√ 10+ Ciri-Ciri Fisik Ikan Arwana serta Jenisnya


√ 10+ Ciri-Ciri Fisik Ikan Arwana serta Jenisnya - Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup banyak peminatnya. Hal ini tentu sangat beralasan karena keindahan tubuh serta keunikannya. Ikan yang banyak dijumpai di Indonesia dan Malaysia ini ciri-ciri yang memikat pemiliknya.

Salah satu jenis yang paling populer adalah Ikan Arwana Golden Red dan Silver. Ikan arwana golden red mempunyai warna keemasan serta warna ekor kemerahan dengan tubunya yang mengkilap.

Secara umum ikan arwana mempunyai ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki jenis ikan lainnya.

Apa saja Itu? 


Berikut Ciri-Ciri Ikan Arwana secara Umum :


  1. Ikan Arwana banyak ditemukan di Asia Tenggara dan memiliki bentuk tubuh yang panjang dengan sirip dubur berada di belakang badan. 
  2. Dari warnanya ikan ini mempunyai banyak jenis, diantaranya keperak-perakan (Asia), Emas (Malaysia), Merah, Emas dengan ekor Merah dan Hijau (Indonesia). Selain itu Ikan Arwana juga ditemukan di Birma, Vietnam dan Thailand.
  3. Dari fisiknya, ikan arwana mempunyai badan dan kepala agak padat. Bentuk mulutnya mengarah keatas dan adanya sepasang sungut. Selain itu bentuk mulutnya runcing mirip perahu. 
  4. Bila diperhatikan bentuk tubuhnya tipis dengan punggung yang datar dan membetuk lurus dari sirip punggung hingga mulut. 
  5. Bila diamati dari dekat terdapat gurat sisi pada samping kiri dan kanan tubuhnya. 
  6. Meskipun mulutnya terlihat runcing, namun bila diperhatikan mulut ikan arwana cukup lebar dengan rahang yang kuat. Mulut tersebut dapat terbuka sampai dibawah mata. 
  7. Jumlah gigi ikan arwan adalah 15 - 17 buah dan insang yang dilengkapi penutup insang. 
  8. Ukuran sirip punggung (dorsal) ikan arwana lebih pendek daripada sirip anus. Sirip anusnya hampir mencapai sirip perut. Sirip punggung dekat dengan sirip ekor (caudal).
  9. Ikan arwana dewasa biasanya dapat tumbuh hingga 30 - 80 cm dengan sisik besar yang indah dan meliuk-liuk saat berenang.
  10. Sebagian orang juga menyebut ikan arwana sebagai ikan naga. Hal ini dikarenakan adanya dua sungut dibawah bibir mirip naga dari cerita dongeng atau biasa disebut ikan naga emas (kimliong).
  11. Bentuk perutnya tidak terlihat jelas dan hampir rata dikarenakan ikan ini tidak banyak makan. Jika diperhatikan luas badan hingga sirip belakang hampir sama. 

Itulah beberapa ciri ikan arwana sebagai pengetahuan dasar saat akan memelihara ikan arwana. Selain itu anda juga harus mengetahui hal-hal penting saat memelihara arwan, misalnya penyakit pada arwana.

Jenis-Jenis Ikan Arwana

1. Arwana Merah


Jenis ini banyak ditemukan di sungai - sungai Kalimantan bagian barat, seperti Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Karena memang disanalah habitat aslinya.

Saat masih anakan warna merah hanya terlihat pada bagian bibir, sirip serta sungut dan setelah dewasa barulah terlihat warna merah seluruhnya yang menutupi tubuh.

2. Arwana Golden / Cross Back


Habitat asli arwana golden adalah malaysia, ikan ini banyak ditemukan diberapa daerah, seperti Perak, Johor, Danau bukit merah dan Trengganu. Saat dewasa jenis ini akan berwarna emas keseluruhan.

3. Arwana Golden Red


Ikan arwana golden red adalah salah satu jenis arwana golden. Ikan ini juga sering disebut Arwana Golden Indonesia karena memang habitatnya disana. Lebih tepatnya di Pekan Baru,  Sumatera.

Jenis ini cukup berbeda dengan arwana golden, warna emas pada varietas ini hanya ada hingga sisik baris ke empat dan sisanya berwarna merah.

4. Arwana Golden Pino / Green Arwana


Penyebaran dan habitat asli ikan ini cukup luas, terbukti green arwana ditemukan diberbagai negara di Asia. Seperti Indonesia, Malaysia, Kamboja, Thailand dan Myanmar.

5. Arwana Banjar


Habitat asli ikan arwana banjar adalah Pontianak, Indonesia. Jenis ini dikelompokkan kedalam arwana kelas dua, meski demikian jenis juga cukup favorit bagi pecinta ikan hias di Indonesia.

6. Arwana Jardini / Irian


Sebenarnya habitat asli ikan ini berasal dari Australia, namun sering dijumpai di pulau Irian. Ciri khas dari jenis ini adalah warna hitam kecokelatan dengan bintik keemasan pada beberapa bagian tubuhnya.

7. Arwana Arapaima Gigas


Jenis ini merupakan arwana terbesar didunia, beratnya dapat mencapai 200 kg dengan panjang 3 meter. Habitat asli ikan ini adalah Amerika Selatan, namun saat ini sudah jarang ditemukan karena banyak diburu untuk dikonsumsi dan diekspor ke berbagai negara.

8. Arwana Silver / Brasil


Sesuai dengan namanya ikan ini memang berasal dari negara Brazil. Namun saat ini sudah banyak dijumpai di Indonesia untuk di budidayakan. Saat dewasa panjanh tubuh arwana brazil dapat mencapai 50 - 60 cm.

9. Arwana Black Golden


Jenis ini juga merupakan varietas dari arwana golden, hanya saja warna tubuhnya keemasan dengan sisik berwarna hitam. Namun jenis ini memiliki harga yang cukup mahal karena memang sudah sangat sulit ditemukan.

10. Arwana Afrika 


Ikan satu ini berasal dari benua Afrika, seperti Kamerun, Gambia dan Senegal. Sekilas jenis ini mirip dengan arwana silver, bedanya bentuk kepalanya lebih kecil dibandingkan arwana silver.

Itulah Ciri-Ciri Fisik Ikan Arwana dan Jenis- jenis Arwana. Cukup sekian ulasan dari mimin. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat.





Related Posts: