√ 20+ Rahasia Umpan Ikan Lele Jitu | Sederhana | DiSegala Kondisi


√ 20+ Rahasia Umpan Ikan Lele Jitu | Sederhana | DiSegala Kondisi - Siapa yang tidak kenal ikan lele ? Ikan ini memang sangat familiar buat masyarakat indonesia karena rasanya yang enak dan gurih. Selain itu harga ikan lele juga sangat terjangkau yang membuat ikan satu ini semakin populer.

Tidak hanya itu selain di budidayakan, ikan lele juga banyak dijadikan perlombaan memancing. Baik itu kolam harian maupun kolam galatama. Untuk itu sebaiknya siapkan umpan ikan lele terbaik dan paling ampuh agar perlombaan memancing bisa sukses.

Untuk anda yang sedang mencari resep umpan ikan lele yang lengkap, jitu dan ampuh sebaiknya baca artikel dibawah ini :



Habitat Ikan Lele




Ikan lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang mempunyai kelebihan khusus. Ikan ini dapat beradaptasi baik dengan lingkungannya meskipun kadar oksigen sangat rendah. Hal tersebut sudah terbukti banyak ditemukan ikan lele di parit-parit bahkan got yang terbilang kotor.

Sebenarnya habitat asli ikan lele adalah sungai, danau maupun rawa. Namun dengan kelebihan itu ikan lele dapat bertahan hidup diberbagai kondisi yang ekstrim sekalipun.

Waktu yang Tepat Mancing Ikan Lele


Salah satu faktor keberhasilan dalam memancing adalah memilih waktu memancing yang tepat. Meskipun terlihat sepele, namun hal ini sangatlah penting. Jadi anda tidak boleh asal memancing kapan saja.

Kenapa ?

Ikan lele mempunyai jam makan tersendiri, dan tidak akan makan pada waktu-waktu tertentu. Lebih tepatnya nafsu makan ikan lele akan menurun dan bertambah pada waktu tertentu.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk memancing ikan lele ?

Di habitat aslinya seperti sungai, danau atau rawa ikan lele akan lebih aktif pada malam hari (nocturnal). Artinya pada malam hari ikan lele lebih aktif dalam mencari makan. Adapun waktu yang tepat saat memancing ikan lele yaitu saat matahari mulai tenggelam (sore hari) hingga matahari mulai terbit (pagi hari).

Namun kebiasaan tersebut akan hilang dan berbeda saat anda memancing ikan lele di kolam pemancingan. Ikan lele tidak lagi bersifat nokturnal (aktif mencari makan pada malam hari), tetapi juga siang hari sekalipun. Hal tersebut disebabkan karena kebiasaan pemberian makan yang berbeda ketika dihabitat aslinya, sehingga ikan lele juga dapat dipancing di siang hari.

Satu lagi catatan yang perlu anda ketahui. Ikan lele akan sangat mudah lapar pada perairan yang jernih serta berarus. Pada kondisi perairan seperti tersebut, ikan lele dapat dipancing kapan saja, baik itu pagi, siang sore atau malam sekalipun.


Umpan Ikan Lele Liar Di Sungai / Danau / Rawa




Memancing ikan lele dihabitat aslinya seperti danau, sungai dan rawa tergolong susah susah gampang. Sebenarnya memancing ikan lele liar tidak begitu susah, asalkan tahu trik seperti umpan dan waktu memancing yang pas serta pintar memilih spot/tempat mancing terbaik.

Saat memancing di alam liar sebaiknya gunakan umpan alami saja. Dan di bawah ini mimin bagikan umpan ikan lele liar di sungai/danau/rawa yang jitu :


1. Cacing Tanah


Seperti yang anda tahu, cacing tanah memang bisa dikatakan umpan segala jenis ikan. Karena memang hampir semua ikan menyukai umpan berupa cacing.

Gunakan satu hingga dua ekor cacing pada mata kail dengan cara dikaitkan menyilang. Usahakan cacing dalam keadaan hidup agar tetap bergerak gerak di dalam air, sehingga akan lebih menggoda ikan lele.


2. Jangkrik


Jangkrik merupakan umpan yang cukup disukai ikan lele, baik itu di alam liar maupun kolam. Ukuran tubuhnya yang tidak terlalu besar sehingga pas di kaitkan langsung ke mata kail. Dengan tubuhnya yang utuh ikan lele pasti akan tergoda melahapnya. Agar lebih jos sebaiknya keluarkan sedikit isi perut jangkrik, sehingga bau amis dapat keluar.

