8 Tips Memancing Ikan Mujair dan Umpan Galaknya


8 Tips Memancing Ikan Mujair dan Umpan Galaknya - Kegiatan memancing memang sangat mengasikan, selain karena hobi, memancing juga dapat menghilangkan stres setelah melakoni rutinitas sehari-hari. Dan kali ini mimin akan bahas tentang cara memancing ikan mujair. Di Indonesia ikan mujair sangatlah populer karena rasanya yang enak dan gurih. Maka dari itu banyak orang yang membudidayakan ikan mujair ini.

Untuk memancing ikan mujair sebenarnya mudah gan, asalkan tahu trik serta caranya. Mulai dari piranti mancing, umpan, memilih spot serta teknik dan cara memancingnya. Asalkan semua unsur tersebut sudah anda kuasai tentu mancing ikan mujair akan terasa sangat mudah. Tenang gan, kali ini mimin bakal berbagi semua pengalaman dan tips yang mimin tahu tentang mancing ikan mujair.

mancing ikan mujair

Lalu apa saja sih yang harus dipersiapkan saat memancing ikan mujair ??

Sebelum membahas piranti apa yang perlu anda siapkan sebaiknya pahami dulu Tips Memancing Ikan Mujair berikut ini :

  1. Pertama tama siapkan piranti/peralatan untuk mancing ikan mujair.
  2. Pilih Spot / Lokasi Mancing Ikan Mujair yang Tepat.
  3. Memancing pada waktu yang tepat. 
  4. Ketahui Kebiasaan Makan Ikan Mujair.
  5. Gunakan Umpan BOM atau Pengumpul Ikan Mujair/Nila agar dapat berkumpul pada satu titik.
  6. Pilih dan Gunakan Umpan Mancing Ikan Mujair yang tepat. 
  7. Buatlah Rangkaian Pancing Ikan Mujair dengan jenis umpan yang kalian gunakan, misalnya Umpan Lumut.
  8.  Kuasai Teknik dan Cara Memancing Ikan Mujair.

Dari kedelapan Tips diatas sebaiknya kita bahas satu persatu gan, agar bisa lebih jelas serta mudah dipahami. Kita mulai saja dari tips yang pertama.


Piranti / Peralatan Mancing Ikan Mujair yang harus anda persiapkan


1. Joran

Seperti saat memancing jenis ikan lainnya, joran merupakan piranti wajib yang harus anda siapkan. Mimin sangat merekomendasikan joran tanpa reel. Kenapa ?? Saat makan umpan ikan mujair sangatlah hati-hati sehingga dibutuhkan hentakan yang sensitif, terlebih lagi saat memancing ikan mujair babon. Joran yang dipakai sebaiknya jenis tegek, joran ini akan lebih sensitif dimana kenur langsung dipasangkan ke joran. Lalu berapa ukuran joran untuk mancing ikan mujair?? Anda bisa mengunakan joran tegek ukuran 200 cm hingga 450 cm. Tentunya ukuran joran harus disesuaikan dengan spot tujuan. Semakin sulit spot dan jauhnya dari pinggiran rawa berarti memerlukan joran tegek yang lebih panjang pula.



2. Kenur / Senar

Semakin tipis ukuran kenur maka akan semakin sensitif pula saat ada sambaran. Namun kalian tetap harus memperhatikan kekuatan kenur itu sendiri. Ukuran kenur/senar untuk memancing ikan mujair yang ideal adalah 0.20 - 0.35 pas untuk mujair babon. Namun bila ada ukuran yang lebih kecil dengan kekuatan besar justru akan lebih bagus.

3. Pelampung

Karena cara makan ikan mujair sangat hati-hati / pelan, maka sebaiknya gunakan pelampung pancing yang cukup sensitif. Anda bisa menggunakan pelampung yang sering digunakan untuk ikan mas. Pelampung seperti itu biasanya berbentuk lonjong memanjang daro bahan plastik atau kayu.

