10 Makanan Terbaik Ikan Arwana Biar Cepat Besar


Makanan ikan arwana - Pakan merupakan faktor yang paling penting untuk pertumbuhan bibit arwana. Tak heran banyak pecinta ikan hias yang memberikan makanan khusus agar ikan kesayangannya cepat besar.

Selain itu makanan juga mempengaruhi warna pada ikan arwana. Salah memberikan pakan dapat mengakibatkan warna menjadi pudar.

Untuk itu anda diharuskan memberikan makanan yang tepat untuk arwana peliharaan anda.


Lalu apa makanan yang cocok untuk ikan  arwana? 

Apa perbedaan pakan Arwana anakan dengan Arwana dewasa? 

Setiap jenis ikan arwana tentu berbeda-beda makanannya, mulai dari anakan arwana, dewasa dan juga yang berfungsi untuk mencerahkan warna tubuh.

Dibawah ini beberapa makanan ikan arwana dengan kegunaan masing-masing :



Makanan Ikan Arwana Biar Cepat Besar



Saat memelihara ikan arwana, tentu anda menginginkan ikan peliharaan tersebut cepat besar bukan? Untuk itu diperlukan pakan yang tepat dan bernutrisi tinggi agar ikan dapat tumbuh dengan cepat. Hal tersebut merupakan bagian dari cara memelihara ikan arwana.

Apa saja itu?

Makanan apa yang bagus?

1. Katak / Anakan Kodok

Katak merupakan pakan yang mempunyai kandungan gizi baik untuk pertumbuhan dengan kadungan protein dan lemak yang tinggi. Sehingga katak sering digunakan para pecinta ikan hias sebagai makanan ikan arwana biar cepat besar.

Namun perlu diingat pemberian pakan berupa katak tidak boleh terlalu banyak. Pemberian daging katak yang terlalu banyak dapat membuat warna sisik arwana terlihat pucat.

2. Kecoa Pasir


Meski terkesan menjijihkan namun kecoa punya kandungan gizi yang cukup tinggi loh! Bahkan zat terkandung pada kecoa konon dapat meningkatkan nafsu makan ikan arwana.

Kecoa yang kita gunakan bukanlah kecoa yang sering kita temukan dirumah, namun kecoa yang hidup dipasir disekitaran rumah. Namun sebenarnya kecoa rumah juga dapat anda gunakan bila tidak merasa jijih.

Namun terkadang ada ikan arwana yang tidak mau makan. Tapi mengingat kandungan Protein yang tinggi, anda bisa mencobanya secara rutin agar anakan arwana cepat besar.

3. Cacing Sutra

Satu lagi makanan arwana yang baik untuk pertumbuhan. Bentuknya yang kecil dan mudah dicerna, sehingga sangat cocok untuk makanan ikan arwana kecil.

Mengingat banyaknya manfaat yang ada pada cacing sutra, pakan satu ini sangat bagus untuk mempercepat pertumbuhan arwana kecil. Anda dapat membudidayakan cacing sutra sendiri, Namun bila tidak ingin repot bisa membeli di toko pakan ikan.

4. Pelet

Umpan satu ini pasti anda sudah tidak asing lagi bukan? Pelet merupakan umpan buatan yang mempunyai kandungan gizi cukup lengkap. Tidak hanya ikan arwana, jenis ikan lain juga menyukai makanan berupa pelet.

Meskipun ikan arwana lebih suka memakan pakan alami, namun tidak ada salahnya bila sesekali memberikan pakan buatan. Selian nutrisi pelet yang lengkap, pakan buatan juga dapat dijadikan alternatif bila tidak ada makanan arwana alami.



Makanan Ikan Arwana untuk Mencerahkan Sisik




1. Jangkrik

Apa bisa jangkrik mencerahkan kulit ikan arwana? Bener banget sob, selain kandungan gizi yang lengkap, jangkrik juga mengandung beta caroten yang akan mencerahkan sisik.

Mengingat kandungan protein yang tinggi jangkrik juga baik untuk pertumbuhan anakan arwana. Namun perlu diingat, sebaiknya buang kaki jangkrik terlebih dahulu agar tidak mengganggu pencernaan.

2. Udang

Sama seperti jangkrik, udang juga punya kandungan gizi yang bagus untuk pertumbuhan serta cepat mencerahkan kulit. Anda dapat memberikan udang, baik itu hidup maupun beku. Agar tidak mengganggu pencernaan, sebainya buang bagian sungut yang tajam.

3. Kelabang

Guna mendukung pertumbuhan, anda dapat menggunakan pakan berupa kelabang. Tidak hanya itu, ternyata kelabang juga dapat meningkatkan warna pada tubuh ikan arwana.

Namun tidak disarankan memberikan kelabang terlalu sering. Sebaiknya gunakan kelabang sebagai selingan saja.


Makanan Arwana Agar Cepat Agresif



Salah satu ciri ikan arwana yang berkualitas adalah mempunyai sifat agresif sehingga dapat meningkatkan harga jualnya. Dan ternyata sifat tersebut dapat kita latih loh! Agar arwana tudak malas-malasan, kalian dapat memasukan anakan ikan mas kedalam aquarium.

Dengan demikian otomatis ikan arwana akan bergerak mengejar anakan mas untuk dimangsa. Namun ikan mas harus terhindar dari penyakit agar tidak menular ke arwana. Untuk dosisnya dapat anda berikan satu minggu sekali.


Makanan Untuk Ikan Arwana Anakan



jualo.com

Pakan untuk anakan arwana sedikit berbeda dengan dewasa. Makanan diharuskan yang mudah dicerna, seperti cacing darah dan plankton beku.

1. Cacing Darah

Agar kebutuhan nutrisi tercakupi sebaiknya berikan pakan yang tepat seperti cacing darah. Cacing darah dikenal cocok sebagai pakan yang baik untuk pertumbuhan anakan arwana. Dan sangat cocok untuk makanan arwana kecil ukuran 5 - 8 cm.

Anda dapat  mencarinya di got-hot saluran air didekat rumah. Namun bila tidak ingin repot kalian dapat membelinya di toko toko pakan terdekat. Agar cacing darah bisa lebih awet, simpan kedalam freezer.

2. Planton Kering Beku

Satu lagi pakan alami yang dapat anda gunakan yakni, plankton. Plankton sering kita temukan di kolam kolam dengan ciri-ciri air berwarna hijau. Kalian juga dapat membudidayakan / menumbuhkan plankton pada kolam sendiri dengan cara khusus, sehingga bisa menghemat biaya.

Itulah beberapa makanan arwana yang dapat anda gunakan agar cepat besar dan mencerahkan sisik ikan arwana. Semoga bisa bermanfaat. Bila artikel diatas dirasa bermanfaat silakan bagikan ke teman anda. Sekian dari mimin, Terima kasih. 





Related Posts: