14 Tips Mancing Ikan Lele dan Rahasia Umpan Galaknya


14 Tips Mancing Ikan Lele dan Rahasia Umpan Galaknya - Ikan yang khas dengan kumis dan patil sebagai senjata yang sebenarnya adalah sirip samping. Ikan lele juga mempunyai gerakan yang gesit serta kebiasaan bergerombol. Selain itu ikan lele juga mampu berkembang biak dengan cepat sehingga bisa dijadikan bisnis yang sangat menggiurkan.

Di masyarakat indonesia ikan lele juga sangat digemari karena harganya yang relatif murah serta rasanya yang enak dan gurih. Karena itu ikan lele banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi. Pada dasarnya ikan lele termasuk ikan nokturnal yakni lebih aktif pada malam hari. Sedangkan pada siang hari ikan ini lebih suka berdiam di tempat yang gelap dan teduh. Pada malam hari ikan lele akan lebih agresif saat mencari makan.

resep jitu ikan lele besar

Namun hal itu tidak berlaku saat kalian berada di kolam pemancingan. Ikan lele kolam pemancingan bukan berasal dari alam liar melainkan dari kolam pembesaran para petani yang sudah biasa diberi makan pagi, siang dan malam hari. Jadi sifat nokturnal itu sudah hilang.


Waktu Mancing Ikan Lele Paling Ampuh


Seperti yang sudah mimin jelaskan diatas. Ikan lele akan lebih aktif pada malam hari karena sifatnya yang memang nokturnal. Jadi waktu paling tepat adalah Malam Hari, kalian bisa memancing ikan ini mulai sore hari hingga pagi hari. Saat itulah ikan lele akan lebih aktif mencari makan.

Namun bila kalian ingin memancing pada siang hari sebaiknya cari dan pilih spot yang gelap, teduh dan dalam. Karena siang hari ikan lele lebih suka bersembunyi ditempat-tempat seperti itu.

Untuk kalian yang memancing pada kolam pemancingan anda tidak perlu repot mengatur waktu. Ikan lele aktif mencari makan pada siang, sore dan malam hari. Karena sudah terbiasa dari kecil di kolam pembibitan.


Tips dan Cara Memancing Ikan Lele Di Sungai, Rawa, Danau dan Kolam


1. Ikan lele merupakan ikan yang rakus. Hanpir semua jenis umpan dilahapnya. Namun selera makan ikan ini bisa berubah karena faktor PH air. Misalnya banyaknya sampah atau bekas pakan di dasar perairan akan mempengaruhi PH air. Dan ikan lele akan lebih suka berenang di tengah hingga permukaan air. Kondisi seperti ini harus diakali dengan memainkan stopper dan pelampung untuk mencari posisi yang tepat agar mendapatkan sambaran ikan.

2. Gunakan mata kail dengan ukuran 8 hingga 10, bisa juga disesuaikan dengan target ikan. Kalian bisa menggunakan 2 atau 3 mata kail. Hindari kail berwana mencolok agar tidak memantulkan cahaya. Gunakan saja kail berwarna hitam.

umpan ikan lele terbaik
3. Pakai benang/kenur 0.20 keatas dengan kekuatan 7 lbs/3 kg keatas. Untuk warna kenur sebaiknya gunakan warna putih transparan saja. Karena ikan lele sangat sensitif dengan warna terang.

4. Pilih spot yang agak dalam dan disekitarnya ditumbuhi tanaman air seperti enceng gondok atau yang lainnya. Ikan ini sangat suka bersembunyi ditempat yang teduh dan dalam. (spot sungai atau rawa)

5. Carilah lapak yang kira-kira mempunyai galian tanah cukup dalam. Meskipun saat ikan lele baru dipindahkan kekolam akan lengsung mengitari kolam. Namun besar kemungkinan ikan lele akan langsung berdiam di tempat seperti itu. (kolam pemancingan)

6. Bila kalian menggunakan umpan berupa cacing maka gunakanlah teknik glosor/bottom fishing. Yakni memancing tanpa menggunakan pelampung. Pasang 1 - 2 umpan cacing hingga menutupi kail dan lebih menggoda ikan lele.

7. Untuk umpan berupa anak ikan atau umpan yang bergerak lainnya kalian bisa menggunakan pelampung tanpa timbal/pemberat. Selain itu jarak kail kepelampung juga harus lebih panjang dari biasanya. Hal ini dimaksudkan agar anakan ikan bisa berenang leluasa dan menggoda ikan lele.

8. Jika kalian menggunakan umpan pelet maka sebaiknya gunakan teknik glosor atau buttom fishing. Dan apabila kalian memancing di kolam dan tidak boleh menggunakan umpan bom maka sebaiknya lempar umpan ke spot tertentu lalu langsung tarik dan hentakan joran. Hal ini di maksudkan agar umpan lepas dari kail dan bisa membuat ikan lele berkumpul disekitar spot. (kolam pemancingan)


9. Jika target mancing kalian lele babon sebaiknya gunakan teknik bottom fishing/dasaran. Karena ikan babon selalu berada didasar sungai atau kolam.

10. Bila kalian memancing di kolam jangan sekali-kali menggunakan umpan busuk. Karena selain baunnya yang tidak enak, umpan busuk tidak ampuh ikan baru. Ikan atau kolam baru lebih jitu menggunakan umpan hidup/livebait atau umpan segar.

11. Jika kalian menggunakan pelampung dan saat pelampung mulai ada pergerakan itulah saatnya kalian waspada. Jangan buru-buru menghentakan joran tetapi tunggu hingga pelampung tenggelam baru hentakan joran anda. Bila momentnya pas bisa dipastikan ikan akan terkait kail.

12. Saat ikan berontak, biarkan kenur terulur terlebih dahulu. Namun usahakan kenur tetap dalam keadaan tegang. Ketegangan kenur sangatlah penting, saat kenur mulai kendur ikan akan lebih mudah meloloskan diri dari kail.

13. Gulung reel secara perlahan namun jangan melawan saat ikan berontak. Biarkan kenur mengulur dan gulung kembali bila ada kesempatan. Lalukan hal itu sampai ikan lelah baru gulung kenur sampai ikan terangkat.

14. Ada kalanya ikan lele mulai ogah makan, maka dari itu sebaiknya bawa 2 jenis umpan atau lebih dan menggantinya setelah beberapa saat.

Selain kesiapan piranti dan spot yang tepat umpan juga sangat berperan penting dalam kesuksesan memancing. Tapi tenang gan mimin akan coba berbagi racikan umpan rahasia ikan lele untuk semua konidsi.


Umpan Ikan Lele Galatama untuk Jenis Babon/Besar


1. Umpan Jitu Ikan Lele Babon Pertama

Bahan-bahan :

  • Daging sapi giling 2 ons
  • Wijsman 1 sendok makan

Cara Membuat :

Siapkan wadah plastik lalu campur kedua bahan dan aduj hingga merata. Lebih bagus lagi main gantung/dengan pelampung ketika suhu mulai memanas.

2. Umpan Jitu Ikan Lele Babon Kedua

Bahan-bahan :

  • Cacing sutera 1 genggam
  • Vanili 1/2 sendok teh
  • Telor bebek 1 butir
  • Bubuk Garlic 1/2 sendok teh
  • Pelet udang 1 bungkus

Cara Membuat :

Untuk cara membuatnya cukup mudah. Campurkan saja semua bahab jadi satu kemudian aduk-aduk hingga merata.

racikan Umpan jitu ikan lele babon 

3. Umpan Jitu Ikan Lele Babon Ketiga

Bahan-bahan :

  • Satu genggam Usus ayam 
  • 1 butir Telur Ayam
  • 1 lembar Keju kraft
  • 1 bungkus Indomie 

Cara Membuat :

Blender indomie hingga halus. Lalu kukus usus hingga matang kemudian blender. Setelah itu campurkan semua bahan menjadi satu dan terakhir keraskan dengan indomie. Masukan indomie sedikit demi sedikit hingga adonannya pas. Umpan siap digunakan.

4. Umpan Jitu Ikan Lele Babon Keempat

Bahan-bahan :

  • Cacing tanah secukupnya
  • Kuning telur bebek 1 butir

Cara Membuat :

Campurkan kuning telur dan cacing lalu aduk aduk hingga merata. Kemudian diamkan 2-3 jam agar aroma amis telur bisa menempel.

5. Umpan Jiitu Ikan Lele Galatama Babon Kelima

Bahan-bahan :

  • Jangkrik 1 ons
  • Cuka grandong
  • Essen probait

Cara Membuat :

Bersihkan dan buang sungut dan kaki jangkrik. Lalu campurkan 60 ml cuka dan 30 tetes essen probait. Kemudian aduk hingga merata dan Umpan siap digunakan.


Umpan Ampuh Mancing Ikan Lele Siang dan Malam Hari


Untuk membuat umpan ikan lele pada siang atau malam hari sebenarnya tidak begitu berbeda. Pada dasarnya ikan lele lebih suka dan tertarik dengan umpan beraroma amis dan menyengat.

1. Umpan Jitu Ikan Lele Siang Hari ( Daging Sapi ) 

Bahan- bahan :

  • 2 ons Daging sapi (yang telah dihaluskan) 
  • 1 sendok makan & 5 cc Essen Aquatic

Cara Membuat :

Siapkan wadah palastik lalu campurkan kedua bahan menjadi satu kemudian aduk adonan hingga merata. Meskipun terkesan simple namun umpan ini cukup ampuh. Agar lebih jitu gunakan umpan ini pada saat matahari terik agar bau amis lebih berasa.


2. Umpan Jitu Ikan Lele Malam Hari ( Cacing Sutra) 

Bahan-bahan :

  • Cacing sutra secukupnya 
  • 1/2 sendok teh Vanili cair
  • 1 butir Telur bebek
  • 1/2 sendok teh bubuk Garlic
  • Pelet Udang Secukupnya 
  • 5 cc Essen Aquatic

Cara Membuat :

Ambil satu genggam cacing sutra lalu masukan semua bahan lainnya. Kenudian aduk sampai merata, untun penggunaan essen bisa kalian sesuaikan takarannya antara 5 - 10 cc Essen. Selain itu kalian bisa mengganti cacing sutra dengan jenis serangga lainnya.


Umpan Jitu Ikan Lele Di Sungai, Rawa dan Danau


Selain umpan oplosan atau campuran pelet maupun essen. Ternyata ikan lele juga sangat menyukai umpan alami. Di alam liar ikan lele juga menyantap serangga kecil dan hewan kecil lainnya. Selain itu umpan alami juga lebih mudah didapat dan harganya relatif murah.

anakan ikan mas umpan lele babon

Berukut ini beberapa Umpan Alami Terbaik untuk Mancing Ikan Lele :

1. Umpan Cacing

Pada dasarnya cacing memang umpan alami buat semua ikan tak terkecuali lele. Ada beberapa jenis cacing yang sangat disukai ikan lele diantaranya Cacing kobra, Cacing Lur dan Cacing merah. Untuk cara pemasangannya cukup kaitkan 1 atau 2 cacing dalam satu kail. Usahakan kail tertutup cacing. Cacing yang masih segar dan hidup akan lebih menggoda ikan karena bergerak-gerak dalam air.

2. Umpan Jangkrik

Jangkrik memang termasuk umpan yang sangat disukai lele. Ukuran tubuhnya yang pas dan tidak terlalu besar sehingga dapat langsung dipasang pada kail. Saat menggunakan jangkrik sebaiknya pencet bagian perut hingga isinya keluar sehingga menimbulkan bau amis dan menggoda ikan untuk mendekat.

3. Umpan Katak Kecil

Selain serangga, anakan katak juga umpan yang cukup ampuh untuk memancing lele terutama babon. Ukuran tubuh anakan katak yang kecil sehingga lebih mudah dipasang pada kail. Sebaiknya gunakan anakan katak yang masih segar atau hidup agar lebih menggoda ikan. Kaitkan kail pada mulut agar anakan katak tidak mati dan tetap bergerak. Selain anakan katak sebenarnya kalian juga bisa menggunakan kecebong sebagai umpan.

4. Umpan Usus Ayam

Bau amis dari usus ayam pasti akan sangat menggoda ikan lele untuk menyantapnya. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah dan banyak dijual dipasar-pasar tradisional. Umpan berupa usus ayam juga terkenal sangat ampuh untuk memancing galatama ikan lele babon.

5. Umpan Daging

Karena ikan ini termasuk jenis predator, maka tak khayal jika ikan lele sangat menyukai umpan berupa daging. Entah itu daging kambing, ayam atau sapi dan lainnya. Bau amis yang keluar dari daging akan menggugah selera makan ikan. Namun harga umpan ini tergolong mahal dan cukup merogoh kocek. Tetapi karena keampuhannya umpan berupa daging cukup diminati. Terlebih lagi saat hujan atau gerimis yang nafsu makan ikan meningkat 2 x lipat. Bisa dipastikan umpan ini langsung disambar.

6. Umpan Cicak Bakar

Meskipun terkesan menjijihkan namun umpan berupa cicak tidak boleh dianggap remeh. Menurut pengalaman dari beberapa angler umpan cicak memang joss. Namun dalam penggunaannya cukup berbeda, sebelum memakainya terlebib dahulu bakar cicak hingga setengah matang. Bau gosong serta amis yang keluar dari cicak akan sangat menggoda ikan babon. Kalian bisa memotong cicak menjadi beberapa bagian baru kemudian dipakai.

7. Umpan Ikan Kecil

Sebagaimana sifat alaminya yang predator dan gemar makan daging atau ikan yang lebih kecil ukurannya. Selain memangsa ikan yang lebih kecil, lele juga memangsa anaknya sendiri ketika kelaparan. Cukup kaitkan anakan ikan pada bagian punggung atau ekor lalu lempar umpan ke spot tertentu. Biarkan umpan ikan berenang. Agar lebih menggoda lele gunakan anakan ikan mas yang berwarna cerah.

Itulah beberapa Tips mulai dari Cara mancing, Waktu memancing, Umpan ikan lele Master, Umpan Ikan lele harian, Umpan Siang dan malam hari. Untuk umpan sebaiknya gunakan dan bawa 2 atau lebib jenis umpan agar bisa berganti-ganti umpan. Selamat Mencoba.





Related Posts:

0 Response to "14 Tips Mancing Ikan Lele dan Rahasia Umpan Galaknya"

Post a Comment