4. Mata Kail

Memancing ikan mujair sebenarnya sama dengan ikan nila. Karena keduanya memang masih satu suku. Untuk ukuran mata kail ikan mujair babon antara no.  5 atau 6.

5. Timbal / Pemberat

Saat memancing ikan muajir timbe atau pemberat juga mempunyai fungsi untuk mempermudah saat memasang/menempelkan umpan berupa lumut ke kail. Sebaiknya gunakan timbal daun, sehingga bisa kalian atur dan sesuaukan dengan mudah.


Cara Memilih Spot / Lokasi Mancing Ikan Mujair yang Tepat


spot mancing ikan mujair

Hal ini sangatlah sakral gan, jangan sekali kali mengabaikan hal ini jika tidak ingin usaha anda sia-sia.

Bayangkan anda memancing seharian di tempat / spot yang tidak terdapat ikan sama sekali ??

Kelar sudah, pastinya kalian tidak akan dapat satupun, boro-boro dapet dimakan aja kagak. Meskipun di lokasi tersebut memang banyak terdapat ikan mujair, namun tidak disemua titik dihuni ikan mujaer guys. Ada titik atau tempat tertentu yang disukai ikan ini.

Habitat asli ikan mujair seperti Sungai, Rawa, Waduk, Danau dan terkadang hidup di air payau (muara sungai).

Lalu tempat / Spot seperti apa sih yang disukai ikan mujair ??

Spot/tempat  yang Disukai Ikan Mujair :

  1. Cari spot yang airnya tenang (tidak berarus) dan juga dalam. Lokasi yang dalam dengan air tenang dan tidak berarus dapat dipastikan banyak ikan yang menghuni disana termasuk ikan nila.
  2. Pilih spot yang terdapat liang / lubang, dimana liang digunakan untuk bersembunyi atau sarang.
  3. Adanya pusaran air, kenapa?? Disekitar pusaran air kandungan oksigen akan lebih stabil sehingga ikan mujair sangat menyukai tempat seperti ini. 


Waktu yang Tepat Memancing Ikan Mujair


Satu lagi point yang tidak kalah penting saat memancing ikan mujair, yakni waktu. Memang waktu yang tepat tersebut berhubungan dengan jam makan dan kebiasaan ikan sendiri.

Lalu kapan sih waktu yang paling tepat memancing ikan mujair ??

Karena ikan mujair bersifat diurnal (lebih aktif pada siang hari), jadi siang hari lah waktu yang paling efektif. Sedangkan pada malam hari ikan ini akan lebih banyak berdiam di sarang (tempat persembunyian).

Untuk  jam mancingnya setelah jam 12 sinag hingga sore hari. Di waktu tersebut biasanya mimin mendapat sambaran lebih banyak.  Namun bukan berarti pagi hari tidak bagus gan. Yang terpenting jangan coba-coba memancing ikan mujair pada malam hari.


Mengetahui Kebiasaan Makan Ikan Mujair


Meskipun terlihat sepele namun hal ini sangatlah penting. Banyak pemancing yang mengabaikan salah satu faktor yang paling menentukan ini. Dan hasilnya nihil atau kurang maksimal. Mujair merupakan ikan bertipe omnivora atau pemakan segalanya dan ikan ini sangat aktif pada siang hari atau diurnal.

Apa kebiasaan ikan mujair saat mencari makan ??

Ikan mujair merupakan jenis ikan yang lebih senang menghabiskan waktunya di permukaaan air untuk mencari makan. Jadi usahakan umpan jangan menyentuh dasar dan paling cocok mengggunakan pelampung.

Kapan ikan mujair akan lebih aktif saat mencari makan ??

Dalam dunia ilmu pengetahuan alam waktu makan dibagi menjadi 2 kategori, yakni Diurnal (siang hari) dan Nokturnal (malam hari). Dan untuk ikan mujair sendiri termasuk kedalam jenis diurnal dimana akan lebih aktif mencari makan di siang hari. Untuk malam hari sendiri mereka lebih suka bersembunyi di dalam sarang.


Cara Membuat Umpan BOM atau Pengumpul Ikan Mujair/Nila 


Bagi sebagian orang yang sudah berpengalaman, menggunakan umpan BOM sangatlah penting. Dengan umpan BOM anda dapat mengumpulkan ikan mujair pada spot tertentu. Umpan BOM atau biasanya orang menyebutnya Bandul sebenarnya banyak dijual di toko pancing. Namun anda juga bisa membuatnya sendiri agar lebih hemat gan.

umpan bom/pengumpul ikan mujair

Berikut Cara Membuat Umpan Bom / Pengumpul Ikan Mujair

1. Siapkan bahannya berupa Kelapa Parut, Udang, Pelet dan Menir (beras halus).

2. Bentuk adonan dengan menambahkan sedikit air,  namun jangan terlalu banyak.

3. Penggunaan umpan bom haruslah dilakukan dengan benar, pasalnya jika anda salah bukannya ikan berkumpul justru malah bakal menjauh dari lapak. Umpan bom harus diletakkan pada titik yang tepat dengan melihat posisi ikan.

4. Lemparkan Umpan Bom ke titik spot yang potensial. Usahakan memilih spot jangan terlalu jauh dari daratan,  kurang lebih 2 - 3 meter. Hal ini penting agar nantinya anda tidak terlalu sulit melempar umpan.

5. Sebelum mualai ngebom tes sebaiknya tes terlebih dahulu kondisi lapak. Bila ada sambaran dan berhasil mendaratkan umpan sebaiknya janngan dulu melempar umpan Bom, dikhawatirkan ikan malam akan kaget dan kabur.

6. Aktifitas melempar Bom srbaiknya dilakukan bila di titik spot tersebut tidak ada sambaran atau tanda-tanda ikan.


Umpan Mancing Ikan Mujair Paling Ampuh dan Galak


Senbenarnya banyak jenis umpan yang bisa kalian gunakan untuk memancing ikan mujair. Namun mimin sangat merekomendasin untuk menggunakan lumut.

Berikut umpan alami mancing ikan mujair di rawa, danau, waduk, empang/kolam dan sungai :

1. Umpan Lumut

Lumut memang sangat ampuh untuk memancing ikan mujair. Pilih lumut yang agak kasar, namun jangan terlalu kasar. Sebaiknya campurkan daun walang sangit agar umpan bisa lebih ampuh. Untuk cara membuat umpan lumut campuran daun walang sangit baca disini.

Cara penggunaannya cukup mudah gan, 

  • Siapkan wadah ember untuk tempat lumut lalu beri air secukupnya.
  • Campurkan daun walang sangit kedalam umpan lumut.
  • Celupkan mata kail kedalam umpan lumut lalu putar putar jail hingga lumut menempel.
  • Umpan siap digunakan.


2. Umpan Cacing

Cacing Ini memang umpan yang sangat familiar buat semua jenis ikan tak terkecuali ikan mujair. Untuk pemasangannya sama dengan saat memancing ikan lainnya. Gunakan sedikit cacing dan pasangakan ke kail. Namun dari pengalaman beberapa pemancing, umpan cacing lebih sulit dan lama disambar ikan mujair babon,  tetapi cukup untuk mencari anakan mujaer.

3. Umpan Udang

Udang juga bisa menjadi alternatif saat berburu mujair. Umpan udang juga cukup ampuh untuk ikan mujair babon. Banyak para pemancing di daerah tambak bandeng (dekat muara/laut) menggunakan umpan ini dan hasilnya cukup memuaskan. Udang yang digunakan sebaiknya udang dari air tawar. Untuk cara pakainya, langsung saja kaitkan udang pada mata kail.

4. Umpan Ulat belimbing

Ulat belimbing ialah ulat yang ada pada pohon belimbing, namun bila susah mencarinya anda juga bisa menggunakan ulat dari daun pisang saja.

5. Umpan Laron

Warnanya uang putih serta ukurannya yang cenderung kecil akan membuat ikan mujair penasaran untuk menyambarnya. Anda bisa mendapatkan laron saat setelah hujan datang.

6. Umpan Capung

Umpan ini tidak boleh kalian sepelekan. Nyatanya capung juga ampuh loh buat mancing ikan mujair, bila anda kehabisan umpan anda bisa menggunakan umpan ini sebagai alternatif. Untuk mencarinyapun tidak terlalu sulit.


Cara Membuat Rangkaian Pancing Ikan Mujair Umpan Lumut 


Lumut merupakan jenis Umpan yang cukup ampuh untuk memancing ikan mujair. Mulai dari mujair anakan hingga babon sekalipun menyukai umpan ini. Semua itu kembali lagi karena memang di alam liar ikan mujair menjadikan lumut sebagai makanan utama.

rangkaian pancing ikan mujair

Namun saat menggunakan umpan berupa lumut diperlukan rangakaian pancing khusus. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pemancing saat memasangnya ke kail. Ok lah mimin bagikan caranya gan.

Berikut Cara Membuat Rangkaian Pancing Lumut Ikan Mujair :

1. Pertama-tama siapkan kail, kenur serta timah daun.

2. Ambil kenur yang akan dijadikan rangkaian, masukan ke lubang mata kail lalu bentuk simpul jangkar seperti pada gambar.

3. Ulir kenur kisaran 10 - 15 cm. Baru kemudian simpul mati pada bagian atas, lalu ikat dan beri timah daun pada simpul.

4. Anda bisa membuat 2 - 4 cabang sekaligus. Lihat gambar.


Tips, Teknik serta Cara Memancing Ikan Mujair Lubang / Babon / Besar di Rawa, Waduk, Danau dan Empang/Kolam


1. Tentukan spot yang akan kalian pancing, pilih spot yang banyak ditumbuhi tanaman air seperti enceng gondok. Ikan mujair suka bersembunyi di sekitar tanaman air.

2. Mancung lubang adalah istilah saat memancing ikan mujair babon. Dan biasanya ikan babon lebih suka mendiami lubang atau sarang.

3. Carilah lubang atau sarang sebelum mulai memancing. Lubang tersebut biasanya berada dipinggiran dan ada di dasar perairan agak dangkal yang di sekitarnya banyak ditumbuhi rumput atau tanaman air. "Sebenarnya ikan mujair membuat lubang untuk memijah sekaligus bersembunyi".

4. Gunakan joran tegek dengan rangkaian berpelampung dan kail garong (kail seperti jangkar).

5. Untuk memancing ikan mujair babon bisa tidak menggunakan umpan. Anda bisa memanfaatkan stereofoam atau cutton bud. Kenapa setereofoam atau cutton bud?? Warna putih dari cutton bud lebih mudah dilihat ikan di dalam air.

6. Potong kecil - steroafoam atau cutton bud lalu pasangkan pada mata kail. Kemudian tenggelamkan di dalam sarang atau lubang.

7. Cara kerjanya : ikan mujair bukan memakan sterofoam/cutton bud tetapi mereka akan menyingkirannya karena dianggap mengganggu. Pada saat itulah pelampung akan bergerak-gerak. Dab saat itulah hentakan joran anda.

Itulah tips dan trik mancing ikan mujair yang bisa mimin bagikan. Semoga bisa bermanfaat dan mrnambah kesiapan anda saat memancing.

Jika ada pertanyaan atau tambahan tentang artikel diatas bisa anda kirimkan ke kolom komentar.





0 Response to "8 Tips Memancing Ikan Mujair dan Umpan Galaknya"

Post a Comment