Inilah!! 7 Jenis Ikan Hias Air Laut Termahal Di Dunia



Ikan Hias Air Laut Termahal - Pada dasarnya ikan hias dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yakni ikan hias air tawar dan air laut. Dari setiap jenisnya memiliki cara perawatan yang berbeda-beda sesuai karakter masing-masing ikan.

Dibandingkan Ikan Air Tawar, Memelihara ikan hias air laut tergolong lebih susah dan rumit. Selain itu dari segi harga juga lebih mahal, hal tersebut dikarenakan sulitnya memperoleh jenis ikan hias satu ini. Faktor kelangkaan juga turut andil akan melonjaknya harga jual ikan hias air laut.

Baca Juga : 7 Ikan Hias Air Tawar Terganas tapi Cantik

Ada beberapa jenis ikan hias yang sangat populer di Dunia dengan harga yang sangat variatif, bahkan ada yang dihargai sangat tinggi hingga ratusan juta.

Apa Saja Jenis Ikan Hias Air Laut Termahal di Dunia?

7. Ikan Clarion Angelfish
Clarion Angelfish

Ikan hias satu ini merupakan ikan endemik di Pantai Pasifik Meksiko, lebih tepatnya di Kepulauan Revillagigedo sekitar pulau terpencil yang bernama Cipperton. Meski ukurannya terbiang kecil, tapi jens ini sangat cantik dan menarik. Tak khayal bila banyak kolektor ikan hias yang mengincarnya. Tapi, tidak semudah itu untuk memelihara Clarion Angelfish. Selain harganya yang mahal, yakni kisaran Rp. 30 juta, anda juga harus memiliki surat ijin dari pemerintah Meksiko.

6. Ikan Wrought Iron Butterflyfish
Wrought Iron Butterflyfish

Jenis satu ini banyak ditemukan di perairan Jepang. Memang ukurannya tergolong mungil, yang hanya sekitar 6 inchi saja. Tapi jangan salah,   Wrought Iron Butterflyfish di bandrol kisaran Rp. 32 juta-an. Warnanya yang cantik dan corak menarik menabah nilai jual Wrought Iron Butterflyfish, tidak hanya itu gerakannya juga sangat menarik dan lincah.

Baca Juga : 10 Ikan Hias Air Tawar Tercantik dan Suka Bergerombol
5. Ikan Australian Flathead Perch
Australian Flathead Perch

Australian Flathead Perch merupakan ikan yang suka bersembunyi di celah karang, sifat tersebutlah yang membuat ikan ini sangat sulit ditangkap. Bahkan kabarnya ikan ini hanya keluar saat mencari makan saja. Jadi untuk menangkapnya diharuskan menyelam ke dasar laut. Dengan kesulitan dan perjuangan saat menangkap ikan, wajar saja bila Australian Flathead Perch dihargai sangat mahal, yakni sekitar Rp. 60 Juta-an.

4. Ikan Neptune Grouper
Neptune Grouper

Satu lagi ikan hias yang berasal dari perairan dalam, meskipun terkadang Neptune Grouper juga sering terlihat diperairan yang sedikit dangkal.  Warnanya yang cantik dengan corak yang beragam membuat ikan ini dihargai semakin mahal.

Saat dewasa warna Neptune Grouper berubah merah kekuningan, padahal saat anakan warnanya kekuningan atau orange. Dipasaran ikan ini dibandrol kisaran Rp. 80 Juta-an.

3. Ikan Golden Basslet
Golden Basslet

Ikan hias satu ini banyak hidup diperairan Pasifik dan Atlantik. Namun Golden Basslet sangat sulit ditemukan karena sifatnya yang pemalu. Kebiasaan itu membuat ikan ini betah bersembunyi yang menjadi makin sulit ditemukan. Maka dari itu dibutuhkan peralatan khusus untuk menangkapnya. Hal itulah yang menjadikan Golden Basslet dibanrol sangat mahal, satu ekornya bisa mencapai Rp. 110 juta.

2. Ikan Bladefin Basslet
Bladefin Basslet

Ikan ini berasal dari perairan yang sangat dalam di Karibia. Meski corak dan warna ikan ini tergolong biasa saja, Tapi jangan salah!! Harganya setara Mobil baru loh.

Untuk Ikan hias Bladefin Basslet ini dijual dengan harga sangat mahal, satu ekor ikan hias satu ini dibandrol kisaran Rp. 133 Juta-an. Hal itu disebabkan sulitnya menangkap ikan perairan dalam tersebut dan harus menggunakan peralatan dan biaya yang mahal.

1. Ikan Pappermint Angel Fish
Pappermint Angel Fish

Salah satu ikan hias air laut yang termahal adalah Pappermint Angel Fish. Warnanya yang cantik ditambah bentuk yang unik membuat ikan hias satu ini dijual dengan harga yang mahal. Bayangkan saja, satu ekor ikan hias air laut ini dibandrol kisaran Rp. 400 juta rupiah.

Apa sih yang membuatnya begitu mahal?

Selain bentuk yang unik dan warna cantiknya, Ikan Pappermint Angel Fish hidup diperairan yang dalam dan bersembunyi di karang karang. Ditambah lagi jenis satu ini sudah sangat langka dan jarang ditemukan. Jadi wajar saja bila harganya sangat mahal.





Related Posts: