5 Jenis Ikan Hias Pemakan Lumut Alga Air Laut dan Tawar



Ikan Hias Pemakan Lumut - Banyak para pecinta ikan hias yang menganggap lumut sebagai musuh. Padahal, anda tidak perlu membenci lumut yang tumbuh di Aquarium. Justru keberadaan lumut menandakan Aquarium anda normal dan sehat.

Keberadaan lumut juga bisa menjadi makanan buat ikan, Asalkan populasinya tidak berlebihan.

ikan hias pemakan lumut

Namun banyak yang merasa terganggu dengan adanya lumut di Akuarium. Ga perlu panik sob!! Ada beberapa opsi yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan pertumbuhan lumut. Dan cara tersebut terbilang sangat simple dan mudah.

Baca Juga : 10 Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

Bahkan tanpa memerlukan zat kimia anda dapat menekan pertumbuhan lumut.

Apa sih Penyebab Tumbuhnya Lumut/Alga  pada Aquarium?

Ada beberapa penyebab tumbuhnya lumut/alga pada Aqurium anda. Apa saja itu?

  • Pemberian pakan yang berlebihan "Pemberian pakan yang terlalu banyak akan meningkatkan kandungan ammonia dan phosfat, dimana zat tersebut dapat memicu pertumbuhan lumut".
  • Hindari menyalakan Lampu dalam waktu lama "Tanpa kita sadari ternyata menyalakan lampu terlalu lama akan membantu fasilitas fotosintesis bagi lumut, sehingga pertumbuhan lumut akan semakin ekstrim".
  • Penggantian Air tidak Teratur "Dengan mengganti air secara teratur akan membuang kelebihan nutrisi pertumbuhan lumut, adapun penggantian air aquarium idealnya 1 minggu sekali".
  • Penempatan Aquarium pada tempat Terbuka "Kenapa? dengan meletakan aquarium pada tempat terbuka dan terpapar matahari langsung akan memicu pesatnya pertumbuhan lumut".

Baca Juga : 10 Jenis Ikan Hias Air Laut yang bisa Hidup di Air Tawar

Apa Hal yang dapat kita lakukan untuk menekan pertumbuhan Lumut di Aquarium?

Cara Mengatasi Pertumbuhan Lumut yang Berlebihan :

  • Langkah awal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan mengelola paparan cahaya dan kandungan nitrat.
  • Mengganti air aquarium secara teratur.
  • Menyalakan Filter Aquarium minimal 6 jam sehari.
  • Menjaga Aquarium agar tidak langsung terpapar sinar matahari.
  • Memelihara ikan hias pemakan lumut.


Jenis-Jenis Ikan Hias Pembersih Kaca Aquarium (Pemakan Lumut/Alga)

Selain melakukan perawatan terhadap aquarium, ternyata ada juga loh cara simple untuk mengatasi pertumbuhan lumut. Hanya dengan memelihara ikan hias pemakan lumut/algae kaca aquarium anda bisa bersih dari lumut yang menempel.

Lalu Apa saja Jenis Ikan Hias yang Dapat digunkan untuk membersihkan Aquarium?

1. Ikan Hias Air Laut Jabing Glodok

ikan hias pemakan lumut

Ikan air laut satu ini gemar sekali memakan lumut, entah itu lumut coklat maupun lumut hijau. Bisa dibilang ikan ini sangat rajin memakan lumut, jangan sangat direkomendasikan untuk memelihara ikan jabing Glodok. Namun sangat disayangka, ikan ini meninggalkan kotoran yang cukup besar sehingga sebagian orang enggan memelihara ikan ini.

2. Ikan Hias Air Laut Kakatua


ikan hias pemakan lumut

Satu lagi ikan hias air laut yang gemar memakan lumut. Selain bentuknya yang unik dengan moncong seperti burung kakatua, ikan ini juga memiliki corak warna yang indah. Tidak hanya itu, ternyata ikan kakatua suka sekali memakan lumut terutama yang menempel di karang. Dengan kebiasaan tersebut, ikan hias air laut satu ini dapat dijadikan pembersih aquarium anda.

3. Ikan Hias Air Tawar Bristlenose Plecos

ikan hias pemakan lumut

Sekilas bentuknya mirip dengan ikan sapu-sapu, hanya saja ikan ini memiliki ukuran yang lebih kecil yakni sekitar 15 cm. Bristlenose Plecos biasa hidup dengan ikan jumbo dan agresif. Mulutnya yang besar mampu menghisap ganggang lebih banyak. Tapi sebaiknya tambahkan juga pelet ganggang agar kebutuhan pakannya terpenuhi.

Dari sisi perawatan juga tergolong mudah, hanya saja warnanya akan lebih gelap ketika umurnya lebih tua.

4. Ikan Hias Air Tawar Molly


ikan hias pemakan lumut

Ikan Hias Air Tawar yang Suka Bergerombol ini memang cukup digemari pecinta ikan hias. Warna serta bentuknya yang unik dapat menghiasi aquarium anda. Dan ternyata, selain bentuknya yang unik ikan molly juga suka memakan lumut. Jadi sangat cocok dipelihara sebagai pembersih kaca aquarium.

Mengingat bentuknya yang kecil, sebaiknya pelihara dalam jumlah yang banyak. Ikan tersebut juga akan terlihat menggemaskan saat berenang secara bergerombol.

5. Ikan Hias Air Tawar Twig Catfish

ikan hias pemakan lumut

Ikan bertubuh ramping ini dapat tumbuh hingga ukuran 20 cm. Warnanya yang coklat dapat menyamarkan tubuhnya pada aquarium yang sibuk. Jenis ini sangat menyukai mayoritas spesies alga yang ada. Namun untuk memenuhi kebutuhan makannya, sebaiknya beri tablet ganggang spirulina setiap 2 hingga 3 kali seminggu.





Related Posts: