Inilah!! 7 Alasan Kenapa Ikan Naik ke Permukaan Air


Inilah!! 7 Alasan Kenapa Ikan Naik ke Permukaan Air - Bila kalian sedang mencari informasi tentang alasan kenapa ikan naik ke permukaan air, anda tepat sekali mengunjungi blog ini. Kali ini mimin akan membahas tentang alasan tersebut.

Mungkin anda sering melihat ikan peliharaan kalian sering naik ke permukaan air, seperti sedang mengambil udara namun dalam jangka waktu yang lama. Atau orang biasa menyebutnya megap-megap. Begitu pula buat para pemancing, saat memancing terkadang banyak ikan yang naik ke permukaan air. Namun saat dipancing ikan tidak mau makan.

Ikan merupakan hewan yang hidup di air dan bernafas dengan organ pernapasan bernama insang. Itulah kenapa ikan tetap bisa bernafas di dalam air. Namun pada kondisi tertentu ikan akan kesulitan bernafas sehingga sering terlihat naik ke permukaan air. Untuk lebih jelasnya tentang kenapa ikan naik ke permukaan air, akan mimin jabarkan di bawah.

ikan naik ke permukaan air


Ok lah langsung saja simak alasan kenapa ikan naik ke permukaan air ?? Berikut alasannya :


1. Kadar DO dalam air rendah, hal ini biasanya terjadi pada saat malam menjelang suduh. Sehingga ikan akan langsung mengambil oksigen kr permukaan air. DO merupakan singkata dari Dissolved Oxygen (Oksigen Terlarut). DO digunakan sebagai nilai ukur konsentrasi jumlah oksigen (O2) yang terkandung dalam air.

2. Terjadinya penumpukan bahan organik di dasar kolam atau aquarium, misalnya pakan atau umpan. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan zona anaerob, sehingga pada dasar kolam dapat terjadi akumulasi gas beracun seperti NH3, NO2 dan H2S.



3. Perubahan PH (ukuran konsentrasi hidrogen dalam larutan) air yang drastis, sehingga dapat menyebabkan stress pada ikan.

4. Adanya pencemaran air , sehingga kadar oksigen dalam air menipis yang menyebabkan ikan naik ke permukaan air.

5. Terjadinya perubahan suhu air yang meningkat menjadi panas. Hal ini menyebabkan kadar oksigen terlarut dalam air berkurang sehingga ikan naik ke permukaan air (megap-megap).

6. Terlalu banyak jumlah ikan dalam kolam atau aquarium yang menyebabkan kadar oksigen sangatlah minim.

7. Ikan terkena serangan infeksi katup pada insang. Hal ini tentu akan menyulitkan ikan untuk bernafas dan akan lebih suka naik kepermukaan air kolam / aquarium(aquascape).

Namun anda tidak perlu khawatir, bila hal tersebut terjadi pada ikan hias peliharaan kalian kalian bisa melakukan hal ini.


Cara Mengatasi Ikan Naik ke Permukaan Air Akuarium (aquascape) :


1. Jika plankton pada aquarium atau aquascape terlalu pekat sebaiknya lakukan pengurangan destinasi plankton. Caranya gunakan sirkulasi air dam seterilisasi air agar jumlahnya dapat normal dan seimbang.

2. Bila banyak sisa pakan atau makanan di dasar kolam sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dengan cara mengurasnya dan mengganti air yang baru.

3. Perubahan fluktuasi atau pH air dapat diatasi dengan cara menambahkan Boster Manstap dengan dosis 30 ppm dan di tebar pada sore hari, cuaca mendung atau setelah hujan turun.

4. Jika ikan mengalami luka, sirip merah, sisik mengelupas dan infeksi pada insang sebaiknya segera lakukan penyembuhan agar dapat normal kembali. 





Related Posts:

0 Response to "Inilah!! 7 Alasan Kenapa Ikan Naik ke Permukaan Air"

Post a Comment