12 Cara Memilih Aquarium untuk Ikan Louhan


12 Cara Memilih Aquarium  untuk Ikan Louhan - Ikan hias satu ini memang indah dan cantik, selain itu harganyapun cukup mahal. Untuk itu dibutuhkan perawatan yang lebih maksimal agar ikan louhan kesayangan anda tetap sehat dan tidak strees.

Salah satunya adalah memeliharanya pada akuarium yang standar. Lalu bagaimana cara memilih aquarium untuk ikan louhan yang Pas? Sabar dulu gan, sebelum kita membahas lebih detail tidak ada salahnya bahas dahulu apa itu ikan louhan?

Buat para pecinta ikan hias tentu sudah tidak asing lagi dengan ikan satu ini. Ikan dengan ciri khas jenong ini mempunyai warna yang indah serta bentuk yang unik. Adanya benjolan di kepalanya, membuat ikan louhan banyak diburu kolektor ikan hias.


Ikan dengan nama latin Flowerhorn atau amphilophus trimaculatus ini sebenarnya berasal dari Malaysia dan Taiwan. Sebenarnya ikan louhan yang kalian tahu saat ini bukanlah spesies asli / murni dari alam, namun ada campur tangan manusia sehingga menghasilkan spesies seperti sekarang ini.

Saat ini banyak jenis louhan hasil dari perkawinan silang. Dari bermacam-macam jenis louhan dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu :

  1. Ikan Louhan Cencu (Zhen Zhuo)
  2. Ikan Louhan Golden Base (Fader)
  3. Ikan Louhan Kamfa (Ching Hwa)
  4. Ikan Louhan Red Texas
  5. Ikan Louhan Thai Silk


Itulah ulasan singkat mengenai ikan louhan. Oklah langsung saja kembali ke topik utama yaitu Cara Memilih Aquarium untuk Ikan Louhan.

Bagaimana caranya?


Berikut ini Beberapa Tips Memilih Aquarium untuk Ikan Louhan :


  1. Gunakan aquarium dengan panjang minimal 4 kali dari panjang tubuh ikan louhan. Jika panjang tubuh ikan 25 cm berarti anda memerlukan aquarium dengan panjang 100 cm.
  2. Untuk ikan louhan dewasa dapat menggunakan ukuran 100 x 60 x 40 cm. Sedangkan untuk anakan bisa menggunakan aquarium ukuran 55 x 40 x 40 cm. 
  3. Jika anda kesulitan mencari yang cocok, anda dapat membuat aquarium sendiri dan tentu dengan perbandingan diatas. 
  4. Namun jika anda memelihara di luar ruangan dapat menggunakan kolam beton / tembok. 
  5. Usahakan aquarium mudah dibersihkan, hal ini dikarenakan ikan louhan sangat sensitif terhadap air keruh.
  6. Untuk itu diwajibkan menggunakan Filter agar kotoran dalam akuarium dapat disaring. 
  7. Pasang juga heater aquarium agar suhu didalam dapat disesuaikan sendiri. 
  8. Tambahkan lampu sebagi penerangan, anda dapat memilih lampu sesuai dengan warna ikan. Usahakan jangan terlalu terang dan juga redup.
  9. Ganti air dalam akuarium minimal 1 minggu sekali. 
  10. Jika ingin menambahkan tanaman hias sebaiknya hanya pada akuarium ukuran besar. Pemilihan tanaman hias usahakan JANGAN gunakan yang dapat dimakan ikan. Pilih tanaman hias yang warnanya sesuai dengan ikan dan usahakan bertekstur lembut. 
  11. Pada dasar aquarium dapat menggunakan bebatuan kecil dan karang dengan warna-warni. Banyaknya warna akan membantu meningkatkan warna ikan kesayangan anda.
  12. Saat memberi pakan sebaiknya jangan berlebihan, sisa makanan yang mengendap akan mempercepat air menjadi keruh. Tentu hal ini akan mempengaruhi kesehatan ikan. 


Kesimpulan :

Para pembudidaya biasanya menggunakan aquarium dengan menyesuaikan ukuran ikan. Untuk ikan louhan 5 - 7 cm dapat menggunakan aquarium ukuran 20 x 30 cm, sedangkan ikan louhan 10 - 15 cm membutuhkan akuarium uk 40 x 60 x 40  cm. Ikan louhan berukuran diatas 25 cm sebaiknya gunakan akuarium uk 60 x 120 x 40 cm. Sedangkan ikan louhan indukan/dewasa berukuran 40 cm sebaiknya gunakan akuarium 80 x 180 cm. Intinya ukuran aquarium ideal adalah 4 kali dari panjang tubuh ikan. Hal ini sangatlah penting yang juga menjadi langkah awal saat budidaya ikan louhan.

Tips :

Selalu ganti air aquarium secara rutin, usahakan air kolam harus tetap mengalir agar sirkulasi oksigen cukup. Untuk menghindari stres sebaiknya tempatkan ikan pada ketinggian diatas 80 cm dari lantai.

Itulah beberapa tips dan cara memilih aquarium ikan louhan. Semoga artikel dapat bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau saran bisa anda kirimkan ke komentar.





Related Posts: