12 Ciri-Ciri Morfologi Ikan Mas Terlengkap


12 Ciri-ciri Morfologi Ikan Mas Terlengkap - Ikan mas merupakan ikan air tawar yang habitatnya di sungai-sungai. Di Indonesia, ikan mas mulai dipelihara pada tahun 1920-an. Ikan mas yang ada di Indonesia berasal dari Cina, Taiwan, Eropa serta Jepang. Dan hingga saat ini terdapat 10 jenis ikan mas yang sudah teridentifikasi berdasarkan morfologinya.

Dari ke-10 jenis tentunya mempunyai ciri-ciri ikan mas yang berbeda-beda. Di Indonesia, ikan mas mempunyai sebutan yang berbeda pula diantaranya ikan kancra, ikan tikeu, ikan tombro, ikan raja, ikan rayo dan ikan ameh.

ciri-ciri ikan mas


Ciri Klasifikasi Ikan Mas 


Selain ciri morfologi, ikan mas juga mempunyai ciri-ciri khusus klasifikasi secara biologis. Berikut ciri klasifikasi ikan mas :

  • Kingdom  : Animalia
  • Filum        : Chordata
  • Kelas.        : Actinopterygii
  • Ordo.        : Cypriniformes
  • Famili.      : Cyprinidae
  • Genus.      : Cyprinus
  • Spesies     : C. carpio
  • Nama binomial : Cyprinus carpio



Ikan mas hidup pada perairan tawar dengan kondisi air yang masih bersih dan tidak terlalu dalam serta berarus tenang, misalnya penggiran sungai atau danau. Ikan mas dapat beradaptasi dengan baik pada ketinggian 150 - 600 meter diatas permukaan laut dengan suhu antara 25 - 30 °C. Meskipun habitat ikan mas di air tawar, namun terkadang juga ditemukan di perairan payau (muara) dengan kadar garam antara 25 - 30 %.


Ciri-Ciri Morfologi Ikan Mas


1. Pada Dasarnya Ikan Mas mempunyai bentuk tubuh memanjang dan pipih tegak.

2. Mulutmya berada di bagian tengah ujung kepala (terminal), bentuk mulut agak lebar serta tebal dan dapat disembulkan (protaktil).

ciri-ciri morfologi ikan mas

3. Terdapat dua pasang sungut pada mulutnya, tepatnya dibagian anterior mulut. Adanya gigi kerongkongan yang berjumlah tiga baris gigi graham di ujung mulut dalam.

4. Pada bagian luar, tubuh ikan mas diselimuti oleh sisik sikloid. Warna sisik ikan mas biasanya berwarna kuning, merah, emas, hijau, biru dan ada juga kombinasi dari warna tersebut. Dan sisik inilah yang mempengaruhi keindahan ikan mas.

5. Pada sirip punggung ikan mas berbentuk memanjang. Dan bagian belakang siripnya mempunyai tulang/duri yang keras. Sedangkan sirip ketiga dan keempatnya tampak bergerigi. Sirip punggung ikan mas letaknya berseberangan dengan permukaan sirip perut. Sirip dubur ikan mas hampir sama seperti sirip punggungnya. Sirip duburnya mempunyai jari-jari yang keras dengan ujungnya yang bergerigi.

6. Pada garis rusuknya, baik itu linea lateralis maupun gurat sisi berjumlah lengkap. Garis tersebut terletak pada bagian pertengahan tubuh dan bentuknya melintang dari insang sampai ujung belakang pangkal ekor.

7. Ikan mas mempunyai sepasang sirip perut, sirip dada dan sirip punggung. Sirip ekor ikan mas bertipe homoserkal karena dua cabang yang sama panjang.

8. Setelah dewasa ikan mas biasanya memiliki panjang kisaran 30 - 60 cm. Sedangkan berat tubuhnya bisa mencapai 0.5 hingga 4 kg. Namun sebenarnya ikan mas juga mampu tumbuh hingga 15-20 kg.

9. Saat dewasa ikan mas jantan memiliki sirip perut yang lebih panjang dibandingkan sirip perut pada ikan mas betina.

10. Jadi untuk mengetahui perbedaan antara ikan mas jantan dan betina dapat anda lihat dari ciri-ciri serta ukuran ikan mas.

11. Pada hakikatnya ikan mas merupakan jenis omnivora yakni pemakan segala. Ikan ini sangat menyukai tanaman air dan terkadang memangsa ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil. Selain itu ikan mas juga menyukai zooplankton, moluska, fitoplankton, krutasea, annelida, udang, telur ikan serta makroinvertrabata lainnya.

12. Habitat asli ikan ikan mas adalah sungai, danau,  rawa atau perairan lain yang airnya masih jernih dan berarus pelan.

Itulah ciri-ciri ikan mas yang dapat mimin bagikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kalian semua. Jika ada pertanyaan, kritik atau saran mengenai artikel diatas dapat anda kirimkan pada kolom komentar dibawah. 





Related Posts:

2 Responses to "12 Ciri-Ciri Morfologi Ikan Mas Terlengkap"

  1. Excellent post! We will be linking to this particularly great post
    on our site. Keep up the good writing.

    ReplyDelete