10 Cara Mancing Ikan Patin dan Rahasia Umpan Galaknya


10 Cara Mancing Ikan Patin dan Rahasia Umpan Galaknya - Ikan patin atau biasa disebut ikan jambal merupakan ikan air tawar yang habitatnya di sungai, rawa dan danau. Buat para angler tentunya wajib mencoba tarikan dari ikan satu ini, terutama di alam liar. Mendapatkan ikan patin di alam liar tentu menjadi kebanggaan tersediri bagi pemancing.

Tenaga yang kuat dari ikan patin menjadi tantangan tersendiri dan tentunya kepuasan buat angler sejati. Tentu hal tersebut tidaklah mudah, perlu trik dan cara khusus agar ikan patin bisa didaratkan. Hal tersebut meliputi umpan, piranti, serta teknik yang digunakan.

cara mancing ikan patin

Dan kali ini mimin akan berbagi tips tentang pengalaman saat memancing ikan patin di danau ataupun sungai. Tak perlu terlalu lama gan, langsung saja mimin beberkan tips dan cara mancing ikan patin.


Sifat Dan Kebiasaan Serta Cara Makan Ikan Patin di Alam Liar


Sebelum membuat rangkaian kail ikan patin sebaiknya ketahui dahulu sifat ikan patin saat makan umpan berupa pelet. Hal ini sangat penting karena dengan mengetahui sifat ikan patin, kita bisa menentukan rangkaian apa yang pas dipakai untuk memancing ikan patin.

Biasanya ikan patin makan umpan dengan cara yang sangat halus yakni pelet akan disundul-sundul dengan mulutnya. Kemudian di bawa pergi agak jauh, baru kemudian umpan ditelan. Jadi apabila kalian terburu-buru menghentakan joran saat senar baru menegang biasanya sering Zonk.


Tips dan Trik Memilih Spot/Tempat Mancing Ikan Patin


Menentukan Spot/tempat memancing memang sangatlah penting. Pastinya percuma bila kalian memancing seharian meskipun dengan umpan yang jitu dan ampuh sekalipun. Namun di tempat itu tidak terdapat ikan patin.

Memancing ikan patin memang tidak boleh sembarangan atau asal lempar saja.  Dengan spot yang tepat pastinya tak akan ada istilah boncos/zonk saat memancing. Untuk itu keahlian dalam menentukan spot memancing harus kalian miliki.

Cara Memilih Spot/Tempat Mancing Ikan Patin Di Sungai

Spot atau titik mancing ikan patin sangat dipengaruhi oleh cuaca dan musim. Saat kemarau ikan patin lebih senang berada di lubuk-lubuk yang memang tempat tinggalnya. Sedangkan saat musim penghujan ikan ikan patin akan menyebar dan bermigrasi dari lubuk-lubuk kearah hilir.

Saat musim penghujan kalian bisa memancingnya di sembarang tempat, asalkan lebih dalam dari perairan yang lainnya.


Cara Memilih Spot/Tempat Mancing Ikan Patin Di Rawa, Danau dan Waduk

Berdasarkan pengalaman para angler yang sudah terbiasa memancing ikan patin. Ada 3 tempat atau spot yang biasa didiami ikan patin, yaitu :

1. Disekitar Rumpon Alami

Rumpon adalah tempat atau spot yang terbentuk secara alami, misalnya bekas pohon tumbang. Biasanya dibawah pohon tumbang dijadikan tempat tinggal ikan-ikan predator seperti lele dan patin. Tempat seperti ini sangat cocok untuk melempar umpan. Untuk besar ikan patin yang mendiami spot ini juga beragam mulai dari dibawah 1 kg hingga berukuran jumbo/babon.


2. Disekitar Keramba

Keramba merupakan tempat yang sangat favorit buat ikan patin. Makanan berupa pelet yang jatuh kedasar dari keramba menjadikan titik ini dihuni ikan-ikan beragam termasuk ikan patin. Usahakan memancing disekitaran keramba, namun jangan terlalu dekat karena potensi kail tersangkut keramba juga besar.

3. Dipinggir Wadu, Rawa atau Danau

Untuk spot satu ini memang kurang Mantap dibandingkan sekitar keramba atau rumpon. Kita hanya menunggu ikan patin yang lewat untuk mencari makan ke pinggiran.

Memancing dipinggiran perlu trik khusus. Meski dipinggiran kalain harus mencari daerah yang paling dalam serta spot yang sering dipancing. Karena sering dipancing pastinya umpan-umpan berupa pelet dan cacing atau yang lain bertebaran di spot tersebut. Dan pastinya ada potensi ikan bekumpul ditempat seperti itu.

