12 Tips Macing Ikan Betok Serta Umpan Galaknya !!


12 Tips Macing Ikan Betok Serta Umpan Galaknya !! - Untuk memancing ikan betok sebenarnya tidak susah kawan. Hanya dibutuhkan umpan dan cara mancing yang benar saja alhasil kalian bisa panen ikan ini bila memang sedang musimnya. Tapi tahan dulu kawan, mimin akan menjelaskan umpan, cara mancing, teknik serta tips memancing ikan betok selengkapnya dibawah.

mancing ikan betok

Sebelum itu tidak ada salahnya ketahui sekilas tentang ikan betok. Dibeberapa daerah ikan ini di beri nama yang beragam, misalnya ikan betik, bethok, bethik, betek, betrik, bethrik, menter dan papayu. Apapun namanya itu, yang jelas ikan betok merupakan jenis yang sangat populer di masyarakat indonesia.


Habitat Asli Ikan Betok


Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang hidup di sungai, rawa, danau, waduk dan sawah. Dan terkadang ikan betok juga ditemukan di kolam atau empang. Entah kenapa tidak banyak orang yang membudidayakan ikan ini, padahal daging ikan betok sangat lezat dan gurih.

Mungkin hal ini disebabkan karema sisik dan kulit luarnya yang kasa serta kepalanya yang keras sehingga ikan betok lebih terbiasa di alam liar.

Di alam liar bisanya ikan betok mampu tumbuh hingga 20 cm saja. Populasi ikan betok terbilang melimpah, karena ikan ini mampu berkembangbiak dengan cepat seperti ikan nila.

Waktu Yang Tepat Memancing Ikan Betok

Waktu memancing ikan betok yang tepat adalah pagi antara pukul 06.00 - 09.00 Namun terkadang sore hari ikan juga masih menyambar umpan, antara 16.00 - 17.30. Selain itu pada Musim Penghujan juga saat yang tepat untuk memancing, hal ini disebabkan meningkatnya kandungan oksigen dalam air. Sehingga nafsu makan ikan akan bertambah.


Cara Memilih dan Mencari Spot Mancing Ikan Betok


Seperti yang sudah mimin jelaskan diatas, habitat ikan betok berada di rawa, sungai, sawah dan kolam/empang. Namun kalian diharuskan mencari spot yang lebih spesifik atau tempat yang disukai ikan ini.

spot ikan betok

1. Saat Memancing di Sungai

  • Sebaiknya cari spot yang berarus tenang dan dalam. Tempat/Spot seperti itu biasanya ada di pinggiran sungai. 
  • Disekitar ranting atau pohon tumbang yang menjorong ke sungai. 
  • Terdapat pusaran air kecil di pinggiran Sungai. 
  • Terdapat banyak serangga kecil dan udang disekitar Spot yang menjadi makanan ikan betok

2. Saat Memancing di Rawa

  • Pilih Spot disekitar Tanaman Air seperti enceng gondok dan jenis lainnya.
  • Cari Spot yang lebih dalam dari sekitarnya.
  • Bila terdapat banyak ganggang yang menutupi rawa, sebaiknya cari spot yang tidak tertutup ganggang. Atau bisa juga anda bersihkan terlebih dahulu. 

3. Saat Memancing di Kolam/Empang

  • Kondisi empang biasanya lebih bersih dan agak terawat. Jadi pilih spot dipinggiran kolam.
  • Biasanya ikan betok akan berenang kepermukaan air untuk mengambil oksigen atau ditandai adanya gelembung. Bila terlihat banyak ikan yang naik turun, itu bisa menjadi spot yang porensial.


Umpan Jitu Mancing Ikan Betok Paling Galak Di Sungai dan Rawa


Tidaklah susah menentukan atau meracik Umpan ikan betok. Karena ikan ini tergolong omnivora atau pemakan segalanya. Terlebih saat musim penghujan, ikan ini akan lebih galak dari biasanya.

1. Umpan Alami Ikan Betok Paling Ampuh

1. Cacing

Tidak hanya ikan betok, cacing memang umpan semua ikan air tawar. Umpan cacing tergolong ampuh untuk ikan yang satu ini, baik itu anakan atau babon. Disamping itu Umpan cacing juga sangat mudah ditemukan disekitar pekarang rumah. Atau anda bisa membelinya di toko umpan mancing terdekat.

2. Kroto

Satu lagi umpan memancing yang sangat ampuh, yakni kroto. Warnanya yang putih serta bentuknya yang aagk transparan sehingga lebih menggoda ikan betok untuk menyambarnya. Namun harga kroto tergolong mahal sekitar Rp. 10.000,- per 1 ons. Tapi untuk urusan jitu tidaknya jangan ditanya lagi gan.

3. Laron

umpan alami mancing ikan betok

Selain cacing dan kroto, laron juga sangat direkomendasikan sebagai umpan ikan betok. Saat menggunakan laron sebaiknya keluarkan sedikit isi perutnya. Baunya yang amis akan sangat menggoda ikan untuk menyambar. Namun anda hanya akan menemukan laron saat musim penghujan tiba.

2. Umpan Racikan Ikan Betok Paling Ampuh

Selain Umpan Alami kalian juga bisa menggunakan umpan racikan. Umpan racikan juga tergolong ampuh dan jitu untuk memancing ikan betok. Namun diperlukan modal yang lebih untuk membeli bahan-bahannya. Umpa ini juga bisa dijadikan alternatif saat tidak adanya umpan alami.



Dan Berikut langkah-langkah membuatnya :

Bahan-bahan :

  • Ubi jalar
  • Sarden
  • Pelet PF 100
  • Kuning telur

Cara Meracik :

1. Terlebih dahulu bakar Ubi Jalar sampai empuk.

2. Siapkan wadah plastik lalu masukan semua bahan menjadi satu kemudian aduk hingga tercampur merata.

3. Usahakan adonan kenyal dan tidak lengket saat dibentuk.

4. Bila adonan kurang kenyal kalian bisa menambahkan air panas secukupnya.

5. Buat bulatan kecil saat umpan akan dipakai.

6. Selamat Mencoba !!!


Tips dan Cara Memancing Ikan Betok yang Benar


Agar acara memancing anda bisa lebih menyenangkan dan mendapatkan hasil yang maksimal. Sebaiknya ketahui cara dan teknik memancingnya terlebih dahulu.

Berikut Cara dan Teknik Memancing Ikan Betok :

1. Sipakan Peralatan atau Piranti Mancing

Dalam berburu ikan betok tidak memerlukan piranti khusus, karena ikan ini tergolong mudah dipancing. Karena ikan ini berukuran kecil dan tak lebih dari telapak tangan orang dewasa, jadi kalian bisa menggunakan joran tegek saja. Di tambah kenur/senar ukuran kecil (size 0.20 kebawah). Untuk kail gunakan ukuran no. 6 ditambah pelampung kecil dan pemberat secukupnya. Untuk rangkaian pancing pakai cabang 2 saja.

2. Pilihan Umpan yang Cocok dan Ampuh 

teknik mancing ikan betok

Pada dasarnya ikan betok termasuk ikan yang rakus, anda bisa menggunakan berbagai macam umpan yang menggoda ikan target. Diantaranya Kroto, Cacing, Udang, Ulat daun pisang, Laron, Larva lebah dan Jangkrik.

3. Pakailah Umpan BOM (Pengumpul) Ikan Betok

Penggunaan Umpan BOM dimaksudkan agar ikan dapat berkumpul pada satu tempat. Saat ikan mulai berkumpul dan memakan Umpan BOM, anda bisa mulai memancingnya. Adapun racikan umpan yang bisa digunakan sebagai Umpan BOM.

Cara Membuat Umpan BOM Ikan Betok

Untuk membuat Umpan BOM ikan betok cukup mudah kawan. Kalian bisa menggunakan Dedak, Kroto, Atau Pelet. Cukup sebarkan Umpan BOM tersebut ke Spot yang potensial dan tunggu hingga ikan berkumpul dan menyantap umpan tersebut.

4. Pilih Waktu Memancing Yang Tepat

Sebenarnya point ini sudah mimin jelaskan diatas, yakni saat Pagi dan Sore Hari. Selain itu saat musim penghujan atau setelah hujan turun adalah moment atau waktu yang paling pas. Dan jangam sekali-kali memancing saat hujan lebat, karena ikan betok akan lebih auka berdiam di dasar perairan.

5. Gunakan Teknik memancing Dengan Pelampung

Dikarenakan sifat ikan betok lebih sering mendekati permukaaan air, jadi memancing menggunakan pelampung sangat disarankan. Pakailah pelampung ukuran kecil yang cukup sensitif.


6. Tarik Perhatian Ikan Betok

Sama halnya memancing jenis ikan lainnya, kalian diharuskan rutin menggerakkan kail untuk menarik perhatian ikan betok. Misalnya, saat anda menggunakan umpan berupa cacing, usahakan gerakan kail naik turun agar umpan terlihat bergerak dan menggoda ikan untuk menyambar.

7. Hentakan Joran pada Moment yang Tepat

Saat pelampung mulai bergerak-gerak naik turun, berarti ada ikan betok yang sedang pesta dibawah sana.Hee . Dan saat itulah kalian harua lebih sigap dan waspada. Begitu pelampung bergerak turun dan tenggelam, segera hentakan joran secara perlahan namun menggetkan.


Tips dan Cara Memancing Ikan Betok Babon/Besar


1. Peralatan yang dipakai untuk memancing ikan betok babon tidaklah berbeda, yakni joran tegek, kail, kenur, timbel dan pelampung.

2. Untuk umpan bisa menggunakan Kroto, Cacing, Laron dan Ulat. Pemasangan umpan disarankan lebih banyak dari biasanya untuk umpan yang berbetuk kecil.

3. Pemilihan spot mancing ikan betok babon sedikit berbeda, ikan ukuran besar lebih suka berdiam diri di liang/lubang dan tidak bergerombol.

4. Gunakan teknik Glosor Atau Berpelampung (namum usahakan kail/umpan menyentuh dasar sungai/rawa).

5. Pada saat menyambar umpan Ikan Betok babon tidak naik turun seperti anakan betok. Namun ia akan menyantap dan membawanya pelan dan pelampung akan terlihat bergerak.

Itulah Tips dan Cara Memancing Ikan Betok Yang Benar. Bila ada tambahan atau Resep Umpan yang lebih ampuh, bisa menambahkan di kolom komentar. Berbagi itu indah Broo, !!






Related Posts:

0 Response to "12 Tips Macing Ikan Betok Serta Umpan Galaknya !!"

Post a Comment