Umpan Jitu Dan Teknik Casting Ikan Hampala Yang Benar


Umpan Jitu Dan Teknik Casting Ikan Hampala Yang Benar - Ikan hampala atau ikan palung merupakan ikan air tawar yang habitatnya di sungai, waduk dan danau yang berarus deras dan dangkal. Ikan hampala sangat menyukai sungai berarus karena tempat seperti itu banyak didiami ikan-ikan kecil yang merupakan makanan favoritnya. Sedangkan di danau ikan hampala lebih menyukai daerah gundukan pasir, kerikil atau bebatuan karena karakter hampala sering bersembunyi dan mencari makan di sekitar itu.

Dari segi fisik ikan hampala tidak jauh berbeda dengan ikan mas hanya saja mulut ikan hampala lebih lebar. Dengan warna sisik hitam mengkilap dari bagian perut hingga ujung ekor. Namun corak mengkilap seperti itu tidak terdapat pada ikan hampala dibawah satu kilogram dan hanya berwarna kuning perak. Bila kalian amati ikan hampala tidak mempunyai gigi seperti predator namun mulutnya yang lebar dan kuat mampu mencabik-cabik mangsanya dengan cepat.

facebook deand garnis
Ikan hampala termasuk kedalam jenis ikan pelagis (perenang cepat). Bentuk tubuhnya yang memanjang membuat ikan ini mampu berenang dengan cepat meski di arus yang deras. Itulah alasan para Angler menjadikan ikan hampala atau palung sebagai target utama. Perlawanan dan tenaga yang keluarkan ikan hampala akan membuat angler ketagihan.


Habitat Ikan Hampala di Alam Liar


Dibeberapa daerah ikan hampala mempunyai sebutan yang berbeda-beda. Sebagai contoh di Jawa Tengah dan Jawa Timur ikan ini mempunyai sebutan Ikan Palung. Dan masyarakat Sunda Jawa Barat biasa menyebutnya ikan hampal. Sedangkan di negara tetangga seperti Malaysia menyebutnya ikan sebarau. Ikan Hampala bisa tumbuh hingga panjang 80 cm dengan bobot mencapai 6 kg.

Sedangkan penyebaran ikan Palung atau Hampala meliputi Sumatera, Jawa,  Kalimantan, Semenajung Malaysia, Thailand, Vietnam hingga China. Di kalimantan ikan ini ditemukan di sungai-sungai besar seperti Sungai Mahakam, Kapuas, Barito dan lainnya. Sedangkan di Sumatera bisa ditemui di Sungai Musi, Asahan, anak sungai danau Toba, danau  Singkarak dan masih banyak lainnya. Sedangkan di Jawa Tengah bisa ditemukan di Sungai Bengawan Solo, Progo, Serayu, Bogowonto, Porong, Cisadane, dan Brantas.



Umpan Jitu dan Ampuh Ikan Hampala


Untuk memancing ikan palung kalian bisa menggunakan umpan alami maupun umpan buatan/lure. Umpan alami yang digunakan juga mudah sekali didapat di sekitar kita atau membelinya di toko-toko alat pancing.

Berikut ini Umpan Hidup atau Alami Ikan Hampala :
  1. Cacing (semua jenis cacing)
  2. Ulat (semua jenis ulat)
  3. Ikan-ikan kecil (seperti : anak ikan mas,wader, anak ikan tawes dan anak mujair)
  4. Udang 
  5. Serangga (jangkrik, kecoa, orong-orong)
  6. Anakan katak (percil) 
  7. Laba-laba

Menurut pengalaman para pemancing umpan alami tergolong cukup jitu. Namum selain menggunakan umpan hidup (live bait) kalian juga bisa menggunakan umpan tiruan (lure) dan tidak kalah jitu bahkan bisa dikatakan lebih ampuh.

Berikut ini Jenis-jenis Umpan Tiruan ( lure ) untuk Memancing Ikan Hampala / Palung :
  1. minnow
  2. spinner
  3. spoon
  4. flies
  5. crank bait
  6. popper
  7. pencilbait
  8. stickbait
lure model minnow


Cara Memilih dan Menentukan Spot Mancing Ikan Hampala


Faktor keberhasilan dalam memancing ikan palung/hampala ialah spot/tempat mancing yang strategis atau potensial.

Lalu bagaimana cara menentukan spot mancing ??

Berikut ini cara memilih spot memancing ikan hampala :

1. Bila kalian memancing di Sungai maka pilihlah spot dengan aliran air yang deras dan tidak terlalu dangkal. Kenapa?? Karena habitat ikan ini memang di spot seperti ini.

2. Cari spot dengan cekungan sungai berbatu atau disekitar pohon yang tumbang. Tempat seperti ini juga sangat favorit buat ikan hampala.

3. Saat kalian memancing di Danau, tempat yang potensial adalah daerah yang ada gundukan pasir, kerikil dan bebatuan. Ikan hampala sangat suka bersembunyi dan mencari makan di spot tersebut.


Cara dan Teknik Casting Mancing Ikan Hampala


Agar acara memancing anda tidak boncos (zonk) maka sebaiknya ketahui dahulu teknik dan cara memancingnya.

Berikut teknik memancing ikan hampala yang bisa kalian praktekan :
  1. casting
  2. flyfishing
  3. pelampung/gantung
  4. glosor/dasaran

Dari beberapa teknik diatas mimin merekomendasikan teknik Castinglah yang terbaik dan paling cocok untuk memancing ikan hampala.

facebook image

Teknik Casting Memancing Ikan Hampala :

1. Persiapkan piranti/peralatan memancing seperti : joran, reel, senar, kail dan umpan.

2. Karena ukuran dan kekuatan ikan hampala cukup besar jadi gunakan Reel size minimal 1000 sampai 2500.


3. Gunakan Joran ukuran 180 sampai 210 cm dengan kekuatan hingga 20 lbs / 10 kg. Usahakan joran punya kelenturan yang tinggi.

4. Sedangkan Kenur/senar bisa menggunakan ukuran 0.25 keatas dengan kekuatan 20 lbs (10 kg). Namun sekarang banyak kenur dengan size kecil tapi punya kekuatan yang besar.

5. Bila kalian menggunakan teknik Casting maka tidak perlu menggunakan Pelampung.

6. Untuk ukuran Kail cukup gunakan ukuran 2 - 3 saja. Karena kita tidak tahu seberapa besar ikan hampala yang akan menyambar umpan. Namun bila di spot tersebut banyak bobon kalian bisa menyesuaikannya dengan size kail yang lebih besar.

7. Karena kita menggunakan teknik Casting jadi gunakan umpan tiruan / buatan (lures) saja. Umpan yang kalian pakai bisa berupa spinner atau umpan menyerupai ikan-ikan kecil.

8. Setelah semua piranti siap barulah mulai casting. Lempar umpan ke spot tertentu lalu biarkan umpa setengah tenggelam.

9. Gulung reel perlahan dan berhenti sesaat lalu gulung kembali, dengan teknik seperti ini umpan akan terlihat hidup dan seakan akan sedang berenang.

10. Begitu ada sambaran langsung hentakan joran. Lalu gulung reel,  usahakan kenur jangan sampai kendur.

11. Namun saat ikan melawan dan bergerak menjauh sebaiknya biarkan kenur terurai agar terbawa ikan. Tapi tetap harus menjaga kekencangan kenur.

12. Begitu ikan sudah lemah dan perlawan menurun gulung reel dengan cepat sampai bisa didaratkan.
TIPS : Saat Stike / Fight dengan ikan hampala usahakan kekencangan kenur/senar tetap terjaga. Kenapa?? Saat kenur kendur ikan hampala bisa dengan mudah meloloskan diri dari kail. 
Demikian Umpan, Cara dan Teknik memancing ikan hampala yang benar. Tentunya jangan lupa juga memperhatikan cuaca sekitar. Tentunya Semua itu juga dipengaruhi faktor keberuntungan namun semakin lengkap persiapan kalain tentunya prosentase kegagalanpun lebih kecil. 





Related Posts:

2 Responses to "Umpan Jitu Dan Teknik Casting Ikan Hampala Yang Benar"

  1. Menarik artikel tentang Hampalanya, sangat berguna untuk yang sedang membangun wawasan tentang hampala seperti saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung. semoga artikel diataa bisa beranfaat.

      Delete