√ 10+ Jenis - Jenis Ikan Louhan Tercantik Paling Banyak Dicari


Jenis Ikan Louhan - Siapa yang tidak tahu ikan louhan? Ikan dengan bentuk tubuh yang unik serta ciri khas jenong ini cukup populer di Dunia. Ikan yang mempunyai nama latin Flowerhorn ini sebenarnya berasal dari Taiwan dan Malaysia, namun karena keunikan tersebut membuat ikan louhan banyak di pelihara sebagai penghias akuarium.

Sebenarnya ikan louhan merupakan spesies hybrid. Apa itu spesies hybrid? Hybrid berarti spesies ikan yang tidak murni dari alam, akan tetapi merupakan hasil perkawinan silang dengan campur tangan manusia. Hingga saar ini banyak jenis-jenis ikan louhan hasil perkawinan silang.


Secara garis besar, ikan louhan dibagi kedalam beberapa kategori, yaitu:

  1. Ikan Louhan Cencu
  2. Ikan Louhan Kamfa
  3. Ikan Louhan Golden Base
  4. Ikan Louhan Kamalau
  5. Ikan Louhan Red Texas
  6. Ikan Louhan Thai Silk



√ 10+ Jenis Ikan Louhan paling Banyak Dicari

Sebenarnya cukup banyak jenis ikan louhan yang berhasil disilangkan manusia. Namun kali ini mimin akan coba berbagi 11 jenis ikan louhan yang paling banyak dicari sebagai ikan hias.


1. Ikan Louhan Cenchu (Zhen Zhu)




Cencu berarti mutiara, jenis ini sepintas mirip dengan geberasi pertama dengan mulut besar, ekor bulat lemas dengan mata yang menonjol berwarna merah dan adanya marking pada bagian kepala.

Louhan cencu sebenarnya hasil perkawinan dari Trimac Chichilid dan jenis ini dapat dibagi menjadi dua yakni : Cencu Modern dan Cencu Klasik. Perbedaan paling menonjol diantara kedaunya adalah pada louhan cencu klasik tidak banyak mutiara serta jenong yang cenderung lebih kecil. Sedangkan louhan cencu modern terlihat lebih indah dan sempurna yakni dengan mutiara yang menutupi badan sampai kepala dan pipi.


Jenis ini bila dikawinkan silang lagi maka dapat menghasil jenis lain seperti : Ikan Louhan Super Red Dragon (SRD), Blue Dragon, SRM (Super Red Magma) dan masih banyak varian lainnya.


2. Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)




Jenis satu ini berasal dari Thailand yang merupakan keturunan dari louhan cencu. Dengan ciri-ciri ekor renggang dan warna merah pekat yang khas pada setengah tubuhnya serta jenong besar namun mutiara yang tidak terlalu terlihat.

Jenis ikan louhan srd mempunyai dua jenis berdasarkan asalnya yaitu ikan louhan SRD lokal dan louhan SRD thailand. Tentu saja dari segi harga berbeda, dimana louhan SRD Thailand lebih mahal dibandingkan louhan SRD lokal.

Adapun perbedaan antara Ikan Louhan SRD Thailand dan Ikan Louhan SRD Lokal :
Louhan SRD ThailandLouhan SRD Lokal
Mempunyai panduan warna merah dan kuning yang lebih dominanMempunyai perpaduan warna merah dan silver campur putih. 
jenong lebih besar dan berwarna merahJenong dan ukuran tubuh lebih kecil
pada tubuhnya ada bintik hitam pekat serta terlihat jelas
warna merah dengan mutiara pada bagian atas.


3. Ikan Louhan SRM (Super Red Magma)




Sebenarnya ikan louhan SRM hampir mirip dengan louhan SRD, namun jenis SRM mempunyai jenong cenderung lebih besar dan mutiara lebih sempurna dibandingkan louhan SRD. Bisa dikatakan jenis ini merupakan hasil perkawinan dari louhan SRD.

Biasanya jenis ini mempunyai tiga warna, yakni merah pada kepala, hitam pada badannya dan ekor serta sirip atas bawah berbentuk pola. Lalu warna putih meyebar diseluruh tubuh.


Ikan louhan SRM mempunyai warna merah yang lebih dominan di setengah badan hingga kepalanya.


4. Ikan Louhan Kamfa (Chinghwa)




Louhan kamfa merupakan spesies hybrid yang lahir sekitar tahun 2000/2001 dan merupakan hasil perkawinan antara jenis Flowerhorn dengan Parrot Cichlid atau dengan Genus Vieja.

Dari perkawinan silang tersebut menghasilkan varian baru dengan ciri jenong tambah besar, mata cekung, sirip menutup, mulut pendek.

Ciri-ciri Ikan Louhan Kamfa :

  • Tidak ada marking pada kepalanya. 
  • Adanya sirip serta ekor yang keras dan kaku. 
  • Mulut atas dengan bawah rata serta tertutup dengan bibir lebih tipis.
  • Mata cekung dengan warna putih atau kuning.


5. Ikan Louhan King Kamfa




Louhan king kamfa adalah jenis louhan kamda breeder Thailand yang dijuluki King karena kualitasnya yang super. Dengan jenong yang lebih besar dari varian kamfa, selain itu mutiara pada badannya lebih banyak serta lebih rapi yang cenderung berwarna merah. Pada tubuhnya hampir tertutup warna silver dikarenakan corak mutiara yang rapat.

Dan kelebihan inilah Ikan Louhan King Kamfa dijuluki ikan louhan termahal di Dunia dengan kualitas super.


6. Ikan Louhan Golden Base (Faders)




Ikan louhan jenis ini mempunyai keunikan yang khas dibandingkan jenis lainnya. Sekilas louhan golden base mirip dengan jenis louhan lainnya, namun ada perbedaan yang khas dari golden base ini.

Louhan golden base tidak mempunyai marking layaknya jenis louhan lainnya. Bisa dibilang jenis ini adalah louhan free marking dan tidak adanya warna hitam pada badannya.

Jenis ini merupakan hasil persilangan dari ikan louhab Midas Chichlid (Amphilophus Citrinelus) dengan Red Devil Chichlid ( Amphilophus Labiatus).

Catatan :

Semua jenis louhan yang bermutasi (faders), entah itu Cencu, Kamfa atau jenis lainnya dinamakan Ikan Louhan Golden Base.


7. Ikan Louhan Kamalau (Golden Monkey)




Louhan Jenis Kamalau dilahirkan di Malaysia oleh Mr. Lam Seah dan Lan Soon. Ikan louhan kamalau mulai diperkenalkan pada tahun 2001 dan pada masa kejayaannya jenis ini dibandrol dengan harga yang cukup fantastis.

Louhan kamalau juga sering disebut golden monkey, hal ini dikarenakan bentuk wajahnya menyerupai monyet dengan tubuh yang terlihat berisi.

Namun jenis ini sudah sangat jarang ditemukan, dan bila ada pastinya harga sangat mahal.


8. Ikan Louhan Red Texas




Jenis satu ini merupakan hasil perkawinan silang antara louhan Green Texas Chichlid jantan dengan louhan Kingkong Parrots betina. Ikan louhan red texas sama dengan louhan golden base, yakni mengalami mutasi dengan kualitas sebagai penetunya.

Ada beberapa tingkatan pada Ikan Louhan Red Texas, seperti :

  • Mutasi : tingkatan paling dasar/rendah
  • Warna kuning : tingkatan diatas mutasi (terendah kedua) 
  • Warna orange : tingkatan lebih bagus (kebanyakan jenis red texas ada pada tingkatan ini)
  • Warna coral : tingkatan tertinggi kedua
  • Warna merah : tingkatan tertinggi dari Red Texas


9. Ikan Louhan Thai Silk




Jenis ikan louhan satu ini merupakan jenis mutiara yang rapat. Dimana di semua bagian tubuhnya diselimuti mutiara. Semakin penuh mutiara pada badan louhan thai silk, maka semakin mahal pula harganya.

Sesuai dengan namanya jenis ini berasal dari negara Thailand. Jika diamati dari kejauhan louhan thai silk tampak berwarna silver keputihan.

Adapun ciri khusus yang khas dari louhan thai silk yaitu memiliki warna merah dengan warna silver pada seluruh tubuhnya, tak terkecuali pada sirip siripnya.


10. Ikan Louhan Bonsai




Sama seperti namanya, ikan louhan bonsai mempunyai bentuk tubuh yang bulat, pendek serta bantet. Hal ini dikarenakan adanya kelainan genetik saat lahir.

Meski cenderung bantet namun jenong louhan bonsai cukup besar dengan berbagai macam warna, misalnya kuning, silver, merah, hijau dan putih. Selain itu pada bagian bbelakang badannya terdarpat lekukan dengan perbandingan yang ideal 1 : 1 mulai dari mulut hingga pangkal ekor.


11. Ikan Louhan Strom




Mungkin jenis ikan louhan strom masih cukup asing ditelinga kita.  Jenis satu ini merupakan hasil budidaya pecinta ikan hias di negara Thailand. Adapun ciri khas dari ikan louhan strom yang memiliki tiga corak warna yakni biru, silver dan merah.

Karena keunikan warna inilah jenis ini sangat diminati walaupun harganya tergolong cukup mahal. Saat dewasa harga ikan louhan strom dapat mencapai Rp. 2.500.000,-.

Itulah beberapa jenis ikan louhan yang paling diminati para pecinta ikan hias. Sebenarnya masih banyak jenis lainnya yang ada di dunia dan mungkin akan mimin bahas pada lain waktu. 





Related Posts: