10 Jenis Ikan Hias Ini Mudah Dipelihara Meski Minim Oksigen


Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen - Memang memelihara ikan hias dengan aerator bisa menunjang kesehatan peliharaan anda. Dengan adanya aerator, sirkulasi oksigen dalam air akan lebih terjaga.

Namun, ada kalanya anda memelihara ikan hias pada aquarium mini yang dimaksudkan untuk mempercantik ruangan rumah anda.

ikan hias aquarium tanpa oksigen

Tidak mungkin rasanya bila memelihara ikan pada aquarium kecil menggunakan aerator.

Baca Juga : 10 Ikan Hias Kecil Air Tawar Tercantik dan Suka Bergerombol

Namun, tidak perlu khawatir!! Ada beberapa jenis ikan hias yang tetap sehat tanpa aerator loh!!

Apa saja Jenisnya?

Yuks, Simak!!

1. Ikan Platy


ikan hias aquarium tanpa oksigen

Selain bentuk dan coraknya yang cantik, ikan platy juga termasuk jenis ikan yang mudah dipelihara. Ikan ini juga tergolong mudah berkembangbiak dalam akuarium.

Baca Juga : 10 Ikan Hias Air Tawar Paling DiCari

Kebiasaan dan mudahnya beradaptasi menjadikan ikan ini mampu hidup dalam aquarium meski tanpa pompa oksigen sekalipun. Namun perlu anda ketahui, ikan platy memiliki kebiasaan berenang dipermukaan air dan tidak jarang melompat keluar aquarium.

2. Ikan Molly


ikan hias aquarium tanpa oksigen

Ikan ini dikalim masih satu keluarga dengan ikan palty dan memiliki banyak jenis. Ikan molly juga memiliki kebiasaan berenang di permukaan air, jadi sebaiknya beri penutup dengan sirkulasi udara yang cukup.

3. Ikan Cupang



ikan hias aquarium tanpa oksigen

Ikan cupang memang dikenal dengan ikan hias yang mudah sekali dipelihara. Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang baik sangat buat seorang pemula yang ingin memelihara ikan hias.

Tanpa adanya aerator (pompa oksigen) dan lampu, ikan cupang dapat tetap bertahan hidup dengan baik. Tidak hanya itu, ikan ini memiliki banyak jenis dengan corak warna yang cantik. Dari sisi fungsinya, ikan cupang dapat dibedakan menjadi 2 jenis yakni cupang hias dan cupang aduan.

4. Ikan Guppy


ikan hias aquarium tanpa oksigen

Ikan Guppy merupakan jenis ikan hias yang masih satu rumpun dengan ikan platy dan molly. Sekilas ikan ini mirip dengan ikan cupang, bedanya sirip belakang agak mekar. Namun ikan guppy bisa satukan dengan ikan lain, berbeda dengan cupang yang lebih baik satu ekor setiap aquariumnya.

6. Ikan Sapu - Sapu


ikan hias aquarium tanpa oksigen

Dari bentuknya, ikan sapu-sapu memang tidak menarik. Selain itu ikan ini juga tidak berenang kesana-sini, namun hanya menempel pada dinding aquarium. Biasanya mereka menambahkan ikan sapu-sapu sebagai tukang bersih-bersih dengan memakan sisa makanan maupun alga yang tumbuh.

7. Ikan Lele Hias


ikan hias aquarium tanpa oksigen

Sama seperti jenis lele lainnya, ikan ini memiliki ciri fisik memanjang, adanya kumis dengan mulut yang lebar. Bedanya warna tubuhnya lebih cantik dengan warna pink. Jadi sangat cocok untuk menghiasi sudut rumah anda.

8. Ikan Koki


ikan hias aquarium tanpa oksigen

Satu lagi jenis ikan yang bisa hidup meski tanpa pompa oksigen (aerator). Warna yang cantik serta bentuk yang unik menjadi nilai plus tersendiri buat pecinta ikan hias. Namun perlu digaris bawahi agar ikan mas koki tetap sehat sebaiknya lakukan penggantian air secara teratur.

9. Ikan Swordtail


ikan hias aquarium tanpa oksigen

Ikan yang lebih dikenal dengan nama ikan pedang ini bisa menjadi opsi pilihan. Seperti namanya, ikan ini memiliki bentuk seperti pedang, lebih tepatnya pada bagian ekor yang memanjang. Namun hanya ikan jantan saja yang memiliki bentuk ekor seperti itu.

10. Ikan Komet


ikan hias aquarium tanpa oksigen

Ikan komet sebenarnya masih satu keluarga dengan ikan koki. Jenis ini juga mampu bertahan hidup tanpa pompa oksigen. Hanya saja harus dipelihara dengan perhatian lebih, mulai dari kebersihan kolam, penggantian air secara teratur. Saran saya sih sebaiknya pelihara di kolam agar tidak rentan dari kematian.

Itulah ke - 10 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang dapat dipelihara tanpa oksigen (pompa oksigen). 





Related Posts: