Tips Mancing Ikan Bandeng dan Umpan Galaknya


Tips Mancing Ikan Bandeng dan Umpan Galaknya - Ikan bandeng merupakan ikan air payau, yakni pertemuan antara air asin dan tawar yang  juga disebut milk fish (dalam bahasa inggris). Sedangkan dalam bahasa latin disebut Chanos chanos. Ikan yang hidup di air payau ini banyak ditemukan dekat dengan laut, muara dan hutan bakau namun ikan ini juga mampu hidup di air asin. Di Asia Tenggara ikan bandeng cukup favorit, terutama Indonesia. Di Indonesia sendiri ikan bandeng sudah banyak dibudidayakan di tambak-tambak karena dagingnya memang digemari.

mancing ikan bandeng

Namun saat ini kolam pembibitan maupun pembesaran ikan bandeng banyak yang beralih fungsi menjadi Kolam Pemancingan, baik itu sistem Harian maupun Galatama. Buat angler yang sudah pernah memancing ikan bandeng pasti akan ketagihan. Meskipun bentuknya pipih dan memanjang namun ikan ini punya tarikan yang cukup brutal. Begitu kail menancap pada mulutnya,  ikan ini akan brontak dan kesana kemari. Itu menjadi sensasi tersendiri buat pemancing ikan bandeng.

Buat anda yang belum pernah memancing ikan bandeng, gak usah khawatir mimin akan bagikan tips dan triknya kok.!!! Ada beberapa trik yang harus anda tahu saat memancing ikan bandeng. Dengan teknik dan trik yang tepat dipastikan strike akan didapat.


Piranti/Peralatan yang harus Disiapkan Saat Memancing  Ikan Bandeng


1. Gunakan Reel dan Joran 

Saat memancing ikan bandeng sangat tidak disarankan menggunakan joran tegek saja dan sebaiknya gunakan Reel dan Joran sambung. Meskipun ikan bandeng lebih sering berada di pinggiran, namun saat ikan menyambar umpan akan membawa lari ketengah perairan, sehingga penggunaan reel akan lebih memudahkan anda. Selain itu sensasi saat memancing ikan bandeng menggunakan reel akan lebih tersa menegangkan. Intinya agar klimaknya bisa dapet lahh,,,!! Kalian bisa menggunakan Reel ukuran seri 1000 - 4000, sedangkan joran bisa pakai panjang 150 - 180 cm sudah cukup.


2. Senar (kenur), Kail, Stopper, Timah Pemberat dan Pelampung

Sebaiknya gunakan kenur type monofilament PE 1 atau 2. Ukuran tersebut mimin rasa cukup untuk meladei perlawan bandeng yang ukurannya tidak lebih dari telapak tangan orang dewasa. Mengingat ukuran mulut ikan bandeng yang kecil, jadi gunakan Kail no. 3 atau 4 dengan diameter 7 - 7.5 mm. Selain itu pakai juga pelampung yang cukup sensitif namun jangan terlalu kecil. Usahakan jarak pelampung ke kail 15 - 20 cm saja. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan kedalam spot tersebut. Siapkan juga Stopper dan timah pemberat (untuk ukuran bisa disesuaikan).

3. Siapkan Kain Lap atau Sarung Tangan

Kain lap atau Sarung tangan berfungsi agar saat kalian mendapatkan ikan bandeng lebih mudah memegangnya sehingga tidak mudah lepas saat ikan berontak.

4. Siapkan Peralatan Tambahan 

Siapkan alat penunjang lainnya seperti Sunblock (Lotion), Payung, Kaos lengan panjang dan bila perlu Kaca mata hitam. Peralatan tersebut semata - mata bukan untuk gaya-gayaan "tapi bisa buat gaya juga sih, jadi kalo nanti selvi dengan ikan lebih keren kan, heheee". Namun tujuan utama bukan itu kawan, kalian tahu kan lokasi mancing ikan bandeng itu dimana, yapps dipinggir laut atau muara yang pastinya panas ga ketulungan.

peralatan mancing ikan bandeng

5. Bawa Air Minum dan Makanan Ringan

Lokasinya yang jauh dari pemukiman apalagi warung (yang bisa ngopi dan ngadem), mengharuskan anda mempersiapkan bekal sendiri. Yang terpenting sih air minum biar kalian tidak dehidrasi bro. Tapi kalo mau bawa nasi bungkus, nasi pecel atau macD gak papa sih. Yang penting kalian tidak kelaparan saat memancing nantinya. "maaf kalo bahasanya sedikit jor-joran gan".

6. Bawa Uang atau Duit 

Duit, Duit dan Duit. hahaa. Memang duit sangat diperlukan buat semua urusan, tak terkecuali saat memancing. Bawalah duit secukupnya agar bila ada kondisi darurat saat akan atau pulang memancing seperti ban kendaraan bocor. Selain itu bila kalian memancing dikolam harian atau kiloan pastinya butuh yang satu ini bukan.


Tips dan Cara Membuat Rangkaian Pancing Ikan Bandeng


1. Ada 2 jenis rangkaian yang bisa kalian pakai yakni dengan pelampung dan juga glosor (tanpa pelampung). Namun direkomendasikan  gunakan rangkaian berpelampung saja. Rangkaiam. Dengan pelampung kalian akan lebih mudah mengawasi pergerakan dan isyarat saat umpan dimakan.

2. Pertama-tama loloskan kenur pada jalur kenur di joran.

3. Masukan kenur dengan urutan Stopper (karet pembatas) > Pelampung > Stopper > Timah pemberat (timbel) > Swivel > Rangkaian kail cabang 2 atau 3.

4. Selain itu kalian juga bisa menggunakan Rangkaian Langsung. Stopper > Pelampung > Stopper > Rangkaian kail cabang 2 atau 3 > pemberat.

rangkaian pancing ikan bandeng

5. Saat menggunakan Rangkaian Langsung, sebaiknya jarak pelampung ke kail antara 15 - 20 cm.


Tips Dan Cara Memancing Ikan Bandeng Liar


1. Menentukan Spot Mancing Ikan Bandeng

Ikan ini banyak dijumpai di perairan payau atau di air asin, jadi kalian bisa memancingnya di muara, pinggiran laut, dermaga dan hutan bakau. Kalian juga bisa memancing ikan bandeng di tambak-tambak yang kosong atau sudah panen, biasanya ada beberapa ikan yang tertinggal. Karena ikan ini mempunyai sifat bergerombol dan sering berpindah-pindah, jadi usahakan lempar umpan kebeberapa titik/spot.

2. Mendeteksi/Mencari Keberadaan Ikan Bandeng pada Titik/Spot tertentu

Seprtir yang mimin bilang diatas. Ikan bandeng mempunyai kebiasaan bergerombol dan berpindah. Biasanya mereka akan mengitari spot tertentu dan berpindah lagi ke spot lain. Maka dari itu saat umpan yang anda lempar tidak ada sambaran dalam waktu yang lama, maka kalian perlu mencari spot lain. Begitu spot ditemukan lempar umpan pada satu titik saja agar ikan tetap berkumpul di daerah itu. Untuk mengumpulkan ikan bandeng kalian juga bisa melempar Umpan BOM ke spot tertentu. Untuk cara membuat Umpan BOM bisa dilihat dibawah (scroll ke bawah).

3. Menentukan Waktu Terbaik Memancing Ikan Bandeng

Sebenarnya ikan bandeng termasuk ikan yang rakus juga loh, jadi tidak susah memilih kapan waktu memancingnya. Namun waktu yang paling tepat adalah sekitar jam 8 sampai 12 siang. Setelah jam tersebut nafsu makan ikan bandeng akan menurun, dan baru mulai makan pada jam 3 sore sampai matahari tenggelam. Dan pada malam hari ikan ini juga lebih sulit dipancing.


4. Menentukan Kondisi dengan Cuaca Yang Baik

Habitat Ikan bandeng adalah Air payau jadi saat hujan turun otomatis kandungan garam akan berkurang dan menyebabkan air lebih tawar. Dan pada kondisi seperti ini nafsu makan Ikan bandeng akan menurun. Selain itu saat Pasang-Surut air laut juga mempunyai andil, ketika air laut suruh kondisi tambak juga ikut surut dan ketika itu terjadi lebih baik cari tambah yang lebih dalam. Kemudian saat angin kencang sehingga gelombang juga ikut besar dan saat kondisi ini sangat tidak cocok menggunakan rangkaian berpelampung, maka sebaiknya beralih ke teknik glosor saja.


Cara Membuat Umpan BOM (Pengumpul) Ikan Bandeng


Agar ikan bandeng bisa berkumpul pada suatu titik kalian bisa menggunakan Umpan BOM dan lemparkan pada titik tersebut. Untuk membuatnya cukup mudah kawan.

Berikut Cara Membuat Umpan BOM Ikan Bandeng :

1. Kalian bisa menggunakan makanan bayi seprti Sun/Cerelax secukupnya.

2. Bungkus Sun/Cerelax menggunakan plastik berwarna putih kemudian ikat plastik tersebut.

3. Beri lubang pada plastik (bisa 2 atau 3 lubang kecil).

4. Tambahkan bandul atau pemberat pada plastik. Hal ini dimaksudkan agar saat Umpan BOM di dalam air tidak terbawa arus, untuk bandul/pemberat bisa menggunakan batu kecil/timbel.

5. Lempar Umpan BOM ke spot tertentu yang akan kalian pancing.

6. Tunggu beberapa saat agar ikan bandeng berkumpul, baru mulai lempar umpan ampuh kalian.


Umpan Jitu Ikan Bandeng Liar Paling Ampuh


umpan ikan bandeng

1. Roti dan Terasi

Bahan-bahan :

  • Roti Tawar
  • Terasi

Cara Membuat :

Ambil roti tawar sedikit demi sedikit, lalu olesi dengan terasi. Dan Umpan siap digunakan. Meskipun sederhana namun umpan ini cukup ampuh kawan.

2. Pelet Ikan dan Telur Ayam

Bahan-bahan :

  • Pelet Secukupnya
  • 1 butir Telur Ayam
  • Air panas secukupnya

Cara Membuat :

Siapkan wadah plastik kemudian masukan pelet dan telur ayam. Aduk-aduk adonan sampai tercampur rata. Tambahkan sedikit air panas lalu aduk kembali hingga adonan kenyal.

3. Ursal dan Pelet Ikan

Bahan-bahan :

  • Ursal
  • Pelet Ikan

Cara Membuat :

Campurkan kedua bahan tersebut lalu aduk hingga tercampur rata. Usahakan adonan dalam kondosi kenyal agar tidak mudah hancur saat didalam air. Bila kurang kenyal bisa menambahkan air panas secukupnya. Umpan siap digunakan.
Ursal adalah ramuan yang biasa digunakan petani untuk meningkatkan nafsu makan ikan bandeng.

Umpan Jitu Ikan Bandeng Kolam Harian


1.Umpan Bandeng Harian/Galatama

Bahan-bahan :

  • Pelet Koi bentuk butiran
  • 2 butir Telur Bebek / Ayam
  • Plastik kiloan warna putih
  • Essen Garlic / Bawang Putih

Cara Membuat :

1. Masukan pelet sebanyak 1/4 plastik, kemudian masukan juga telur bebek.

2. Kocok adonan hingga telur menyatu dengan butiran pelet.

3. Biarkan beberapa saat hingga pelet seperti permen karet. Kalian juga bisa menyimpannya didalam lemari es sebelum dipakai.

4. Kalian bisa menambahkan Essen Garlic saat akan digunakan.

5. Bila susah mencari Essen Garlic bisa menggantinya dengan Bawang Putih.

6. Gerus dan haluskan bawang putih lalu masukan kedalam kantong plastik dan kocok adonan.

7. Selesai, umpan siap digunakan.







Related Posts:

0 Response to "Tips Mancing Ikan Bandeng dan Umpan Galaknya"

Post a Comment