Cara Memberi Jentik Nyamuk / Ncuk pada Ikan Cupang


Cara Memberi Jentik Nyamuk / Ncuk pada Ikan Cupang - Buat para pehobi ikan hias pasti sudah tidak asing dengan larva nyamuk ini. Jentik merupakan larva nyamuk yang mempunyai perilaku menggantung di permukaan air. Nama jentik sendiri diambil karena gerakan ketika di dalam air. Hewan ini juga sering disebut dengan nama cuk atau uget-uget.

Jentik mempunyai peranan sebagai vektor penyakit menular, seperti demam berdarah dan malaria. Namun larva ini juga sering dimanfaatkan sebagai pakan ikan hias karena kandungan protein yang cukup tinggi.



Teknik Pemberian Pakan Ikan Cupang yang Benar


peluangusaha.lelemuku.com

Salah satunya sebagai pakan ikan cupang, pakan ini sangat baik untuk pertumbuhan ikan cupang agar berkualitas. Ikan cupang akan tumbuh pesat bila anda rutin memberikan jentik nyamuk. Saat musim kemarau anda akan dengan mudah menemukan larva ini pada air yang menggenang.

Namun perlu diingat, sebaiknya tidak memyimpan jentik nyamuk secara berlebihan. Karena pada akhirnya larva nyamuk akan tumbuh menjadi nyamuk, yang justru akan mengganggu anda.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting!!  Usahakan tidak memberi pakan cupang berupa jentik nyamuk / cuk yang sudah menjadi kepompong (bengkok bulat dengan kepala hitam). Cuk seperti itu sangat tidak baik buat ikan cupang dan menyebabkan perut buncit, bahkan dapat menyebabkan kematian pada cupang anda.

Sebenarnya ada umpan lain yang bisa digunakan sebagai pakan ikan cupang, yakni cacing sutra. Namun bila anda ingin berhemat sebaiknya gunakan pakan larva nyamuk saja. Selain murah, pakan juga kaya akan kandungan gizinya.

Tips Memilih Jentik Nyamuk / Cuk yang Bagus :

  1. Jentik nyamuk yang anda ambil dari alam biasanya bercampur dengan larva hewan lainnya. Jadi sebaiknya pisahkan/bersihkan terlebih dahulu. 
  2. Caranya >> masukan jentik nyamuk kedalam air es. Alhasil larva nyamuk akan pingsan (akan menghadap kedasar) sedangkan non-jentik nyamuk akan mengambang dipermukaan air. 
  3. Bersihkan kotoran yang mengambang dipermukaan air secara perlahan. Setelah itu anda bisa mengambil jentik tersebut menggunakan saringan halus. 
  4. Lalu masukan kedalam air bersih yang telah di beri PK (mentilen Blue) dengan dosis 1/2 tetes untuk 15 liter air. 
  5. Hal tersebut berfungsi sebagai sterilisasi jentik/cuk/uget-uget serta menyadarkan dari pingsan. Barulah siap digunakan untuk pakan ikan cupang. 



Cara Budidaya Jentik Nyamuk/Cuk


wikipedia.org

Selain mengambil dari alam, anda juga dapat membudidayakannya sendiri.

Bagaimana caranya?? 

Pada dasarnya nyamuk berkembang biak dengan perkawinan terlebih dulu. Nyamuk betina mempunyai cadangan makanan setelah menghisap darah, 1 minggu kemudian mereka akan mulai bertelur. Lalu merekan akan mencari air yang menggenang untuk menyimpan telurnya.

Nyamuk lebih suka meletakkan telurnya pada permukaan air yang ada tumbuhan atau kotoran mengapung. Anakan nyamuk seperti itu disebut plankton, mereka bernafas menggunakan trachea dengan cara menyembulkan ekor ke udara (permukaan air).

Setelah menetas cuk akan memakan kotoran yang membusuk atau jasad renik. Sebelum menjadi nyamuk dewasa jentik akan berubah menjadi kepompong lalu setelah 1 - 3 hari barulah berubah menjadi nyamuk dewasa.

Cara Pembibitan Jentik Nyamuk :

  1. Sediakan wadah palstik / ember dengan diameter 30 cm.
  2. Isi ember dengan air bekas cucian atau leri. 
  3. Simpan wadah tersebut pada tempat yang banyak nyamuknya. 
  4. Bila tetap tidak ada telur (diteluri) sebaliknya ganti leri dengan yang baru. 
  5. Telur nyamuk akan mengambang di permukaan air secara bergerombol.
  6. Pindahkan telur ketempat penetasan.
  7. Caranya >> ambil lidi lalu masukan kedalam air dengan cara dimiringkan. Setelah telur menempel pindahkan kedalam wadah penetasan.
  8. Setelah wadah terisi telur, tutup menggunakan kelambu hingga jentik menetas.


Itulah Cara Pemberian Pakan Jentik Nyamuk untuk Ikan Louhan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat, bila akan kritik dan saran silakan tulis pada kolom komentar. Salam Budidaya Indonesia.





Related Posts: