Cara Mancing Ikan Gabus di Rawa, Sungai dan Danau


Cara Mancing dan Umpan Ikan Gabus di Rawa, Sungai dan Danau - Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang habitat aslinya di sungai, rawa serta parit. Dibeberapa daerah ikan gabus mempunyai sebutan yang berbeda-beda misalnya di Jawa dikenal dengan ikan kutuk, bayong, kocolan dan lombokan. Sedangkan di Makassar disebut ikan kabos dan masih banyak lainnya. Sedangkan nama internasional ikan gabus ialah Snakehead.

Ikan gabus mempunyai daya tahan tubuh yang kuat sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan yang tercemar. Ikan ini mampu bertahan hidup pada air berlumpur dengan kandungan oksigen yang minim. Hal itu didukung dengan alat pernapasan yang biasa disebut labyrint.


Memancing ikan gabus mempunyai kepuasan tersendiri. Saat umpan disambar dan kenur akan dengan cepat mengulur ditambah lagi tenaga gabus yang kuat akan memompa adrenalin para angler. Oleh karena itu ikan ini sering dijadikan target utama pemancing liar.

Jenis ikan ini termasuk predator yang rakus namun sulit untuk dipancing. Untuk memancing ikan gabus diperlukan trik dan teknik khusus agar umpan kalian cepat disambar. Buat kalian yang penasaran ingin merasakan sensasi strike ikan ini baca saja tips dan cara mancing ikan gabus dibawah ini.


Ciri - Ciri dan Cara Memilih Spot Potensial Ikan Gabus


Menentukan spot mancing yang tepat memang sangat diperlukan. Hal ini akan sangat mempengaruhi prosentasi strike yang didapat. Spot atau tempat mancing yang potensial adalah kunci utama keberhasilan dalam memancing ikan gabus.

Lalu bagaimana cara menentukan Spot Ikan Gabus yang Potensial ??

Berikut Tipsnya gan, !! :

1. Ikan gabus/haruan/chana sangat menyukai spot yang teduh dan terdapat banyak tanaman air seperti enceng gondok dan lainnya. Jadi langkah pertama cari spot seperti itu.

2. Sungai atau rawa tidak terlalu dalam dan suhunya sedikit hangat. Biasanya tempat seperti ini ada di pinggir atau agak ketengah sedikit.

3. Amati perairan tersebut, jika ada gelombang air yang timbul kepermukaan atau adanya teggakan bisa dipastikan itu spot yang potensial.

4. Perhatikan disekitaran spot itu, ada ikan-ikan kecil atau tidak. Adanya ikan-ikan kecil berarti potensi adanya gabus juga semakin besar. Karena ikan ini juga predator dari ikan kecil.



5. Pastikan kalian memancing disekitar tanaman air. Selain itu cek juga kedalam air, bila spot cukup dalam bisa dipastikan tidak ada ikan gabus disana.

Itulah tips Cara Menentukan Spot Mancing Ikan Gabus.


Waktu Yang Paling Tepat Mancing Casting Ikan Gabus 


Selain piranti dan keahlian memancing, waktu juga berperan penting dengan kesuksesan memacing. Pasalnya ikan gabus juga mempunyai waktu makan dan akan lebih afresif pada waktu waktu tertentu.

Untuk ikan gabus sendiri paling baik dipancing pada pagi atau sore hari. Saat itu ikan gabus lebih aktif mencari makan. Tapi kalian juga tetap bisa memancing pada siang atau malam hari. Dengan catatan spot memancing harus tepat.


Cara Memancing Ikan Gabus di Sungai dan Rawa


Spot atau karakter Sungai dan Rawa tidak begitu jauh berbeda jadi trik untuk memancing ikan gabus disana juga sama.

umpan mancing ikan gabus

1. Langkah pertama tentukan spot terlebih dahulu. Di sungai atau rawa banyak ditumbuhi tanaman air dan spot seperti itu sangat di sukai ikan gabus.

