√ 20+ Racikan Umpan Ikan Bawal Sederhana | Murah | Ampuh


√ 20+ Racikan Umpan Ikan Bawal Sederhana | Murah | Ampuh - Buat anda yang masih pemula mungkin kesulitan memilih umpan ikan bawal. Tapi tenang kali ini mimin akan berbagi kumpulan resep umpan ikan bawal, baik itu di kolam harian maupun galatama.

Banyak sekali pehobi mancing (angler) yang menyukai ikan ini. Selain tidak memerlukan biaya yang banyak dalam membuat umpan ikan bawal, sensasi tarikan yang mantap menjadi alasan tersendiri para pemancing.

umpan ikan bawal

Memang ikan bawal terkenal sangat garang saat dipancing. Ikan ini akan terus berontak dan berusaha meloloskan diri dari kail yang menancap dimulutnya.

Gimana ? Tertarik untuk memancing ikan bawal !

Agar acara memancing anda dapat berjalan lancar. Sebelum mulai memancing sebaiknya persiapkan terlebih dahulu. Peralatan serta umpan ikan bawal yang ampuh.




Habitat Ikan Bawal



habitat ikan bawal

Ikan bawal merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan, tepatnya sungai Amazon dan Orinoko. Namun saat ini ikan bawal sudah menyebar di berbagai belahan dunia. Mengingat banyaknya budidaya ikan bawal.

Di Indonesia sendiri ikan bawal banyak di jadikan perlombaan di kolam-kolam pemancingan harian maupun galatama.

Ikan bawal sangat menyukai perairan yang tidak terlalu jernih serta tidak keruh. Dengan derajat keasaman (PH) 5 - 7, dengan suhu ait rata-rata 22 - 28°C.


Tips Memilih Spot/Lapak Mancing Ikan Bawal di Kolam Pemancingan




Salah satu faktor penentu kesuksesan dalam memancing adalah memilih spot mancing. Spot/lapak mancing yang tepat akan sangat mempengaruhi potensi strike.

Ga Percaya ?

Begini sob, spot potensial merupakan tempat dimana ikan berkumpul atau perairan yang di sukai ikan. Jadi bila anda memancing di spot tersebut tentu potensi anda strike / mendapat sambaran ikan bawal akan lebih besar.

Lalu seperti apa ciri-ciri spot / lapak ikan bawal yang strategis (potensial) ?

Berikut ini Tips Memilih Spot/Lapak Mancing Ikan Bawal di Kolam Pemancingan :

1. Bila anda memancing pada kolam harian ikan bawal. Sebaiknya datang lebih awal agar dapat memilih lapak sesuka kita.

2. Pilih daerah yang paling dalam pada kolam tersebut. Ikan bawal sangat menyukai dasar air yang dalam.

3. Bila ada aliran air menuju kolam tersebut, memancinglah pada spot tersebut. Aliran air akan menghasilkan kadar oksigen dalam air lebih banyak. Sehingga sangat disukai ikan bawal.

4. Lempar umpan di bawah pancuran air (biasanya di pasang ditengah kolam). Ikan bawal juga suka berkumpul di sekitar pancuran air.

5. Sebaiknya gunakan teknik bottom fishing (glosor) atau memancing tanpa pelampung. Namun anda juga dapat bisa menggunakan pelampung, tapi usahakan umpan dapat menyentuh dasar kolam atau kira-kira 5 cm dari dasar.

Waktu yang Tepat Mancing Ikan Bawal

Sebenarnya ikan bawal merupakan jenis ikan nokturnal (akan lebih aktif pada malam hari). Namun pada kolam pemancing ikan bawal dapat dipancing baik siang hari maupun malam hari. Hal ini disebabkan, kebiasaan pemberian makan di kolam yang tidak kenal waktu. Sehingga sifat alami ikan bawal mulai berubah.



Umpan Ikan Bawal Alami



umpan alami ikan bawal

Ikan bawal merupakan jenis ikan pemakan segala atau disebut omnivora. Jadi jika anda ingin menggunakan umpan alami, anda dapat menggunakan umpan berupa sayuran, buah atau serangga dan hewan kecil.

Berikut ini beberapa Umpan Ikan Bawal Alami yang dapat anda gunakan :

1. Umpan Ati Ayam


Mungkin tidak banyak orang tahu dengan umpan ati ayam. Ati ayam terbilang ampuh untuk memancing ikan bawal. Sesuai dengan sifat ikan bawal yang pemakan daging, umpan ati ayam sangatlah ampuh untuk menggoda ikan bawal. Bau amis umpan hati ayam membuat umpan ini tergoda untuk menyambarnya.

Cara penggunaannya sangatlah mudah, yakni cukup goreng ati ayam dan jangan terlalu kering. Setelah itu potong ati ayam sesuai ukuran kail. Umpan ati ayam siap digunakan.


2. Umpan Ulat Hongkong


Untuk umpan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Umpan ulat hongkong cukup ampuh untuk menaklukkan ikan bawal. Anda dapat membelinya di toko toko umpan, biasanya banyak yang menyediakan umpan ulat hongkong ini.



3. Umpan Belut


Hewan dengan kandungan protein yang tinggi ini tergolong cukup ampuh menaklukan ikan bawal. Tentu hal tersebut disebabkan bau amis yang khas dari belut itu sendiri. Cukup potong kecil-kecil belut lalu pasangkan pada mata kail.

4. Umpan Belalang


Belalang juga dapat dimanfaatkan sebagai umpan ikan bawal. Anda dapat mencarinya di area persawahan maupun kebun dekat rumah. Selain ampuh, umpan ini juga tidak menguras dompet karena anda bisa mendapatkannya secara gratis. Cukup kaitkan satu atau dua belalang dengan bagian ekor terlebih dahulu lalu lempar ke spot yang potensial.

5. Cacing


Cacing memang umpan yang sangat familiar, hampir semua jenis ikan air tawar menyukai umpan cacing, tak terkecuali ikan bawal. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah, biasanya banyak tersedia di pekarangan rumah dengan tanah yang gembur/subur. Kalian juga dapat membelinya di toko toko umpan mancing.

6. Keong Sawah


Satu lagi umpan murah meriah yang dapat dijadikan Umpan ikan bawal. Untuk mencarinya juga tidak susah, banyak tersedia di persawahan. Pecahkan cangkang keong sawah lalu iris menjadi beberapa bagaian, baru kemudian kaitkan pada mata kail.

7. Ulat Daun Pisang


Sama seperti umpan ikan patin, ikan bawal juga menyukai umpan berupa ulat daun pisang. Ulat daun pisang sangat cocok digunakan pada kolam, danau maupun sungai. Pasang ulat daun pisang pada kail lalu keluarkan sedikit isi perutnya.

8. Jangkrik


Sama seperti umpan alami lainnya, jangkrik juga dapat digunakan sebagai umpan ikan bawal. Jangkrik banyak di jual di toko umpan burung atau toko pancing. Pemasangannya tidak jauh beda dengan umpan lainnya yaitu kaitkan 1 atau beberapa ekor jangkrik dalam satu mata kail.


Umpan Ikan Bawal Kolam Harian



umpan Ikan bawal harian

Memancing ikan bawal memang sangat mengasikan. Tarikannya yang mantap serta galaknya ikan saat menyambar umpan menjadi kepuasan tersendiri bagi pemancing. Oleh karena itu banya kolam pemancingan yang menyediakan ikan bawal.

Meski ikan bawal terkenal mudah dipancing, namun anda tetap harus mempersiapkan umpan terbaik agar hasilnya lebih memuaskan, terutama saat memancing pada kolam harian.

Dan dibawah ini mimin sudah menyiapkan beberapa racikan umpan ikan bawal harian yang jitu.

1. Umpan Ikan Bawal Harian Jitu


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Umpan Ikan Bawal Harian Jitu:

  • 1 butir Telur Bebek
  • 2 sdm Tepung ikan
  • 2 sdm Tepung udang
  • 2 sdm Tepung Susu Putih
  • 2 sdm Tepung Terigu
  • Air secukupnya


Catatan : anda dapat menyesuaikan takaran sendiri dengan perbandingan diatas.

Cara Membuat Umpan Ikan Bawal Harian palinh Jitu :

Siapkan wadah plastik lalu masukan telur, kocok telur hingga berbuih. Setelah itu tambahkan tepung ikan, tepung udang, tepung susu dan tepung terigu, lalu aduk adonan hingga merata. Setelah itu tambahkan sedikit air putir agar tidak terlalu kental. Lalu kukus adonan kurang lebih 30 menit.

2. Umpan Ikan Bawal paling Ampuh


Bahan-bahan untuk membuat Umpan Ikan Bawal Ampuh :

  • 30 ekor Jangkrik
  • 5 - 7 tetes Essen Melati
  • Pelet
  • Air secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Bawal Ampuh :

Blender jangkrik lalu masukan kedalam wadah plastik. Campurkan pelet dan 5 - 7 tetes essen kemudian aduk hingga merata. Bentuk adonana sesuai selera dan Umpan siap digunakan.

3. Umpan Ikan Bawal Segala Cuaca


Bahan-bahan Umpan Ikan Bawal Segala Cuaca :

  • 3 sendok makan tepung Sagu
  • 1/2 sendok teh Essen pandan
  • 1 sendok teh Essen kurma
  • 1 sendok teh Essen jagung bakar
  • 3 - 5 tetes Essen Aroma Almond
  • Pelet ikan secukupnya
  • Air hangat secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Bawal Segala Cuaca :

Masak sagu dengan sedikit air sehingga agak kenyal. Setelah itu masukan semua essen kedalam wadah, lalu aduk hingga merata. Tambahkan pelet ikan secukupnya saat umpan akan digunakan agar adonan lebih kenyal. Bentuk adonan sesuai selera.

Selain digunakan pada kolam harian, umpan tersebut juga dapat digunakan pada kolam galatama. Untuk informasi tentang Umpan Ikan Bawal Harian lebih lengkap dapat dilihat disini. 


Umpan Ikan Bawal Galatama



umpan ikan bawal galatama

Tak heran jika Galatama Ikan Bawal semakin menjamur di Indonesia, pasalnya ikan ini mempunyai tarikan yang kuat. Memancing ikan bawal akan sangat menguras tenaga bila ukurannya sudah besar/babon.

Sebelum mulai memancing ikan bawal khususnya babon diperlukan peralatan khusus seperti reel, joran, kenur dan mata kail serta kawat nekelin. Selain itu anda diharuskan mempersiapkan racikan umpan khusus agar ikan mau menyambar.

Umpan seperti apa yang harus Kita persiapkan ?

Berikut ini beberapa Resep Khusus untuk menaklukan ikan bawal galatama :

1. Oplosan Essen Galatama Ikan Bawal


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 4 tetes Essen Aroma Sirsak
  • 3 tetes Essen Aroma Pisang Ambon
  • 3 tetes Essen Aroma Tenggiri
  • 4 tetes Essen Aroma Choya
  • 2 tetes Essen Aroma Vanili
  • Tepung Aci


Cara Membuatnya :

Terlebih dahulu masak tepung aci hingga matang lalu tambahkan semua essen kedalam wadah. Aduk adonan hingga semua tercampur rata dan Umpan siap digunakan.

PENTING !!

Hal yang tidak boleh di lupakan saat meracik umpan ikan bawal adalah cuaca. Beda cuaca berarti beda umpan. Apabila cuaca saat itu sedang hujan atau dingin ikan bawal akan lebih suka umpan dengan aroma amis bercampur gurih. Namun apabila cuaca cenderung panas maka sebaiknya gunakan umpan aroma gurih saja.

2. Racikan Umpan Ikan Bawal Malam Hari


Bahan-bahan :

  • Nasi Putih
  • 1/2 sendok teh Biang Susu
  • 2 sendok makan minyak goreng (bekas gorengan ikan)
  • Essen Bawal secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Bawal Malam Hari :

Masukan nasi kedalam kantong plastik ukuran 1/2 kilo (isi setengahnya saja).
Lalu masukan bahan lainnya, Biang susu, minyak goreng dan Essen bawal.
Setelah itu uleni adonan hingga halus dan tercampur merata.
Umpan siap digunakan. Perlu diingat usahakan jangan tercampur asap rokok, karena akan menghancurkan umpan.

3. Racikan Umpan Ikan Bawal Musim Hujan (Air Dingin)


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Umpan Ikan Bawal Musim Hujan :

  • 1 bungkus Santan Kara
  • 1 butir Telur Bebek (ambil kuningnya saja)
  • 3 potong Tahu putih
  • 1 sachet Susu Dancow bubuk putih
  • 3 - 5 tetes Essen tenggiri


Cara Membuat Umpan Ikan Bawal Musim Hujan :

Siapkan wadah plastik lalu masukan kuning telur bebek , tahu putih, susu bubuk dan santan kara. Aduk  adonan hingga tercampur semua. Setelah itu masukan adonan kedalam plastik kiloan. Kukus adonann hingga matang lalu dinginkan. Saat akan digunakan tambahkan 3 - 5 tetes essen tenggiri.

4. Umpan Ikan Bawal Cuaca Panas / Siang Hari


Bahan-bahan untuk membuat Umpan Ikan Bawal Cuaca Panas / Siang Hari :

  • Daging buah durian
  • Essen Tenggiri
  • Essen Choya
  • Essen Ikan Tuna
  • 1 bungkus Pelet Ikan


Cara Membuat Umpan Ikan Bawal Cuaca Panas / Siang Hari :

Masukan daging buah durian kedalam wadah plastik lalu tambahkan essen tenggiri, essen choya dan essen ikan tuna. Aduk adonan sampai merata, setelah itu masukan pelet ikan. Aduk kembali adonan sampai tercampur rata. Umpan siap digunakan.


Umpan Ikan Bawal Sederhana dan Murah Meriah



umpan ikan bawal sederhana

Memancing memang bukan hobi yang murah, buktinya kita rela membeli piranti mancing dengan harga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Tidak hanya itu untuk membuat umpan juga dibutuhkan modal yang tidak sedikit.

Apalagi saat anda mengikuti lomba yang mengharuskan anda membuat umpan terbaik dan paling jitu. Tapi tenang sob kali ini mimin akan berbagi umpan ikan bawal yang sederhana dan tentunya murah meriah.

Umpan seperti apa itu ? Berikut ini resep umpan ikan bawal sederhana :

1. Umpan Ikan Bawal Sederhana dan Murah Meriah


Bahan-bahan yang diperlukan :

  • Pelet Jitu pancing 1 bungkus
  • Telur asin 1 butir
  • Biskuit rasa vanila atau susu 1 sachet
  • Kinoy kristal 1 bungkus
  • Air secukupnya


Cara Membuat :

Siapkan wadah lalu masukan biskuit rasa susu atau vanila. Haluskan biskuit lalu tambahkan telur asin (beserta putihnya). Setelah itu aduk kembali hingga halus dan merata. Masukan pelet jitu pancing dan air secukupnya lalu aduk adonan hingga menyatu. Terakhir tambahkan kinoy kristal sedikit demi sedikit sambil diaduk. Umpan siap digunakan.

2. Umpan Ikan Bawal Murah Meriah


Cara membuat umpan ikan bawal murah meriah :

Siapkan yuyu sawah ukuran 3 cm lalu buang kakinya. Kemudian tancapkan yuyu pada mata kail. Umpan siap digunakan.

Biarpun simple dan sederhana namun umpan tersebut cukup ampuh untuk memancing ikan bawal, khususnya pada malam hari.

Itulah beberapa resep umpan ikan bawal yang dapat mimin bagikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Bila ada pertanyaan atau tambahan tentang artikel di atas silakan tulis pada kolom komentar dibawah. Salam Mancing !! Mantaap

shimano sienna 2500 fd




0 Response to "√ 20+ Racikan Umpan Ikan Bawal Sederhana | Murah | Ampuh"

Post a Comment