CATATAN :

Waktu Yang Pas Untuk Memancing Ikan Patin

Bicara soal waktu sudah saya jelaskan tadi diatas. Yakni pada saat Musim Penghujan tiba. Saat inilah ikan patin akan lebih mudah dipancing karena populasi lebih banyak dan menyebar ke semua penjuru sungai. Namun kalian juga tetap bisa memancing ikan patin pada musim kemarau tetapi saat itu akan lebih sulit dipancing.

Lebih bagus mancing Siang atau Malam ??

Karena ikan patin termasuk ikan nocturnal (lebih aktif pada malam hari) jadi jelas saja Malam Hari lebih efektif untuk memancing. Tapi perlu digaris bawahi sifat tersebut hanya berlaku untuk ikan patin liar saja. Berbeda dengan ikan patin kolam yang sudah beradaptasi dan memang sudah terbiasa diberi makan pada Siang Hari.



Cara Membuat Rangkaian Pancing Ikan Patin


Untuk membuat rangkaian pancing ikan patin dibutuhkan beberapa bahan seperti : senar, kail, pelampung, stopper dan timah pemberat.

Cara Merakit Rangkaian Pancing Ikan Patin Liar (Rangkaian Pop Up) 

Setelah mengetahui kebiasan ikan patin diatas. Sekarang kita bisa menyimpulkan dan membuat rangkaian pancing jenis apa yang cocok untuk ikan patin. Menurut pengalaman beberapa pemancing rangkaian paling pas adalah jenis Pop Up.

Pop up merupakan rangkaian kail yang dibuat seri dengan umpan pelet. Dan apabila umpan diemut kail yang satunya akan meleji keluar. Sehingga potensi hook up lebih besar.



Baiklah Berikut Cara Membuat Rangkaian Pancing Ikan Patin

1. Siapkan senar yang agak kaku, bisa menggunakan senar ukuran 0.45.
Kenapa menggunakan senar ukuran besar??
Agar saat umpan diemut kail pertama bisa melejit keluar dengan mudah.

2. Siapkan juga mata kail, kail pertama menggunakan ukuran no. 6 sedangkan kail kedua bisa memakai no. 5 atau on. 4.

3. Ikat kail utama (kail ukuran no. 6) dengan senar sepanjang 5 - 7 cm. Lalu buat rangkaian seri dengan masang kail tambahan (kail yang lebih kecil).

4. Setelah kail terikat semua kemudian masukan pemberat dengan memberikan stopper agar tidak bergeser jauh dari kili-kili. Setelah itu ikatkan kail utama ke kili-kili yang tersambung ke mata kail.

5. Apabila kalian suka menggunakan pelampung. Maka yang harus diperhatikan adalah jarak antara kail ke pelampung harus sama dengan kedalaman sungai atau kolam.


Tips dan Teknik Memancing Ikan Patin di Sungai dan Kolam


1. Siapkan piranti mancing mulai dari reel, joran, pelampung, kail dan umpan.

2. Untuk teknik memancing bisa menggunakan teknik glosor atau menggunakan pelampung. Namun mimin merekomendasikan untuk menggunakan teknik glosor saja.

3. Mengingat kebiasaan ikan patin yang mencari makan didasar sungai maupun kolam. Jadi teknik glosor (tanpa pelampung) mimin kira lebih tepat.

4. Gunakan rangkaian kail jenis Pop Up, rangkaian ini juga sangat cocok dengan sifat ikan patin. Untul cara membuatnya sudah mimin jelaskan diatas.

5. Pilih spot yang tepat saat akan memancing ikan ini. Ikan pati lebih suka mencari makan di daerah yang lebih dalam dari sekitarnya. Dan biasanya tempat seperti ini ada di tengah sungai. Jadi lemparkan umpan di tengah sungai.

6. Karena kita menggunakan teknik glosor, jadi kencangkan kenur setelah melempar umpan. Tunggu hingga ada sambaran.

7. Begitu ada sambaran. Jangan terburu-buru menghentakan joran kalian. Mimin ingatkan lagi, saat makan ikan patin tidak akan langsung menelannya. Namun menyundul-nyundul dengan mulutnya lalu membawanya barj kemudian memakannya.

8. Nah karena sifat tersebut rangkaian Pop Up sangat dibutuhkan untuk mengurangi potensi mocel atau zonk.

9. Hentakan joran ke dua kalinya, tetapi pelan saja. Menghentakan joran kedua kalinya dimaksudkan agar kail bisa menancap sempurna. Terkadang kail sudah menancap namum hanya di ujung mulut yang keras. Dan faktor inilah yang menyebabkan kail bengkok atau bahkan ikan lepas/mocel.

10. Maka dari itu diperlukan hentakan kedua (namun jangan terlalu keras). Agar kail bisa menancapa dan pada posisi yang sempurna.


Umpan Jitu Ikan Patin Besar Di Alam Liar atau Kolam


Ada beberapa rekomendasi umpan dari pelet yang bisa kalian hinakan untuk memancing ikan patin, diantaranya :


1. Racikan Jitu Umpan Patin Pertama

Bahan-bahan :
  • Roti tawar 5 lembar (buang bagian pinggir yang berwarna coklat)
  • Telur bebek mentah 2 butir
  • Terasi udang 1/2 sendok teh
  • Pelet 500 gram
  • Air panas secukupnya

Cara Membuat :

Masukan terasi dan telur bebek kedalam wadah. Kemudian campurkan pelet dan roti tawar lalu aduk-aduk hingga tercampur rata. Agar adonan lebih kenyal tambahakan air panas secukupnya. Kemudian tiriskan umpan sebelum dipakai.

2. Racikan Jitu Umpan Ikan Patin Kedua

Bahan - bahan :
  • Tepung udang secukupnya 
  • Pelet PF 1000 secukupnya 
  • Kuning telur rebus 2 butir
  • Air panas secukupnya 

Cara Membuat :

Untuk cara membuatnya cukup mudah. Cukup masukan semua bahan lalu aduk hingga merata. Bila adonan kurang kenyal tambahkan air panas secukupnya kemudian aduk kembali hingga adonan cukup kenyal. Umpan siap digunakan.

3. Racikan Jitu Umpan Ikan Patin Ketiga

Bahan - bahan :
  • Terasi secukupnya
  • Pelet pf 1000 2 genggam
  • Roti rasa keju 2 buah
  • Kuning telur ayam rebus 1 butir
  • Air panas secukupnya 

Cara Membuat :

Sama seperti umpan kedua cukup campurkanlah semua bahan menjadi satu lalu aduk hingga merata. Setelah rata tambahkan air panas secukupnya sampai adonan kenyal. Umpan siap digunakan.


4. Racikan Jitu Umpan Ikan Patin Keempat

Bahan - bahan :
  • Roti tawar 1 bungkus
  • Santan kara 2 sachet
  • Vanili 2 sachet
  • Air panas secukupnya 

Cara Membuat :

Buang pinggiran roti yang berwarna coklat kemudian uleni hingga halus. Lalu campurkan santan kara dan vanili kemudian aduk kembali adonan. Bila adonan kurang kenyal tambahkan air panas secukupnya. Selesai umpan siap digunakan.

5. Racikan Jitu Umpan Ikan Patin Kelima

Bahan - bahan :
  • Telur bebek 4 butir
  • Tepung aci 1 sendok makan
  • Susu bubuk 1 bungkus
  • Kroto 1/2 ons
  • Kinooy cristal 4 bungkus
  • Air secukupnya
Cara Membuat :

Masukan tepung aci, susu bubuk serta air lalu aduk hingga merata. Kemudian tambahkan kuning telur bebek dan kroto lalu aduk kembali. Setelah adonan tercampur rata lalu bungkus menggunakan plastik kiloan dan kukus adonan hingga kenyak kira-kira 30 menit. Dinginkan dan saat akan digunakan campurkan kinoy kristal sedikit demi sedikit sampai adonan terasa kenyal.

6. Racikan Jitu Umpan Ikan Patin Keenam

Bahan - bahan :
  • Roti Tawar
  • Kuning Telur ayam (rebus terlebih dahulu)
  • Tepung ikan
  • Tepung udang
  • Pelet jenis PF 1000

Cara Membuat :

Campurkan semua bahan lalu aduk adonan hingga kenyal. Kemudian jemur adonan supaya lebih lengket dan umpan siap digunakan.

7. Racikan Umpan Jitu Ikan Patin Ketujuh

Bahan - bahan :
  • Kuning Tepung Udang
  • Pelet PF 1000
  • Telur ayam (rebus terlebih dahulu)
  • Madu
  • Bawang putih

Cara Membuat :

Siapkan wadah plastik lalu masukan semua bahan menjadi satu setelah itu aduk hingga tercampur rata. Lalu jemur adonan sampai lengket. Selesai dan umpan siap digunakan.
TIPS : Usahakan adonan umpan yang kalian buat mempunyai tekstur yang kenyal. Dengan tekstur yang kenyal umpan tidak akan mudah lepas dan buyar saat dilempar ataupun didalam air. 
Itulah tips dan trik memancing ikan patin baik di sungai, rawa, danau maupun kolam. Tips tersebut bisa anda praktekan agar potensi strike lebih besar. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.





0 Response to "10 Cara Mancing Ikan Patin dan Rahasia Umpan Galaknya"

Post a Comment