7 Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar


7 Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar - Buat para pecinta ikan hias mungkin sudah terbiasa merawat ikan satu ini. Namun berbeda dengan para pemula yang baru terjun, entah itu karena hobi atau mungkin untuk keperluan budidaya.

Tenang sob kali ini mimin akan berbagi informasi seputar cara merawat ikan louhan. Semoga artikel kali ini dapat membantu anda dan menambah pengetahuan buat anda seputar ikan louhan.

Ikan dengan ciri khas jenong ini menjadi primadona pencinta ikan hias. Banyak kolektor yang mengkoleksi ikan louhan lalu mereka jual kembali, dengan harapan mendapatkan keuntungan yang besar.


Memang ikan louhan memiliki harga yang fantastis, mulai dari ratusan ribu (anakan) hingga ratusan juta untuk jenis tertentu. Untuk itu diperlukan perawatan khusus agar ikan peliharaan anda tetap sehat.

Bagaimana caranya? 

Langkah apa saja yang harus dilakukan? 



Cara Merawat Ikan Louhan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit



1. Memilih Aquarium untuk Ikan Louhan


Langkah pertama saat akan memelihara louhan adalah menyiapkan wadah sebagai tempat. Anda dapat menggunakan akuarium dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran ikan.

ikan louhan merupakan jenis ikan yang agresif,  maka dari itu sebaiknya tempatkan satu ekor setiap satu aquarium. Bila tidak anda dapat memberi sekat untuk memisahkan ikan satu dengan yang lain. Lebih jelasnya baca disini cara memilih aquarium untuk ikan louhan. 

2. Gunakan Peralatan pendukung Aquarium



Agar ikan louhan kesayangan anda tetap nyaman sebaiknya tambahkan beberapa peralatan pendukung. Misalnya Aerator, Filter, Heater, Hiasan dan Lampu.

Aerator berfungsi mengatur keluar masuk udara segar kedalam aquarium. Sehingga kandungan oksigen dalam air selalu terjaga.

Filter berfungsi untuk menyaring air dalam aquarium sehingga tetap bersih.

Heater berfungsi sebagai penghangat air aquarium, sehingga suhu air tetap terjaga.

Hiasan berfungsi untuk mempercantik aquarium serta sebagai tempat bersembunyi ikan.

Lampu TL berfungsi sebagai penerang dan mempercantik aquarium, namun perlu diingat sebaiknya sesuaikan kebutuhan lampu dan jangan terlalu terang karena akan meningkatkan suhu air.

3. Pilihlah Ikan Louhan yang Berkualitas


Setelah aquarium dan semua peralatan siap,  langkah selanjutnya adalah merilis ikan louhan. Saat membeli sebaiknya pastikan ikan dalam keadaan sehat dan berkualitas.

Bagaimana cara memilih ikan louhan berkualitas? 

Berikut ini Cara Memilih Bibit Ikan Louhan Berkualitas :

  1. Ikan dalam keadaan sehat dan tidak sakit. 
  2. Tidak ada jamur yang menempel pada tubuh ikan. 
  3. Pilih anakan ikan louhan yang terdapat jenong, jika sejak kecil sudah terlihat pastinya akan lebih indah saat dewasa. 
  4. Anakan ikan louhan yang bagus mempunyai bentuk tubuh kekar dan pendek (ikan dengan ciri seperti tersebut akan cenderung lebih agresif).
  5. Adanya bintik bintik putih pada tubuh ikan louhan, bintik tersebut biasa disebut mutiara. Semakin banyak mutiara maka kualitasnyapun semakin bagus.
  6. Terdapat lingkaran berwarna merah pada bola matanya.
  7. Bedakan antara louhan jantan dan betina. 


4. Pilih Pakan/Makanan yang Berkualitas



Pakan merupakan faktor penting saat memelihara ikan louhan. Pakan yang anda berikan akan mempengaruhi pertumbuhan,  merah serta jenong yang besar. Jenis  pakan yang dapat anda berikan berupa pakan alami dan buatan. Untuk pakan alami dapat berupa anakan lele, ikan mas, udang serta ikan ikan kecil lainnya.

Sealin itu anda dapat memberi pakan berupa kelabang atau jangkrik agar ikan louhan cepat jenong, merah dan cepat besar. Anda juga dapat memberikan pakan buatan yang nutrisinya lebih lengkap.

5. Ganti Air Aquarium secara Rutin


Air adalah media yang sangat fital saat memlihara ikan. Kondisi air akan sangat mempengaruhi kesehatan ikan louhan. Untuk itu sebaiknya ganti air kolam minimal 2 minggu sekali. Dengan mengganti air secara rutin tentu  akan mrnghindarkan ikan dari segala macam penyakit.

Adapun cara mrngganti air aquarium yang benar :
Kuras air aquarium sebanyak 10 - 20 % kedalam ember.
Bila kondisi air aquarium terlalu keruh anda dapat menggantinya sebanyak 50 %.
Setelah air dalam akuarium berkurang, sedot kotoran yang ada di dasar aquarium. Lakukan secara hati-hati agar pasir dan krikil tidak ikut tersedot.
Setelah bersih anda dapat mengisi kembali air aquarium.

6. Mencegah Penyakit pada Ikan Louhan


Semua makhluk hidup memang sangat rentang akan penyakit, begitu pula ikan louhan. Biasanya ikan louhan terkena penyakit berupa jamur / white spot. White spot adalah adanya bintik bintik putih pada sisik.

Selain itu jenis penyakit yang menyerang louhan adalah luka infeksi dari jamur, bakteri maupun pakan yang tidak cocok. Ada juga kasus yang menyerang seperti bisulan pada mulut ikan. Untuk itu selalu jaga kualitas air dan jenis pakan yang anda berikan. Hal diatas merupakan bagian dari cara budidaya ikan louhan yang harus anda ketahui.

7. Mengobati Penyakit pada Ikan Louhan


Bila ikan louhan kesayangan anda sudah terserang penyakit, mau gak mau anda harus mengobatinya.

Adapun jenis obat-obatan yang dapat kalian gunakan :

  1. Methyline Blue, Acriflavine, Pomate digunakan sebagai metabolisme agar ikan terhindar dari penyakit. 
  2. Garam Ikan digunakan untuk mengobati penyakit jamur.


Selain obat diatas,  ada hal yang sangat penting agar ikan louhan tidak terserang penyakit yakni air aquarium yang bersih. Selalu jaga kebersihan akuarium agar terhindar dari penyakit maupun jamur. 





Related Posts: