Tips dan Cara Mancing Ikan Mas Yang Benar | Dijamin STRIKE!!


Tips dan Cara Mancing Ikan Mas Yang Benar | Dijamin STRIKE!! - Memancing ikan mas tidaklah semudah yang kalian bayangkan. Terlebih lagi saat lomba harian maupun galatama. Ada trik dan keahlian khusus agar ikan mas dapat tersangkut kail kalian. Banyaknya pemancing dalam satu kolam, tentunya kesempatan strikepun lebih sedikit.

Terlebih lagi ikan mas terkenal sulit dipancing dengan cara makan yang berbeda dengan jenis ikan lainnya. Mungkin buat pemancing berpengalaman dengan jam terbang tang tinggi hal ini mudah saja. Namun berbeda buat kalian yang baru satu dua kali memancing ikan mas. Memancing Ikan mas sebenarnya mudah gan !! Asalkan kita tahu trik dan tekniknya.

tips memancing ikan mas

Dan kali ini mimin akan berbagi tips dan trik memancing ikan mas di kolam harian maupun galatama.

Tips Dan Cara Memancing Ikan Mas Kolam Harian atau Galatama


1. Point Pertama Siapkan Piranti Memancing yang lengkap seperti Reel, Joran, Senar, Kail, Pelampung serta Umpan.

1. Reel

Penggunaan dan pemilihan reel ternyata sangat mempengaruhi kesuksesan dalam memancing. Pilihlah reel dengan ukuran sedang antara 500 - 2500.

Kenapa ??

Contohnya begini gan, bila kalian memancing dikolam harian tentu ukuran kolam tidak begitu lebar bukan?? Begitu pula jarak lemparan tentu tidak perlu jauh juga. Jadi sebaiknya gunakan reel ukuran kecil hingga sedang sangat disarankan. Penggunaan reel size besar justru akan menyulitkan dan tangan cepat letih.


2. Joran

Joran merupakan piranti yang tidak kalah penting. Fungsi joran ialah mempermudah melempar umpan dan saat strike. Dan mimin sangat menyarankan gunakanlah joran ukuran 150 - 180 cm. Ukuran tersebut mimin rasa sangat pas untuk kolam harian dan galatama.

Selain itu gunakan joran yang tingkat kelenturannya tinggi. Sehingga mempermudah saat menghentakan ketika umpan disambar.

3. Senar / Kenur

Pilihlah senar dengan diameter kecil namun punya kekuatan besar. Karena sekarang sudah banyak pabrikan yang merilis senar jenis ini. Kelebihan dari senar tipis yaitu senar tidak akan mengambang dipermukaan air namun tenggelam. Senar yang mengambang akan mudah tertiup angin sehingga posisi umpan ikut bergeser. Sebaiknya gunakan senar ukuran 0.20 mm saja. Untuk panjang bisa kalian sesuaikan sendiri.

4. Pelampung

Biarpun sepele namun pelampung punya peranan yang sangat penting. Pelampung merupakan indikator saat umpan kalian disambar. Pelampung akan bergerak naik turun saat ikan mas mulai tergoda umpan kalian.

Sangat disarankan untuk menggunakan pelampung ukuran yang sensitif. Pelampung seperti itu mempunyai bentuk kecil dan memanjang. Sehingga pelampung akan terlihat tenggelam meski ikan baru menarik sedikit

5. Kail

Piranti inilah yang langsung bersentuhan dengan ikan. Pilihlah kail dengan ketajaman tinggi dari bahan stainless steel dan karbon. Untuk ukurannya antara 3 ~ 6 (dengan metodr penomoran angka). Lebih tepatnya 3 atau 4 untuk kolam Harian dan 5 atau 6 untuk kolam Galatama. Selain ukuran pemilihan warna juga penting. Pilihlah kail berwarna hitam agak tidak memantulkan cahaya di dalam air.

6. Umpan

Soal umpan tiap kolam bisanya berbeda- beda, tergantung kreasi kalian. Namun mimin biasa menggunakan umpan seperti dibawah dan hasilnya lumayan memuaskan.


Bahan-bahannya :
  • Deho kecil 1 kaleng
  • Kinoy kristal 1 bungkus (sebagai pengeras)
  • Pelet Pa ikin
  • Telur bebek mateng
  • Kroto secukupnya
  • Air panas secukupnya

Cara meraciknya :

Siapkan wadah plastik lalu masukan deho (ambil dagingnya saja). Masukan telur bebek (ambil kuningnya saja) kemudian aduk adonan sampai merata. Tambahkan pelet paikin lalu aduk kembali sampai rata. Lalu tambahkan kinoy kristal sedikit demi sedikit sambil diaduk. Bila adoanan kurang kenyal tambahkan air panas secukupnya. Terakhir tambahkan kroto saat akan digunakan.

2. Pilih spot (titik potensial) atau lapak memancing.

Pemilihan titik / lapak memancing sangatlah penting, karena disanalah ikan mas berada. Percuma memilih spot atau lapak yang tidak potensial pasti prosentase disambar lebih sedikit.

Tips memilih lapak / titik potensial ikan mas harian atau galatama :

1. Perhatikan gerakan ikan dengan melihat gelembung dupermukaan kolam. Biasanya ikan mengais-ngais umpan sisa didasar kolam dan menghasilkan gelembung. Dan mungkin dititik itu ada sekrumunan ikan mas.

2. Tepian kolam yang ditumbuhi rerumputan/lumut atau apapun yang bisa jadi persembunyian ikan.

3. Pilih tempat/lapak yang bisa melontarkan umpan ketengah kolam. Tengah kolam merupakan spot potensial terlebih lagi ada pancuran air ditengahnya. Lempar umpan kalian di dekat pancuran air tersebut.

3. Beri Umpan Bom / Pengumpul Ikan disekitar spot / lapak anda

Setelah mememukan spot/lapak, langkah berikutnya ialah memberi umpan pengumpul ikan. Atau istilah pemancing yakni umpan bom. Umpan bom sangatlah penting agar ikan mas berkumpul diarea lapak anda.


Tips Melempar/Mendatangkan Ikan Mas ke Lapak anda :

1. Ambil dan lempar segenggam umpan pengumpul/bom ke lapak anda, usahakan melempar ke satu titik saja.

2. Setelah itu mulai memancing dan lempar umpan kalian ke titik/spot yang ada umpan bom tadi. Tunggu hingga ikan berkumpul kelapak anda.

3. Bila ikan mas belum juga menyambar umpan, sebaiknya jangan buru-buru berpindah lapak/spot. Karena kita tidak tahu kapan ikan akan berkumpul dan mendekati lapak kita.

4. Setelah strike dan menarik ikan kalian bisa kembali menebar bom pada titik tadi. Tapi jangan terlalu banyak agar ikan tidak kenyang dulu.

4. Melempar Umpan ke Spot yang Telah diBom

Agar umpan bisa tepat berada di spot yang kalian inginkan sebaiknya lakukan langkah berikut .


Cara Melempar Umpan Agar tepat Sasaran :

1. Mula-mula pegang gagang joran dengan tangan kanan. Lalu buka kawat pengaman reel dan tahan senar dengan jari telunjuk.

2. Pegang joran searah badan dan tegak lurus. Arahkan mata ke spot/titik jatuhnya umpan.

3. Gerakan joran dan ayunkan umpan kedepan dan belakang. Bila masih ragu ayunkan kembali ke depan dan belakang. Saat umpan terayun kebelakang lontarkan umpan ke depan menuju titik tadi.

4. Jangan lupa lepaskan senar yang anda tahan dengan jaru telunjuk tadi.

5. Tutup kawat pengait dan gulung senar sampai kencang dan tidak kendor.

5. Perhatikan Pelampung Anda (Pahami Isyarat Pelampung)

Inilah hal paling penting yang harus kalian kuasai. Gerakan pelampung merupakan indikator kapan kita harus menghentakan joran. Tiap ikan mas mempunyai cara makan yang berbeda-beda. Untuk ikan mas ukuran diatas 1 kilo biasanya akan lebih agresif dan pelampung akan langsung tenggelam saat umpan disambar.


Dibawah ini beberapa Isyarat Pelampung yang Harus kalian ketahui :

1. Pelampung Bergerak-gerak tapi Tidak Turun/Tenggelam

Saat pelampung bergerak-gerak namun tidak turun dan tenggelam. Lebih baik hiraukan saja, saat itu ikan hanya menyenggol-nyenggol umpan tanpa memakannya. Namun kalian harus waspada dan tetap mengawasi pelampung. Saat seperti itu berarti ikan mas sudah mulai tertarik dengan umpan kita.

2. Pelampung Turun Naik dengan Cepat

Inilah waktunya kalain ekstra waspada, saat seperti ini berarti ikan mulai memakan umpan. Namun hanya memakan dan memuntahkannya lagi. Tetap perhatikan pelampung dan begitu pelampung turun langsung saja hentakan joran keatas. Bila moment kalian menghentakan joran tepat, bisa dipastikan ikan akan tersangakut kail.

3. Pelampung Turun dan Tenggelam

Pada kondisi seperti ini kalian tidak usah pikir panjang lagi. Segera hentakan joran saat pelampung kalian turun dengan cepat. Dan sudah pasti mulut ikan akan tecancap kail.

4. Pelampung Bergerak Cepat di Permukaan Air tapi tidak Tenggelam

Pada saat seperti ini ada dua kemungkinan yaitu : ikan sudah memakan umpan dan kail tertancap atau ikan hanya memakan (menempel di mulut) dan membawanya.

Namun menurut pengalaman mimin saat seperti tersebut umpan sudah dimakan ikan dan kail menancap dimulut ikan. Lalu ikan berenang tidak jauh dari permukaan air sehingga pelampung terlihat bergerak dipermukaan. Dan mungkin pelampung sempat turun dan tenggelam namun kita lengah dan tidak melihatnya.

6. Perhatikan Isyarat dari Senar/Kenur (berlaku untuk teknik Glosor/tanpa Pelampung)

Hal ini hanya berlaku saat menggunakan teknik glosor/tanpa menggunakan pelampung. Namun jarang sekali pemancing yang menggunakan teknik ini, karena memang kurang efektif. Teknik glosor bisa dijadikan alternatif saat tidak adanya pelampung lagi.

Tips Memancing Ikan Mas dengan Teknik Glosor / tanpa Penampung :

1. Lempar umpan ke spot yang dituju lalu gulung kenur sedikit. Atur kenur agar menegang namun tetap sedikit kendur.

2. Cagak joran agar tidak bergeser sehingga kenur tetap pada posisinya.

3. Perhatikan senar yang masuk ke air,  karena disitulan kalian bisa mengamati dengan jelas.

4. Ada 2 jenis isyarat senar/kenur saat umpan dimakan ikan :
Tiba-tiba senar terangkat dan bergerak menjauh.
Kenur yang tadinya tegang tiba-tiba kendor.

5. Saat isyarat diatas terjadi segerah hentakan joran agar ikan terkait kail.
Catatan : Sangat tidak disarankan menggunakan Teknik Glosor saat memancing Ikan Mas.
7. Kuasai Teknik Menaklukan Ikan Mas dengan Benar

Saat SRIKE kalian dituntut untuk menaklukan ikan tanpa senar putus dan ikan mendarat dengan sempurna. Gerakan ikan saat berontak dan melebihi  kekuatan senar pasti akan menyebabkan senar kalian putus. Untuk itu kalian harus mengetahui trik dan teknik khusus agar hal tersebut tidak terjai.


Teknik dan Cara saat Fight/Strike dengan Ikan Mas :

1. Saat sambaran terjadi usahakan setelan drag pada reel pada posisi setengah dari posisi mati (terkunci penuh).

2. Jangan biarkan setelan Drag pada posisi terkunci penuh . Drag yang terkunci penuh otomatis akan menahan senar untuk keluar dan bebanpun akan terasa berat. Hal tersebut tentu akan memperbesar potensi senar putus.

3. Arahkan joran berlawanan dengan arah lari ikan, bila ikan bergerak berubah arah segera gulung reel. Lakukan gerakan tarik ulur secara perlahan dan bersabar.

4. Usahakan kenur tetap dalam kondisi kencang (jangan sampai kendur). Kondisi kenur yang kendur akan memudahakan ikanas meloloskan diri dari kail.

5. Bila ikan sudah terpancing dan melarikan kenur, biarkan kenur mengulur. Namun tetap jaga ketegangan kenur.

6. Gerakan tarik ulur akan mempercepat ikan kelelahan. Setelah ikan mas lemah gulung kenur secara cepat. Namun bila tiba-tiba ikan berontak segera biarkan senar terulur kembali. Pastikan posisi drag tidak terkunci penuh.

7. Bila ikan telah terlihat dan sampai ketepian, jangan menggulung senar. Cukup pertahankan posisi ikan agar bisa diserok atau diangkat. Menggulung senar saat ditepian akan menyebabkan ikan kembali melawan dam tengggelam.
Catatan : jangan sekali-kali menggulung senar ketika ikan sedang berontak. Hal tersebut akan mempermudah senar putus.
 8. Tips dan Cara Menyerok Ikan Mas

Berikut Cara dan Trik Menyerok ikan :

1. Bila ikan mas berukuran besar jangan langsung mengangkat dengan kenur atau joran, karena bibir ikan mas gampang robek.

2. Selain itu kenur juga gampang putus dan joran bisa patah.  Pakai serok/seser untuk mengangkatnya.

3. Ikan yang sudah menyerah badannya akan terguling lemah serta gerakannya tidak liar lagi.

4. Benamkan seser tenggelam ke air. Lalu arahkan ke ikan kemudian serok dan angkat.


 9. Teknik dan Cara Melepaskan Kail yang benar

Bila kalian memancing galatama, urusan melepas kail memang tugas pembantu (kedi). Namun terkadang saat anda sendiri atau saat mancing harian kalian harus melakukannya sendiri. Berhati-hatilah saat melepas kail, jangan sampai menancap tangan kalian.

Berikut Tips Melepaskan Kail dari Ikan Mas :

1. Gunakan lap sewaktu memegang ikan agar tidak licin. Tekan agak keras perut ikan mas dengan jempol kiri.

2. Ambil dan gunakanntamg atau alat khusus lalu tarik mengikuti arah lekungannya. Bila kail agak sulit dilepas, dorong terlebih dahulu kemudian coba lepas kembali.

3. Bila kail menancap terlalu dalam dan kalian tidak membawa alat. Gunakan ranting lalu dorong kail hingga terlepas. Kemudian tarik kail bersamaan ranting agar tidak menancap kembali.

Pertolong Pertama Saat Kalian atau Teman Tertancap Kail :

1. Bila anda atau teman mengalami kecelakaan tertancap kail. Hal pertama tetaplah tenang dan jangan panik.

2. Perhatikan dalam tidaknya kail yang menancap. Bila tidak terlalu parah kalian bisa menariknya seperti biasa. Namun apabila tembus kalian bisa mengeluarkannya dan menariknya ke arah pangkal kail.

3. Terlebih dahulu lepaskan kenur yang mengikat kail. Intinya kita tidak menarik keluar kail melainkan meloloskan kail hingga pangkal mengikuti arah luka tembus.

4. Agar tidak terasa terlalu sakit, alihkan perhatian teman yang tertancap dan saat perhatiannya teralih cepat loloskan kail tersebut.

5. Bersihkan luka menggunakan alkohol atau betadine agar lebih seteril.

6. Namun sekali lagi kalian harus tetap berhati-hati agar hal tersebut tidak terjadi.

Itulah beberapa tips dan trik saat memancing ikan mas baik pada kolam harian maupun galatama. Hal tersebut wajib kalian kuasai agar potensi strike dan tangkapan ikan bisa lebih maksimal.

Semoga TIPS diatas bisa menambah pengetahuan kalian saat akan memancing ikan mas. Salam Joran Melengkung, Salam Tul Tul Slup, Salam STRIKE!!. mancing Mania Mantap.
Bila ada masukan atau tambahan tentang tips dan trik atau teknik memancing ikan mas bisa kirim kekolom komentar dibawah. Berbagi itu Indah Broww..!!





Related Posts:

0 Response to "Tips dan Cara Mancing Ikan Mas Yang Benar | Dijamin STRIKE!!"

Post a Comment