23 Makanan atau Pakan Lobster Air Tawar Yang Baik


23 Makanan atau Pakan Lobster Air Tawar Yang Baik - Bila anda memelihara lobster air tawar baik itu Budidaya maupun ikan hias, tentu ingin lobster tersebut sehat dan cepat besar bukan?? Agar lobster air tawar dapat tumbuh maksimal maka perlu diberikan pakan atau makanan yang berkualitas, baik itu dari segi kandungan gizi maupun jumlah/takaran yang pas dengan kuran Lobster Air Tawar (LAT) tersebut.

Lobster merupakan hewan kedalam golongan omnivora atau pemakan segala. Jadi tidak susah mencari pakan Lobster Air Tawar (LAT). Selain itu pakan tersebut bisa didapat dengan mudah disekitar kita.

lobster air tawar

23 Makanan atau Pakan Alami Lobster Air Tawar Yang Bagus dan Berkualitas :


Sayuran dan Umbi-umbian


Pakan berkualitas yang pertama untuk lobster air tawar adalah sayuran dan umbi-umbian. Sayuran dan umbi-umbian merupakan pakan yang sangat baik buat lobster karena kandungan gizi serta vitamin yang melimpah dan dibutuhkan untuk pertumbuhan lobster tersebut.

Adapun jenis Sayuran dan Umbi-umbian seperti :

  1. Toge
  2. Sawi
  3. Wortel
  4. Kangkung
  5. Singkong
  6. Ubi jalar
  7. Jagung
  8. Ketela pohon




Untuk pakan yang tidak tenggelam seperti toge, kangkung dan sawi harus anda seduh terlebih dahulu agar bisa tenggelam. Sedangkan wortel, singkong dan ubi jalar cukup diiris tipis-tipis atau bisa juga diserut. Untuk jagung dan ketela pohon sebaiknya anda parut terlebih dahulu baru diberikan ke lobster.


Tanaman Air


Tidak hanya sayuran, Tanaman air juga dapat dijadikan pakan lobster juga loh!! dan pastinya kandungan gizi pada tanaman air juga tidak kalah dengan yang lain.

Berikut tanaman air yang dapat dipakai sebagai pakan, antara lain :

  1. Enceng gondok 
  2. Selada air
  3. Hydrilla verticillata
  4. Ludwigia inclinata green

selada air

Untuk mendapatkannya pun cukup mudah. Anda dapat mencarinya di rawa-rawa atau sawah dan biasanya cukup melimpah.


Daging


Selain sayuran dan tanaman air, lobster juga menyukai makanan berupa daging serta hewan kecil. Untuk kandungan gizi yang terdapat pada daging tentu sudah tidak diragukan lagi.

Berikut jenis pakan berupa daging dan hewan air kecil yang dapat digunakan :

  1. Plankton
  2. Usus ayam
  3. Keong mas
  4. Kutu air
  5. Jentik nyamuk
  6. Cacing sutra
  7. Cacing tanah
  8. Udang
  9. Ikan mati


Cara pemberiannyapun cukup mudah, Plankton merupakan pakan alami yang sudah tersedia di alam, adanya plankton bisa ditandai dengan air yang berwarna hijau. Adapun cara menumbuhkan plankton dapat anda lihat disini. Untuk hewan kecil seperti kutu air, jentik nyamuk dan cacing sutra dapat anda berikan secara langsung.

Untuk jenis pakan seperti usus ayam, keong mas, cacing tanah, udang dan ikan harus dipotong kecil kecil terlebih dahulu agar mudah dicerna lobster air tawar.


Pelet (Pakan Buatan) 


Pelet merupakan pakan yang paling sering digunakan untuk makanan lobster. Selain praktis pelet juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk lobster mulai dari menetas hingga siap panen. Gunakan pelet yang lembut pada lobster hingga usia 2 minggu. Setelah itu baru gunakan pelet agak besar Hingg ukuran dewasa.

Jenis pelet yang dapat digunakan :

  1. Pelet udang
  2. Pelet khusus Lobster air tawar


Memang pelet mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, namun harganya tergolong mahal sehingga biaya produksipun ikut membengkak. Untuk mensiasati itu anda dapat memberikan pakan secara bergantian setiap harinya mulai dari sayuran, tanaman air, daging dan juga pelet.

PENTING!!

Cara Pemberian Pakan Lobster Air Tawar

  1. Komposisi pakan harus disesuaikan antara sayuran, tanaman air, daging dan pelet. Usahakan jangan terlalu berbeda yang justru akan mengganggu pertumbuhan LAT. 
  2. Sesuaikan takaran pakan dengan Lobster air tawar (LAT). Sebaiknya berikan pakan dengan takaran 5 % dari berat LAT tersebut.
  3. Waktu pemberian pakan dapat dibagi menjadi 2. Yakni 25 % dipagi hari dan 75 % pada malam hari. 
  4. Usahakan jangan memberikan pelet pada LAT dibawah 1 cm. Karena pelet banyak mengandung zat kalsium yang berakibat sulitnya melepaskan diri dari kulit saat molting. 
  5. Saat masa perawatan benih lobster, sebaiknya beri pakan berupa cacing sutra atau cacing tanah hingga benih siap dipindahkan kekolam utama. Untuk porsi pemberian kira-kira 3 % dari berat tubuh LAT tersebut.
  6. Anda dapat memberikan Plankton sebagai pakan tambahan alami. 
  7. Pemberian pakan haruslah teratur, yaitu pagi hari antara jam 6 - 8 dan sore hari antara jam 4 - 5. Untuk takarannya sudah saya jelaskan diatas yakni 25 % pada pagi hari dan 75 % pada sore hari. Kenapa sore hari harus lebih banyak?? Karena pada dasarnya lobster air tawar merupakan hewan nocturnal yang akan lebih aktif pada malam hari. 


Itulah penjelasan tentang pakan/makanan lobster air tawar (LAT) yang bagus. Untuk kritik dan saran atau pertanyaan dapat anda tulis pada kolom komentar dibawah. Salam Budidaya Indonesia.





0 Response to "23 Makanan atau Pakan Lobster Air Tawar Yang Baik"

Post a Comment