7 Ikan Hias Predator Air Tawar Terganas Tapi Cantik


Ikan Hias Predator - Ikan Hias memang sangat cocok dipelihara untuk menghiasi rumah anda. Warnanya yang cantik, indah serta bentuknya yang lucu menjadi keunikan tersendiri buat pecinta ikan hias.

Namun banyak juga pecinta ikan hias yang menyukai ikan yang berwajah sangar dan menyeramkan, seperti ikan predator.

Sifatnya yang agresif saat memangsa dan mengejar ikan ikan kecil menjadi daya tarik tersendiri buat kolektor ikan hias.

Baca Juga : Inilah!! 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Murah tapi Cantik

Saat anda memutuskan untuk memelihara ikan hias predator, langkah pertama yang harus dipenuhi adalah aquarium dengan ukuran besar. Kenapa? Karena saat dewasa ikan ini bisa berukuran cukup besar.

Apa Saja Jenis Ikan Hias Predator yang Cantik dan Cocok dipelihara di Aquarium?

1. Ikan Oscar


ikan oscar

Oscar merupakan salah satu jenis ikan predator yang habitat aslinya du Amerika Selatan. Ikan ini cukup populer dikalangan pecinta ikan predator. Tapi, perlu diingat jenis ini sangat rakus saat makan, jadi sebaiknya sediakan pakan yang cukup ya!! Dari segi ukuran, ikan oscar dilaporkan dapat tumbuh hingga 45 cm.

2. Ikan Catfish


ikan catfish

Catfish merupakan ikan sejenis lele yang berasal dari Amerika. Hanya saja, catfish memiliki corak warna yang lebih cantik dibandingkan ikan lele.  Ikan ini mampu tumbuh hingga ukuran 1,5 meter. Jadi bila anda memelihara menggunakan aquarium, sebaiknya siapkan ukuran yang besar Ya!!

Sebenarnya Casfish termasuk golong omnivora, namun dia akan lebih suka memangsa ikan-ikan kecil atau serangga kecil.

3. Ikan Toman


ikan toman hias

Ikan toman adalah jenis ikan predator air tawar dari keluarga Snakehead. Habitat toman yaitu sungai maupun danau. Meski sifatnya sangat agresif dan memiliki tampang yang menyeramkan, ikan toman banyak diperlihara sebagai ikan hias aquarium.

Apa sih Perbedaan Ikan Gabus dengan Ikan Toman

Sekilas bentuknya mirip sekali dengan ikan gabus, hanya saja ikan toman memiki corak yang lebih indah. Corak warna yang cantik serta sifatnya yang ganas saat memangsa ikan-ikan kecil jadi kelebihan tersendiri dimata pecinta ikan toman hias.

4. Ikan Arwana


ikan arwana

Ikan Arwana merupakan salah satu jenis ikan hias predator yang paling banyak peminatnya. Bahkan beberapa tahun yang lalu, ikan arwana sempat berada dipuncak kejayaan dengan harga jual puluhan kali dari harga saat ini.

Ikan arwana memiliki corak serta warna yang variatif. Bentuk tubuhnya yang terlihat kekar dan elegan menambah daya tarik tersendiri. Dibalik gerakan tubuh yang lambat, ikan ini ternyata sangat agresif dan rakus saat menyambar umpan.

Berapa sih Harga Ikan Arwana? Bagaimana Cara Merawat Ikan Arwana?

Pertanyaan diatas sering sekali dilontarkan pemula yang belum pernah memelihara ikan arwana. Untuk lebih jelasnya bisa cek pada link diatas.

5. Ikan Tiger Fish


ikan tiger fish

Tiger Fish merupakan ikan predator hias yang berasal dari benua Afrika. Ikan ini menyebar luas di Afrika dan merupakan pemakan daging atau karnivora. Ikan ini pernah ditemukan dengan ukuran 50 kg.

Ciri khas dari Ikan Tiger Fish adalah predator menakutkan dengan, gigi besar tajam. Dalam berburu mangsa Ikan ini selalu berkelompok, bahkan di alam liar mereka sering memangsa hewan besar.

Ngeri juga Ya!!

6. Ikan Peacock Bass (Pbass)


Ikan pbass

Ikan berwajah seram ini memiliki habitat asli di sungai Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini mampu tumbuh hingga ukuran 50 cm lebih. Predator satu ini mempunyai nafsu makan yang besar dan gerakan yang gesit saat menangkap mangsanya.

Dibalik wajahnya yang seram dan ganas, ikan ini memiliki corak warna yang cukup indah, Jadi bisa dijadikan peliharaan aquarium anda. Di Dunia ikan Pbass memiliki sekitar 15 jenis dengan corak warna yang indah.

7. Ikan Pike Livebearer


ikan livebearer

Pike livebearer atau pike killi fish (Belonesox belizanus) berasal dari sungai di Amerika Tengah yang meliputi Nicaragua, Guatemala, Honduras dan El Salvador.

Sebanarnya ikan ini merupakan kerabat dekat dengan ikan molly, ikan guppy dan swordtail. Hanya saja sifatnya yang berbeda, Pike livebearer lebih cenderung pemakan daging (predator). Ikan ini mampu tumbuh dengan panjang maksimal 20 cm.





Related Posts: