6 Tips Dan Umpan Mancing Ikan Belanak Terbukti Ampuh


6 Tips Dan Umpan Mancing Ikan Belanak Terbukti Ampuh - Ikan belanak merupakan jenis ikan air tawar yang gesit seperti ikan bandeng. Bentuk keduanyapun cenderung mirip, dengan tubuh yang pipih dan termasuk perenang cepat. Habitat Ikan ini banyak ditemukan di air payau dan terkadang juga di air tawar. Dibeberapa daerah ikan ini punya sebutan yang berbeda-beda seperti ikan gadah, bale belana, rapang, goru dan jumpul.

Tidak hanya di Indonesia, Ikan Belanak juga banyak ditemui di Perairan Australia, Samoa, Fiji dan New Caledonia. Sedangkan di Benua Asia belanak banyak ditemui di Srilangka, India, Filipina dan Malaysia.

Memancing ikan jenis pelagis atau perenang cepat seperti ikan belanak memang sangat mengasikan. Selain tarikan atau tenaga ikan yang kuat, ikan jenis pelagis juga terus berontak dan berenang kesana kemari berusaha melepas kail. Namun untuk menaklukan ikan belanak perlu trik khusus agar ikan bisa mendarat.

umpan ikan belanak

Tenang Guys kali ini mimin bakal bagikan tips dan trik memancing ikan belanak baik itu umpan maupun cara memancingnya. Baiklah simak saja tips-tips dibawah ini.


Umpan Mancing Ikan Belanak Di Alam Liar (Muara Sungai, Pantai, Dermaga dan Pelabuhan) 



1. Umpan Jitu Ikan Belanak Adonan Tepung

Bahan-bahan :

  • 1 kg tepung terigu
  • 1 sachet susu
  • 1/4 minyak goreng
  • Mentega
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan garam
  • 2 gelas Air putih


Cara Mebuatnya :

Siapakan wadah lalu masukan semua bahan jadi satu, setelah itu aduk adonan hingga pulen baru kemudian kukus kurang lebih 30 - 60 menit. Setelah matang tumbuk/haluskan adonan sambil diaduk-aduk hingga merata. Umpan siap digunakan.


2. Umpan Jitu Ikan Belanak Roti Tawar

Umpan yang kedua ini cukup simple membuatnya. Ini juga bisa anda jadikan alternatif saat kehabisan umpan atau tidak sempat membuat umpan. Cukup sediakan roti tawar lalu kaitkan kemata kail. Umpan siap digunakan. Meski simple, mudah dan sederhana namun umpan roti tawar cukup ampuh untuk mendaratkan ikan belanak.



3. Umpan Jitu Ikan Belanak Campuran Essen

  • Bahan-bahan :
  • 1/2 kg tepung terigu
  • 10 sendok makan Garam
  • 4 sendok makan Margarin
  • 2 butir telur ayam
  • Esen (pengharum roti)
  • Air secukupnya

* takaran diatas bisa disesuaikan sendiri

Cara Membuatnya :

Pertama tama panggang margarin hingga meleleh lalu siapkan wadah plastik kemudian masukan margarin, telur, garam dan essen yang telah dilarutkan dengan air. Aduk aduk adonan sambil masukan tepung terigu ssdikit demi sedikit hingga tercampur rata. Lalu kukus adonan 30 - 60 menit, setelah matang haluskan adonan hingga merata. Umpan siap digunakan.

racikan umpan ikan belanak

4. Umpan Jitu Ikan Belanak Ampuh

Bahan-bahan :

  • 250 gram Tepung terigu
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 sendok makan Margarin
  • 3 sendok makan Garam
  • 1 sendok teh Marimas rasa mangga


Cara Membuat:

Siapkan wadah plastik lalu masukan semua bahan jadi satu. Setelah itu aduk adonan hingga benar-benar merata. Setelah itu masukan adonan kedalam plastik kiloan lalu kukus selama 60 menit. Setelah matang angkat dan langsung tumbuk/haluskan adonan selagi panas. Diamkan adonan hingga dingin. Umpan siap digunakan.

5. Umpan Alami Ikan Belanak dengan Lumut 

Selain menggunakan umpan racikan, ikan belanak juga bisa dipancing menggunakan umpan alami seperti lumut. Selain tidak ribet umpan alami juga tergolong ampuh untuk memancing ikan ini. Cari lumut yang berwarna hijau dan halus. Lalu campurkan sedikit garam agar lebih awet dan halus. Namun perlu usahakan menggunakan lumut jangan terlalu halus. Nantinya malah lebih gampang pudar saat didalam air.


Tips Dan Cara Memancing Ikan Belanak Ala Cilacap (belum banyak orang tahu) 


Agar hasilnya bisa maksimal tentunya dibutuhkan teknik dan cara mancing yang benar. Dan kali ini mimin akan berbagi tips memancing ikan belanak yang sedikit berbeda namun hasilnya sangat efektif dibandingkan memakai umpan lumut.

Mau tahu teknik seperti apa yang akan mimin bagikan ??

Saat akan mempraktikan teknik ini sebaiknya ikuti langkah demi langkahnya agar lebih maksimal. Ok langsung saja simak tipsnya dibawah ini.

1. Siapkan Piranti/Peralatan Mancing Anda

>> Joran

Pada teknik ini kita akan menggunakan 2 buah joran (satu joran utama dan satunya joran untuk pengumpul ikan).
* Joran Utama : joran yang nantinya akan dipasang kail serta pelengkap lain. Selain itu joran utama harus kaku (tidak lentur).
* Joran Kedua : joran yang akan kita pasang umpan pengumpul ikan.
Bila kalian memancing di tepian sebaiknya gunakan joran ukuran 4 - 5 meter (joran tersebut harus kaku dan ujung joran lentur). Saat anda memancing dari atas perahu, atas pemecah ombak sebaiknya gunakan joran yang lebih pendek antara 1 - 1.5 meter.

>> Mata Kail

Mata kail hanya dipakai pada joran utama, sedangkan pada joran kedua (joran pengumpul ikan dipasang  pemberat yang nantinya akan dipasang umpan pengumpul ikan belanak. Untuk ukuran mata kail pada joran utama bisa menggunakan no. 9 atau 10, untuk jenisnya gunakan mata kail double hook.

>> Umpan

Untuk umpan kalian bisa memilih salah satu umpan racikan diatas yang berbahan dasar tepung.

2. Setelah menentukan spot, ukur kedalaman air dengan joran/kail pengumpul ikan yang dipasang pemberat/timbel. Kemudian tandai kedalam air, tandai juga pada kail pancing utama. Kedalaman umpan pengumpul dan mata kail pada joran utama harus sejajar.

3. Pasang umpan pengumpul ikan belanak berbentuk seperti bola (lihat gambar dibawah) lalu masukan kedalam hingga mentok kedasar. Setelah itu angkat kira-kira 10 cm keatas.

cara memasang umpan pengumpul ikan

4. Pasang juga Umpan pada mata kail utama, namun memasangnya pada gagang kail bagian atas. Sehingga saat ikan belanak memakan atau mendorong umpan posisi mata kail yang runcing tepat berada di bawah ikan. Posisi kedalaman mata kail utama dengan umpan pengumpul ikan harus sama, sehingga sejajar.

mata kail utama dan kail umpan pengumpul ikan
5.  Teknik memancing ikan belanak seperti ini terbukti sangat efektif, dikarenakan ikan belanak lebih sering mendorong umpan dari pada menggigit umpan.

6. Saat umpan pada mata kail utama mulai dimakan (berarti posisi ikan ada diatas kail yang runcing), langsung hentakan joran dan bisa di pastikan ikan akan tertusuk kail yang tajam. Nah disinilah kenapa mimin menyarankan joran yang kaku, agar saat menghentakan joran tidak memantul kebawah.

posisi ikan pada saat makan umpan pada kail utama
Itulah Tips memancing Ikan Belanak yang mungkin asing dan belum banyak orang tahu,  namun sangat efektif dan ampuh. Teknik seperti ini sudah banyak digunakan di daerah Cilacap, Jawa Tengah. Semoga tips diatas bisa bermanfaat.





0 Response to "6 Tips Dan Umpan Mancing Ikan Belanak Terbukti Ampuh "

Post a Comment