3 Penyebab dan Cara Ampuh Mengobati Sisik Ikan Arwana Lepas


3 Penyebab dan Cara Ampuh Mengobati Sisik Ikan Arwana Lepas - Tahukah anda ! Apa itu Ikan Arwana ? Pasti anda sudah tahu bukan ? Ikan hias satu ini memang sangat populer karena keindahannya. Salah satu faktor utama yang menentukan cantik tidaknya adalah sisik.

Namun terkadang ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, misalnya sisik ikan arwana tiba-tiba lepas. Tentu anda akan merasa kebingungan serta khawatir ikan sakit terus mati.

Tunggu dulu sob!! Kita tidak boleh langsung panik. Sebaiknya ketahui dahulu apa penyebab sisik ikan arwana lepas? 


Penyebab Sisik Ikan Arwana Lepas / Rontok



Lalu bagaimana jika sisik tersebut tiba-tiba rontok ?

Seperti yang mimin singgung diatas, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu penyebab sisik ikan arwana. sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi.


Tanpa sebab yang jelas, Faktanya ikan arwana dapat kehilangan sisiknya. Bahkan terkadang sisiknya rontok hanya karena membentur dinding akuarium. Tapi tidak perlu khawatir sob! Secara alami sisik tersebut akan kembali tumbuh seperti semula. Namun butuh waktu beberapa bulan agar bisa tumbuh seperti semula.

Selain itu ada penyebab lain rontoknya sisik ikan arwana yang paling fatal.

Mau tahu Apa itu ??

Selain faktor alami, rontonya sisik juga dapat disebabkan oleh penyakit yaitu borok.

Ciri-ciri Ikan Arwana terkena Penyakit Borok :

  1. Adanya bintik-bintik merah pada perut
  2. Sisik mulai terlepas pada pangkal ekor
  3. Kulitnya berwarna kemerah-merahan
  4. Nafsu makan ikan berkurang


Cara Mengobati Sisik Arwana Yang Lepas / Rontok



Penyakit botok sebenarnya disebabkan oleh bateri lernea, dimana bakteri tersebut masuk kelapisan daging melalui sela-sela sisik. Gejala awalnya akan bengkak pada area tersebut serta berdirinya sisik disekitar penyakit. Dan jika penyakit tersebut tidak segera di obati, akan timbul borok dengan lepasnya sisik terlebih dahulu.

Cara Pengobatan :

  1. Bila penyakit tersebut masih ringan (stadium awal), cukup dengan memberikan Tetracicline, Furazan Gold atau Gold 100. Dosisnya 0.5 gram / 10 liter air lalu kurangi dosis seiring penyakit tersebut mulai sembuh. 
  2. Bila perlu anda dapat menambahkan 10 - 25 sdm garam, namun tetap disesuaikan dengan ukuran akuarium. Lakukan hal tersebut sampai 5 hari, dan mengganti air aquarium setiap 1 hari sekali. 
  3. Selama proses penyembuhan, kalian harus tetap memberikan pakan yang bergizi. Misalnya, jangkrik, belalang serta katak. Namun perlu anda ketahui sebaiknya hindari pemberian pakan berupa daging ikan. Hal tersebut dikhawatirkan ikan itu terdapat bakteri lernea yang dapat memperburuk kondisi penyakit tersebut.

Cukup sekian penjelasan dari mimin, semoga artikel diatas dapat sedikit mencerahkan atau mengatasi masalah tentang rontoknya sisik arwana. Bila ada pertanyaan silakan tulis pada kolom komentar!! 





Related Posts: