Umpan Serta Cara Mancing Udang Galah Di Muara Dan Sungai


Umpan Serta Cara Mancing Udang Galah Di Muara Dan Sungai - Siapa yang tidak tahu binatang air bernama udang. Rasanya yang enak dan gurih membuat udang galah menjadi menu masakan yang spesial. Udang galah sering kali disajikan pada banyak restoran seafood. Menu dari binatang ini juga cukup favorit untuk lidah indonesia. Jadi tak khayal banyak petani yang membudidayakan di tambak-tambak. Dan justru menjadi sumber mata pencaharian utama para petani.

Ada beberapa trik dan cara khusus untuk memancing udang galah agar bisa sukses. Trik ini mimin rangkum dari beberapa sumber yang sudah mahir soal memancing udang galah. Banyak hal yang harus anda ketahui sebelum memancing udang galah. Misalnya, Piranti mancing, Umpan, Waktu yang tepat dan Lokasi/spot mancing yang potensial. Baiklah sebaiknya kita bahas satu persatu gan !!

mancing udang galah

Udang galah banyak ditemukan di sungai-sungai besar di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada sekitar 20 jenis udang-udangan, dan salah satunya adalah udang galah. Udang jenis ini merupakan jenis udang asli perairan Indonesia. Memancing udang galah tergolong cukup mengasikan, ini juga bisa dijadikan alternatif saat anda bosan memancing jenis ikan lainnya.

Sebenarnya penggemar mancing udang galah di indonesia cukup banyak. Namun karena kurang dan tidak terekspos media, penghobi mancing udang galah kalah tenar dengan mancing ikan. Tapi hal tersebut tentu tidak berpengaruh buat mereka yang sudah hobi memancing.


Piranti / Alat Mancing Udang Galah Yang Harus Disiapkan


1. Reel

Reel yang cocok untuk memancing udang galah ialah jenis reel spinning. Anda bisa menggunakan reel dengan ukuran 500-2500. Namun mimin merekomendasikan gunakan reel ukuran 1000 saja, ukuran ini lebih pas dan tidak terlalu besar maupun kecil. Usahakan putaran reel dalam kondisi lancar/halus, hal tersebut lebih memudahkan anda saat menaikan udang galah kepermukaan. Namun pemancing tradisional juga hanya menggunakan reel/kerekan biasa yang mereka buat sendiri. Dan putaran kerekan juga tidak kalah halus dari reel pabrikan.



2. Joran

Sebaiknya gunakan joran yang sangat lentur dan sensitif. Joran jenis seperti ini sering di gunakan para pemancing ikan mas. Berbeda dengan jenis ikan lainnya yang menarik dan membawa lari umpan. Hal itulah yang mengharuskan anda menggunakan joran super sensitif, jadi kalian lebih mudah melihat dari ujung joran yang naik turun. Sebaiknya gunakan joran ukuran 1,5 hingga 2 meter. Selain itu pilih joran dengan ring atau cincin kecil saja, bila memang sudah terpasang ring ukuran besar anda bisa menggantinya.

joran pancing udang galah

3. Senar

Gunakan senar ukuran 2 lbs - 6 lbs dengan diameter 0.20 - 0.28. Sebaiknya pilih senar berbahan monofilm dengan diameter tipis namun kekuatan yang besar. Selain itu juga bisa seimbang dengan kelenturan joran. Sedikit tips agar senar bisa lebih awet sebaiknya kukus senar beberapa menit lalu dinginkan dan baru kemudian pasang ke reel/gulungan. Untuk merawat senar pancing agar tidak mudah kusut/kriting bisa membacanya disini.

4. Mata Kail

Memilih kail untuk mancing udang galah tidak boleh sembarangan. Gunakan mata kail khusus dan biasanya banyak dijual ditoko-toko. Mata kail tersebut berbentuk lebih panjang, tipis dan circle hook (mirip clurit). Ukuran mata kail untuk udang galah lainya bisa gunakan no. 3 bila memang circle hook sulit didapat.

5. Timah Pemberat (Timbel)

Gunakan pemberat berbentuk lonjong dan kecil. Untuk ukurannya anda bisa sesuaikan sendiri dengan kondisi arus sungai. Intinya umpan tidak terbawa arus sungai.

Setelah semua piranti didapat buatlah rangkaian pancingnya. Untuk cara membuat rangkaian pancing udang galah cukup simple gan. Lihat gambar dibawah ini.

rangkaian pancing udang galah


Cara Memilih Spot atau Lokasi Mancing Udang Galah serta Waktu Memancing yang Tepat.


1. Spot Mancing Udang Galah di Sungai

Udang merupakan hewan nokturnal yakni akan lebih aktif pada malam hari, maka dari itu udang galah akan lebih agresif saat dipancing malam hari. Adupun tempat spot yang potensial untul memancing udang galah di sungai.

  • Pilihlah spot dengan ranting yang tersangkut di tanaman atau pepohonan di sungai.
  • Disekitar atau dibawah pohon yang menjorok ke sungai.
  • Di sekitar kayu gelonggongan/bambu yang terendam di sungai.

2. Spot Mancing Udang Galah di Muara Sungai

Lokasi mancing yang tepat akan sangat berpengaruh pada hasil tangkapan anda. Untuk memilih lokasi yang potensial sebenarnya tidak sulit gan, Udang galah biasanya sangat menyukai spot Muara Sungai. Pilihlah spot muara sungai yang berarus cukup tenang, udang galah sangat tidak suka berada di perairan yang berarus deras.

Selain itu kalian juga harus menentukan waktu yang tepat untuk memancing udang galah. Ada hala yang sangat penting yaitu hindari saat curah hujan tinggi dan air sedang pasang. Berdasarkan pengalaman saat seperti itu udang galah akan sangat sulit dipancing. Dan sebaliknya waktu yang paling tepat ialah ketika kondisi air laut sedang surut.



Umpan Jitu Mancing Udang Galah Liar di Sungai dan Muara


Umpan merupakan hal yang wajib ada dan haruslah jitu. Umpan yang sering digunakan pemancing udang galah adalah cacing bakau, cacing tanah, cacing susu, hati ayam, usus ayam dan pelet. Bahkan ada yang menggunakan anakan udang itu sendiri, karena udang galah akan lebih agresif saat melihat umpan bergerak-gerak.

Namun sebelum mulai memancing sebaiknya gunakan umpan Bom agar udang galah berkumpul pada spot tertentu.

Cara Membuat Umpan BoM / Chumming / Pengumpul Udang Galah

Selain menentukan/memilih spot udang yang potensial, anda juga bisa mengumpulkan udang dilokasi yang kalian inginkan, dan tentunya dengan bantuan umpan bom. Banyak bahan yang bisa kalian gunakan untuk membuat umpan bom udang galah, diantaranya bakaran terasi/belacan, kelapa bakar, ampas kelapa, tulang sapi bakar dan pelet.

Cara membuatnya cukup mudah gan, Berikut langkahnya :
1. Pertama-tama siapkan jaring lubang halus atau kaos kaki.
2. Lalu masukan bahan berupa bakaran terasi/belacan, kelapa bakar, ampas kelapa, tulang sapi bakar dan pelet (pilih salah satu saja).
3. Beri juga timbel atau pemberat pada jaring agar umpan bom tidak terbawa arus.
4. Lemparkan umpan bom/pengumpul udang galah pada spot yang anda inginkan.
5. Tunggu beberapa saat hingga udang galah mulai berkumpul.
6. Mulai pancing udang menggunakan umpan diatas.
7. Selesai, selamat mencoba.



Tips, Teknik dan Cara Memancing Udang Galah


Agar hasil pancingan bisa memuaskan sebaiknya ketahui dahulu trik dan cara mancing udang galah. Pengetahuan lebih sebelum memancing tentu akan menambah kesiapan anda saat memancing udang galah. Tenang gan, mimin bakal kasih bocoran trik untuk mendapatkan udang galah yang melimpah.


teknik mancing udang galah

1. Sebelum memancing, tidak ada salahnya ketahui kebiasaan udang galah :
Udang galah dewasa (yang beratnya lebih dari 300 gram) biasanya akan langsung menyambar umpan dan joran akan langsung melengkung.
Untuk udang berukuran sedang punya kebiasaan memegang kenur/leader dan menarik-nariknya dengan japit. Sehingga ujung joran akan bergerak seperti umpan dimakan ikan kecil.
Untuk udang ukuran kecil tidak jauh berbeda dengan ukuran sedang yakni memakan umpan secara perlahan. Maka dari itu sebaiknya sering-sering memriksa umpan.

2. Saat memancing udang galah memang diperlukan kesabaran tinggi. Memancing hewan ini memang diperlukan kelembutan dan hati-hati seperti saar memancing ikan mas.

3. Pada saat umpan dimakan dan joran melengkung. Jangan sekali kali menghentakan joran, nikmati saja tarikannya dan ikuti kemana tarikan udang.

4. Kemungkinan udang galah mocel / lepas sangatlag besar bila kalian tergesa-gesa ingin menaikan udang dari dalam air. Hentakan atau tarikan joran yang kuat ditambah lagi tenaga perlawanan udang akan menambah potensi udang galah lepas mengingat mulut udang galah sangatlah tipis dan gampang robek.

5. Perlahan gulung reel pancing anda sambil tetap mengikuti kemana arah udang berenang. Usahakan jangan melawan tarikan udang.

6. Saat udang galah sudah naik usahakan jangan menyentuh bagian ekor. Disana terdapat patil atau semacam tanduk bergerigi dan apabila tertancap lumayan terasa sakit.

7. Pada saat akan melepaskan kail, pegang udang galah dengan kain lap agar tidak licin.

Itulah tips, trik, cara dan umpan ampuh untuk memancing udang galah. Semoga tips diatas bisa bermanfaat. Bila ada pertanyaan atau saran mengenai udang galah bisa kalian tuliskan pada kolom komentar dibawah.





Related Posts:

0 Response to "Umpan Serta Cara Mancing Udang Galah Di Muara Dan Sungai"

Post a Comment