Apa Itu Heater? Fungsi dan Cara Menggunakan Heater Aquarium


Fungsi dan Cara Menggunakan Heater Aquarium - Tahukah anda!! Apa itu Heater?? Saat anda mulai memelihara ikan hias, entah itu air tawar maupun air laut tentu memelukan perawatan bukan??. Agar ikan hias kesayangan anda tetap sehat dengan nafsu makan yang lahap serta terbebas dari berbagai penyakit. Sebaiknya gunakan Heater Aquarium agar kondisi didalam aquarium tetap terjaga.

Selain ikan hias, tanaman aquascape juga membutuhkan heater agar suhu didalam aquarium stabil sehingga pertumbuhan tanaman dapat optimal.

Buat para penghobi ikan hias pasti sudah tidak asing lagi dengan heater aquarium ini. Namun buat pemula pasti masih bingung dan terasa asing dengan alat satu ini. Apa itu heater? Heater adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air dengan menggunakan energi sebagai sumber pemanasnya.

heater aquarium

Lalu perlukah kita menggunakan heater aquarium? 
Dan apa fungsi heater aquarium?
Bagaimana cara menggunakan heater? 


Fungsi Heater (Penghangat) Aquarium


Setiap jenis ikan hias mempunyai daya tahan dan kemampuan beradaptasi yang berbeda-beda. Begitu pula untuk masalah perawatan, ada jenis ikan yang mudah dipelihara dan ada juga yang membutuhkan perhatian khusus dalam merawatnya.

Dalam memelihara ikan hias sangat dianjurkan untuk membuat susana akuarium seperti habitat aslinya di alam liar. Hal ini diperlukan agar nantinya ikan hias dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya sehingga tidak gampang stress.



Hal tersebut meliputi suhu air, suasana di dalam aquarium serta oksigen yang cukup. Memang untuk suhu air sering kali dikesampingkan karena terkesan sepele. Namun sebenarnya hal tersebut cukup penting loh!! Dengan suhu air yang sama atau hampir mirip dari suhu dihabitat aslinya akan membuat ikan merasa nyaman.

Namun pemakaiannya juga tidak boleh sembarangan. Mengingat fungsi heater sebagai penstabil suhu air. Jadi ketika suhu air meningkat maka heater dimatikan, sebaliknya jika suhu air menurun maka heater dinyalakan.

Tidak hanya itu, heater juga dapat membantu mengurangi populasi jamur dan bakteri. Bukan hanya itu, heater juga dapat menyembuhkan ikan dari penyakit. Maka dari itu banyak para penghobi ikan hias yang menggunakan heater ketika ikan sakit dan mogok makan. Dan akan menyimpannya lagi setelah ikan hias sembuh.

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa fungsi heater adalah untuk menstabilkan suhu air aquarium agar ikan tetap sehat dengan nafsu makan baik.


Langkah Langkah dan Cara Menggunakan Heater Aquarium


Buat penghobi ikan hias pemula tentu masih bingung, bagaimana sih cara memasang dan menggunakan heater aquarium??


Berikut langkah - langkah memasang heater aquarium :

1. Langkah Pertama

Cek terlebih dahulu heater yang anda beli, pengecekan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui heater yang anda beli benar benar berfungsi dengan baik.

Periksa pada Gelas kaca dan juga instalasinya. Jika heater kurang optimal, ada kemungkinan terdapat kebocoran pada bagian gelas kacanya, maka jangan diteruskan pemasangan.

Untuk berjaga-jaga sebaiknya buatlah perjanjian dengan penjual atau meminta perjanjian bila terjadi masalah barang dapat ditukarkan.

2. Langkah Ke Dua

Langkah berikutnya ialah memgantur suhu atau temperatur air disesuaikan dengan volume air pada aquarium. Adapun berikut ini tabel perbandingannya :

  • Heater Ukuran  25 Watt dengan volume air kurang lebih 25 Liter
  • Heater Ukuran  50 Watt dengan volume air kurang lebih 50 Liter
  • Heater Ukuran  75 Watt dengan volume air kurang lebih 75 Liter
  • Heater Ukuran 100 Watt dengan volume air kurang lebih 100 Liter
  • Heater Ukuran 150 Watt dengan volume air kurang lebih 150 Liter
  • Heater Ukuran 200 Watt dengan volume air kurang lebih 200 Liter
  • Heater Ukuran 300 Watt dengan volume air kurang lebih 300 Liter 


3. Langkah Ke Tiga

Agar heater dapat lebih awet dan pemanasan aquarium dapat maksimal, sebaiknya periksa terlebih dahulu Water Light Cap sebelum memasang heater kedalam akuarium.

4. Langkah Ke Empat

Seperti yang anda ketahui tentang fungsi heater, yakni untuk menstabilkan suhu air dalam aquarium. Maka dari itu sebaiknya tempatkan heater pada tempat yang dapat menyebar keseluruh bagian di aquarium. Dalam hal ini posisi paling tepat adalah disekitar aerator.


Tips Menjaga Suhu Aquarium


1. Untuk prngaturan suhu aquarium dapat anda sesuaikan antara 22 hingga 28 derajat celcius. Hal tersebut tergantung jenis ikan hias anda, karena tiap jenis ikan mempunyai tingkat penyesuaian yang berbeda beda. Pastikan jauhkan dan hindari aquarium dari matahari langsung serta sebaiknya jangan terlalu dekat dengan aerator.

2. Suhu air yang ideal bagi ikan hias yaitu antara 24 - 25 derajat celcius. Semakin jarang suhu tersebut berubah ubah (stabil) maka itu akan lebih baik.

3. Sebaiknya pilih heater yang juga dilengkapi dengan termostat, yang akan mengkompensasi jika ada perubahan suhu pada aquarium.

4. Selalu cek suhu air dalam aquarium secara berkala menggunakan termometer.

Itulah penjelasan tentang Heater, mulai dari fungsi, cara pemasangan serta cara menggunakannya. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Bila ada pertanyaan atau kritik mengenai artikel diatas dapat anda tulis kekolom komentar dibawah. 





0 Response to "Apa Itu Heater? Fungsi dan Cara Menggunakan Heater Aquarium"

Post a Comment