3. Anakan Katak/Kodok


Anakan kodok juga cukup ampuh untuk menaklukan ikan lele jumbo/babon. Di habitat aslinya anakan kodok merupakan makanan favorit ikan lele. Dengan bentuk tubuhnya yang pas, tidak terlalu besar sehingga dapat langsung dipasang ke kail. Dengan umpan anakan kodok dijamin ikan lele akan tergoda menyambarnya.

4. Usus Ayam


Mengingat ikan lele adalah pemakan daging jadi umpan berupa usus ayam juga cukup ampuh menaklukan predator air tawar ini. Bau khas yang keluar dari usus ayam tentu sangat menggoda ikan lele. Bahkan umpan ini juga banyak digunakan saat perlombaan galatama karena keampuhannya.

5. Daging


Sebagai predator, tentu ikan lele juga menyukai umpan daging. Adapun jenis daging yang dapat anda gunakan seperti daging ayam, kambing, sapi dan jenis daging lainnya. Namun umpan satu ini tergolong tidak murah, tapi untuk urusan jitu tidaknya jangan diragukan lagi. Terlebih lagi saat gerimis atau hujan turun, dimana nafsu makan ikan lele akan bertambah dan langsung melahap umpan satu ini.

6. Cicak Bakar


Mungkin belum banyak pemancing yang mengetahui umpan cicak bakar. Berbeda dengan umpan alami lainnya yang disajikan mentah-mentah, untuk cicak bakar sebaiknya dibakar setengah matang dahulu. Bau amis serta bau gosong yang keluar dari cicak bakar akan menambah nafsu makan ikan lele. Anda dapat memotong menjadi beberapa bagian untuk selanjutnya dipasang pada kail pancing.

7. Ikan Kecil


Tidak hanya sebagai predator, ikan lele babon juga dikenal sebagai kanibal. Ikan lele tak segan-segan memakan ikan-ikan kecil bahkan ikan lele yang ukurannya lebih kecil ketika sedang kelaparan. Kalian dapat menggunakan ikan kecil dengan cara dikaitkan pada ekor atau punggung, agar umpan ikan kecil tepat hidup sehingga lebih menggoda sang predator untuk menyantapnya.


Umpan Ikan Lele Alami




Ikan lele merupakan jenis ikan yang rakus saat makan. Entah itu umpan alami maupun buatan dapat kita gunakan untuk memancing predator satu ini. Sesuai naluri alaminya ikan lele sangat menyukai umpan alami dibandingkan umpan buatan.

Di alam liar ikan lele biasanya menyantap umpan alami seperti serangga kecil dan hewan air kecil. Mencari umpan ikan lele sebenarnya cukup mudah, karena predator satu ini tergolong rakus dan cepat sekali lapar.

Adapun umpan alami yang dapat anda gunakan seperti cacing, jangkrik, usus ayam, daging, cicak bakar, ikan kecil serta anakan kodok. Untuk penjelasan lebih detail mengenai umpan ikan lele alami dapat anda scrol keatas. 


Umpan Ikan Lele Malam Hari




Untuk mencari umpan ikan lele yang pada malam hari tidaklah sulit, karena pada dasarnya pada malam hari ikan lele akan lebih agresif saat mencari makan. Jadi inilah waktu yang tepat untuk memancing ikan lele, selain itu ikan lele juga ikan yang rakus saat makan.

Sebenarnya memancing lele pada malam dan siang hari tidak berbeda. Bisa dibilang tidak ada persyaratan khusus untuk memancing ikan ini. Ada beberapa jenis umpan yang dapat anda gunakan seperti umpan alami maupun racikan.

Sesuai pengalaman mimin saat memancing ikan lele pada malam hari di Danau Pasir Raya, Serang Baru, Bekasi. Saat itu mimin hanya menggunakan umpan berupa Cacing Tanah dan hasilnyapun cukup memuaskan.

Selain cacing tanah, kalian juga dapat menggunakan umpan seperti usus ayam, daging, cicak bakar atau umpan dengan bau amis lainnya.

Selain itu umpan racikan juga tidak kalah ampuh, bau khas dari pelet akan cukup memggoda ikan lele untuk memakannya.

Berikut Resep Umpan Ikan Lele Malam Hari :

Bahan-bahan :

  • Telur Ayam rebus (ambil kuningnya saja)
  • Pelet Ikan
  • Madu
  • Terasi
  • Pelet Babi
  • Air secukupnya


Cara Membuatnya :

Terlebih dahulu sesuaikan takaran sesuai kebutuhan. Siapkan wadah lalu masukan semua bahan menjadi satu. Aduk adonan hingga menyatu, bila perlu tambahkan sedikit air agar adonan lebih kenyal. Buat adonan bulat kecil-kecil menyesuaikan kail anda.


