9 Cara Mudah Membedakan Ikan Nila dan Mujair Lengkap dengan Gambar


9 Cara Paling Mudah Membedakan Ikan Nila dan Mujair Lengkap dengan Gambar - Mungkin anda masih bingung membedakan ikan mujair dan ikan nila. Karena memang sekilas keduanya sangatlah mirip. Dan kalau hanya melihat sekilas pasti anda kesulitan membedakannya. Lalu bagaimana sih cara membedakan ikan mujair dan ikan nila ??

Tenang gan kali ini mimin akan berbagi cara membedakan ikan mujair dan ikan nila paling mudah. Tentunya dilengkapi dengan gambar agar lebih jelas saat membedakannya. Ikan nila dan mujair merupakan satu suku dan mempunyai habitat yang sama. Keduanya sering ditemukan di sungai, rawa, irigasi, waduk dan danau. Berikut ini cara membedakan ikan nila dan ikan mujiar paling mudah :


Perbedaan Ikan Nila dan Ikan Mujair


perbedaan ikan nila dan ikan mujair

1. Pada bagian ekor ikan nila terdapat garis-garis yang  memotong dari atas ke bawah. Sedangkan pada ikan mujair tidak terdapat garis-garis tersebut. Selain itu ekor ikan mujair juga lebih hitam dibandingkan ikan nila. Bentuk sirip ekor ikan mujair cenderung bulat berbeda dengan ikan nila yang agak melebar.




perbedaan ikan nila dan ikan mujair

2. Sama seperti bagian ekor, pada bagian sirip ikan nila juga ber garis-garis memanjang kebawah. Sedangkan ikan mujair tidak terdapat garis tersebut. Warna sirip ikan mujair lebih gelap dibandingkan ikan nila. Selain itu bentuk sirip ikan mujair lebih runcing dari ikan nila.

perbedaan ikan nila dan ikan mujair

3. Bila anda perhatikan, pada sirip punggung ikan mujair berwarna kemerahan dan pada ikan nila lebih terang. Lalu bentuk tulang sirip punggung ikan nila lebih jelas dan runcing berbeda dengan ikan mujair yang lebih rata.

perbedaan ikan nila dan ikan mujair

4. Perhatikan pada mulut keduanya, mulut ikan nila terlihat lebih kecil berbeda dengan ikan mujair dengan mulut yang lebih besar dan terluhat jelas melebar kesamping.

perbedaan ikan nila dan ikan mujair

5. Dari sirip bawah juga sangat jelas perbedaannya. Pada ikan mujair sirip bawah berbentuk lancip dan memanjang berbeda dengan ikan nila yang lebih pendek. Warna sirip ikan mujair juga lebih gelap dibandingkan ikan nila.

perbedaan ikan nila dan ikan mujair

6. Perhatikan bentuk badan keduanya, ikan mujair mempunyai bentuk badan yang lebih kecil mamun memanjang. Sedangkan ikan nila betubuh lebih besar dan bulat dengan perut yang bear pula.

perbedaan ikan nila dan ikan mujair

7. Yang ketujuh perhatikan warna tubuhnya, pada ikan nila terdapat garis-garis memanjang dari atas ke bawah dengan warna sisik totol totol. Sedangkan pada ikan mujair warna sisiknya lebih jelas tanpa ada garis-garis memanjang.

perbedaan ikan nila dan ikan mujair

8. Perhatikan mata keduanya, dimana mata ikan nila lebih besar dibandingkan ikan mujair.

perbedaan ikan nila dan ikan mujair

9. Yang terakhir terlihat jelas perbedaannya pada bagian pipi/wajah. Pada ikan mujair wajahnya bertotol-totol sedangkan pada ikan nila tidak bertotol serta lebih cerah.


Tentang Ikan Mujair dan Ikan Nila


Untuk lebih jelasnya lagi tentang perbedaan ikan mujair dan ikan nila bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

Ikan Mujair

Spesies: Oreochromis mossambicus
Nama:
Ikan Mujair, Mozambique Tilapia, Blue Kurper

Panjang maksimal: 40 cm
Berat maksimal: 3,2 kg
Asal: Bendungan Loskop (Afrika Selatan)
Ikan Nila

Spesies: Oreochromis niloticus
Nama: Ikan Nila, Nile Tilapia
Panjang maksimal: 60 cm
Berat maksimal: 3,6 kg
Asal: Sungai Nil (Mesir)

Itulah perbedaan antara Ikan Mujair dengan ikan Nila. Mudah bukan?? Mimin rasa perbedaan diatas sudah cukup jelas karena juga disertai gambar yang jelas pula. Semoga artikel diatas bisa membantu mengetahui perbedaan keduanya. Bila masih bingung dan ingin bertanya, atau mau menambahkan perbedaan antara ikan nila dan ikan mujair bisa menulisnya pada kolom komentar dibawah. Terima kasih. 





Related Posts:

0 Response to "9 Cara Mudah Membedakan Ikan Nila dan Mujair Lengkap dengan Gambar"

Post a Comment