10 Cara dan Umpan Mancing Ikan Sepat Siam Paling Jitu!!


10 Cara dan Umpan Mancing Ikan Sepat Siam Paling Galak!! - Memancing ikan sepat sebenarnya sangat mudah kawan. Asal tahu trik dan caranya dan dipastikan puluhan ikan sepat bakal mendarat. Tapi sabar dulu Gan!! Sebelum membahas tentang mudahnya memancing ikan sepat, sebaiknya kenali dulu apa sih Ikan sepat??

Tahukah anda apa itu ikan sepat siam ?? Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang hidupnya di air tawar seperti sungai, rawa, sawah, bahkan ada di got atau genagan air kecil. Memenag ikan sepat punya kemampuan adaptasi yang baik. Jadi anda terkadang menemukannya di tempat yang tidak ada jenis ikan lainnya.

disc.yourwebapps.com

Dibeberapa daerah ikan sepat mempunyai nama yang beragam misalnya sepat sawah, sepat biru, sepat jawa, sepat siam, sepat ronggeng dan sapek. Ikan sepat siam sangat suka bergerombol, selain itu mereka juga sering berenang ke perrmukaan air. Hal ini yang terkadang buat kita gemes ingin menangkap dan memancingnya.

Ikan Sepat mempunyai tubuh yang pipih dan sangat mirip dengan gurami, bedanya hanya pada ukurannya yang kecil. Di alam liar ikan sepat biasa memangsa udang kecil, larva serangga, krutasea dan zooplankton. Ada pula jenis ikan sepat yang mempunyai warna yang cukup indah, sehingga dijadikan ikan hias di aquarium.

Pernahkah anda memancing Ikan Sepat Siam ??

Apakah dapat / pernah Strike Ikan Sepat Siam ??



Mungkin jawaban anda sama seperti mimin dahulu. Yaitu Pernah coba memancing ikan sepat namun tidak pernah Strike !! Hahaaa ngenes Ya. Memang Ikan Sepat tergolong jenis ikan yang sangat sulit dipancing. Saya saja dulu sampai putus asa mancing ikan ini. Sudah beberapa umpan namun tidak sama sekali dilirik. Haduhhh.


Umpan Ikan Sepat Siam Paling Galak Di Alam Liar (Sungai, Sawah dan Rawa)


Namun sebenarnya memancing Ikan Sepat Siam mudah gan. Asalkan tahu umpan yang jitu serta triknya. Oklah kita bahas dulu mulai dari umpan gan. Umpan apa sih yang ampuh untuk memancing ikan sepat siam??

1. Cacing Tanah

Memang hampir semua jenis ikan air tawar menyukai umpan berupa cacing. Bau anyir yang keluar akan menggoda ikan sepat untuk menybarnya. Kelebihan dari umpan cacing yakni mudah didapat disekitar pekarangan rumah. Bisa juga membelinya pada toko umpan pancing. Mengingat ukuran ikan dan mulut sepat yang sangat mungil, jadi gunakan cacing diameter kecil saja.

2. Kroto / Telur Semut

umpan mancing ikan sepat (kroto) 

Kroto merupakan umpan yang cukup ampuh untuk memancing ikan sepat. Warna putih serta bentuknya yang menarik perhatian ikan sepat untuk menyantapnya. Agar lebih ampuh sebaiknya pilih kroto yang masih sempurna dan tidak ada tanda tanda akan tadi semut. Umpan kroto banyak dijual di toko pakan burung, meskipun ampuh namun harganya tergolong tidak murah.

3. Daging Ayam

Baunya amis yang cukup kuat membuat umpan ini sangat ampuh. Umpan daging ayam bisa digunakan di rawa maupun sawah. Pilihlah daging ayam yang masih segar lalu potong kecil-kecil dan tidak lebih besar dari cacing. Baru kemudian kaitkan pada mata kail.

4. Cacing Sutra

Buat kalian yang memelihara ikan hias pasti sudah tidak asing dengan cacing sutra, ya ini merupakan umpan berbagai ikan hias. Bentuknya yang kecil sangat pas dengan ukuran mulut ikan sepat siam. Namun ukuran mata kail juga perlu kalian sesuaikan dengan ukuran yang kecil.

5. Mie Rebus

Satu lagi umpan alternatif yang leelu anda coba. Terlebih dahulu rebus mie namun jangan terlalu matang. Usahakan tekstur tetap kenyal dan tidak lembek agar mudah dipasang pada kail pancing. Meskipun umpan berupa mie rebus tak seampuh umpan diataa lainnya. Namun bisa anda jadikan alternatif. Potong kecil mie lalu pasang pada mata kail yang kecil.


Teknik dan Cara Memancing Ikan Sepat Siam Agar Dapat Banyak


Selain umpan yang jitu, anda juga diharuskan mengetahui teknik dan cara mancing ikan sepat siam agar dapat banyak. Berikut tips dan cara memancing ikan sepat siam :

1. Sebelum mulai memancing sebaiknya sempatkan berkeliling lokasi untuk mencari spot terbaik, dimana ikan sepat berkumpul. Ikan sepat sering kali menggambil oksigen keoermukaaan air, jadi tidak susah untuk mencari spot yang potensial.

2. Siapkan peralatan memancing, pertama Joran pancing. Untuk memancing ikan sepat sebaiknya gunakan joran tegek saja. Kenapa tegek?? Ikan sepat biasanya lebih suka berkumpul dipinggiran jadi tidak joran yang panjang apalagi reel. Ukuran tegek bisa anda sesuaikan sendiri sesuai spot mancingnya. Namun menurut mimin panjang 2 meter sudah sangat cukup. Sebaiknya gunakan joran tegek dengan diameter kecil saja namun jangan terlalu lentur. Agar lebih mudah menghentakan joran menjadi hook/strike.

3. Pilih Kenur / Senar dengan diameter kecil mengingat ikan sepat hanya seukuran 3 atau 4 jari saja dengan berat tak lebih dari 20 gram, meskipun terkadang ada yang lebih besar. Menggunakan kenur dengan diameter besar justru akan membuat ikan sepat takut dan ragu-ragu untuk makan umpan.

4. Gunakan mata kail yang kecil pula, kalian pasti tahu kan!! Ukuran mulut ikan sepat yang super kecil. Alhasil anda juga membutuhkan kail yang kecil pula bukan. Untuk ukuran kail bisa menggunakan 0.5, dan lebih baik lagi menggunakan ukuran 0.1. Namun size 0.1 sangatlah jarang, tidak semua produsen kail memproduksinya karena memang sangat jarang yang pakai. Palingan ada juga barang import dari luar negeri. Tingkat keberhasilan hook up dengan kail 0.1 sangatlah tinggi, namun sering kali tetelan ikan sepat hingga tenggorokan. Mimin merekomendasikan mata kail ukuran 0.3 - 0.5 saja.

5. Pilih pelampung yang sensitif dengan ukuran yang kecil. Bentuk pelampung yang paling tepat untuk mancing ikan sepat ialah lonjong memanjang. Bentuk seperti ini lebih senfitif dibanding lainnya.

rangkain pancing ikan sepat siam satu kail

6. Sebaiknya gunakan timah atau pemberat berbentuk daun. Timah daun punya kelebihan lebih mudah menyesuaikan berat dan besar pelampung dan umpan. Jadi anda bisa menambah atau mengurangi timah tanpa harus membut rangkaian pancing baru.

7. Pakai rangkaian pancing dua mata kail saja. Berikut cara membuat rangkaian pancing ikan sepat.

Cara Membuat Rangkaian Pancing Ikan Sepat

1. Siapkan bahannya seperti Pelampung, Mata Kail, Timah Daun, Kili-kili/Swivel dan Stooper.

2. Ambil kenur utama lalu masukan stopper dan diikuti pelampung lalu kenudian stoppee lagi.

3. Setelah itu ambil kili-kili atau swivel dan ikatkan pada ujung kenur.

4. Terakhir anda bisa memansang mata kail cabang 2 (ukuran kail 0.3 - 0.5).

5. Jarak ideal antara pelampung dengan timah adalah 20 cm, sedangkan timah ke mata kail cukup 5 cm saja.

8. Mulai lempar umpan kespot tersebut, lalu tunggu hingga ada pergerakan dari pelampung.

9. Usahakan pelampung tenggelam setengah ketika berada dalam air (jangan tidur/mengambang). Bila posisi pelampung mengambang berarti umpan terlalu dalam, atau bila tenggelam berarti terlalu pendek. Atur lagi posisi pelampung hingga pas.

10.  Saat ada pergerakan dari pelampung dan ditandai tenggelmanya pelampung. Langsung hentakan joran kalian, moment menghentakan harus pada saat pelampung ditarik/tenggelam seutuhnya. Dan pasti hook up bakal terjadi.

Itulah Tips Dan Teknik Memancing ikan sepat di alam liar seperti sungai, rawa dan sawah. Semoga bisa bermanfaat.

¤ Bila Ada Pertanyaan atau Tambahkan tentang Memancing Ikan Sepat bisa anda tulis dikolom komentar.

¤ Bila Ada Kritik atau Saran tentang Apa saja mengenai Website kami, juga bisa menulisnya pada Kolom Komentar atau Kontak Kami.





0 Response to "10 Cara dan Umpan Mancing Ikan Sepat Siam Paling Jitu!! "

Post a Comment