10 Tips dan Umpan Mancing Ikan Tawes Paling Galak


10 Tips dan Umpan Mancing Ikan Tawes Paling Galak - Ikan tawes merupakan jenis ikan air tawar yang ditemukan di IndoCina dan Kepulauan Sunda.  Ikan ini termasuk jenis ikan konsumsi yabg cukup populer di Indonesia, dan sudah dibudidayakan sejak abad ke-19. Habitat ikan tawes berada di sungai, rawa, danau, waduk dan saluran irigasi. Ikan ini sangat menyukai perairan yang jernih dan berarus seperti sungai di pegunungan, karena memang itulah habitat asli ikan ini.

umpan mancing ikan tawes

Sifat asli ikan tawes yaitu herbivora, yakni lebih menyukai tumbuh-tumbuhan air seperti hydrilla atau tumbuhan air lainnya serta dedaunan yang jatuh ke sungai. Ikan tawes mempunyai nama yang beragam seperti lawak, lalawak, turub hawu, bale kandia, badir, beles, bader dan lampan jawa. Sedangkan dalam bahasa inggris ikan tawes disebut Java Barb atau Silver Barb.


Resep Jitu Umpan Mancing Ikan Tawes Liar Paling Ampuh


Agar hasil mancing kalian bisa lebih maksimal sebaiknya siapkan umpan terbaik anda. Dengan menggunakan umpan yang pas tentu akan merangsang ikan untuk memangsa umpan. Tenang gan, bila kalian masih bingung umpa apa yang ampuh buat ikan tawes. Kali ini mimin akan share beberapa resep umpan ikan tawes paling ampuh buat anda.

Cara Membuat  Umpan BOM/Pengumpul Ikan Tawes

Sebelum mulai memancing ikan tawes, proses pengeboman sangatlah penting. Hal tersebut dimaksudkan agar ikan berkumpul pada satu lokasi atau spot, sehingga kita lebih mudah memancingnya.

1. Siapkan satu ikat daun singkong atau kangkung.

2. Ikat daun singkong atau kangkung dengan tali dan batu.

3. Lempar daun singkong/kangkung yang telah diberi pemberat (batu) ke spot tertentu. Dengan mengikat pakai batu daun tidak akan terbawa arus sungai.

4. Tunggu beberapa saat hingga ikan mulai berkumpul dan memakan daun.

5. Mulai pancing ikan menggunakan umpan berupa pucuk daun singkong, pucuk kangkung, pelet atau lumut.

1. Umpan Alami Ikan Tawes dengan Lumut

Ikan Tawes merupakan jenis ikan pemakan tumbuhan, dan memang dihabitat aslinya ikan ini sangat menyukai tumbuhan air seeperti lumut. Pilihlah lumut berwarna hijau dan tidak terlalu kasar. Saat memasang lumut jangan terlalu banyak, dikarenakan mulut ikan tawes cenderung lebih kecil dibandingkan jenis ikan lainnya.



2. Racikan Umpan Mancing Ikan Tawes Ampuh Kedua

Bahan-bahan :

  • 4 tongkol Jagung Manis matang
  • 4 butir Telur bebek matang
  • Keju secukupnya
  • 4 ekor ikan pindang kukus
  • Ubi kukus secukupnya
  • Mie instan (blender terlebih dahulu)

Cara Membuatnya :

Haluskan jagung dan Ubi, lalu Siapkan wadah plastik kemudian masukan semua bahan kedalam wadah. Aduk aduk adonan hingga merata. Umpan siap digunakan.

umpan ikan tawes

3. Racikan Umpan Mancing Ikan Tawes Ampuh Pertama

Bahan-bahan :

  • 200 gram Kacang tanah (kupas kulitnya)
  • 200 gram Kedelai
  • 200 gram Ampas Kacang yang Dikeringkan/Bungkil
  • 5 tongkol jagung manis muda
  • 200 gram Ubi
  • 150 gram Kacang Mete
  • 200 gram Minyak Samin
* takaran diatas bisa kalian sesuaikan sendiri

Cara Membuatnya :

  1. Blender/haluskan Kacang tanah
  2. Blender/haluaskan Kedelai
  3. Blender/haluskan Kacang mete
  4. Tumbuh Bungkil sampai halus
  5. Parut Jagung manis muda hingga halus
  6. Kupas Ubi lalu parut sampai halus
  7. Sangrai bahan satu persatu (Kacang Mete, Kedelai, Kacang Tanah, Bungkil) dengan minyak samin. Gunakan api kecil saat menyangrai. Usahakan tidak gosong, terus aduk hingga bau haramnya tercium.
  8. Setelah siap campurkan semua bahan menjadi satu. Umpan siap digunakan.



Tips, Teknik dan Cara Mancing Ikan Tawes Di Alam Liar (Sungai/Rawa)


1. Siapkan Peralatan/Piranti mancing anda gan, mulai dari reel (bisa juga tidak pakai), joran, pelampung, kail, senar/kenur, timbel/pemberat.

2. Ukuran dan panjang joran bisa anda sesuaikan dengan spot yang kalian datangi. Namun mimin merekomendasikan mulai 150 hingga 165 bila menggunakan Reel. Bila anda menggunakan Joran Tegek bisa memilih ukuran 2 - 3 meter sudah cukup. Namun bila spot tersebut memang membutuhkan joran yang lebih panjang kalian bisa menyesuaikannya.

3. Senar merupakan piranti wajib saat memancing, untuk ikan tawes menurut mimin tidak memerlukan size yang terlalu tebal. Mengingat ukuran ikan ini yang tidak terlalu besar. Cukup gunakan kenur ukuran maksimal 0.20 mm / 6 lbs (3 kg) dan bisa lebih tipis lagi dari itu.

4. Selanjutnya pilih Kail dengan ukuran 5 hingga 7 saja. Dikarenakan ukuran mulut ikan tawes cenderung kecil, jadi gunakan kail size kecil saja gan.

5. Gunakan pelampung yang cukup sensitif seperti pelampung untuk ikan mas atau nila. Pelampung seperti ini mempunyai bentuk kecil dan memanjang.

6. Untuk timbel atau pemberat bisa menggunakan sebesar biji kedelai atau sesuaikan dengan pelampung dan arus sungai.

Cara Membuat Rangkaian Pancing Ikan Tawes


1. Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu, yang meliputi kenur/senar, pelampung, stopper, timah kecil, kili-kili dan kail.

2. Pertama-tama ambil kenur utama lalu masukan stopeer dan diikuti pelampung setelah itu stopper lagi. Pemasangan 2 stopper dimaksudkan agar pelampung bisa dengan mudah kita atur posisinya.

3. Setelah itu masukan Timah pemberat seukuran biji kedelai, kemudian ikat dengan kili-kili.

4. Terakhir tambahkan mata kail dengan cara diikat / simpulkan pada ujung senar.

5. Urutannya seperti ini gan: Stopper >> Pelampung >> Stopper >> Timah >> Kili-kili >> Mata Kail.

7. Lempar Umpan BOM pada spot yang akan kalian pancing, Umpan BOM berupa kangkung/daun singkong. Ikat daun singkong/kangkung lalu lemparkan ke spot tertentu. Beri juga pemberat pada umpan bom, hal ini dimaksudkan agar Umpan BOM tidak terbawa arus sungai. Usahakan Umpan BOM tersebut setengah mengambang.

8. Setelah ikan tawes mulai berkumpul memakan umpan bom, kalian bisa mulai memancing dan melempar umpan disekitarnya.

9. Anda bisa menggunakan teknik memainkan umpan naik turun, sehingga ikan tawes lebih tergoda dengan umpan.

10. Begitu umpan disambar, dengan isyarat pelampung tenggelam. Hentakan joran secepatnya dan dipastikan ikan akan tertancao mata kail.

Itulah Tips Serta Umpan Mancing Ikan Tawes baik itu di sungai, rawa, danau, waduk maupun bendungan. Semoga bisa bermanfaat. 





0 Response to "10 Tips dan Umpan Mancing Ikan Tawes Paling Galak"

Post a Comment