan anda saat memancing. Semakin kecil diameter akan semakin lentur pula joran tersebut. Namun tetap harus diperhatikan kekuatannya, karena diameter joran juga berpengaruh terhadap daya tahan dan kekuatan saat fight dengan ikan.

6. Pilih Ring Guide dan Reel Seat


Ring Guide berfungsi sebagai tempat untuk memuluskan keluar masuk senar. Sebaiknya gunakan Ring Guide berbahan keramik. Namun sebenarnya bahan keramik gampang pecah tetapi lebih baij dibandingkan Ring Guide berbahan plastik dan besi yang akan membuat senar gampang lecet dan putus. Untuk Ring Guide berbahan keramik mimin sarankan brand/merek Fuji yang sudah terkenal kualitasnya.

7. Pilih Sambungan dan Teleskopik sesuai kebutuhan

Jika kalian memilih joran teleskopik tentu akan lebih mudah mengemas dan membawa kemana-mana. Jika memilih joran sambung (entah itu satu bagian/one piece, two piece atau three piece) tentu akan lebih susah dibawa. Namun joran sambung mempunyai kelebihan akan kelenturan dan terlihat lebih keren. Kembali lagi semua tergantung kebutuhan dan selera anda.

8. Sesuaikan Handle dan Grip

Handle atau pegangan Joran sangat berpengaruh dengan teknik yang digunakan. Untuk handle sendiri mempunyai 3 kriteria dasar yaitu :

  • Handle Pendek >> Cocok digunakan untuk tewknik Single Hand Casting ( Casting dengan satu tangan).
  • Handle Medium >> Handle bentuk ini juga cocok untuk Teknik Single Hand Casting, tetapi ujungnya lebih panjang yang berfungsi sebagai penahan saat fight dengan ikan.
  • Handle Panjang >> Cocok digunakan untuk Double Hand Casting (Casting dengan dua tangan). Biasanya digunakan untuk memancing pasiran, dimana handle lebih panjang dari yang lain. 


Mimin rasa penjelasan diatas sudah cukup detail. Jadi sebelum membeli dan memilih joran perhatikan point point tersebut agar tidak menyesal nantinya. Sekian dulu dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.





0 Response to "Tips Memilih Joran/Rod Yang Bagus dan Berkualitas"

Post a Comment