2. Setelah spot ditemukan lempar umpan ketitik tersebut lalu tarik dan gulung reel perlahan.

3. Karena sungai dan rawa banyak ditumbuhi enceng gondok jadi gunakan jump frog atau frogy dengan mata kail kekeatas. Hal ini dimaksudkan agar umpan tidak mudah tersangkut tanaman air.

4. Bila kalian memancing disungai yang sedikit berarus. Usahakan melempar umpan dari posisi sebaliknya (jangan mengikuti arus). Karena umpan terlihat mati sehingga tidak menggoda ikan.


Cara Mancing Ikan Gabus Di Sawah (alam liar) 


Sawah juga merupakan habitat favorit ikan gabus. Karena di sawah banyak ikan-ikan kecil, katak kecil dan serangga lainnya yang merupakan makanannya.

1. Spot mancing disawah agak sedikit berbeda karena banyak terdapat tanaman padi. Cari spot yang agak dalam dari lainnya dan tidak ditumbuhi padi atau disekitarnya.

2. Bisa juga memilih spot seperti saluran irigasi atau jalur air yang mengalir namun dalam.

3. Untuk teknik yang digunakan sama seperti memancing di sungai maupun rawa yakni teknik casting. Teknik ini mimin rasa paling efektif untuk mancing gabus.

4. Karena banyaknya tanaman padi jadi pastikan lemparan tepat agar tidak tersangkut padi.

5. Selain ikan gabus, banyak juga predator jenis lainnya seperti ular. Jadi tetap hati-hati dan usahakan lempar umpan ke spot yang tidak dangkal, karena biasanya ular tinggal disana.


Jenis-jenis Umpan Tiruan/Lure untuk Mancing Ikan Gabus


Umpan tiruan untuk memancing ikan gabus juga bermacam-macam bentuk dan fungsinya. Kalian bisa menggunakan salah satu dan pastinya harus disesuaikan dengan target ikan dan spot tujuan.

Berikut jenis-jenis Umpan Tiruan yang dipakai untuk Casting ikan gabus :

1. Soft frog

Soft frog ialah umpan tiruan yang bentuknya mirip dengan kodok dan umpan ini sangat ampuh untuk mancing ikan gabus. Dengan tekstur yang lembek namun mirip umpan asli menjadikan soft frog banyak digunakan para angler.

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat soft frog misalnya latek, lem kaca dan lain-lain. Umpan jenis ini banyak di jual di toko alat pancing atau kalian bisa membuatnya sendiri.

soft frog/froggy

2. Viva mazzy frog

Umpan satu ini juga cukup ampuh bro. Dengan bentuk yang juga mirip dengan kodok, hanya saja di ujung mulutnya ditambahkan tali-tali. Kail yang dipakai pada Viva mazzy frog hanya satu. Hal ini dimaksudkan agar ikan gampar tersangakut mata kail.

Untuk mendapatkan umpan jenis ini juga cukup mudah karena sudah banyak dijual di toko-toko alat pancing.

3. Mouse frog soft lure

Bentuk dari lure ini cukup unik kawan, yakni menyerupai tikus hanya saja ukurannya yang kecil jadi gampang disambar ikan gabus. Lure jenis ini terbilang ampuh dan potensi strike juga lumayan besar.

Sebenarnya ikan gabus tidak memandang apa umpan yang ada dihadapannya. Apapun itu yang lewat diatasnya dan ukurannya lebih kecil pasti akan disambar.

Dari ketiga jenis umpan tiruan diatas Soft Frog lah yang paling ampuh. Mimin sangat merekomendasikan umpan jenis ini untuk Casting gabus.


Cara Casting Ikan Gabus dengan Umpan Tiruan/Lure/Soft Froggy/Jump Frog Yang Benar


1. Siapkan piranti mancing yang memadai. Piranti yang wajib ada meliputi Reel, Joran, Umpan Tiruan.

2. Reel sebaiknya gunakan size 1000-3000. Kalian bisa menggunakan Reel Spinning atau lebih baik lagi pakai Reel Baitcasting. Kenapa??  Reel Baitcasting mempunyai kelebihan saat melempar yakni keakuratan saat melempar umpan. Untuk umpan tiruan mimin merekomendasikan pakai Soft Froggy dengan warna hitam. Sedangkan Joran terserah kalian mau menggunakan panjang berapa, tapi tetap harus disesuaikan dengan spot tujuan agar tidak merepotkan nantinya.

3. Pilih spot atau titik sasaran dengan air yang dangkal. Gabus umumnya bersembunyi di air yang dangkal atau di bawah rerumputan, sampah, dedaunan atau tanaman air. Angler yang baru belajar justru menghindari cekungan air dangkal dengan anggapan tidak ada ikan. Padahal itulah spot favorit gabus.

4. Bila kalian memancing dirawa atau danau menggunakan kapal. Pilih spot yang ada enceng gondok dan lempar soft froggy disamping enceng gondok atau menyusurinya.

5. Pertama-tama lempar Umpan pada spot tertentu. Usahakan umpan dilempar melewati abjek sasaran dimana diperkirakan ada ikan gabus disana. Dengan maksud agar saat menarik umpan dapat melintasi objek atau titik tersebut dan gabus bisa melirik umpan.


6. Gulung senar dengan kecepatan biasa, bila ada gabus yang lapar pasti langsung disambar. Bila 2 atau 3 kali lemparan belum juga di sambar gulunglah senar dengan cara variatif (kadang sedang kadang pelan). Bila tetap tidak ada sambaran mungkin memang tidak ada gabus disana atau ikan belum tertarik makan umpan.

7. Bila 2 - 5 kali lemparan belum ada juga sambaran. Jangan dulu beranggapan bahwa disana tidak ada gabus. Terkadang 10 - 15 kali lemparan gabus baru menyambar. Gabus sudah melihat umpan namun dia hanya berpindah sedikit demi sedikit dari tempatnya mendekati jalur lemparan. Hal ini berdasarkan pengalaman mimin dengan ikan gabus yang ngumpet dibawah enceng gondok, dia hanya bergeser mendekati jalur lemparan dan pada lemparan ke 11 .. byarrrr.. gabuspun menyambar umpan.

8. Setelah soft froggy disambar gabus langsung hentakan joran kalian. Lalu gulung senar dengan cepat namun tetap hati-hati agar tidak putus. Bila spot banyak rerumputan atau tumbuhan air, usahakan senar terus digulung dan jangan coba-coba diulur. Karena banyaknya tumbuhan air potensi senar tersangkut juga lebih besar.

9. Terus gulung reel hingga ikan gabus sampai kepinggir rawa. Bila gabus cukup besar angkat dengan bantuan serok ikan atau seser.


Faktor-faktor Penyebab Kegagalan Casting Ikan Gabus : 


1. Peralatan/Piranti tidak memadai, misalnya pemilihan umpan tiruan yang tidak tepat. Bisa jadi soft frog terlalu keras, jadi ketika gabus menyambar kail tidak sampai menembus mulutnya.

2. Posisi mata kail yang salah. Mata kail pada soft frog paling efektif menghadap ke atas. Selain lebih tepat sasaran juga mengurangi resiko tersangkut tumbuhan air.

3. Senar/Kenur putus. Hal ini bisa disebabkan karena senar terlalu tipis atau drag terlalu kencang sehingga tekanan juga semakin berat.

4. Ikan gabus menerobos ke semak-semak atau masuk ke lumpur sehingga sulit diangkat. Hal ini terjadi karena kalian terlambat menggulung senar atau drag yang terlalu kendur/kendor.

5. Leader atau kili-kili putus karena aus atau cara pasangannya yang tidak benar.

6. Tidak adanya ikan gabus pada spot tersebut. Kurangnya pengalaman dan kurang mempelajari kondisi spot menjadi faktor penyebabnya.


Cara Memancing Ikan Gabus Malam Hari


umpan mancing gabus malam hari

Tidak hanya pagi, siang atau sore hari. Memancing ikan gabus juga bisa kalian lakukan pada malam hari.

Untuk memancing ikan gabus memang diperlukan waktu yang tepat. Karena pada waktu tertentu ikan gabus hanya berdiam diri dan tidak agresif. Pada malam hari ikan gabus juga tergolong agresif dan lebih aktif mencari makan.

Jadi kalian tidak perlu ragu mancing ikan gabus pada malam hari.


Umpan Hidup/Alami Mancing Ikan Gabus Liar


1. Anakan Katak

Kaitkan kail pada bagian ekor agar katak tetap hidup sehingga lebih menarik perhatian ikan gabus.

2. Cacing tanah 

Umpan ini sangat mudah dicari, selain itu kalian juga bisa membelinya ditoko umpan terdekat. Cacing tanah juga cukup ampuh untuk memancing ikan gabus karena umpan ini punya bau yang amis.

3. Belalang

Cara pakainya cukup mudah, tinggal kaitkan satu ekor belalang mulai dari ekor hingga bahannya. Lalu pencet sesikit isi perutnya agar bau amis keluar.

4. Jangkrik

Selain belalang, jangkrik juga menjadi umpan favorit ikan gabus. Untuk cara pakainya sama dengan belalang yakni kaitkan dari ekor tembus ke badannya.

5. Ikan-Ikan kecil

Sebaiknya gunakan ikan yang masih hidup agar menarik perhatian ikan gabus. Cara pasangnya kaitkan pada ekor atau punggung ikan lalu biarkan ikan berenang.

6. Ulat Daun Pisang

Teksturnya yang lembek membuat ulat daun pisang sangat mengoda ikan predator. Kaitkan ekor ulat pada kail lalu keluarkan sedikit isi perutnya.

Kesimpulan :

1. Ukuran Reel untuk Casting Ikan Gabus( Size 1000 - 3000).

2. Ukuran Joran untuk Casting Ikan Gabus (sesuaikan dengan spot / namun 180 cm mimin rasa sudah cukup untuk semua kondisi). Tapi mimin lebih suka menggunakan 160 cm.

3. Jenis Umpan Tiruan paling ampuh/baik untuk Casting Ikan Gabus (Froggy/Soft frog). Ukuran soft frog yang digunakan yaitu 3 - 10 cm. Untuk warna gunakan warna hitam.

4. Ukuran Senar/Kenur untuk Casting Ikan Gabus gunakan senar PE 1 - PE 3.

5. Ukuran Leader (ujung benang PE) untuk Casting Ikan Gabus. Gunakan leader fluorocarbon dengan ukuran 20lbs – 40lbs, untuk panjangnya kira-kira 1 – 2 meter.

6. Waktu paling tepat untuk memancing casting ikan gabus yaitu pada Pagi dan Sore hari. Namun malam juga tetap boleh.


Sejarah Mancing Ikan Gabus Paling Terbesar di Dunia


Ikan gabus memang bisa tumbuh hingga cukup besar. Panjang ikan ini bisa mencapai 1 meter lebih dan berat hingga puluhan kilogram.

1. Pada Minggu, 29 November 2015 di Jln. Raya Bogor, Kecamatan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, dihebohkan dengan ditemukannya ikan gabus berukuran raksasa di aliran Sungai Ciliwung. Ikan tersebut diperkirakan panjangnya 1 meter lebih. Sontak warga langsung berbondong-bondong kelokasi untuk menyaksikan ikan raksasa tersebut.


2. Orang asli indonesia yang tinggal di pulau kalimantan bernama Arry, Dia berhasil menangkap ikan gabus raksasa pada tahun 2010. Karena alasan kelestarian dia merilis kembali ikan tersebut.

3. Richard Moore seorang  angler dan dia telah memancing di Amerika, Kanada, Belize dan seluruh Thailand. Dia mengatakan mendapatkan ikan gabus terbesar di Danau Mae Kuang, thailand.





0 Response to "Cara Mancing Ikan Gabus di Rawa, Sungai dan Danau"

Post a Comment