20+ Resep Umpan Ikan Patin Jitu | Kolam | Sungai | Danau [Lengkap]


20+ Resep Umpan Ikan Patin Jitu | Kolam | Sungai | Danau [Lengkap] - Siapa yang tidak kenal Ikan Patin !! Ikan patin adalah jenis ikan air tawar yang mempunyai bentuk menyerupai ikan lele. Pada dasarnya ikan patin memang masih satu keluarga dengan ikan lele.

Bentuknya memanjang serta ukurannya yang tergolong besar, membuat ikan patin menjadi target mancing para Angler Mania. Nah, bicara soal mancing ikan patin. Kebetulan kali ini mimin akan berbagi artikel seputar umpan ikan patin.

Tentu umpan ikan patin kali ini sudah kami siapkan secara lengkap, karena dirangkum dari beberapa sumber terpercaya serta pengalaman pemancing lainnya.

Penasaran umpan seperti apa saja yang Ampuh untuk memancing ikan patin ?? Langsung saja simak artikel dibawah ini ❗




Habitat Ikan Patin dan Pengalaman Pribadi Mimin Saat Memancing



habitat ikan patin

Ikan patin merupakan ikan air tawar yang banyak ditemui di Sungai-Sungai serta Danau yang besar. Namun sebenarnya ikan patin juga dapat hidup di perairan payau (sedikit asin).

Di Indonesia ikan patin menyebar di pulau-pulau besar seperti Pulau Kalimantan, Pulau Sumatra dan Pulau Jawa. Di Pulau Jawa sendiri ikan patin banyak ditemukan di Danau maupun Rawa yang Luas. Misalnya di Serang Baru, Bekasi, Jawa Barat (tempat tinggal mimin).

Luasnya Danau serta banyaknya keramba ikan, membuat Ikan patin berkembang dengan pesat disana. Benar saja, mimin pernah mendapatkan ikan patin babon dengan berat 5 kg lebih.

Mantap Bukan ?? Jelas lah!! Dapat dibayangkan sensasi Strike seperti apa. 

Lebayy lah!! Cuma 5 kg juga !!

Hahaa. Maklum biasanya mimin paling banter cuma dapet ikan 1 kg / 3 ekor. Heeee. Namanya juga Pemancing Liar, Amatir lagi. Tentu beda dengan yang biasa yang mancing di Laut.

Biarin lah !! Yang penting happy Sob !!

Buat mimin memancing itu buka soal berapa banyak atau besar tidaknya ikan Sob, tapi kepuasan. Lihat air banyak aja udah seneng, hati adem, pikiran tenang. Kalau dapet ikan berarti Bonus.



Jadi buat angler semua yang tinggal di daerah cikarang, cibitung maupun serang dan sekitarnya dapat mencoba spot yang satu ini (Danau Pasiraya). Lokasinya gak jauh dari jalan raya kok sob, selain Ikan Patin disana juga banyak ikan lainnya seperti Ikan Nila, Ikan Lele, Ikan wader dan beberapa jenis lainnya.


Waktu yang Tepat Mancing Ikan Patin



waktu mancing ikan patin

Dilihat dari kebiasaan makan, Ikan patin termasuk jenis ikan yang terbiasa makan di dasar perairan. Banyak sumber yang mengatakan bahwa ikan patin terbiasa makan di dasar. Namun sebenarnya hal itu tidaklah mutlak, ada kalanya ikan patin terlihat makan di tengah perairan atau di permukaan air.

Hal tersebut terbukti banyaknya pemancing yang mendapatkan sambaran saat menggunakan umpan yang mengambang. Bahkan ada beberapa pemancing yang juga mendapatkan sambaran ketika menggunakan teknik casting. Tentu hal tersebut harus disesuaikan dengan waktu memancing ikan patin.

Lalu kapan Waktu yang Tepat Memancing Ikan Patin ??

Ikan patin sangat suka bergerombol, hal tersebut terbukti ketika salah satu ikan menyembul ke permukaan akan di ikuti ikan patin lainnya. Dan perilaku tersebut biasanya akan lebih aktif pada malam hari. Ikan patin biasanya akan muncul kepermukaan air pada tengah malam hingga pagi hari.

"Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan waktu yang paling tepat memancing ikan patin adalah Malam Hari".


Umpan Ikan Patin Alami



umpan ikan patin alami

Salah satu umpan terbaik memancing ikan patin adalah umpan alami khususnya yang masih segar. Buat anda yang sedang bingung memilih umpan ikan patin yang ampuh, cobalah umpan alami ini. Umpan alami dapat digunakan entah itu di sungai, danau, waduk maupun kolam.

Mau tahu apa saja umpan alami yang dapat digunakan ?

1. Cacing Tanah

Umpan alami pertama yakni cacing tanah. Hampir semua jenis cacing tanah dapat anda gunakan untuk memancing ikan patin baik itu di sungai,  rawa, danau maupun kolam. Tak hanya ikan patin ikan lainnya juga menyukai umpan satu ini.

2. Udang 

Di alam liar udang juga merupakan pakan alami ikan patin. Seperti yang kita ketahui, udang juga merupakan Umpan mancing ikan ikan besar lainnya. Anda dapat mencarinya dipinggiran danau maupun rawa.

3. Katak Kecil

Satu lagi umpan alami yang cukup jitu yaitu anakan katak / kodok. Katak kecil sangat disukai ikan-ikan predator air tawar seperti ikan patin. Terlebih lagi katak dalam keadaan hidup, dan tak hanya itu ikan gabus juga dapay dijadikan target kedua.

4. Ikan - Ikan Kecil

Karena ikan patin tergolong jenis predator air tawar, jadi tak khayal jika gemar menyantap ikan ikan kecil. Sebaiknya gunakan ikan kecil yang berwarna cerah agar lebih menggoda ikan patin. Seperti ikan mas koki yang banyak dijual di toko alat pancig.


Umpan Ikan Patin Liar Di Sungai



umpan ikan patin liar sungai

Memancing ikan patin memang sangat mengasyikkan, pasalnya ikan yang terkenal dengan tenaga yang kuat ini akan terus melawan saat kail menancap dimulutnya.

Buat para pamancing senior tentu sudah tidak bingung saat mencari umpan terbaik. Namun berbeda dengan pemancing amatir yang akan kebingungan saat memilih umpan.

Sebenarnya tidak sulit membuat Umpan ikan patin yang ampuh, karena pada dasarnya ikan patin merupakan jenis ikan pemakan segala.

1. Cacing


Di habitat aslinya ikan patin biasa mencari makan pada malam hari atau nokturnal. Dan salah satu makanan kesukaannya adalah cacing. Dari berbagai jenis cacing, ada beberapa jenis yang tergolong ampuh untuk memancing ikan patin. Diantaranya cacing merah, cacing kristal, cacing bayam, cacing fosfor dan cacing tanah.

Cara pemasangannya cukup mudah, kaitkan 1 atau 2 ekor cacing kedalam kail sekaligus.

2. Ulat Daun


Pada dasarnya ikan patin termasuk kedalam jenis omnivora (atau prmakan segala). Jadi tak aneh jika ulat daun menjadi makanan favorit ikan patin. Bau amis yang keluar dari ulat daun akan sangat menggoda ikan patin untuk menyambarnya.

Untuk cara pemasangan ulat daun, cukup kaitkan satu ekor ulat daun kedalam kail dan pencet bagian ujung ulat agar bau amis bisa keluar.

3. Belalang


Sama seperti ulat daun, belalang merupakan makanan alami di habitat asli ikan patin. Untuk anda dapat menggunakan umpan ini untuk berburu ikan patin.

Dan cara menggunakannya cukup mudah, kaitkan beberapa ekor beleleng pada kail lalu pencet hingga isi perut sedikit keluar.

4. Serangga Kecil lainnya


Selain belalang dan ulat daun anda juga dapat menggunakan jenis serangga kecil lainnya seperti laron, jangkrik dan lain-lain. Cara pungunaannya juga sama, tinggal kaitkan beberapa ekor serangga ke kail.

5. Kroto + Pelet PF 1000


Umpan ikan patin selanjutnya adalah kroto ditambah pelet pf 1000. Seperti yang kita ketahui pelet merupakan pakan buatan dengan bau yang khas. Pelet sangat disukai berbagai macam ikan termasuk ikan patin. Tambahan kroto akan semakin menggoda ikan untuk menyambar umpan.

Cara membuatnya : Ambil pelet pf 1000 lalu tambahkan sedikit air hangat lalu masukan kroto secukupnya. Aduk adonan hingga tercampur merata dan umpan siap digunakan.


Umpan Ikan Patin Liar Di Danau



umpan ikan patin liar danau

Umpan ikan patin liar di danau sebenarnya tidak jauh berbeda dengan saat memancing di sungai. Anda dapat menggunakan bebrapa umpan diatas seperti cacing, ulat daun, belalang, serangga kecil dan kroto + pelet pf 1000.

Selain itu anda juga dapat menggunakan umpan racikan sederhana yang berbahan dasar pelet, roti atau tempe.

1. Resep Umpan Ikan Patin dengan Tepung Udang


Bahan-bahan :

  • Tepung Pelet
  • Tepung Udang
  • 2 butir Telur
  • Pelet PF 1000
  • Air hangat secukupnya


Cara Membuatnya :

Pertama-tama rebus telur terlebih dahulu lalu kupas. Masukan telur kedalam wadah berserta bahan lainnya. Aduk aduk adonan hingga tercampur merata, tambahkan juga air secukupnya hingga adonan terasa kenyal. Umpan siap digunakan.

2. Resep Umpan Ikan Patin dengan Roti Tawar


Bahan-bahan :

  • 4 lembar Roti tawar
  • 1 bungkus Fermipan (ragi) 
  • 2 helai Daun serai
  • 1 lembar Keju kraff kecil
  • 1 bungkus Susu Dancow sachet


Cara membuatnya :

Caranya cukup mudah, rajang kecil-kecil daun serai lalu masukan kedalam blender bersama bahan lainnya kecuali roti tawar dan fermipan. Setelah itu masukan adonan kedalam wadah plastik lalu tambahkan fermipan, diamkan adonan hingga 1 minggu. Setelah 1 minggu tambahkan roti tawar lalu aduk adonan hingga tercampur merata. Bentuk adonan sesuai kebutuhan dan umpan siap digunakan.

3. Resep Umpan Ikan Patin dengan Tempe dan Kelapa


Bahan-bahan :

  • Essen rasa pisang jawara
  • Satu butir kelapa yang sudah tua
  • Dua papan tempe (masih baru)


Cara Membuatnya :

Parut kelapa lalu peras dan ambil santannya, setelah itu blender tempe hingga halus. Kemudian siapkan wadah plastik lalu masukan kedua bahan menjadi satu lalu aduk hingga merata. Diamkan adonan selama 3 hari agar terfermentasi. Setelah itu tambahkan essen saat akan digunakan.


Umpan Ikan Patin Kolam Harian



umpan ikan patin harian

Sebenarnya umpan dan cara mancing ikan patin tidak jauh berbeda baik itu di alam liar maupun di kolam harian. Hanya saja dibutuhkan racikan khusus agar menjadi juara, anda di haruskan membuat racikan yang berbeda dari kebisaan orang yang mnacing disana.

Untuk menemukan umpan racikan yang ampuh terkadang memang sulit. Tentunya dibutuhkan percobaan misalnya dengan bahan sederhana maupun campuran essen, hingga menemukan radikan umpan ikan patin yang pas.

Berikut ini kami sajikan racikan umpan ikan patin kolam harian yang jitu dan ampuh. 

1. Umpan Ikan Patin Harian Paling Jitu


Bahan-bahan umpan ikan patin jitu :

  • 3 lembar Roti Tawar
  • 5 sdm Tepung kanji
  • 2 butir Telur Ayam Kampung Rebus (ambil kuningnya saja) 
  • 1 bungkus Santan Kara
  • 1 sachet Vanily
  • 2 sdm Minyak ikan Scotts
  • Air secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Patin Jitu :

Masukan semua bahan menjadi satu lalu aduk hingga tercampur merata. Bila adonan terlalau keras, tambahkan air secukupnya. Umpan siap digunakan.

2. Umpan Ikan Patin Paling Ampuh


Bahan-bahan :

  • 3 bitir Bakso
  • Roti Marie milk
  • 1 gelas Pelet
  • 3 sendok Madu
  • 2 butir kuning Telur rebus 
  • Air secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Patin paling Ampuh :

Siapkan wadah lalu masukan roti marie dan pelet. Uleni adaonan hingga halus dan merata. masukan bahan lainnya bakso, madu serta kuning telur. Kemudian aduk kembali hingga tercampur merata. Bila adonan kurang kenyal tambahkan sedikit air. Umpan siap digunakan.

3. Umpan Ikan Patin Segala Cuaca


Bahan yang dibutuhkan Umpan Ikan Segala Cuaca :

  • 2 terasi
  • 2 genggam pelet pf 1000
  • 2 roti rasa keju
  • 1 kuning telur rebus
  • 2 sendok madu
  • air secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Patin Segala Cuaca :

Masukan kuning telur lalu uleni hingga halus. Setelah itu tambahkan pelet pf 1000 dan roti rasa keju lalu aduk kembali hingga merata. Terakhir tambahkan madu dan terasi kemudian aduk kembali adonan hingga tercampur rata. Bila adonan kurang kenyal tambahkan air panas secukupnya. Umpan Siap digunakan.


Umpan Ikan Patin Galatama



umpan ikan patin galatama

Dibandingkan memancing pada kolam harian,
umpan ikan patin galatama memang lebih susah.

Kenapa ?

Kalian tahu sendiri kan, ikan patin kolam galatama selalu sama tiap harinya. Sedangkan pemancing menggunakan umpan yang berbeda beda setiap hari. Alhasil umpan banyak yang tersisa dan mengendap didasar kolam. Tentu hal itu akan mempengaruhi nafsu makan ikan patin.

Lalu ?! Umpan seperti apa yang harus kita gunakan ?

Untuk mensiasati hal tersebut sebaiknya persiapkan beberapa jenis umpan, setidaknya 2 macam. Gunakan racikan umpan yang baru jika umpan pertama tidak juga ada hasil. Dan yang paling utama tentu faktor Hoki.

Adapun beberapa jenis resep umpan ikan patin galatama yang dapat kalian coba.

1. Oplosan Essen Galatama Ikan Patin


Bahan-bahan Oplosan Essen Galatama Ikan Patin :

  • 3 sdm munjung sagu halus
  • 10 tetes Essen banana
  • 10 tetes Essen belut
  • 15 tetes Essen durian
  • 10 tetes Essen nangka
  • 10 tetes Essen seafood
  • 1/2 sdm Pasta pandan
  • Air secukupnya


Cara Meracik Oplosan Essen Galatama Ikan Patin :

  1. Siapkan plastik kiloan lalu masukan bahan bahan essen diatas.
  2. Tambahkan sagu 3 sdm munjung lalu tambahkan juga satu gelas air aqua.
  3. Kocok adonan hingga semua bahan tercampur merata.
  4. Rebus / kukus adonan pada air mendidih hingga matang. Jangan lupa aduk-aduk adonan agar merata.
  5. Setelah matang angkat adonan dan dingingkan. Umpan siap digunakan. Bila adonan dirasa kurang kenyal anda dapat menambahkan air panas secukupnya.


Baca juga 25 Oplosan Essen Galatama Ikan Patin lebih lengkap.

2. Racikan Umpan Ikan Patin Malam Hari


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Umpan Ikan Patin Malam Hari :

  • Roti Tawar
  • Telur Bebek
  • Terasi Udang
  • Pelet Pf 1000


Cara Membuat Umpan Ikan Patin Malam Hari :

Campurkan semua bahan menjadi satu (buang bagian pinggir roti tawar). Lalu aduk hingga tercampur rata, bila kurang kenyal tambahkan sedikit air kemudian aduk kembali hingga merata. Umpan siap digunakan.

3. Racikan Umpan Ikan Patin Musim Hujan


Berikut Bahan yang diperlukan dalam membuat Umpan Ikan Patin Musim Hujan :

  • 4 telur bebek
  • 1 bungkus Susu Dancow bubuk putih
  • 4 bungkus Kinoy
  • 1 sdm Tepung Aci
  • 1/2 ons Kroto
  • Air hangat secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Patin Musim hujan :

Masukan Tepung aci, Kroto, Susu dancow dan air secukupnya, lalu aduk adonan sampai merata. Setelah itu tambahkan kuning telur lalu aduk kembali adonan. Setelah tercampur rata diamkan adonan sesaat lalu kukus kurang lebih 30 menit. Saat akan digunakan tambahkan kinoy Kristal  secukupnya.

4. Racikan Umpan Ikan Patin Cuaca Panas / Siang Hari


Bahan yang digunakan untuk membuat Umpan Ikan Patin Cuaca Panas / Siang Hari :

  • 3 cc Essence Diva tenggiri
  • 3 cc Essence Diva Choya
  • 2 cc Essence Tuna
  • 2 cc Essence Coconut
  • 1/2 cc Essence sereh merk golden fish
  • 1 sdm Pasta Pandan


Cara Meracik Umpan Ikan Patin Cuaca Panas / Siang Hari :

  1. Siapkan plastik kiloan lalu masukan bahan bahan essen diatas.
  2. Tambahkan sagu 3 sdm munjung lalu tambahkan juga satu gelas air aqua.
  3. Kocok adonan hingga semua bahan tercampur merata.
  4. Rebus / kukus adonan pada air mendidih hingga matang. Jangan lupa aduk-aduk adonan agar merata.
  5. Setelah matang angkat adonan dan dingingkan. Umpan siap digunakan. Bila adonan dirasa kurang kenyal anda dapat menambahkan air panas secukupnya.


Umpan Ikan Patin Sederhana dan Murah Meriah



umpan ikan patin sederhana

Pada dunia memancing, Ikan patin memang cukup populer. Hal tersebut terbukti banyaknya pemancing kolam atau liar yang memburu ikan ini. Banyak sekali kolam kolam pemancingan ikan patin bertebaran, entah itu sistem harian maupun galatama.

Hal tersebut tentu sangat beralasan, sensasi strike yang mantap membuat ikan patin menjadi target utama pemancing. Terlebih lagi ikan patin termasuk mudah dipancing meski menggunakan umpan sederhana sekalipun.

Masa sih !! Pake Umpan Sederhana dan Murah Bisa ?

Apa ga akan Kalah dengan Umpan Racikan yang Mahal ?

Tentu bisa sob, karena pada dasarnya ikan patin termasuk pemakan segala entah itu tumbuhan air maupun serangga (daging).

Tanpa mengeluarkan biaya yang mahal anda dapat merasakan strike predator air tawar ini. Banyaknya jenis umpan bertebaran di kolam membuat ikan patin gampang bosan. Untuk itu diperlukan resep yang berbeda agar bisa mengundang nafsu makan ikan.

Lalu Umpan Sederhana dan Murah seperti apa yang bisa digunakan ?

Tenang sob, dibawah ini mimin akan bagikan resep umpan ikan patin murah meriah dan sederhana.

1. Umpan Ikan Patin Sederhana dan Murah Meriah dari Roti Tawar


Bahan-bahan :

  • Serundeng
  • Roti tawar 3 lembar
  • Mentega


Cara Membuat :

Siapkan wajan serta panaskan dengan api kecil lalu masukan mentega agar mencair. Setelan itu tambahkan serundeng lalu aduk sampai merata. Angkat serundeng lalu campurkan dengan roto tawar kemudian uleni hingga kenyal. Umpan siap digunakan.

Tips : Sebaiknya gunakan roti tawar yang sudah basi dan berjamur (bila ada). Untuk serundeng sebaiknya jangan terlalu matang.

2. Umpan Ikan Patin Murah Meriah dari Tempe + Terasi


Bahan-bahan :

  • Tempe mentah (basi/agak bosok bila ada)
  • 1 sdt Terasi udang
  • Bawang Goreng
  • Air panas secukupnya


Cara Menbuat :

Cara pembuatannya sangat mudah sob, Pertama-tama potong tempe seukuran dadu atau dapat menyesuaikan ukuran mata kail. Lalu rendam terasi dan bawang kedalam air panas, setelah itu masukan tempe kedalam rendaman. Dan tunggu hingga 10 - 15 menit. Umpam siap digunakan.

Gimana Sob !! Mudah bukan ?

Selain mudah umpan diatas juga sangat sederhana dan tentunya murah meriah. Meskipun simple tapi jangan tanya jitu tidaknya sob. Langsung saja di coba!!

Itulah beberapa racikan umpan ikan patin yang dapat kami share. semoga artikel di atas dapat bermanfaat. Jika ada tambahan atau pertanyaan mengenai artikel di atas, silakan tulis pada kolom komentar anda di bawah. 





Related Posts: