√ 25+ Racikan Umpan Ikan Nila Paling Jitu [Lengkap]


√ 25+ Racikan Umpan Ikan Nila Paling Jitu [Lengkap] - Halo sobat mancing mania dan pembaca setia reelmancing, Gimana kabarnya? Sudah siapkan catatannya? Berjumpa lagi dengan mimin, kali ini mimin akan berbagi artikel tentang Umpan Ikan Nila. Dan tentunya kami sudah menyiapkan artikel tentang Kumpulan Umpan Ikan Nila secara Lengkap!! untuk sobat baca dan bisa langsung praktikan sendiri.

Semoga kumpulan resep umpan ikan nila yang kami sajikan dapat menjadikan referensi anda saat akan memancing. Baiklah langsung saja simak artikel umpan ikan nila dibawah, selamat membaca !!.

Daftar Isi :
  1. Umpan Ikan Nila Kolam
  2. Umpan Ikan Nila di Sungai
  3. Umpan Ikan Nila Di Danau / Rawa
  4. Umpan Ikan Nila Di Waduk / Bendungan
  5. Umpan Ikan Nila Babon
  6. Racikan Umpan Ikan Nila Segala Cuaca
  7. Tips dan Trik Memancing Ikan Nila

Memancing merupakan hobi yang sangat menyenangkan dan banyak digemari, terutama para kaum adam. Namun tak jarang perempuan juga menggeluti hobi yang satu ini. Selain biaya yang murah, memancing juga dapat menghilangkan penat, stress dan rasa bosan yang melanda karena aktifitas sehari-hari.


Umpan Ikan Nila Kolam




Ikan nila merupakan jenis ikan yang sangat aktif saat makan, baik itu siang hari, sore hari bahkan tengah malam sekalipun. Saat memancing ikan nila di kolam juga tidak terlalu susah, asalkan tahu Trik dan Cara mancingnya. Sedikit bocoran, ikan nila punya kebiasaan Bergerombol, jadi hal paling utama carilah lokasi gerombolan ikan tersebut lalu lempar umpan disekitar spot tersebut. Untuk Cara Mancing Ikan Nila lebih lengkap, akan mimin bahas pada akhir artikel.

Pada dasarnya ikan nila merupakan pemakan segala, namun cenderung lebih menyukai tanaman air seperti lumut. Tapi saat memancing di kolam, anda dapat menggunakan umpan racikan yang cukup simple.

Bagaimana cara membuatnya ?

1. Resep Umpan Ikan Nila Kolam Pertama


Bahan-bahan :

  • Pelet Pf 1000
  • Air hangat secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Nila Kolam : 

Caranya cukup mudah gan, siapkan wadah plastik lalu masukan pelet pf 1000. Kemudian tambahkan air hangat secukupnya, setelah itu aduk adonan hingga merata hingga kenyal. Umpan siap digunakan.

2. Resep Umpan Ikan Nila Kolam Kedua


Bahan-bahan :

  • Pelet Pf 1000
  • 1 butir Kuning Telur Ayam 
  • Madu secukupnya
  • Air panas secukupnya


Cara Membuat :

Siapkan wadah plastik lalu masukan telur dan aduk hingga mengembang. Setelah itu masukan pelet dan madu secukupnya. Aduk-aduk adonan hingga merata, bila adonan kurang kenyal tambahkan sedikit air panas lalu aduk kembali adonan. Umpan siap digunakan.

3. Resep Umpan Ikan Nila Kolam Kedua


Bahan-bahan :

  • 1/2 gelas Pelet Ikan
  • 1 butir Kuning Telur
  • 2 - 3 tetes Essen Ikan Nila
  • 2 sdm Madu
  • Air panas secukupnya


Cara Membuat :

Masukan pelet, telur dan madu kedalam wadah plastik lalu aduk adonan hingga merata. Tambahkan juga 2 - 3 tetes essen lalu aduk kembali adonan. Terakhir tambahkan air panas sedikit demi sedikit hingga adonan kenyal. Selesai dan Umpan siap digunakan.


Umpan Ikan Nila Di Sungai




Memancing ikan nila di sungai terbilang susah-susah gampang. Pasalnya di sungai tersedia banyak makanan untuk ikan nila, alhasil ikan sulit dipancing.

Tapi ga perlu Panik Sob ??

Meskipun susah, Asalkan tahu umpan yang tepat serta pintar memilih spot maka persepsi diatas tidak akan berlaku.

Lalu Umpan Apa yang harus saya gunakan ??

Perlu di ingat lagi bahwa Ikan nila merupakan jenis pemakan segala, baik itu hewan air kecil maupun tanaman air. Akan tetapi saat memilih umpan haruslah disesuaikan dengan kondisi perairan tersebut sob.

Ok lah langsung saja, berikut beberapa umpan yang dapat anda gunakan sebagai umpan mancing ikan nila di sungai.

1. Cacing Tanah / Cacing Merah


Tak hanya ikan nila, cacing tanah memang sangat disukai semua ikan air tawar. Pilihlah cacing tanah berukuran kecil hingga sedang. Bila ingin lebih ampuh anda dapat menambahkan kuning telur bebek agar aroma amis semakin kuat.

Caranya, cukup celupkan cacing pada kuning telur saat akan digunakan. Aroma amis dari telur akan menambah nafsu makan ikan nila. Menurut pengalaman, cacing tanah lebih ampuh digunakan pada Air Sungai yang Keruh.

2. Lumut


Selain cacing, Umpan Lumut juga diminati ikan nila dan mujair. Usahakan gunakan lumut yang agak kasar. Biasanya lumut seperti ini ada di pinggir sungai, parit (rawa) atau sawah.

JANGAN gunakan lumut yang beli, karena biasanya ikan kurang suka apalagi banyak lumut halus buatan. Agar umpan lumut lebih JOSS, tambahkan daun walang sangit secukupnya.

Dibandingkan umpan cacing, sebenarnya lumut lebih ampuh, bahkan ikan akan langsung menyambar saat melihat umpan lumut.

Jangan sekali-kali menggunakan umpan lumut pada air sungai yang keruh, Umpan Lumut lebih ampuh pada Air sungai Jernih.




3. Kroto


Satu lagi umpan yang ampuh untuk ikan nila, yaitu kroto. Kroto ialah anakan semut rangrang yang baru lahir. Bentuk dan warnanya yang putih transparan membuat ikan nila sangat menyukai umpan satu ini.

Anda dapat membelinya di toko umpan burung atau toko pancing. Sebaiknya gunakan kroto yang masih segar dan tidak layu.

Cara menggunakannya cukup mudah sob, hanya mengaitkan satu atau dua ekor kroto pada mata kail lalu lempar ke spot yang anda tuju.

4. Pelet


Tak hanya umpan alami, umpan racikan seperti pelet juga dapat digunakan untuk memancing ikan nila.

Bau yang khas dari pelet juga cukup menggoda ikan nila. Namun tidak cukup efektif dibandingkan umpan berupa lumut dan cacing. Mungkin pelet lebih cocok dijadikan cadangan saat tidak ada lagi umpan.

Mimin lebih merekomendasikan umpan pelet sebagai pengumpul ikan nila saja. Setelah ikan nila berkumpul anda dapat menggunakan umpan lumut, kroto atau cacing.


Umpan Ikan Nila Di Danau / Rawa




Siapa sih yang tidak mengenal ikan nila ??

Salah satu jenis ikan air tawar yang kaya akan kandungan gizi dan dengan rasa yang gurih menjadikan ikan nila sebagai salah satu ikan yang banyak dicari.

Selain rasa dan dagingnya yang enak dan gurih menjadikan ikan nila sebagai ikan konsumsi yang banyak di buru. Selain itu harganya juga cukup terjangkau.

Sifat ikan nila yang mudah berkembang biak, menjadikan ikan ini banyak ditemukan di hampir semua perairan air tawar Indonesia, tak terkecuali di danau dan rawa.

Umpan apa yang dapat digunakan untuk mancing ikan nila di danau / rawa ??

Kembali lagi pada sifat ikan nila yang rakus (pemakan segala), jadi tidak susah mencari umpan untuk ikan yang satu ini. Bisa dikatakan umpan ikan nila di danau / rawa tidak berbeda saat anda memancing di sungai.

Anda dapat menggunakan umpan berupa Lumut, Cacing Tanah, Kroto maupun Umpan racikan dari Pelet. 


Umpan Ikan Nila Di Waduk / Bendungan



Inilah jenis ikan air tawar yang paling banyak diburu para pemancing liar. Mudahnya berkembang biak menjadikan populasi ikan nila sangat melimpah di Waduk / Bendungan.

Hal pertama yang harus anda perhatikan saat memancing ikan nila adalah warna air. Warna air akan sangat mempengaruhi selera makan ikan.
Karena target kita ada di Waduk / Bendungan,  dan air disana akan cenderung bersih dan bening. Maka Umpan berupa Lumut menurut mimin paling cocok. Namun anda juga dapat menggunakan umpan kroto dan cacing tanah sebagai alternatif lain. 

Umpan Ikan Nila Babon




Siapa yang tidak ingin Strike Ikan Nila Babon ??

Namun untuk mendapatkan ikan nila babon (ukuran besar) dibutuhkan trik khusus untuk menangkapnya. Tidak seperti ikan nila anakan, yang lebih suka dipinggiran. Ikan nila babon biasanya akan membuat sarang atau bersembunyi di bawah tanaman air.

Sarang tersebut nantinya akan digunakan sebagai tempat persembunyian dan sebagai tempat bertelur.

Ada banyak cara untuk memancing ikan nila babon, diantaranya menggunakan rumput, cutton bud, atau umpan alami lainnya.

Penasaran bagaimana cara kerjanya ??

Ok langsung saja kita bahas satu per satu.

1. Memancing Ikan Nila Babon Menggunakan Rumput


Rumput merupakan salah satu makanan ikan nila di alam liar, terutama ikan nila babon (ukuran besar).

Kelebihan dari umpan rumput adalah hanya ikan nila babon / badot yang menyambar. Jadi bila di spot tersebut banyak ikan nila babon, namun hanya ikan ikan kecil yang makan. Sebaiknya anda mencoba umpan yang satu ini.

Tentu saja rumput yang digunakan tidak sembarang sob !! 

Hanya jenis tertentu yang dapat digunakan, rumput tersebut adalah rumput kolonjono atau gajahan dan rumput belembeng. Rumput kolonjono bentuknya mirip pohon tebu dan tumbuh di pinggiran sungai. Rumput ini biasa digunakan sebagai pakan sapi. Sedangkan rumput belembem bentuk kecil memanjang (mirip daun padi tetapi lebih kecil). Rumput ini juga ada di pinggiran sungai.

Dibandingkan keduanya, Rumput Belembem tergolong lebih jitu dan ampuh.

Lalu bagaimana cara menggunakannya ??


  • Cari rumput kolonjono / gajahan atau rumput belembem, gunakan rumput yang masih muda saja. Ambil pucuk rumput, lalu ikat rumput tadi menjadi satu. Lemparkan ikatan tadi ke spot tertentu dan beri pemberat agar tidak terbawa arus. 
  • Tunggu hingga beberapa saat (ikatan rumput tersebut difungsikan sebagai pengumpul ikan).
  • Setelah itu kaitkan pucuk rumput pada kail lalu lempar ke spot tadi. Tunggu hingga umpan dimakan. 
  • Untuk Cara menggunakan Umpan berupa Rumput lebih lengkap bisa baca disini

2. Memancing Ikan Nila Babon Menggunakan Cutton Bud


Saat musim kemarau dan waduk / rawa mulai mengering biasanya ikan nila kecil mulai sedikit. Dan justru ikan nila babon (besar) cukup banyak, namun celakanya ikan nila babon akan cenderung sulit dipancing.

Pada umumnya ikan nila babon akan membuat sarang di pinggiran rawa, waduk, sungai maupun danau. Ikan nila ini akan cenderung berwarna hitam gelap, ada juga yang menyebutnya ikan badot, ikan lubang / lobang dan ikan babon.

Untuk itu diperlukan teknik mancing yang tidak biasa, yakni menggunakan Cutton Bud / Styrooam. Bagi para pemancing pemula mungkin hal ini terdengar aneh.

Cutton Bud ?!?# Emang Bisa ??

Sangat wajar bila ada pertanyaan seperti diatas. Awalnya mimin juga agak ragu menggunakan teknik ini, namun setelah Strike!! Keraguan itu terpatahkan.

Teknik seperti apa yang Digunakan ??
Apa Rangkaian pancingnya sama seperti Biasa ??

Tentu saja beda Sob, karena umpan kita berbeda jadi diperlukan teknik yang beda pula.

Cara Kerjanya begini Sob,

Cutton bud dipasang ke kail dengan rangkaian pancing sesuai selera (bisa 6 atau 10 atau lebih). Ambil beras lalu tumbuk kecil-kecil setelah itu lempar beras ke sarang ikan nila babon. Bersamaan dengan itu lempar juga kail berisi cutton bud. Ikan nila akan memakan beras dengan cara disedot, jadi cutton bud pun akan ikut disedot.

Cara Membuat Rangkain Pancing Ikan Nila dengan Cutton Bud :

1. Buatlah rangkaian pancing antara 6 hingga 20 buah mata kail / hook.

2. Pada masing-masing kail diberi umpan potongan cutton bud berwarna putih.

3. Cari sarang ikan nila babon, lalu ambil segenggam beras yang sudah di tumbuk seukuran cutton bud. Lemparkan beras ke spot tersebut.

4. Usahakan lempar beras hanya pada satu titik.

5. Beras berfungsi untuk mengumpulkan ikan nila babon. Bersamaan dengan beras, lemparkan juga rangkain pancing tadi dekat spot tersebut.

6. Ikan nila babon biasanya akan memakan beras dengan cara di sedot, jadi ada kemungkinan cutton bud juga ikut disedot.

Tips : Sebaiknya gunakan Joran yang agak kaku, sehingga lebih cepat menyentak ikan.

3. Oplosan Essen Memancing Ikan Nila Babon


Pada umpan kali ini kita tetap menggunakan lumut sebagai umpan utama. Sebenarnya lumut yang fresh tanpa tambahan apapun lebih bagus, namun agar aromanya lebih menggoda kalian bisa menambahkan essen pada lumut.

Essen yang kita gunakan adalah essen aroma choya dan cocopandan.

Cara membuat Racikan Essen untuk Lumut

1. Siapkan lumut sawah secukupnya, lalu masukan kedalam wadah plastik dan jangan lupa rendam pada air.

2. Tambahkan 2 - 5 tetes Essen pada setiap 1 mangkok lumut.

3. Saat kondisi air hangat dan matahari bersinar sebaiknya gunakan essen aroma choya.

4. Saat kondisi air masih dingin (biasanya pada pagi hari) sebaiknya gunakan essen aroam cocopandan.

5. Aduk lumut hingga merata, Umpan Lumut aroma Essen siap digunakan.

Racikan diatas tergolong ampuh untuk memancing ikan nila babon. Untuk cara membuat oplosan essen memancing ikan nila babon bisa anda baca disini.


4. Umpan Ikan Nila Badot


Apa itu Ikan Nila Badot ??

Nila badot adalah sebutan untuk ikan nila dengan ukuran besar. Ikan nila badot berukuran hingga 2 kg per ekor. Namun sayangnya ikan nila badot sulit untuk dipancing.

Lalu apa Umpan untuk Ikan Nila Badot ??

Seperti yang sudah mimin jelaskan diatas untuk memancing ikan Nila Besar / Babon / Badot bisa menggunakan Rumput atau Cutton Bud / Styrofoam.

Untuk lebih jelasnya mengenai umpan Ikan Nila Badot atau Babon bisa scroll ke atas sob.


Racikan Umpan Ikan Nila Segala Cuaca




Memancing di alam liar tentu sangat berbeda dengan ikan di kolam. Ikan nila di kolam akan cenderung lebih mudah dipancing karena sedikitnya makanan pada kolam. Meski begitu ada waktu-waktu tertentu saat ikan sangat mudah dipancing.

Memang waktu memancing sangatlah berpengaruh dengan hasil tangkapan. Misalnya saat musim penghujan tiba, pada waktu itu kandungan oksigen dalam air akan meningkat dan mengakibatkan ikan nila akan lebih mudah lapar dan galak.

Namun tidak ada salahnya anda memancing pada saat air surut atau musim kemarau. Meski ikan tak segalak musim hujan, tapi justru musim kemarau saatnya anda memanen ikan nila babon (ukuran besar).

Pada saat kemarau ukuran ikan nila cenderung lebih besar (badot) dan jarang sekali kita menjumpai ikan ukuran kecil.

Kok bisa ??

Jelas saja Gan!! Karena ikan nila akan berkembang biak dengan pesat pada musim hujan. Jadi saat kemarau datang, hanya ikan nila babon yang akan mendominasi.

Tapi ada Tapinya sob!!

Meskipun banyak ikan nila babon cenderung lebih sulit dipancing / ogah makan. Untuk itu diperlukan racikan khusus agar tetap bisa merasakan Strike Ikan Nila Babon. Dibawah ini resep umpan ikan nila segala cuaca :

1. Resep Umpan Nila Di Malam Hari


Tak hanya siang hari, pada malam hari ikan nila juga dapat dipancing loh!! Justru pada malam hari ikan nila alan lebih aktif dalam mencari makan. Maka dari itu anda tidak perlu bingung mencari umpan.

Adapun Umpan Ikan Nila Malam Hari yang dapat anda gunakan : lumut, laron, cacing dan kroto.

2. Resep Umpan Nila pada Musim Hujan


Inilah musim yang paling dinanti pemancing, pada waktu ini ikan nila akan sangat galak dalam mencari makan. Terlebih lagi setelah hujan turun atau waktu gerimis. Setelah hujan kandungan oksigen dalam air akan meningkat, sehingga ikan nila akan mudah lapar.

Masalah umpan, anda dapat menggunakan umpan cacing, kroto maupun laron. Namun bila target anda ikan nila babo (ukuran jumbo) sebaiknya gunakan lumut sebagai umpan.

3. Resep Umpan Nila Di Air Payau / Tambak


Tak hanya di air tawar, ikan nila juga dapat bertahan hidup di air payau. Biasanya ikan nila menempati muara - muara atau tambak dekat pantai. Mantapnya ikan nila yang hidup di air payau biasanya berukuran babon.

Khusus di tambak populasi ikan nila cukup banyak dan disana ikan tersebut justru dianggap hama, misalnya tambak bandeng. Pada tambak bandeng ikan nila dianggap hama karena mengganggu perkembangan ikan bandeng itu sendiri.

Meski banyak namun memancing ikan nila babon cukuplah sulit, biasanya pada ogah makan. Untuk itu diperlukan umpan dan cara mancing yang benar.

Berikut Umpan Dan Tips Mancing Ikan Nila di Air Payau :

  • Gunakan joran berbahan kaku agar lebih mudah saat menghentakan joran.
  • Ikan nila babon biasanya akan bersembunyi di dalam sarang, jadi terlebih dahulu carilah sarang mereka dipinggiran tambak.
  • Anda bisa menggunakan umpan berupa udang atau cacing merah. Gunakan udang berukuran sedang.
  • Sebelum memancing anda bisa menaburkan dedak disekitar sarang agar ikan nila berkumpul terlebih dahulu.
  • Setelah berkumpul barulah mulai memancing menggunakan umpan udang atau cacing merah.



4. Resep Umpan Nila Di Air Deras


Salah satu habitat yang disukai ikan nila adalah aliran air yang deras, misalnya dibawah selokan menuju sungai, tambak, rawa atau danau. Ikan nila sangat menyukai tempat tersebut karena kandungan oksigen yang banyak akibat air mengalir.

Pada lokasi seperti ini sebenarnya tidak sulit mencari umpan yang cocok. Ikan nila akan cenderung lebih agresif saat mencari makan.

Anda dapat menggunakan umpan berupa Lumut sawah, Cacing maupun Udang kecil.


Tips dan Trik Memancing Ikan Nila




Apa saja yang harus dipersiapkan ??

Sebenarnya banyak hal yang mempengaruhi keberhasilan dalam memancing ikan nila. Mulai dari persiapan piranti mancing, pemilihan spot, umpan yang jitu serta cara mancing yang benar. Ribet juga Ya ??

Tentu semua itu saling mendukung satu sama lain. Kurang dari salah satu tips diatas tentu hasilnya akan kurang memuaskan.

Tenang sob nanti akan kita bahas secara rinci kok !!

Sebagai tambahan baca dulu cara membuat Umpan Pengumpul Ikan Nila di bawah ini :


1. Cara Membuat Umpan Pengumpul Ikan Nila


Apa itu Umpan Pengumpul Ikan Nila ??

Apa keuntungan menggunakan Umpan Pengumpul ??

Umpan pengumpul adalah umpan yang difungsikan untuk mengumpulkan ikan nila ke lapak kita. Ada juga istilah lain dari umpan pengumpul ikan, seperti umpan Bom, Boman atau umpan Tabur. Saat ikan mulai berkumpul ke lapak kita otomatis anda akan lebih mudah memancingnya bukan??

Menurut mimin, Seni mancing sesungguhnya bukan bagaimana cara mendapatkan ikan. Tetapi bagaimana cara agar ikan nila dapat berkumpul ke lapak kita (baik itu ikan kecil maupun babon) seakan sedang mengantri menunggu gilaran umpan yang kita berikan.

Wiiidiiih, mantap kaga Tuh!!

Mau tahu bagaimana Cara Membuat Umpan Pengumpul Ikan Nila ??

Bahan-bahan membuat umpan pengumpul ikan nila :

  • Beras menir (beras yang halus / ditumbuk kecil-kecil)
  • Pelet ikan
  • Halco Freshwater (tidak wajib)


Cara Membuat :

Campur beras menir (beunyer) dan pelet secukupnya kedalam wadah, lalu tambahkan air dingin secukupnya agar kedua bahan menyatu.
Masukan juga halco freshwater 1 - 2cm lalu aduk kembali.
Taburkan Umpan pengumpul ke spot atau lapak anda (tapi harus pada satu titik).
Tabur kembali umpan pengumpul setelah ikan mulai sedikit atau setelah anda mendapatkan 3 - 4 ekor ikan nila.

Selain Menir ada juga bahan yang dapat digunakan untuk Membuat Umpan Pengumpul Ikan Nila. Misalnya :

2. Dedak / Bekatul (Digunakan sebagai umpan bom/tabur untuk mengumpulkan ikan nila untuk spot yang biasa dipancing serta jarang ikan kecil).

3. Pupuk Ponska / Urea tambah Garam ( untuk umpan bom / pengumpul ikan nila dengan spot yang minim kandungan oksigen, biasanya ditandai dengan ikan yang mengambang/setengah air).

4. Kotoran Kerbau kering plus Tanah Sawah (sebagai pengumpul ikan nila untuk spot favorit  kita, fungsinya agar dasar spot dapat terjaga kelembabannya selain itu kotoran kerbau akan menghasilkan cacing halus yang menjadi makanan ikan).

5. Cacing Sutra dibungkus Tanah Merah (untuk spot yang airnya sering pasang surut, tapi sangat tidak cocok untuk spot dengan air yang stabil karena umpan bom ini menghasilkan bau amis setelah di pancing yang justru akan merusak spot).

2. Cara Membuat Essen Daun Walang Sangit untuk Ikan Nila/Mujair


Mungkin kata Daun Walang Sangit masih sangat awam ditelingga anda. Namun buat pemancing senior pasti sudah tidak asing lagi. Daun walang sangit / walang geni merupakan jenis rumput yang banyak hidup di pekarangan/kebun.

Daun walang sangit terkenal sangat jitu untuk memancing ikan nila. Zat yang terkandung dalam daun walang sangit sangat menyengat dan itulah alasan kenapa daun ini sangat ampuh.

Berikut Cara Membuat Essen walang Sangit Umpan Ikan Nila :

  • Tumbuk daun walang sangit lalu peras dan ambil airnya. Air tersebut yang nantinya digunakan sebagai essen.
  • Siapkan lumut sawah sebagai umpan, usahakan lumut tidak terlalu kasar.
  • Campurkan air perasan daun walang sangit dengan lumut sawah.
  • Umpan siap digunakan.


Untuk artikel lebih lengkap mengenai cara membuat Essen Daun Walang Sangit, bisa lihat disini.

3. Tips dan Cara mancing ikan nila dengan Umpan Lumut


Agar hasil memancing ikan nila tidak mengecewakan sebaiknya ketahui cara serta trik mancingnya. Entah itu mengenai umpan, cara mancing yang benar maupun memilih spot potensial.

Cara Membuat Rangkaian Lumut Ikan Nila :


Ada pula yang menyebut Rangkaian Kail Trap 2 shoot Babon.

  1. Kail no. 7 (merk daichi)
  2. Leader bawak PE uk 0,1 dan panjang leader PE max 20 cm
  3. Kili-kili sambung leader dengan senar utama
  4. Senar utama ukuran 0,18
  5. Sobek Timah lembaran lalu lilitkan ke pipa rangkaian kemudian masukan keleader utama
  6. Setelah rangkaian pancing lumut jadi tambahkan kumbul sedotan / pelampung kecil memanjang
  7. Gunakan Joran tegek ukuran 360,  450 atau 540 cm


Berikut Tips dan Trik Memancing Ikan Nila Babon yang Benar :

1. Hal paling Utama tentu Piranti mancing, siapkan peralatan seperti joran, reel, pelampung, mata kail dan perlengkapan lainnya.

2. Pilih lokasi yang potensial (bersihkan dari tanaman air seperti ganggang, enceng gondok dan jenis lainnya).

Carilah sarang / lubang ikan nila babon, ciri-ciri sarang ikan nila babon biasanya berbentuk seperti wajan di pinggiran waduk, rawa atau sungai.

3. Sebelum memancing, terlebih dahulu gunakan Umpan Bom (pengumpul ikan) agar ikan berkumpul di lapak anda.

4. Setelah ikan berkumpul barulah mulai melempar umpan ke lapak tersebut.

5. Ulangi menebar umpan bom / tabur setelah dapat 3 - 4 ekor ikan.

6. Selamat mencoba.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Bila ada kritik atau saran mengenai artikel di atas. Silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini.





0 Response to "√ 25+ Racikan Umpan Ikan Nila Paling Jitu [Lengkap]"

Post a Comment