Umpan Ikan Lele Kolam Harian




Bicara soal memancing memang tidak akan ada habisnya. Hoby yang mayoritas digemari kaum adam ini memang sangat menantang. Racikan demi racikan mereka coba untuk menaklukan ikan target, seperti ikan lele.

Tarikan yang mantap dari ikan lele membuat ikan ini cukup favorit. Banyak perlombaan yang menggunakan ikan lele sebagai targetnya. Pada kolam ikan lele harian terkadang memang agak susah di pancing, hal ini tentu sangat wajar.

Mengingat sistem ikan lele harian yang baru melepaskan ikan ke kolam pada saat kita datang. Jadi sebaiknya jangan terburu-buru mengecap ikan tidak mau makan Ya!! Ikan juga perlu adaptasi dulu sob!! setelah beberapa saat mungkin ikan baru mulai makan.


Namun agar ikan lele lebih tergoda menyantap umpan kita, sebaiknya gunakan racikan khusus ikan lele yang jitu sob!!

Tenang Sob!! Ga usah bingung!! Dibawah ini akan mimin bagikan Resep umpan jitu ikan lele dan ampuh yang dapat anda coba.

1. Umpan Ikan Lele Jitu


Bahan-bahan Racikan Umpan Ikan Lele Jitu :

  • Pelet Ikan
  • Kuning Telur rebus
  • Terasi
  • Bawang Putih
  • Air Secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Lele Jitu :

Untuk membuatnya sangat mudah, cukup campurkan semua bahan kedalam wadah lalu aduk hingga merata. Buat umpan sesuai ukuran kail pancing anda. Untuk takaran dapat anda sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan.

2. Umpan Ikan Lele paling Ampuh


Bahan-bahan Racikan Umpan Ikan Lele Ampuh :

  • Ati Ayam
  • Bawang Putih
  • Madu
  • Pelet Udang
  • Terasi
  • Kuning Telur rebus
  • Air secukupnya


Cara Membuat umpan Ikan Lele paling Ampuh :

Pertama-tama rebus ati ayam hingga matang lalu haluskan hingga lembut. Setelah itu masukan semua bahan kedalam wadah dan aduk hingga tercampur rata. Terakhir tambahkan air secukupnya bila perlu, aduk kembali hingga adonan kenyal. Umpan siap digunakan.

3. Umpan Ikan Lele Segala Cuaca


Bahan-bahan Umpan Ikan Lele di Segala Cuaca :

  • Pelet pf 1000
  • Tepung Udang
  • Tepung Ikan Teri
  • Kuning Telur rebus
  • Terasi
  • Bawang Putih
  • Air secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Lele Segala Cuaca :

Siapkan wadag palstik lalu masukan kuning telur, terasi dan bawang putih. Haluskan ketiga bahan tersebut hingga  lembut. Setelah itu masukan bahan lainnya menjadi satu. Aduk kembali adonan hingga semua bahan tercampur rata. Bentuk bulat-bulat umpan sesuai selera.


Umpan Ikan Lele Galatama




Dari semua jenis perlombaan galatama, galatama ikam lele lah yang paling sulit (menurut mimin).

Kok bisa ??

Padahal ikan lele doyan makan, rakus pula ??

Begini sob, memang ikan lele tergolong ikan yang rakus. Namun sifatnya yang nocturnal (lebih aktif pada malam hari) akan menyulitkan pemancing khususnya pada siang hari. Terlebih lagi ikan nafsu makan ikan lele juga cepat sekali berubah-ubah.

Untuk itu diperlukan umpan yang pas untuk memancing predator satu ini. Banyaknya pemancing pada kolam galatama ikan lele tentu berimbas dengan banyaknya umpan di kolam pula. Tentu hal itu akan mengurangi nafsu makan ikan lele.

Lalu !! Bagaimana dan Umpan seperti apa yang harus kita buat ??

Untuk mensiasati hal tersebut sebaiknya pilih dan gunakan umpan sesuai kondisi atau cuaca saat itu. Nafsu makan ikan lele akan berubah-ubah sesuai cuaca saat itu. Ok langsung saja beberapa Racikan Umpan Galatama Ikan Lele yang dapat anda coba,

1. Oplosan Essen Galatama Ikan Lele


Bahan-bahan untuk membuat Oplosan Essen Galatama Ikan Lele :

  • 2 cc Essen popcorn
  • Pelet Ikan
  • 1 cc Essen kepiting
  • Essen pandan secukupnya 
  • Air panas secukupnya 


Cara Meraciknya Oplosan Essen Galatama Ikan Lele :

Cara buatnya sangat mudah kawan, pertama-tama maaukan pelt Ikan kedalam wadah. Kali masukan Essen pandan, Essen popcorn Dan esssen kepiting. Aduk adonan hingga tercampur merata, bila adonan kurang pas tambahkan sedikit agar lebih kenyal.

Bila anda ingin mengetahui Kumpulan Oplosan Essen Galatama Ikan Lele bisa baca disini.

2. Racikan Umpan Galatama Ikan Lele Malam Hari


Bahan-bahan Umpan Galatama Ikan Lele Malam Hari :

  • Satu genggam Usus Ayam
  • 1 butir Telur Ayam
  • 1 lembur Keju craft
  • Indomie (blender terlebih dahulu hingga halus)


Cara Membuat Umpan Galatama Ikan Lele Malam Hari :

Pertama-tama kukus usus hingga matang baru kemudian blender hingga halus. Setelah itu masukan adonan blender kedalam wadah plastik beserta telur dan keju kraft. Aduk kembali adonan hingga tercampur semua. Terakhir tambahkan sedikit demi sedikit indomie yang sudah diblender sambil tetap diaduk hingga dirasa cukup kenyal.

3. Racikan Umpan Ikan Lele Musim Hujan


Bahan-bahan Umpan Ikan Lele Musim Hujan :

  • 1 genggam Cacing sutra
  • 1 butir Telur bebek
  • 1/2 sdt bubuk garlic
  • Pelet Udang
  • 1/2 sdt Vanili Cair
  • Essen Lele


Cara Membuat Umpan Ikan Lele Musim Hujan :

Masukan 1 genggam cacing sutra beserta bahan lainnya. Aduk adonan hingga tercampur rata. Untuk takaran essen bisa menambahkan 5 -7 tetes ke dalam adonan. Umpan siap digunakan.

4. Umpan Ikan Lele Cuaca Panas / Siang Hari


Bahan-bahan Umpan Ikan Lele Cuaca Panas / Siang Hari :

  • 2 ons Daging Sapi giling
  • 1 sendok mbdakan Wijsman


Cara Membuat Umpan Ikan Lele Cuaca Panas / Siang Hari :

Cukup campur kedua bahan lalu aduk hingga menyatu. Bentuk  adonan sesuai selera dan umpan siap digunakan.

¤ Umpan ini lebih cocok digunakan dengan teknik gantung / menggunakan pelampung.


5. Resep Umpan Ikan Lele Babon


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk Membuat Umpan Ikan Lele Babon Galatama :

  • Daging Ayam bagian dada
  • Lemak Kambing


Cara Membuat Umpan Ikan Lele Babon :

Terlebih dahulu potong daging ayam sesuai selera. Lalu masak lemak kambing hingga keluar minyaknya. Masukan daging ayam kedalam wajan lalu haluskan adonan tersebut dan biarkan adonan hingga mengeras. Umpan siap digunakan.


Umpan Ikan Lele Sederhana dan Murah Meriah




Saat memancing tentu anda tidak ingin mengeluarkan buget yang banyak bukan? Memang umpan menjadi faktor penentu saat memancing, akan tetapi anda juga dapat membuat umpan alternatif yang sederhana dan tentunya murah meriah.

Selain beberapa jenis umpan diatas anda juga dapat membuat umpan ikan lele yang sederhana. Meski sederhana namun umpan kali ini tidak bisa dianggap remeh.

Racikan umpan kali ini dibuat dari bahan yang mudah didapat, murah dan tentunya dengan biaya yang murah.

Ok lah langsung saja, berikut resep umpan ikan lele sederhana dan murah meriah :

Bahan yang dipakai untuk membuat umpan ikan lele sederhana dan murah :

  • Jangkrik secukupnya ( biasanya Rp. 2000,- sudah cukup banyak )
  • Attractant / Cuka grandong
  • Essen tenggiri


Cara membuat umpan ikan lele sederhana dan mudah :

Buang semua kaki dan sungut jangkrik lalu campurkan 8 tetes essen aroma tenggiri dan 10 ml cuka. Campurkan semua bahan kemudian aduk aduk sampai rata. Pasangkan jangkrik pada mata kail. Selesai, selamat mencoba.

Gimana mudah bukan? 

Meskipun simple dan sederhana, resep umpan ikan lele diatas tetap dapat anda gunakan untuk lomba gatama maupun harian.

Terima kasih telah berkunjung ke situs kami. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Bila ada pertanyaan atau saran mengenai umpan ikan lele dapat anda tuliskan pada kolom komentar. Sekian. Salam Joran Melengkung.





Related Posts: