Jangan Salah Pilih!! Ini Ciri-Ciri Ikan Louhan Kamfa Berkualitas Super


Ikan Louhan Kamfa - Lohan satu ini merupakan jenis ikan louhan tercantik dan paling mahal di Dunia. Buat para kolektor ikan pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis satu ini.

Namun untuk seorang pemula tentu masih bingung membekan jenis jenis ikan louhan. Tapi tenang sob kali ini mimin akan mengulas tentang ikan louhan kamfa.

Ikan louhan kamfa berasal dаrі negara Thailand. Dі negara aslinya, ikan louhan kamfa menjadi andalan ѕеbаgаі ikan louhan lomba dan penghias aquarium rumah.

ikan louhan kamfa

Ikan louhan kamfa memiliki corak yang cantik serta bentuk yanh unik. Hal inilah yanh membuat ikan louhan laris dipasaran.

Dulu saat sedang tenar tenarnya ikan louhan di Indonesia, harga perekor ikan louhan kamfa mencapai 10 juta rupiah.

Saat ini ikan louhan sering dijadikan ajang untuk lomba ikan hias tercantik. Dan ikan louhan satu ini sering menjadi juara utama. Namun untuk memilih ikan louhan kamfa yang berkualitas tentu tidak mudah.

Baca Juga : 9 Daftar Harga Ikan Louhan Golden Base Terbaru


Ada banyak kriteria yang harus anda ketahui saat memilih ikan louhan terbaik dan berkualias. Untuk itu anda dituntut pintar pintar memilih ikan louhan.

Apa ciri - ciri ikan louhan kamfa yang berkualitas?


Berikut Tips Memilih Anankan Ikan Louhan Kamfa yang Berkualitas bagus


1. Perhatikan Bentuk Tubuh Ikan Louhan Kamfa

Lahkah pertama dalam memilih ikan louhan kamfa berkualitas dalah dengan melihat bentuk tubuhnya.

Bentuk tubuh ikan louhan kamfa yang bagus adalah persegi dan lebih panjang dari anakan louhan pada umumnya. Selain itu ukuran siripnya lebih panjang serta melebar.

2. Perhatikan Warna Mata Ikan Louhan Kamfa

Warna mata ikan louhan yang berkualitas biasanya kuning keputihan. Selian itu ada juga mata ikan louhan kamfa yang berwarna merah terang. Bentuk mata ikan louhan kamfa kecil yang bagus cenderung cekung kedalam.

3. Bibir Ikan Louhan Kamfa

ikan louhan kamfa

Ciri bibir ikam louhan kamfa yang berkualitas dapat dilihat dari bibirnya, louhan kamfa memiliki bentuk bibir yang rata, yakni bagian bawah dan atas sama sama besar. Berbeda dengan ikan louhan pada umumnya yang mempunyai bibir bawah lebih besar.

4. Corak Warna Ikan Louhan Kamfa

Louhan kamfa yang berkualitas juga dapat dilihat dari ukuran sisiknya. Biasanya ukuran sisik louhan kamfa lebih besar dibandingkan jenis lainnya.

Besar kecilnya sisik pada ikan louhan juga sangat mempengaruhi harga jualnya. Sedangkan pola coraknya mirip seperti bunga dengan ukuran besar dan terlihat rapi.

Baca Juga : 12 Daftar Harga Ikan Louhan SRD Terbaru

5. Warna Ikan Louhan Kamfa

Warna dasar ikan louhan kamfa anakan adalah putih kekuningan. Louhan jenis ini memiliki warna yang sama deng Louhan Cencu.

Namun ciri khas dari louhan Cencu adalah warna merah mulai dari kepala hingga ekor dan pada saat dewasa berubah menjadi merah kekuningan.


Mengenal Kamfa F0, F1, F2, F3


Biasanya para penjual Ikan Louhan menjual produknya dengan label kamfa F1, F2 dan F3.

Apa sih yang dimaksud Kamfa F1, F2 dan F3 itu?

Ok sob kita bahas satu persatu ya!!

Penjelasan F0, F1, F2 dan F3 :

  1. F adalah singkatan dari Filial
  2. F0 adalah ikan louhan yang ditangkap di alam liar. Tentu ikan louhan kamfa tidak ada di alam liar karena jenis ini merupakan hibrid (campur tangan manusia).
  3. F1 adalah First Filial Generation atau biasa disebut garis keturunan pertama dari persilangan louhan. Artinya F1 adalah hasil persilangan Kamfa A dan kamfa B yang tidak memiliki hubungan darah. Adapun tujuan dari persilangan tersebut agar dapat menggabungkan sifat ungul dari kamfa A dan kamfa B.
  4. F2 adalah Second Filial Generation yang artinya generasi kedua. Kamfa F2 merupakan hasil perkawinan antara anakan F1 dengan anakan F1. Bisa juga perkawinan dari Indukan F0 dengan anakan F1 sehingga menghasilkan kamfa F2. Tujuannya tentu agar kualitas anakan lebih unggul karena mewarisi sifat unggul kedua induk tersebut. Namun hasil perkawinan tersebut sangat rentan kematian atau cacat karena merupakan perkawinan sedarah.
  5. F3 dapat diartikan sebagai generasi ketiga. F3 dihasilkan dari persilangan antara F1 dengan F2 atau bisa juga F0 dengan F2. Tujuannya sebenarnya sama dengan F1 dan F2 yakni agar menghasilkan anakan yang lebih unggul.


Kesimpulan (penjelasn lebih singkat) :

  • F1 : Persilangan antara kamfa A dengan Kamfa B
  • F2 : Persilangan antara anakan F1 dengan anakan F1.
  • F3 : Persilangan antara F1 dengan anakan F2.



Jenis Jenis Ikan Louhan Kamfa


ikan louhan kamfa

1. Ikan Louhan King Kamfa

Ternyata Ikan Louhan Kamfa masih dibagi menjadi beberapa jenis loh!! Masing masing jenis tentu memiliki kelebihan masing masing.

Ikan louhan King Kamfa adalah jenis ikan louhan termahal di Dunia. Adapun ciri ciri dari louhan kamfa, seperti jenong besar, cenderung berwarna merah, terdapat bintik mutiara di tubuhnya.

Dan perlu kalian tahu ciri ciri tersebut merupakan ciri ikan louhan sempurna dan beekualitas super. Jadi wajar saja bila harga louhan king kamfa sangat mahal.

Dipasaran ikan louhan dewasa jenis ini dibandrol dengan harga kisaran Rp. 4.500.000,- per ekor.

2. Ikan Louhan Kamfa Klasik

Kamfa Klasik mempunyai ciri khas tersendiri yakni adanya dua warna yang berbeda pada tubuhnya. Jenis ini berwarna merah mulai dari kepala hingga tengah tubuhnya. Sedangkan mulai dari tengah tubuhnya hingga ekor berwarna silver keputihan.

Namun ada juga kamfa klasik yang nerwarna merah dan kuning. Jenis ini juga memiliki pola mutiara mulai dari tengah tubuh sampai ekor.

Dipasaran ikan louhan dewasa jenis ini dibandrol dengan harga kisaran Rp. 3.000.000,- per ekor.

3. Ikan Louhan Kamfa Modern

Sebenarnya kamfa modern tidak jauh berbeda dengan kamfa klasik. Yang membedakan adalah jenong louhan kamfa modern lebih kecil dibadingkan kamfa klasik.

Namun jangan salah, louhan kamfa modern ternyata lebih mahal dibandigkan kamfa klasik. Hal ini disebabkan kamfa modern terholong langka. Selain itu corak warna kamfa modern merukan yang tercantik dari jenis lainnya.

Benar saja ikan louhan kamfa modern dibandrol dengan harga Rp. 4.000.000,- per ekor.

4. Ikan Louhan Kamfa Thailand

Dari namanya saja sudah sangat jelas, louhan satu ini memang berasal dari negara Thailand. Louhan jenis ini merupakan hasil kawin silang antara louhan kamfa dengan louhan cencu.

Ciri yang paling khas dari jenis ini adalah tubunya berwarna merah pudar dan memiliki sisik warna hitam. Louhan satu ini dibanrol kisaran Rp. 2.000.000,-.


Daftar Harga Ikan Louhan Kamfa Terbaru


Jenis Ikan Louhan KamfaHarga/Ekor
Ikan Louhan King Kamfa AnakanRp 600.000
Ikan Louhan King Kamfa Dewasa
Rp 4.500.000
Ikan Louhan Kamfa Klasik Anakan
Rp 400.000
Ikan Louhan Kamfa Klasik Dewasa
Rp 3.000.000
Ikan Louhan Kamfa Modern Anakan
Rp 500.000
Ikan Louhan Kamfa Modern Dewasa
Rp 4.000.000
Ikan Louhan Kamfa Thailand Anakan
Rp 200.000
Ikan Louhan Kamfa Thailand Dewasa
Rp 2.500.000
Gimana? Tertarik untul membeli ikan louhan tersebut?

Cukup sampai disini penjelasa dari mimin mengenai ikan louhan kamfa. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan mebantu kita saat memilih ikan louhan.





Related Posts: