10 Tips Mancing dan Umpan Ikan Bawal Paling Ampuh


10 Tips Mancing dan Umpan Ikan Bawal Paling Ampuh - Sebelum mempelajari tips dan trik memancing ikan bawal baik itu di empang atau kolam pemancingan. Ada baiknya anda ketahui dulu tentang ikan bawal. Ikan yang hidup di air tawar ini bersifat omnivora, yakni pemakan segala. Sebenarnya ikan ini berasal dari benua Amerika, lebih tepatnya di Sungai Amazon, Amerika Selatan.

Namun sudah menyebar di seluruh Dunia, Di Indonesia sendiri penyebaran sudah merata di karenakan maraknya budidaya baik tambak maupun kolam. Ikan bawal bisa tumbuh hingga 20 kg,  Karakter ikan bawal ini suka bergerombol sehingga tidak susah buat pemancing untuk mencari spot yang tepat.

tips mancing ikan bawal

Tubuhnya yang pipih membuat ikan ini punya gerakan yang gesit. Hal inilah yang menjadi daya tarik para angler untuk mancing ikan bawal. Ikan bawal akan terus berontak saat kail menancap pada mulutnya. Dan dengan gigi yang tajam dapat dengan mudah memutuskan kenur/senar, bahkan tak jarang kail ikut patah.

Untuk itu diperlukan Tips dan Trik saat memancing predator air tawar ini. Dengan membekali diri akan pengetahuan mancing ikan bawal tentu hal-hal yang tidak diinginkan tak akan terjadi. Selain tips dan trik mimin juga akan berbagi racikan umpan terbaik ikan bawal.


Tips dan Cara Memilih Peralatan / Piranti Pancing yang Tepat


1. Reel | Cara Memilih Reel Pancing Ikan Bawal

Dalam pemilihan Reel sebenarnya tidak begitu susah, mengingat ukuran ikan bawal yang tidak begitu besar jadi tidak memerlukan reel dengan size yang besar pula. Namun meski demikian tetap harus memilih reel yang cukup kuat mengingat tenaga bawal yang kuat dan gesit. Adapun ukuran reel yang mimin rekomendasikan yaitu size 1000 - 3000 sudah cukup.

" Sebagai perhitungan mudah dengan Reel size 1000 punya kekuatan 2 Kg, dan size 2000 punya kekuatan 4 Kg, begitu juga seterusnya. Artinya sanggup melawan ikan dengan ukuran 2 Kg, bahkan kenyataannya bisa lebih dari kekutaan spek aslinya. "

2. Joran/Rod | Cara Memilih Joran Pancing Ikan Bawal

Joran merupakan piranti yang cukup penting saat memancing. Keberadaan joran akan sangat memudahkan angler saat melempar umpan atau saat fight dengan ikan bawal. Adapun joran atau Rod yang mimin rekomendasikan yaitu 165 - 180 cm. Tentu ukuran tersebut harus disesuaikan dengan size Reel dan Ukuran Kolam.
Tips : Jangan menggunakan Joran terlalu panjang pada kolam yang kecil atau pendek. Karena hal tersebut justru akan menyulitkan angler saat melempar umpan.
3. Senar / Kenur | Cara Memilih Senar Pancing Ikan Bawal

senar pancing ikan bawal

Untuk memilih kenur memang perlu perhatian khusus, mengingat fungsi kenur sebagai tumpuan saat fight dengan ikan. Pemilihan kenur yang terlalu kecil dampaknya pasti akan putus karena tidak kuat melawan ikan. Begitu pula sebaliknya kenur terlalu besar (penggunaan size besar) juga tidak bagus. Meskipun size besar punya kekuatan yang besar pula,  namun justru hanya akan menakuti ikan. Sebaiknya gunakan Kenur ukuran 0.20 - 0.23 dengan kekuatan 6 lbs / 3 Kg keatas.



4. Mata Kail | Cara Memilih Kail Pancing Ikan Bawal

Satu lagi piranti mancing yang sangat vital. Tajam dam kuatnya gigi ikan bawal mengharuskan anda menggunakan mata kail dari bahan yang kuat dan tajam. Anda bisa menggunakan kail berbahan Stainless Steel. Kelebihan Stainless Steel ialah selain tajam dan kuat bahan tersebut juga lebih tahan dari karat. Untuk ukurannya bisa menggunakan no. 4 / 5.

5. Piranti Lain ( Timbel/Pemberat, Pelampung dan Swivel)

Piranti lain yang tidak kalah penting yaitu timbel, pelampung dan swivel). Untuk pelampung sendiri diperlukan saat anda menggunakan teknik berpelampung. Ukuran pelampung bisa kalian sesuaikan dengan spot dan umpan yang kalian gunakan. Sedangkan timbel wajib ada baik teknik Glosor maupun dengan Pelampung. untuk ukuran bisa kalian sesuaikan sendiri. Lalu Swivel, swivel mempunyai peran cukup penting yakni menyambungkan mata kail dengan kenur utama sehingga kalian tidak perlu repot saat melepas atau memasang kail.


Cara Membuat Rangkaian Pancing Ikan Bawal


Saat anda memutuskan ingin memancing ikan bawal, maka sebaiknya anda harus mengetahui tips dan cara memancingnya. Satu lagi yang tidak kalah penting yaitu Rangkaian Pancing. Karena gigi ikan bawal sangat tajam jadi diperlukan rangkaian khusus yang cukup kuat.

Bahan-bahan yang diperlakukan untuk Membuat Rangkaian Pancing Ikan Bawal :

  • Nilon / Nikelin / Senar
  • Mata Kail no. 4 / 5
  • Swivel (kili-kili)
  • Stopper
  • Timah Pemberat
  • Pelampung

1. Cara Membuat Rangkaian Pancing Berpelampung

rangkaian pancing berpelampung

Rangkaian berpelampung sangat populer dan merupakan rangkaian umum yang dipakai angler, karena indikator/isyarat deteksi yang mudah dibaca. Untuk pemasangannya cukup mudah gan,
1. Pertama-tama ambil mata kail lalu sambungkan dengan kawat nikelin kemudian ikatkan nikelin pada swivel.
2. Sambung kenur/senar utama ke swivel lalu masukan timbel seukuran biji kacang ijo kemudian masukan stopper, lalu pelampung dan terakhir 1 buah stopper lagi.

Alur Rangkaian Berpelampung : Mata Kail >> Kawat Nikelin >> Swivel >> Stopper >> Timbel >> Stopper >> Stopper >> Pelampung >> Stopper.

Rangkaian Berpelampung sangat cocok digunakan pada kondisi air yang tenang dengan kedalaman maksimal 2 meter.

2. Cara Membuat Rangkaian Pancing Glosor (Tanpa Pelampung)


rangkaian pancing glosor

Rangkaian glosor atau tanpa pelampung mempunyai banyak keuntungan diantaranya :

  • Kalian tidak perlu memantau pelampung yang jauh namun hanya melihat kenur yang masuk kedalam air saja.
  • Bisa melempar umpan lebih jauh karena menggunakan timbel yang lebih besar.
  • Merasakan umpan yang termakan dengan sentuhan jari saja, bahkan terkadang kail langsung menancap mulut ikan tanpa menghentakan terlebih dahulu.

Alur Rangkaian Glosor : Mata Kail >> Kawat Nikelin >> Swivel >> Stopper >> Timbel >> Stopper. Timbel yang digunakan untuk rangkaian glosor lebih besar. Hal ini dimaksudkan agar umpan tidak mudah terbawa arus di dasar kolam. Timbel yang dibutuhkan bisa sebesar Biji Jagung.

Untuk Tips Membuat Rangkaian Pancing T bisa lihat disini


Tips Dan Trik Memancing Ikan Bawal Harian dan Galatama


1. Gunakan Rangkaian pancing berbahan Kawat Nikelin agar lebih kuat, mengingat gigi bawal yang tajam.

2. Amati Gerakan permukaan Air kolam, Apabila ikan bawal berdiam di suatu tempat umumnyan akan ditandai dengan keruhnya air kolam. Selain itu ada gerakan memutar benda-benda kecik dipermukaan kolam.

3. Keberadaan ikan bawal juga bisa ditandai dengan adanya minyak-minyak dipermukaan air. Dan dibawahnya dipastikan ada ikan bawal yang berdiam.

4. Apabila kalian hendak melempar umpan ke spot yang kalian curigai ada ikan bawal, sebaiknya lempar dengan hati-hati agar ikan tidak kabur.

5. Saat pelampung mulai bergerak, sebaiknya diamkan terlebih dahulu sampai pelampung terbawa masuk ke dalam air barulah hentakan joran kalian.

6. Saat fight/strike terjadi usahakan kenur tetap kencang. Karena apabila kenur sampai mengendur ikan bisa dengan mudah meloloskan diri dari mata kail.

7. Proses tarik ulur sangat diperlukan, maksudnya, apabila ikan terus berontak dan membawa umpan sebaiknya kendurkan spool pada reel agar kenur terulur. Namun jika ada kesempatan gulung reel sebisa mungkin.

8. Penting : Jangan Sekali-kali melawan/menggulung Reel saat ikan bawal berontak. Hal ini bisa berakibat fatal karena senar putus dan ikan bisa terlepas.

9. Bawalah Perlengkapan Cadangan seperti Rangkaian pancing, Timbel, Kail dan Pelampung. Dan apabila senar putus atau tersangkut, anda bisa langsung menggantinya.

10. Bawa cemilan atau makanan ringan serta air minum agar anda tidak dehidrasi dan kelaparan.


Umpan Jitu Mancing Ikan Bawal Harian dan Galatama


1. Umpan Jitu Mancing Ikan Bawal Siang Hari Paling Ampuh

Bahan-bahan :

  • 1 potong Tahu putih ukuran sedang
  • 1 butir Telur bebek
  • 1 bungkus Santan Kara
  • 2 sachet Susu dancow bubuk
  • 5 - 6 tetes Essen Sawo
racikan umpan ikan bawal

Cara Membuat :

1. Masukan semua bahan kecuali Essen dan Tahu

2. Lalu aduk adonan hingga merata sampai berbuih atau berbusa

3. Tambahkan 5 - 6 tetes Essen aroma Sawo lalu aduk kembali hingga tercampur rata

4. Potong tahu berukuran kemudian masukan kedalam adonan tadi.

5. Rendam tahu beberapa saat hingga aromanya meresap.

6. Angkat tahu dan biarkan hingga meresap dan adonan mengering.

7. Umpan siap digunakan.

2. Umpan Jitu Mancing Ikan Bawal Malam Hari Paling Ampuh

Bahan-bahan :

  • Pelet Ikan
  • Tepung udang
  • Tepung ikan
  • Telur Bebek rebus (ambil kuningnya saja)
  • Madu
  • Essen tenggiri

Cara Membuat :

1. Siapkan wadah plastik lalu masukan semua bahan kecuali essen tenggiri.

2. Aduk-aduk adonan hingga merata, usahakan aduk adonan hingga kenyal seperti dodol. Dimaksudkan agar tidak mudah hancur didalam air.

3. Tambahkan 3 - 5 tetes Essen Tenggiri, lalu aduk kembali sampai tercampur rata.

4. Bentuk adonan bulat-bulat kecil dan umpan siap digunakan.

3. Umpan Jitu Mancing Ikan Bawal Alami

1. Cacing

Siapa yang tidak tahu cacing?? Hampir semua jenis ikan menyukai umpan satu ini. Mulai dari ikan-ikan kecil hingga predator sekalipun. Kalian bisa menggunakan cacing merah atau cacing unthel. Untuk cara penggunaan, pasangkan 1 - 2 ekor cacing kedalam kail dengan cara menyilang.

2. Ulat Daun Pisang

Saya sering menggunakan umpan ini sebagai umpan ikan gabus, namun bawal pun menyukai umpan yang satu ini dan memang terbukti ampuh. Pasangkan 1 ekor ulat daun pisang ke kail lalu keluarkan sedikit isi perut ulat agar bau amis bisa keluar.

3. Hati Ayam

Bau amis yang khas dari ati ayam tentu akan sangat menggoda ikan bawal untuk menyambar. Namun rebus terlebih dahulu hati ayam, baru siap digunakan. Potong ukuran sedang lalu kaitkan ke kail saat akan digunakan.

Itulah beberapa Tips dan Trik serta Cara Memancing Ikan Bawal. Mimin rasa penjelasan di atas sudah sangat lengkap. Namun bila ada pertanyaan atau masukan mengenai artikel diatas bisa tambahkan di kolom komentar. Salam Joran Melengkung !!





Related Posts:

0 Response to "10 Tips Mancing dan Umpan Ikan Bawal Paling Ampuh"

Post a Comment