Inilah!! 5 Jenis Ikan Koi Blitar Terindah & Paling Dicari


Jenis - jenis Ikan Koi Blitar - Buat pecinta ikan hias tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis satu ini. Sejak dulu ikan koi sudah dijadikan sebagai penghias rumah, entah itu di kolam maupun aquarium. Di negara asalnya jepang, ikan satu ini dilambangkan sebagai simbol kekuasaan dan kekayaan buat pemiliknya pada zaman kekaisaran jepang.

Ikan ini  masuk ke Indonesia pada zaman Presiden Soeharto, kala itu ikan koi diberikan sebagai cinderamata oleh kaisar Akihito.  Pada tahun 1962 Kaisar Akihito (kala itu masih menjadi pangeran) mengunjungi Indonesia (Bogor). Disana ia dan putri Michoko melihat ikan emas lalu berniat menyilangkan ikan emas dengan ikan karper (koi).

bibit ikan koi blitar

Dan ternyata hasilnya cukup bagus karena menghasilkan ikan koi dengan warna yang menarik. Untuk itu Kaisar Akihito membawa kembali hasil persilangan tersebut ke Indonesia.

Apa Itu Ikan Koi Blitar?? Apa juga Keistimewaan Koi Blitar??

Kenapa diberi nama Ikan Koi Blitar?? karena memang ikan ini berasal dari Kota Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Namun perlu anda ketahui, Koi Blitar bukanlah jenis baru atau hasil persilangan Ya!!

Ikan Koi Blitar sebenarnya, jenis yang masih murni asal Jepang, namun dibudidayakan para petani di Blitar.

Baca Juga : Tahukah Anda?? Ikan Koi Termahal Di Dunia Juga dari Indonesia Loh!!

Tapi jangan salah!! dari segi kualitas Ikan Koi Blitar tetap Super loh!! Hal tersebut dikarenakan para petani Koi disana selalu menjaga kualitas dari keturunannya. Karena itulah ikan koi blitar banyak dicari para kolektor ikan hias.

Guna menjaga kualitas yang unggul, para petani koi di Blitar sangatlah teliti dan selektif. Sebelum melakukan persilangan mereka sangat selektif dalam memilih indukan yang berkualitas.

Pada saat bibit atau anakan ikan koi berumur 1 - 2 bulan, petani disana akan melakukan penyortiran hingga 5 - 6 kali, karena itulah Jenis ikan koi asal Blitar sangat berkelas dan diakui dunia International. Hebatnya lagi mereka akan membuat ikan koi kualitas jelek sebagai pakan lele, "mereka berfikir bahwa memelihara ikan koi dengan kualitas jelek hanya buang buang waktu dan biaya saja".

Dari berbagai Jenis - jenis Ikan Koi Blitar, ada beberapa jenis yang menurut mimin paling indah. Jenis tersebut juga paling banyak dicari para kolektor ikan koi.

Jenis apa sajakah Itu??

1. Ikan Koi Blitar – Tancho


ikan koi tancho

Ikan koi blitar pertama yang memiliki corak indah adalah jenis koi Tancho. Jenis ini memiliki warna putih bersih pada seluruh tubuhnya, hanya saja ada ikan ini memiliki ciri khas dengan lingkaran merah di atas kepalanya.

Jenis Koi Tancho juga memiliki beberapa varietas, seperti Koi Tancho Kohaku, Koi Tancho Sanken dan Koi Tancho Showa. Dari segi harga koi tancho tergolong tidak terlalu mahal.

Untuk informasi tentang harga ikan koi blitar lebih lengkap bisa lihat di [Terlengkap] Harga Bibit & Induk Ikan Koi Blitar Semua Jenis

2. Ikan Koi Blitar - Shiro Bekko


ikan koi blitar shiro bekko

Sebenarnya Shiro Bekko masih satu keluarga dengan Taisho-Sanke. Jenis ini memiliki warna dasar dari perpaduan putih, merah dan kuning. Selain itu ada juga warna hitam yang menghiasi di antara warna-warna tersebut.

Jenis Koi Bekko juga memiliki beberapa varietas, misalnya Shiro-Bekko, Ki-Bekko, Aka-Bekko dan Bekko-Doitsu. Dari masing masing varietas tentu mempunyai ciri khas tersendiri. Misalnya Shiro Bekko, koi ini tidak memiliki warna merah, namun dengan garis hitam sebagai penghias tubuhnya yang putih.

3. Ikan Koi Blitar – Asagi


ikan koi blitar asagi

Memang ikan koi memiliki perpaduan warna yang beragam, itulah kelebihan dari ikan ini. Kombinasi warna warni yang cantik akan menambah keindahannya. Dan salah satu jenis ikan koi Blitar terindah adalah Koi Blitar Asagi.

Baca Juga : Cara Memilih Ikan Koi Berkualitas untuk Kontes dan Hias

Ciri khas dari Ikan Koi Asagi adalah pola warna biru pada bagian belakang tubuhnya ditambah kombinasi warna merah-orange pada sirip dan perut. Ikan koi blitar satu ini mempunyai harga yang cukup mahal. Tapi mahalnya harga koi Asagi, sangatlah sebanding dengan kualitasnya. Saat masih anakan saja, koi asagi sudah melalui penyortiran yang sangat ketat ditambah lagi perawatannya yang spesial.

4. Ikan Koi Blitar – Shusui


ikan koi blitar shusui

Ikan koi blitar jenis Shusui merupakan keturunan dari spesies Koi Asagi. Bedanya pada koi Asagi memiliki warna jaring biru pada sisik dorsalnya. Untuk itu sebaiknya anda lebih selektif lagi saat memilih. Karena keunikannya ikan koi jenis satu ini memiliki harga yang cukup mahal.

5. Ikan Koi Blitar - Kawarimono


ikan koi blitar kawarimono

Ikan koi blitar Terindah pilihan ReelMancing terakhir adalah jenis Kawarimono. Sama seperti jenis koi lainnya, Kawarimono juga memiliki beberapa varietas, diantaranya Karasugoi (Dark Koi), Kigoi (Yellow Koi), Chagoi (Brown Koi), Matsuba dan Midorigoi (Green Koi). Dari setiap varietasnya memiliki ciri khas masing masing.

Karasugoi memiliki badan yang lebih gelap jenis Magoi.
Kigoi memiliki badan berwarna kuning.
Chagoi memiliki badan yang berwarna coklat.
Matsubagoi merupakan jenis ikan koi yang seluruh sisiknya berwarna cerah.
Midorigoi merupakan nama untuk koi jerman yang memiliki sisik berwarna hijau kekuningan.





Related Posts: