Tips dan Cara Mancing Ikan Nila Serta Resep Umpan Galaknya


Tips dan Cara Mancing Ikan Nila Serta Resep Umpan Galaknya - Buat ikan satu ini, rasnya tidak perlu dijelaskan lagi. Pasti semua sudah tahu dan tidak asing kan dengan ikan nila. Ikan yang banyak ditemui di danau, waduk, rawa dan juga sungai ini memang sangat populer.

facebook.com
Selain rasanya yang gurih dan enak ikan nila juga menjadi target utama para angler(pemancing). Ikan nila merupakan jenis ikan yang cepat berkembang biak, dan di beberapa daerah ikan ini justru dianggap hama (seperti didaerah tambak bandeng).

Untuk memancing ikan nila tidaklah sulit karena pada dasarnya ikan ini terkenal cukup rakus. Namun buat para pemula mungkin agak bingung, terlebih lagi saat menggunakan umpan berupa lumut yang gampang pudar. Nah untuk itulah mimin menulis artikel ini, yakni tips dan cara memancing ikan nila agar tidak boncos.


Tips dan Cara Menyiapkan Piranti/Peralatan Memancing Ikan Nila atau Mujair Liar

1. Ikan nila merupakan jenis omnivora yakni pemakan segala. Jadi kalian bisa menggunakan umpan alami berupa cacing, laron, lumut dan udang. Selain itu kalian juga bisa menggunakan umpan berupa pelet.

2. Nila atau mujair selalu membuat sarang dan lubang didasar sungai, rawa, danau atau empang yang digunakan untuk perkawinan dan memijah. Jadi carilah lubang tersebut ditepian yang agak dangkal yang sekitarnya ada tanaman air.

Sebelum mulai memancing hal yang paling utama adalah menyiapkan peralatan atau peranti memancing. Tanpa piranti yang pas pasti hasilnya tidak akan memuaskan.

3. Siapkan terlebih dahulu piranti/peralatan mancing seperti joran tegek, kail, senar, pemberat dan pelampung.

4. Untuk ukuran joran bisa kalian sesuaikan dengan spot yang kalian tuju. Misalnya 200-400 cm.


5. Sedangkan senar bisa menggunakan ukuran 0.1-0.2 mm dengan kekuatan 4-8 lbs dan kail bisa pakai ukuran no. 7-11 (sesuaikan sesuai target ikan). Rangkaian kail bisa memakai cabang 2 atau 3.

6. Gunakan pelampung kecil namun memanjang (pelampung model ini lebih sensitif dan bagus untuk memancing ikan nila atau mujair)

7. Kalian bisa menggunakan pemberat/timbel seukuran biji kedele atau menggunakan pemberat lembaran. Namun mimin sangat menyarankan menggunakan pemberat lembaran saja agar lebih mudah menambah atau menggurangi bila terlalu berat.

8. Adapun rangkaian pancing dengan urutan pelampung > timbel/pemberat > kail.

9. Setelah rangkaian siap kemudian test kesiapan rangkaian. Tenggelamkan kail lalu lihat posisi pelampung. Bila pelampung tenggelam seutuhnya berarti posisi pelampung kurang keatas. Atur posisi pelampung sampai tenggelam setengahnya. Bila pelampung masih tetap tenggelam berarti perlu mengurangi pemberat.

10. Test kesiapan rangkaian di beberapa titik. Pindahkan rangkaian ke berbagai arah. Bila posisi pelampung setengah tenggelam dibeberapa titik berarti rangkaian siap digunakan.

Cara Merangkai Kail Lumut Untuk Mancing Nila / Mujair

Merangkai kail yang baik dimaksudkan agar lulut tidak gampang lepas dari mata kail. Buat para pemancing pemula yang menggunakan umpan lumut, rangkaian kail memang menjadi hal yang wajib.

Kunci utama agar lumut tidak gampang lepas atau pudar dari mata kail ialah cara pemasangan lumut pada mata kail. Selain itu panjang pendek lumut juga menjadi faktor penentu. Lemas dan kakunya lumut juga mempengaruhi gampang lepas tidaknya lumut dari kail.

Berikut Cara Membuat Rangkaian Kail Pancing Ikan Nila / Mujair :

1. Pertama-tama siapkan kail, senar serta timah lipat.

spotmancing.com
2. Ambil kail lalu masukan senar kedalam lubang kail kemudian bentu simpul seperti digambar. Simpul seperti itu diberi nama simpul jangkar.

3. Kemudian ulir senar sekitar 10 - 15 cm. Lalu simpul mati pada bagian atas, setelah itu jepit dengan timah lipat pada simpul.

4. Buat 2 atau 3 rangkaian pancing dengan cara peralel.


Sederhana dan mudah bukan??

Memang membuat rangkaian kail pancing ikan nila sangatlah mudah. Yang sulit saat menggunakan umpan lumut namun bingung cara pemasangannya.
TIPS : Kalian bisa menggunakan benang nylon sebagai pengganti senar. Buat rangkaian paralel sebanyak 2 atau 3 mata kail. Rangakaian seperti ini dimaksudkan agar mempermudah dalam pemasangan lumut. Selain itu ikan nila juga gampang menyedot lumut.
Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Nila/Mujair dengan Pelet

Umpan memang hal yang sangat vital dalam memancing. Tanpa adanya Umpan yang ampuh tentu acara memancing kalian tidak akan berjalan mulus. Selain lumut, cacing, udang. Ikan nila juga bisa dipancing dengan umpan pelet.

Umpan seperti ini biasa digunakan pada kolam pemancingan atau sungai sekalipun. Untuk membuatnya juga mudah dan tidak ribet, karena pada dasarnya bau khas dari pelet juga sudah menggoda ikan.

Berikut Umpan Ampuh dan Jitu Ikan Nila/Mujaer dengan Pelet :

1. Umpan Pelet Serbuk

Cara membuatnya cukup mudah, cukup tambahkan air panas secukupnya lalu uleni sampai adonan umpan menjadi kenyal. Dan umpan siap digunakan.

2. Umpan Pelet bentuk Bulatan

Cara membuatnya rendam pelet kedalam air panas kurang lebih 1 menit hingga mengembang. Kemudian tiriskan dan diamkan beberapa saat, setelah itu remas-remas pelet hingga terbentuk adonan. Pastikan pelet dalam kondisi kenyal agar mudah dipasang pada kail.

Cara Pemasangan dan Penggunaan Umpan Pelet :

1. Ambilah adonan secukupnya lalu buat bulatan kecil kemudian pasangkan pada kail sehingga kail tertutup pelet.

2. Jika kalian memancing disungai sebaiknya gunakan pelet yang agak besar. Karena disungai banyal ikan ikan kecil sehingga pelet tidak cepat habis.

Campuran Umpan Lumut Mancing Ikan Nila / Mujair

Agar umpan lumut bisa lebih jitu dan ampuh memang diperlukan campuran khusus. Untuk memilih campuran apa yang pas, sebaiknya ketahui jenis lumut apa yang kalian pakai.

facebook.com
Ada beberapa jenis lumut berdasarkan teksturnya yaitu : lumut kasar dan lumut halus.

1. Lumut Kasar

Lumut jenis ini mempunyai tekstuk yang kasar sihinnga kurang jitu untuk memancing. Untuk mengakalinya anda bisa menambahkan garam agar teksturnya bisa lebih halus. Selain itu tambahkan juga vanili atau essen pandan agar baunnya lebih wangi.

2. Lumut Halus

Karena teksturnya yang halus. Lumut satu ini sangat disukai ikan nila maupun mujaer. Agar lebih ampuh campurkan essen pandan atau bisa juga menggunakan essen alami dari daun walang sangit. Buat para master pancing pasti tahu keampuhan dari daun walang sangit.

Cara Menggunakan Lumut Sebagai Umpan Ikan Nila/Mujair

Dari beberapa umpan yang pernah mimin gunakan, lumutlah yang paling ampuh. Karena dihabitat aslinya ikan nila sangat menyukai lumut. Lumut tanpa tambahan apapun sebenarnya sudah jitu. Namun tidak ada salahnya bila kalian menambahkan campuran agar lebih ampuh.

Tips dan Cara Memasang Lumut untuk Umpan Ikan Nila

1. Masukan kedalam ember kecil atau mangkok yang berisi air.

2. Pegang mata kail pada bagian timah dengan tangan kanan. Lalu masukan kail ke dalam ember lumut.

3. Putar-putar kail sehingga lumut melilit pada kail dan menutupi kail dan senar.

4. Geser lumut yang melilit senar kebagian bawah sehingga lumut akan memadat pada kail. Bisa juga memadatkannya dengan memutar-mutarnya ke udara.

5. Umpan siap digunakan dan siap dilempar ke spot ikan nila babon.

Waktu Yang Tepat Memancing Ikan Nila Babon/Besar

Agar hasil pancingan bisa lebih maksimal sebaiknya perhitungkan waktu yang tepat untuk memancing ikan nila. Berdasarkan pengamatan pemancing ikan nila dan tentu sudah berpengalaman. Ikan nila punya perilaku hidup bergerombol.

Baik itu saat mencari makan ataupun saat berenang ke tepian atau kekedalaman. Ciri-ciri ikan nila yang lapar dan sedang mencari makan yaitu selalu berenang ketepian/pinggiran. Namun bila memancing didaerah dangkal tetap tidak ada samabaran berarti ikan nila sudah sembunyi kekedalaman.
TIPS : Waktu paling tepat memancing ikan nila/mujair sebenarnya ketika musih penghujan. Karena ketika hujan kandungan oksigen dalam air akan meningkat. Sehingga ikan nila/mujair akan mudah sekali lapar.
Selian itu musim hujan juga akan membawa ikan nila berenang ketepian mengikuti volume air yang bertambah. Oleh karena itu memancing di bawah rintik hujan akan semakin mempermudah pemancing.

Trik dan Teknik Mancing Ikan Nila Babon dengan Umpan Lumut

facebook.com

1. Sebelum mulai memancing Ikan Nila Babon pastikan spot terdapat ikan.

2. Kemudian bersihkan spot jika ada tumbuhan air seperti ganggang, enceng gondok dan jenis lainnya.

3. Gunakan dan Taburkan umpan bom/pengumpul ikan nila jika memang diperlukan.

Cara Membuat Umpan Bom/Pengumpul Ikan Nila/Mujair :

  • Menir (untuk spot yang sudah biasa dipancing).
  • Dedak/bekatul (untuk spot yang biasa dipancing namun tidak banyal ikan-ikan kecil).
  • Pupuk Urea/Ponska plus garam untuk spot yang minim kandungan oksigen (tanda-tandanya ikan selalu mengambang atau berenang setengah air).
  • Kotoran Kerbau kering dicampur dengan tanah sawah (untuk spot yang biasa kalian pancing/spot favorit kalain) fungsinya agar kelembaban serta suply makanna ikan terjaga sehingga menghasilkan cacing halus didasar spot).
  • Cacing sutra di bungkus tanah merah (untuk spot yang airnya sering pasang surut karena bom cacing sutra akan menghasilkan bau amis). Namun tidak efektif bila kondisi air yang stabil.

4. Jika Spot tersebut memang favorit kalian sebaiknya bersihkan dasar spot dan buat beberapa lubang sebagai sarang nila. Lubang bisa dibuat menyerupai wajan penggorengan. Jadi saat kita datang ke spot tersebut ikan nila sudah bersarang dilubang. Sebelum mancing kalian bisa menaburkan bom/pengumpul ikan seperti diatas.

5. Persiapkan piranti mancing kalian. Mimin sarankan sebaiknya gunakan joran tegek saja. Joran tegek akan mempermudah saat strike karena memancing ikan nila biasanya cukup di pinggiran saja.

Cara Membuat Umpan Ikan Nila/Mujair Babon dengan Cutton Bud

1. Umpan berupa cutton bud terbilang ampuh untul memancing ikan nila babon. Teknik ini sebenarnya adalah teknik dengan cara membuat rangkaian kail pancing dimana beberapa potongan cutton bud yang berwarna putih dimasukan pada mata kail.

google.com
2. Jika tidak cutton bud kalian bisa menggunakan butiran kecil dari sterofom. Sterofom bisa kalian dapat dari bungkus alat elektronik seperti tv , dvd , dan sebagainya.

3. Masukan beberapa potongan cutton bud atau sterofom pada rangkaian mata kail.


4. Untuk cara menggunakannya sama seperti umpan lainnya. Cukup lemparkan umpan pada spot yang kalian perkirakan ada ikan nila. Begitu umpan disambar segera hentakan joran.

Cara Memancing Ikan Nila atau Mujair yang Susah Makan / Berhenti Makan

Terkadang ikan nila memang sulit dipacing karena tidak mau makan atau berhenti makan.

Berikut Tips Mengatasi Ikan Nila/Mujair yang Susah Makan :

1. Pertama-tama buat suasana/kondisi air agak sedkit keruh. Kalian bisa menggunakan batang kayu atau lainya untuk membuat air tersebut menjadi keruh. Namun harus tetap perlahan agar ikan tidak kabur.

2. Usahakan sirkulasi air tetap berjalan lancar. Hal ini dimaksudkan agar kadar oksigen bisa maksimal.

3. Anda bisa mengganti umpan dengan cacing atau lumut. Ikan nila juga terkadang bosan dengan umpan yang itu itu saja. Mungkin saja dengan mengganti umpan langsung ada sambaran.

4. Selain faktor umpan, faktor seperti senar, kail dan juga pemberat/bandul juga terkadang mempengaruhi nafsu makan ikan.

5. Usahakan gunakan senar ukuran tipis dengan warna yang tidak mencolok (putih). Senar/kenur yang terlalu tebal bisa membuat ikan nila takut dan justru menjauh.

6. Untuk pemakaian kail sebaiknya gunakan warna hitam. Warna hitam akan lebih mudah berkamuflase dengan air. Berbeda dengan warna putih yang akan memantulkan cahaya matahari.

7. Begitu pula timbel/pemberat, mungkin terlihat sepele namun timbel yang terlalu besar saat dilempar ikan akan takut dan kabur.

8. Coba lemparkan umpan dengan melewati kerumunan ikan target dan pastikan umpan sampai ke dasar air. Lalu tarik perlahan-lahan umpan. Dengan maksud umpan berupa cacing atau umpan goyang goyang sehingga menggoda ikan nila untuk menyambar.

Itulah beberapa tips dan teknik memancing ikan nila mulai dari ikan nila kecil hingga babon/nila liang. Mimin rasa penjelasan diatas sudah cukup jelas dari membuat rangkaian kail, campuran umpan lumut, serta cara mancing ikan nila babon. Semoga tips diatas bisa bermanfaat.
Catatan : Jika ada pertanyaan, tambahan atau trik yang lain bisa kalian tambahkan dikolom komentar.





0 Response to "Tips dan Cara Mancing Ikan Nila Serta Resep Umpan Galaknya"

Post a Comment