6 Cara Mudah Membedakan Ikan Arwana Jantan dan Betina


Perbedaan Arwana jantan dan Betina - Seperti yang kita ketahui, ikan dengan dari keluarga osteoglosaidae ini memang punya tempat khusus dihati penggemarnya. Bentuk tubuh yang memanjang dengan warna yang indah membuat ikan arwana terlihat sangat indah.

Di Dunia cukup banyak jenis yang cukup beragam, misalnya super red, golden fish, silver, golden pino, irian dan arwana hijau. Dari setiap jenisnya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan dibandrol mulai puluhan ribu hingga ratusan juta, seperti  ikan arwana platinum.


Untuk itu banyak sekali para pelaku budidaya yang membudidayakan ikan ini. Dengan bermodalkan aquarium dan indukan jantan serta betina kita dapat memulai budidaya ikan arwana.

Tapi, tahukah anda perbedaan ikan arwana jantan dan betina? 

Sebenarnya tidak susah dalam membedakan antara arwana jantan dan betina. Banyak perbedaan yang cukup jelas diantara keduanya, baik itu dilihat dari warna, bentuk tubuh atau karakter keduanya.



Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan dan Betina



Langkah pertama saat akan mulai budidaya tentu memilih indukan berkualitas bukan? Setelah itu baru memilih indukan jantan dan betina dengan perbandingan tertentu.


Bagaimana cara membedakan indukan arwana jantan dengan betina? 

Ada beberapa ciri yang cukup jelas perbedaannya, seperti :


1. Dari Bentuk Tubuh Ikan Arwana




Cara pertama membedakan kelaminnya adalah dengan cara melihat bentuk tubuhnya. Pada umumnya bentuk tubuh arwana jantan lebih langsing dan memanjang. Sedangkan arwana betina memiliki bentuk lebar dan sedikit gemuk (oval) dengan sirip punggung yang lebar.

Namun tetap hal ini akan cukup menyulitkan pada ikan arwana anakan, Kecuali mereka yang sudah terbiasa (master).


2. Dari Bentuk Kepala Ikan Arwana




Bentuk kepala jantan dan betina ternyata juga berbeda. Bentuk kepala arwana jantan lebih besar dan bulat serta terlihat lebih kekar, sedangkan arwana betina justru terlihat lebih langsing.



3. Bentuk Rahang Arwana Jantan dan Betina




Ikan arwana mempunyai sifat ynag mirip dengan ikan cupang yakni mouthbrooder atau inkubasi mulut. Inkubasi mulut adalah pengeraman dengan memasukan telur kedalam mulut, terutama arwana jantan. Oleh karena itu rahang pada arwana jantan lebih besar dibandingkan betina.


4. Dilihat dari Penutup Insang Arwana




Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari penutup insang. Coba lihat gambar diatas, penutup insang arwana betina ukurannya lebih besar dibandingkan arwana jantan.


5. Bedakan dari Cara Bergeraknya saat Berenang




Dari keempat perbedaan diatas sebenarnya sudah cukup jelas. Namun agar lebih jelas lagi bisa mengamati gerakan arwana saat berenang.

Lekak lekuk gemulai Ikan arwana jantan terlihat lebih anggun dari betina. Hal ini dikarenakan bentuk tubuh arwana jantan memanjang, berbeda dengan arwana betina yang punya bentuk cenderung gendut dan pendek.

Namun perbedaan diatas baru dapat diketahui setelah ikan arwana berumur diatas 5 tahun. Untuk ikan dibawah 5 tahun masih cukup sulit dibedakan dengan cara tersebut.


6. Cairan ynag Keluar dari Organ Reproduksi Arwana




Inilah cara yang bisa dibilang paling akurat, namun sangat fatal bila dilakukan sembarangan. Caranya cukup mudah yaitu urut bagian bawah perut kearah kloaka secara perlahan hingga mengeluarkan cairan. Bila cairan yang keluar berwarna coklat berarti itu adalah indukan jantan, namun bila yang keluar berwarna kuning telur berarti indukan betina.

Itu beberapa perbedaan ikan arwana jantan dan betina yang dapat mimin sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan sedikit memberi gambaran dengan perbedaan keduanya.





0 Response to "6 Cara Mudah Membedakan Ikan Arwana Jantan dan Betina"

Post a Comment