10 Ikan Hias Air Tawar Paling di Cari 2019 Terbaru!!


10 Ikan Hias Air Tawar Paling Populer di Indonesia 2019 - Pernahkah anda memelihara ikan hias ?? Memelihara ikan hias memang sangat menyenangkan, warna warni yang indah akan memanjakan mata anda. Selain itu banyak sekali manfaat dengan memelihara ikan hias.

Hal tersebut ada kaitannya dengan kesehatan, ketika anda merasa stress atau bosan cobalah melihat ikan hias peliharaan anda. Gerakan alami dari ikan hias akan mengendurkan syaraf anda sehingga hati merasa lebih tentram.

Tingkat laku ikan hias yang berenang kesana kemari akan mengalihkan perhatian anda dari masalah yang sedang kita hadapi. Selain itu suara gemericik air akan menenangkan pikiran anda.

Itulah beberapa manfaat memlihara ikan hias.

Tahukah Anda !

Ternyata hampir 75 % pasokan ikan hias di dunia berasal dari Indonesia. Setidaknya 363 jenis ikan hias air tawar Indonesia sudah di ekspor keberbagai belahan dunia.

Lalu jenis ikan hias apa yang paling banyak dicari ??

Sebenarnya banyak sekali jenis ikan hias yang dapat anda pelihara. Namun ada beberapa yang sangat populer dan banyak dicari. Ikan jenis apa itu ??

Berikut ini daftar Ikan Hias Yang Populer :


1. Ikan Hias Arwana 



Harga Ikan Arwana Rp. 1.000.000,- hingga Rp. 20.000.000,-

Untuk jenis Ikan Arwana Platinum pernah terjual  hingga Rp. 5,7 Milyar

Ikan hias satu ini terkenal dengan keindahan tubuhnya yang balut sisik-sisik menawan dan berkilau. Alasan itulah ikan arwana sangat cocok dijadikan peliharaan di aquarium.

Banyak jenis ikan arwana yang sangat populer antara lain, Arwana Golden Red, Arwana Hijau, Arwana Silver, Arwana Super Red dan Arwana Golden. Dan dari setiap spesiesnya mempunyai harga yang berbeda-beda.

Selain dari jenis atau spesiesnya, harga ikan arwana juga ditentukan oleh ukuran dan kondisi fisik ikan itu sendiri. Harga satu ekor arwana dewasa kira kira kisaran 1 juta hingga 20 jutaan.

Sebenarnya ikan satu ini termasuk jenis ikan purba yang tersisa. Namun dari beberapa jenisnya sudah terancam punah. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan dan penangkapan di alam liar.

Ciri-Ciri Fisik Ikan Arwana :

  1. Bentuk tubuhnya pipih dengan punggung datar. 
  2. Bentuk mulutnya menghadap keatas, serta adanya sungut pada bibir bagian bawah. 
  3. Bentuk mulutnya lebar dengan rahang yang kuat dan jumlah giginya 15 - 17 buah.
  4. Panjangnya bisa mencapai 30 - 80 cm saat dewasa. 
  5. Ukuran sisik yang besar dan melingkar serta mengkilap.
  6. Warna sisiknya bisa perak, hitam, emas dan merah.



2. Ikan Hias Koki



Harga Ikan Koki Rp. 5.000, hingga 150.000,-

Ada juga jenis Ikan Koki Mutiara yang pernah terual pada lelang ikan koi di China dengan harag 150 yuan ( 3 juta rupiah).

Ikan koki berasal dari China dan Berkembang pesat di Jepang. Ikan ini masih satu famili dengan ikan mas. Ikan tersebut keunikan yang khas dengan bermacam-macam bentuk dan jenis.

Dari puluhan jenis ikan koki, ada beberapa yang sangat unik, seperti Ikan mas koki buble eye. Dari namanya saja sangat menggemaskan, nama tersebut digunakan karena mata ikan ini diselimuti gelembung.

Setiap jenis ikan koki memiliki keunikan masing-masing dan harganyapun berbeda-beda, mulai dari ribuan hingga ratusan ribu.

Ada beberapa jenis yang populer di Indonesia dengan bermacam varietas baru saat ini. Ada yang bersirip panjang benjol-benjol, bulat dan pendet.

Pada bagian matanya agak menonjol dengan sisik berwarna-warni seperti merah, putih metalik, merah kekuningan, kuning, hitam dan gabungan dari beberapa warna tersebut.


3. Ikan Hias Koi



Harga Ikan Mas Koi Rp. 40.000,- hingga Rp. 200.000,-

Ada satu jenis ikan koi yang cukup mahal, yakni ikan mas koi kohaku yang hargabya dapat mencapai 10 juta. Hal ini disebabkan jenis ini dianggap menjadi simbol kekayaan dan kesejahteraan di negara asalnya Jepang.

Ikan ini berasal dari Jepang, sebenarnya ikan koi merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis ikan mas. Para penangkar di jepang mampu menyilang hingga memperoleh jenis dengan warna yang indah.

Dahulu ikan koi sebenarnya adalah ikan konsumsi masyarakat jepang kala itu, namun warna cantik yang dihasilkan sangat memukau mata. Sehingga ikan ini lebih populer dijadikan ikan hias.

Ukurannya yang cenderung besar menjadikan ikan koi lebih cocok dipelihara di kolam dibandingkan pada akuarium.

Banyak sekali jenis ikan koi terbaik dengan harga yang fantastis yang tersusun dalam klasifikasi ikan koi sebagai identifikasi. Pada masing-maaing kelas dibagi ke beberapa kategori yang jenisnya sangat banyak. Agar tidak salah memilih ikan koi, sebaiknya lihat cara memilih ikan koi berkualitas.

Klasifikasi ikan koi yang umum terdiri atas ikan koi , Shiro, Utsurimono, Gosanke, Asagi, Tancho, Goromo, Hikarimoyo, Hikarimono, Kawarimono dan Matsuba.

Memelihara ikan mas koi sebenarnya tidak sulit, asalkan tahu pakan ikan koi yang bagus serta cepat besar.


4. Ikan Hias Cupang



Harga Ikan Cupang Rp. 10.000,- hingga Rp. 300.000,-

Namun saat ikan cupang hias ini memenangkan lomba, harganya bisa melonjak drastis hingga 2 juta.

Ikan cupang merupakan ikan asli negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Habitat aslinya adalah rawa-rawa daerah beriklim tropis.

Ikan ini mempunyai daya tahan yang kuat dan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan. Meskipun pada perairan yang kotor dan kadar oksigen minim.

Keindahan, serta warna-warni yang cantik dari ikan cupang membuatnya banyak diminati para pecinta ikan hias. Salah satu jenis yang sangat terkenal karena keindahannya adalah ikan cupang serit.

Dari jenis ini juga banyak variannya, ada yang seritnya tunggal (dimana pada setiap serit hanya terdapat satu tulang sirip). Ada juga jenis ikan cupang serit dengan serit dua atau ganda.

Tapi !! tahukah Anda ?

Bahwa ikan cupang serit berasal atau lahir di Indonesia. Betul sekali sob, ikan jenis ini ternyata dilahirkan di Indonesia. Lebih tepatnya di daerah Slipi, Jakarta.

Ikan cupang serit bisa mendunia karena Keindahannya. Jenis ini juga biasa disebut Ekor Mahkota atau Crown Tail karena serit-seritnya menyerupai mahkota raja ketika dibalik.

Sebelum membeli ikan ini sebaiknya ketahui ciri-ciri ikan cupang berkualitas.

Selain itu ikan ini sangat agresif, sehingga tidak hanya sebagai ikan hias, cupang juga dijadikan ikan aduan.

Ciri-ciri Ikan Cupang Aduan :

  1. Bentuk badannya ramping (pressed body)
  2. Ada cekungan halus mulai ujung badan sampai samping perut
  3. Bentuk sisiknya kecil-kecil namun tebal
  4. Dahinya mirip ikan arwana
  5. Bibirnya tebal
  6. Sirip ekor halus dan rapat
  7. Gerakannya lebih slow namun akan agresif bila ketemu ikan cupang lainnya



5. Ikan Hias Louhan. 



Harga Ikan Louhan Rp. 50.000,- hingga Rp. 2.000.000,-

Ikan dengan nama latin Flowerhorn ini memiliki keunikan pada sisiknya yang indah dan mengkilap. Selain itu ada ciri khas lain dari ikan louhan yaitu adanya benjolan pada kepalanya.

Dan benjolan/jenong inilah yang mempengaruhi harga dari ikan louhan. Untuk itu banyak pencinta louhan atau pembudidaya yang mencari cara cepet menumbuhkan jenong pada ikan louhan.

Karena cantik dan keindahannya itu membuat ikan louhan pernah menjadi primadona di Indonesia pada tahun 2000-an.  Waktu itu hampir setiap rumah ada aquarium untuk memelihara ikan louhan.

Kala itu para pembudidaya sangat kewalahan karena permintaan akan ikan louhan sangat banyak. Namun sebagian dari mereka tidak tahu jenis ikan louhan apa yang mereka pelihara.

Lambat laun popularitas ikan ini mulai memudar. Hal itu dikarenakan harga ikan louhan yang mulai menurun, tidak seperti saat booming dulu yang harganya hingga puluhan juta.


6. Ikan Hias Discus



Harga Ikan Discus Rp. 50.000,- hingga Rp. 250.000,-

Ikan ini pertama kali ditemukan di Sungai Amazon. Bentuknya yang unik serta tubuhnya yang ramping menyerupai piringan DVD dan warna yang cerah dan indah. Karena keunikannya itu banyak orang memilih ikan discus sebagai penghias aquarium mereka.

Gerakan yang tenang dan lembut serta warna-warni tubuhnya membuat ikan discus terlihat semakin indah.

Namun perlu anda ketahui, ikan discus rentan sekali terhadap stress. Hal tersebut mengakibatkan ikan ini sangat mudah terkena penyakit.

Pada aquarium banyak koloni microorganisme yang bermanfaat bagi ikan namun juga penyebab penyakit. Untuk itu anda perlu mengetahui cara merawat ikan discus agar hal tersebut tidak terjadi.

Kondisi air dalam aquarium sangat berbengaruh dengan kesehatan ikan discus. Maka dari sebaiknya persiapkan peralatan yang mendukung untuk kesehatan ikan anda, salah satunya adalah heater.

Apa itu heater ? Bagaimana cara menggunakan heater ? Heater berfungsi sebagai penghangat di dalam aquarium. Saat suhu pada aquarium dingin kita dapat mengatur suhu air dengan heater ini. Suhu normal yang pas untuk ikan discus adalah 27 - 32 derjat celsius.


7. Ikan Hias Oskar



Harga Ikan Oscar Rp. 75.000,- hingga Rp. 250.000,-

Sekilas ikan oscara mempunyai kemiripan dengan ikan nila. Hal itu dapat dilihat dari ukuran keduanya yang hampir sama. Bedanya ikan nila berasal dari benua Afrika,  sedangkan ikan oscar berasal dari benua Amerika.

Warna dasar ikan ini adalah coklat dan dikombinasikan warna sisik-sisiknya yang begitu cantik. Dijamin anda akan terpesona dengan keindahannya.

Meskipun kecil, ikan ini termasuk pemangsa/predator lkan - ikan yang lebih kecil. Namun tingkah laku ikan oskar terlihat kalem tidak seperti layaknya predator.

Selain coklat ikan ini juga ada yang berwarna dasar orange, putih pucat dengan garis berwarna orange dan putih albino.


8. Ikan Hias Guppy



Harga Ikan Guppy Rp. 7.000,- hingga Rp. 85.000,-

Sebenarnya ikan ini berasal dari Amerika Tengah, namun sudah menyebar keberbagai negara termasuk indonesia. Di Indonesia sendiri ikan guppy juga bisa ditemukan di alam liar.

Banyak sekali jenis ikan guppy yang menyebar di penjuru negara. Dari setiap jenisnya tentu mempunyai warna dan sirip dengan ciri khasnya masing-masing.

Memang ikan ini mempunyai kebiasaan unik saat menarik pasangkan. Sifat tersebut yang menjadi salah satu yang menarik dari ikan guppy. Wajar saja bila ikan ini banyak dicari pecinta ikan hias.

Warna unik dan tubuhnya yang mungil membuat ikan ini semakin digemari. Selain itu ikan guppy juga tergolong mudah dibudidayakan. Dari setiap indukan biasanya dapat menghasilkan 30 hingga 100 anakan pada setiap pemijahan.


9. Ikan Hias Black Ghost



Harga Ikan Black Ghost Rp. 10.000,- hingga Rp. 45.000,-

Black ghost, yang artinya setan hitam. Serem Ya !! Meskipun namanya terdengar menyeramkan, namun sebenarnya ikan ini sangat unik dan cantik.

Warna tubuhnya yang sepenuhnya hitam kecuali ekor (adanya corak putih pada ekor) membuat ikan ini terlihat menyeramkan. Keindahannya ada pada sirip bagian bawah yang memanjang mirip seperti kain. Sehingga ikan ini sangat cocok sebagai penghias akuarium anda.

Ikan black ghost berasal Sungai Amazon yang sering juga disebut penari balet. Kok bisa ?? Saat berenang maju dan mundur ikan ini sangatlah lentur begitu juga saat jungkir balik, inilah alasan kenapa ikan ini disebut penari balet.

Selain itu ikan ini juga sering disebut ikan bendera, yupss. Saat berenang ikan black ghost terlihat seperti bendera yang tertiup angin.

Gimana indah bukan ??

Tertarik untuk memelihara ikan ini. Silakan kunjungi toko ikan hias langganan anda.


10. Ikan Hias Neon Tetra



Harga Ikan Neon Tetra Rp. 3.500,- hingga  Rp. 10.000,-

Dari ke 10 jenis ikan, inilah yang paling populer. Bahkan saat ini ikan hias neon tetra sedang naik daun. Saat ini para pembudidaya mengaku kewalahan karena permintaa ekspor yang cukup tinggi.

Data dari beberapa sumber menyebutkan jumlah ekpsor ikan neon tetra mencapai 2 juta ekor. Namun sebenarnya ikan ini berasal sari Amerika Latin, lebih tepatnya di Sungai Amazon.

Apa yang spesial dari Ikan Neon Tetra ??

Tentu saja keindahannya sob, warna biru terang pada bagian punggung dan putih perak pada abdomennya membuat ikan ini semakin memukai kita.

sekilas, neon tetra mempunyai warna merah yang cukup mencolok pada bagian belakang. Sedangkan bagian atasnya berwarna biru kehijauan. Ikan jenis ini tergolong tahan terhadap jenis penyakit. Jadi sangat cocok buat anda yang ingin membudidayakan atau sekedar penghias aquarium.

Ikan yang habitatnya di Amazon ini akan semakin indah ketika sedang bergerombol. Jadi sebaiknya pelihara ikan neon tetra dalam jumlah yang banyak.

Itulah Daftar Ikan Hias yang Populer tahun 2019. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan menjadi pedoman saat akan memelihara ikan hias.





Related Posts: