7 Tips dan Umpan Memancing Ikan Besar di Sungai


7 Tips dan Umpan Memancing Ikan Besar di Sungai Paling Ampuh - Sungai memang tempat atau spot memancing yang sangat potensial. Tak kalah dengan laut, sungai juga menyimpan ikan-ikan predator besar yang sangat menegangkan bila dipancing. Seperti Ikan Patin, Gabus, Toman, Lele dan Mas. Sebenarnya masih banyak sekali jenis ikan besar yang hidup di sungai, misalnya ikan Arapaima, Catfish, Arwana, Aligator dll. Namun jenis tersebut hanya terdapat di negara atau daerah tertentu saja.

Untuk memancing ikan besar di sungai agar bisa strike dan mendaratkan ikan tentunya diperlukan trik dan teknik khusus. Berbeda sekali dengan memancing ikan kecil, yang tidak memerlukan persiapan khusus. Banyak hal yang harus anda persiapkan sebelum mulai memancing ikan besar di sungai.


Memilih Tempat / Spot Mancing Ikan Besar di Sungai Air Tawar


Seperti yang mimin katakan diatas, memancing ikan besar tidak semudah memancing ikan kecil. Mulai dari Umpan, Peralatan, Teknik dan juva tempat memancing. Saat menentukan lokasi atau spot memancing ikan besar di sungai tidak boleh sembarangan. Ikan besar biasanya mempunyai tempat atau persembunyian tersendiri yang juga berfungsi untuk memijah.

umpan mancing ikan besar

Berikut ini Spot / Lokasi di Sungai dimana Ikan Biasanya Berkumpul :

1. Lubuk Yang Dalam

Lubuk merupakan tempat atau daerah yang lebih dalam dari tempat lainnya. Maka dari itu sebelum memancing sebaiknya cari terlebih dahulu tempat seperti itu. Anda bisa mengetesnya dengan cara melempar umpan lengkap dengan senar dan timbal. Rasakan berapa lama timbal dan umpan jatuh kedasar perairan. Bila terasa lama dibandingkan daerah lain, berarti lokasi tersebut audah pas.



2. Tikungan Sungai atau Belokan Sungai 

Selain lubuk ikan besar juga terdapat di belokan sungai. Ikan sangat menyukai tempat seperti ini. Untuk posisinya, bila tikungan berada disebelah kanan berarti anda memancing sebelah kiri. Begitu juga sebaliknya bila tikungan ada di sebelah kiri maka memancinglah di sebelah kanan.

Dua tempat diatas merupakan spot paling favorit buay para pemancing. Ikan-ikan besar sangat menyukai tempat seperti itu untuk mencari makan, tinggal serta memijah. Setelah mengetahui spot yang potensial di huni ikan besar di sungai, selanjutnya ketahui piranti serta trik memancing ikan besar di sungai.


Piranti / Peralatan Mancing Ikan Di Sungai yang Wajib Dipersiapkan


Banyak hal yang harus anda siapkan sebelum mulai memancing seperti piranti, umpan serta bekal pendukung lainnya. Baiklah langsung saja kita bongkar gan, persiapan apa saja sih yang harus kita persiapkan ??

alat pancing ikan babon

1. Reel

Jangan meremehkan spot sungai bro, di sana juga banyak predator berukuran besar pula loh dan ukurannya hingga puluhan kilogram. Untuk itu sebaiknya gunakan reel minimal size 2500, untuk size ini sudah sangat minim dan bila memang ukuran ikan disana cenderung babon sangat disarankan menggunakan size lebih besar lagi.

2. Joran

Fungsi joran memang sangat penting, diantaranya mempermudah anda melempar dan meladeni perlawan ikan. Spot sungai dengan target ikan besar mimin rasa Joran ukuran 160 - 200 sudah cukup. Tentunya pilih joran berbahan carbon yang lebih kuat dan lentur. Namun jika dana pas pasaan kalian bisa menggunakan joran berbahan fiber yang lebih murah.

3. Kenur/Senar

Karena target kita ikan babon atau predator besar jadi sebaiknya gunakan kenur ukuran 0.22 - 0.28. Ukuran senar sebenarnya relatif, kenapa?? Sekarang banyak kenur size kecil namun punya lbs(kekuatan) yang besar. Sebaiknya cari kenur dengan lbs minimal 10 lbs (setara 5 kg).

4. Mata Kail

Mata kail berfungsi sebagai tempat menempelkan umpan dan menkait ikan saat umpan dimakan. Untuk itu ukuran kail juga tidak boleh dianggap remeh. Anda bisa menggunakan kail ukuran 5, 6 atau 7. Agar bisa memastikan kekuatan kail dan kenur kalian bisa menambahkan kawat nekelin pada rangkaian pancing. Sekali lagi ukuran kail bisa anda sesuaikan sendiri.

5. Pelampung

Pelampung memang penting gan, fungsinya sebagai indikator saat ikan menyambar umpan. Namun sebagai besar dari jenis predator lebih suka berdiam di dasar perairan atau bahkan di permukaan air seperti ikan gabus. Jadi anda tinggal menyesuaikan jenis ikan apa yang akan anda pancing dab perlu tidaknya menggunakan pelampung.

6. Timbal/Pemberat

Untuk anda yang menggunakan teknik dasaran / bottom fishing sebaiknya gunakan pemberat agar umpan tidak mudah terbawa arus. Dimana teknik ini tidak menggunakan pelampung sehingga anda bisa melempar umpan ke spot yang kalian inginkan.

7. Umpan Mancing Ikan Besar di Sungai Paling Galak

Setiap ikan tentunya punya makanan dan selera yang berbeda-beda. Sebaiknya gunakan umpan yang pas dengan ikan buruan anda. Seperti :
Ikan Patin : Hati ayam kukus, Pelet, Roti tawar, Roti kacang ijo.
Ikan Gabus : Anakan kodok, lebih ampuh pakai Jump frog (froggy).
Ikan Toman : Anakan kodok, bisa juga  pakai Jump frog (froggy).
Ikan Baung : Umpan Kucur
Ikan Hampala : Ikan-ikan kecil, atau pakai Metal Jig.
Ikan Lele : Cacing Merah

Tips dan Cara Memancing Ikan  di Sungai yang Benar


cara memancing ikan besar di sungai

1. Siapkan piranti/alat pancing anda mulai dari reel, joran, kenur, pelampung, pemberat dan kail.

2. Tentukan target ikan apa yang akan anda buru, hal ini sangat penting untuk menentuk peralatan dan umpan yang cocok dengan ikan target.

3. Pilih  spot yang potensial, untuk memilih spot potensial sudah mimin jelaskan di atas.

4. Tentukan teknik memancing, misalnya saat anda memancing ikan patin sebaiknya gunakan teknik glosor (bisa juga brrpelampung). Untuk ikan gabus sebaiknya gunakan teknik casting (tanpa pelampung dan timbal).

5. Bila anda menggunakan pelampung sebaiknya umpan setidaknya menyentuh dasar atau beberapa cm dari dasar air.

6. Sesuaikan umpan dengan jenis ikan target buruan. Bila perlu bawa beberapa jenis umpan sekaligus.

7. Sesuaikan umpan berdasarkan warna air.
¤ jika warna air coklat keruh sebaiknya gunakan umpan berbau amis, agar mudah terdeteksi ikan. 
¤ jika kondisi air bening akan lebih mudah menggunaka umpan jenis aoa saja karena lebih mudah terlihat ikan. 

Itulah tips dan umpan mancing ikan besar di sungai yang bisa mimin bagikan. Semoga bermanfaat. Untuk Kritik dan Saran atau pertanyaan mengenai artikel diatas bisa anda tuliskan dikolom komentar. Salam Joran Melengkung





Related Posts:

0 Response to "7 Tips dan Umpan Memancing Ikan Besar di Sungai"

Post a Comment