8 Pakan Alternatif Ikan Lele Biar Cepat Besar, Dijamin Cepat Panen !!


8 Pakan Alternatif Ikan Lele Biar Cepat Besar, Dijamin Cepat Panen !! - Pakan merupakan faktor utama penentu kesuksesan dalam budidaya ikan lele. Dengan memberi pakan secara teratur dan terjadwal pasti akan menunjang pertumbuhan ikan lele jadi cepat besar dan tentunya hasilnya memuaskan. Dengan pertumbuhan yang bagus serta merata pasti juga akan meningkatkan harga jual ikan lele juga.

Namun sangat disayangkan harga pakan ikan lele dipasaran cukup mahal. Ditambah lagi bahan baku pembuatan pakan kebanyakan di import dari luar negeri, hal tersebut membuat harga pakan ikan lele semakin melambung tinggi. Untuk itu petani atau pembudidaya ikan lele diharuskan memutar otak agar tetap memperoleh keuntungan besar dengan modal yang sedikit.

pakan alami alteenatif ikan lele

Untuk memperoleh pakan ikan lele yang murah dan berkualitas, anda diharuskan pintar-pintar berinovasi untuk membuat pakan yang harganya dibawah pasaran. Ada beberapa jenis pakan alternatif yang bisa anda terapkan agar ikan lele cepat besar.


Pakan Alami (Organik) Alternatif Budidaya Ikan Lele Agar Cepat Besar


Kalian bisa memulai budidaya ikan lele dengan kolam terpal. Kolam terpal dianggap lebih efisien dari jenis kolam lainnya, seperti kolam tanah, kolam tembok maupun kolam drum plastik. Berikut ini pakan alternatif ikan lele agar cepat besar dan panen :

1. Maggot Lalat


pakan alami ikan lele

Pernahkah anda mendengar manggot lalat ??

Manggot lalat merupakan metamorfosis kedua dari telut lalat. Lebih tepatnya sebelum fase pupa dan sebelum menjadi lalat dewasa. Untuk jenis lalat yang bagus adalah black solduer fly.

Kenapa Manggot Lalat ??

Kandungan gizi yang ada pada maggot lalat ternyata cukup besar, dengan persentase hingga 40 %, padahal nilai gizi yang dibuat pabrik hanya sekitar 25 % saja. Selain itu pakan alternatif satu ini dapat meningkatkan metabolisme ikan lele sehingga menghindarkan dari berbagai penyakit.

2. Ikan rucah

pakan alternatif budidaya ikan lele

Saat ini sudah banyak para budidaya yang menggunakan ikan rucah sebagai pakan alternatif. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan rucah tergolong tinggi. Dengan kandungan protein yang tinggi membuat ikan rucah sangat disukai petani sebagai pakan alternatif. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan rucah sangat baik untuk pertumbuhan ikan lele dan disukai ikan lele karena rasanya yang enak.



Rasa enak ikan rucah yang menyebar dari mulut ke mulut memang benar adanya. Hal ini dibuktikan dengan kesukaan ikan lele dengan pakan alternatif ini. Maka dari itu banyak budidaya ikan lele menggunakan pakan ikan rucah sebagai pakan harian.

3. Bekicot

pakan organik ikan lele

Satu lagi pakan alami yang bisa dijadikan alternatif yang punya kandungan gizi sangat lengkap. Kadar protein yang tinggi pada bekicot sangat bagus sebagai pakan yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan lele agar cepat besar.

Nilai gizi pada bekicot memang sangat bagus dan setara dengan keong emas yang baik pula untuk ikan lele. Selain itu pakan alternatif ini juga sangat mudah didapatkan disekitaran rumah.

4. Cacing

cara budidaya ikan lele

Menurut penelitian para ahli, Bahwa dalam tubuh cacing mengandung kadar protein yang sangat tinggi, yakni sekitar 76%. Kadar tersebut lebih tinggi dari kandungan protein pada mamalian yang hanya 65 % dan ikan sekitar 50 % saja.

Caing sutra merupakan jenis terbaik yang dapat anda gunakan karena memiliki laju pertumbuhan yang sangat tinggi. Cacing sutra juga mempunyai tekstur yang lembut sehingga sangat mudah dicerna ikan lele.

Namun sangat disayangkan pemberian pakan cacing dapat mempercepat menjadi kotor. Ditambah lagi ikan lele memang bisa membuat air kolam jadi cepat keruh. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya cuci dan bersihkan cacing sutra terlebih dahulu sebelum di berikan sebagai pakan. Dengan mencuci cacing dapat menhilangkan berbagai bakteri patogen yang menempel. Bakteri patogen juga dapat mengganggu pertumbuhan ikan lele.

5. Tanaman atau Dedaunan

pakan organik ikan lele

Selain hewan kecil ternyata tanaman/tumbuhan juga bisa digunakan untuk pakan alternatif ikan lele juga loh !!

Ikan lele juga menyukai pakan berupa dedaunan, seperti tanaman Azzola. Azzola merupakan jenis tumbuhan paku yang biasanya tumbuh dipinggir-pinggir rawa. Selain dijadikan pakan tanaman azzola juga dapat digunakan sebagai penyeimbang tanah dipinggiran kolam sehingga tanah tetap lembab.

Banyak para budidaya yang mencari tanaman azzola sebagai pakan alternatif ikan lele yang tentunya murah meriah. Kandungan protein pada tanaman ini juga tidak kalah dengan hewan yakni mencapai 25 % - 35 %.

6. Unggas

pakan alternatif budidaya ikan lele

Pada dasarnya ikan lele merupakan hewan karnivora yang gemar makan daging, termasuk daging unggas. Unggas yang akan kita jadikan pakan ialah unggas yang telah mati.

Di peternakan ayam, setiap hari ada saja yang mati. Nah limbah inilah yang bisa kita manfaatkan. Namun kalian tidak boleh memberikannya secara langsung untuk menghindari wabah penyakit. Sebaiknya olah terlebih dahulu agar wabah penyakit atau bakteri mati. Anda bisa merebusnya atau membakarnya hingga matang baru kemudian diberikan sebagai pakan.


Pakan Fermentasi Alternatif Budidaya Ikan Lele Agar Cepat Besar


Selain pakan dari bahan alami anda juga bisa mebuat pakan dengan cara fermentasi.

Apa itu pakan fermentasi ??

Pakan Fermentasi adalah sebuah pakan yang dibuat dari bahan organik seperti kotoran ternak, sayuran, ampas tahu dan bahan lainnya. Yang mana bahan tersebut harus difermentasikan terlebih dahulu sebelum diberikan sebagai pakan ikan lele.

Apa sih Manfaat dan Kelebihan Pakan Fermentasi ??

Banyak kelebihan yang didapat dengan pakan fermentasi tersebut, diantaranya :

  1. Pakan dapat disimpan sesuai kebutuhan dalam jangka waktu tertentu
  2. Meningkatkan nafsu makan Ikan Lele sehingga dapat mempercepat pertumbuhan. 
  3. Daging ikan lele yang dihasilkan rendah kolesterol
  4. Kolam tidak cepat berbau 
  5. Limbah air kolam dapat digunakan untuk dimanfaatkan menjadi pupuk


Selain itu sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan pakan fermentasi.

Pakan alternatif yanh akan kita buat terbagi menjadi 2 jenis. Pertama pakan ini dapat diberikan pada ikan lele yang berumur 1 sampai 29 hari. Pakan yang kedua diberikan pada lele berumur 29 hari hingga panen. Ok langsung saja kita obrak abrik cara pembuatannya.

1. Cara Pembuatan Pakan Fermentasi Pertama

Pakan fermentasi yang pertama ini diperuntukan untuk pemberian pakan ikan lele yang berumur 1 - 29 hari .

pakan fermentasi ikan lele

Bahan yang digunakan :

  • Karung goni / Terpal
  • Kotoran ternak ( kambing )
  • Ampas tahu
  • Limbah sayuran
  • Gula pasir
  • Suplemen probiotik misalnya SOC – HCS


Cara Pembuatan :

  • Siapkan tempat/wadah pembuatan
  • Larutkan Air dan SOC - HSC ditambah gula pasir ( perbandingannya 15 lt air : 5 tutup SOC - HSC : 200 gram Gula pasir.
  • Masukan bahan seperti Kotoran kambing, ampas tahu dan limbah sayuran diatas terpal.
  • Siram semua bahan dengan larutan yang sudah kita buat tadi (campuran larutan SOC - HSC).
  • Lalu aduk semua bahan, kemudian tutup terpal hingg rapat (kedap udara). Setelah itu diamkan hingga 1 hari. 


Cara Pemberian pakan :

  • Untuk cara pemberian pakannya sangat mudah kawan. Pertama-tama ambil pakan fermentasi tadi lalu masukan kedalam karung goni.
  • Selanjutnya masukan karung goni yang isinya pakan fermentasi tadi kedalam kolam dengan ketinggian 30 cm. 
  • Adanya pakan fermentasi dapat memicu tumbuhnya plankton (plankton merupakan pakan alami ikan lele).
  • Pakan fermentasi yang menghasilkan plankton ini cukup untuk pemberian pakan selama 29 hari.


2. Cara Pembuatan Pakan Fermentasi Kedua

Pakan fermentasi yang pertama ini diperuntukan untuk pemberian pakan ikan lele yang berumur 29 hari hingga panen.

alternatif pakan ikan lele fermentasi

Bahan yang digunakan : 

  • Terpal atau plastik sebagai wadah
  • Kotoran ternak (kambing)
  • Ampas tahu
  • Bekatul/Dedak
  • Dedaunan 
  • Terasi 
  • Gula Pasir
  • Suplemen probiotik SOC – HCS 


Cara Pembuatan :

  • Siapkan tempat atau wadah pembuatan
  • Larutkan Air + Gula pasir serta SOC - HCS (perbandingannya 3 tutup botol SOC - HCS : 10 liter Air. 
  • Lalu masukan bahan-bahan kotoran kambing, ampaa tahu, bekatul/dedak, dedaunan dan terasi kedalam wadah. 
  • Baru kemudian campurkan larutan tadi kedalam wadah. 
  • Aduk-aduk bahan menjadi satu dan merata, setelah itu tutup wadah agar kedao udara.
  • Diamkan sampai satu hari satu malam dan pakan fermentasi siap digunakan.


Cara Pemberian Pakan :

  • Cara pemberiannya cukup mudah tinggal kepal kepal pakan fermentasi lalu taburkan ke kolam
  • Bisa juga menempelkan pakan fermentasi ke pinggiran kolam
  • Berikan pakan fermentasi ini secara rutin dan teratur agar perkembangan ikan lele bisa lebih cepat. 



Tips Budidaya Ikan Lele Agar Cepat Sukses


Budidaya ikan lele bisa anda lakukan di beberapa media/tempat dan lahan minim/kecil sekalipun. Ada beberapa cara dan tips dalam budidaya ikan lele agar berhasil dan sukses meski hanya di lahan yang sempit. Berikut cara budidaya ikan lele agar cepat sukses :

1. Analisis Modal dan Keuntungan (Pengeluaran harus lebih kecil) 

Sebelum mmemulai sebuah usaha atau bisnis, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menganalisa antara modal dan keuntungan. Tentunya semua yang yang menjalani usaha ingin punya keuntungan yang besar bukan ??

Jangan terlalau memberatkan/memaksakan Modal yang justru nantinya akan memberatkan anda. Kecuali anda memang sudah yakin dan berpengalaman pada bidang usaha tersebut.

Anda juga harus memperkirakan berapa keuntungan yang akan anda dapat. Jangan sampai usaha anda tidak berbalik modal atau justru malah rugi. Hal tersebut sangatlah penting agar anda bisa memperkirakan berapa biaya/modal yang perlu di keluarkan.

2. Pemilihan Bibit Unggul 

Pilihlah bibit yang berkualitas dan sesuai dengan harapan anda. Bibit yang unggul dan berkualitas tentunya akan menghasilkan kualitas yang baik pula. Sebelum memilih bibit sebaiknya juga harus diperhitungkan mulai dari memilih penjual bibitnya.

Anda dapat memilih penjual bibit yang sudah berpengalaman dan punya akreditasi yang baik. Anda bisa menanyakan atau mencari saran dari para budidaya yang lain perihal penjual bibit yang bagus.

3. Konsistensi dalam Beternak

Saat anda memutus budidaya ikan lele sebaiknya mempunyai konsistensi dalam bekerja. Konsistensi disini ialah giat dan setia melakukan pembibitan mulai dari nol hingga panen dan kembali panen pada waktu berikutnya. Sesuatu yang diniati dan tekun dalam bekerja pastinya akan membuahkan hasil yang maksimal.

Saat budidaya ikan lele anda sedang tergoncang, misalnya banyak yang mati atau ada faktor lain sebaiknya tidak boleh putus asa. Terus belajar dan tetap giat melakukan budidaya adalah keputusan yang harus diambil, meski potensi rugi mulai terlihat. Saat seperti ini sebaiknya cari tahu penyebabnya dan sharing ke sesama pembudidaya tentang masalah anda. Selain itu anda juga bisa mencari informasi dari berbagai sumber seperti buku, internet atau melalui media lain.

Dengan terus belajar dan belajar pastinya anda akan terbiasa dan tahu bagaimana cara mengatasi masalah bididaya ikan lele dikemudian hari.

4. Pemilihan Kolam

Sebelum mulai melakukan budidaya sebaiknya pikirkan terlebih dahulu jenis kolam apa yang akan kalian gunakan. Bila anda mempunyai empang atau kolam mungkin akan lebih mudah melakoni budidaya ini. Tapi perlu di pertimbangkan lagi dengan luas lahan yang anda punya. Bila lahan anda memang terbatas sebaiknya gunakan kolam terpal saja.

Kenapa?? 

Kolam terpal mempunyai banyak kelebihan. Dengan menggunakan kolam terpal anda dapat dengan mudah membuatnya tanpa memerlukan modal yang banyak. Selain itu kolam terpal juga gampang dipindahkan saat ada lokasi baru yang lebih strategis.

Budidaya lele merupakan suatu usaha yang tidak terlalu menyita waktu. Budidaya seperti ini sangat mungkin dilakukan sebagai sampingan atau pekerjaan utama. Dan dengan memanfaatkan pakan alternatif ikan lele tentunya akan mengurangi modal tanpa mengurangi keuntungan.

Itulah Tips Cara Membuat Pakan Alternatif Ikan Lele Biar Cepat Besar yang dapat anda praktekan sendiri. Semoga tips diatas bisa bermanfaat. Salam Sukses. Bila ada pertanyaan atau komentar tentang artikel diatas bisa anda kirimkan ke kolom komentar dibawah ini.





Related Posts:

0 Response to "8 Pakan Alternatif Ikan Lele Biar Cepat Besar, Dijamin Cepat Panen !!"

Post a Comment