Cara Membuat Soft Frog dari Lem Kaca/Silicon


Cara membuat Soft Frog dari Lem Kaca/Silicon - Ketemu lagi dengan mimin mas bro. Sebelumnya terima kasih sudah berkunjung. Kemarin mimin bahas tentang Cara Membuat Soft Frog dari Lateks/latek, dan kali ini masih dengan topik yang sama yaitu soft frog. Lebih tepatnya cara membuat soft frog dari lem kaca/silicon.

Sebenarnya cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan bahan lateks. Hanya saja saat membuat soft frog dari lem kaca harus lebih kreatif lagi. Bahan-bahannyapun tidak rumit dan mudah kalian dapatkan. Untuk cetakan soft frog kalian bisa membuatnya terlebih dahulu, menggunakan semen atau kayu.


Sedangkan lem kaca bisa anda dapatkan di toko material atau toko khusus.

Gimana sudah ada gambaran ??
Atau masih bingung ??

Tenang gan, mimin bakal share semua yang mimin bisa kok. Ga usah panjang lebar dan muter-muter, langsung saja simak.

Cara Membuat Soft Frog dari Lem Kaca/Silicon :

1. Pertama tentunya siapkan bahannya dulu kawan, berikut bahan yang diperlukan :

  • Lem Kaca
  • Rangkaian Double hook + Blade (sebaiknya gunakan hook no 3)
  • Cat (gunakan cat besi/kayu)
  • Cetakan/Mold
  • Minyak sayur
  • Pisau cutter
  • Wadah kecil/tatakan
  • Kawat
cetakan soft frog dari kayu

TIPS : Model cetakan untuk membuat Soft Frog dari bahan Lem kaca sebaiknya tanpa tusukan seperti saat menggunakan lateks. 
2. Ukuran cetakan disesuaikan dengan ukuran double hook atau sebaliknya.  Selain itu gunakan cat minimal 2 warna agar jump frog lebih bagus.

3. Setelah semua siap oleskan minyak goreng pada cetakan soft frog. Minyak goreng disini berfungsi agar nantinya soft frog tidak lengket.


4. Tuangkan sedikit lem kaca pada tatakan lalu oles lem kaca ke cetakan sedikit demi sedikit sampai merata. Pengolesan sebaiknya menggunakan tangan saja.

5. Biarkan lem yang menempel kering. Kalian bisa mempercepat pengeringan dengan cara menggunakan kipas angin. Setelah lem kering timpa lagi dengan lem kaca sampai merata lalu keringkan lagi.

6. Ulangi langkah tadi hingga ketebalan soft frog dirasa cukup. Setelah cukup tebal saatnya pemberian warna agar lebih menarik gan. Tuangkan lem kaca ke tatakan lalu tambahkan cat secukupnya. Kemudian aduk sampai merata. Kemudian oleskan ke cetakan tadi sedikit demi sedikit sampai warna terlihat jelas.

7. Setelah warna dasar soft frog jadi, selanjutnya buat motif dengan warna yang lain. Motif tersebut seperti mata dan corak lainnya. Keringkan soft frog kira-kira 30 menit.

8. Pastikan soft frog benar-benar kering lalu iris bagian bawah soft frog menggunakan pisau cutter. Iris mulai dari bawah mulut kurang lebih 2,5 cm sampai ke belakang mendekati lubang untuk masuk doble hook.

9. Pisahkan soft frog dari cetakan kemudian lem bagian bawah yang tadi anda iris dengan lem kaca juga.

10. Ambil rangkaian double hook diikat menggunakan kawat( kawat berfungsi untuk mempermudah memasukan double hook ke soft frog). Tusukan kawat ke soft frog dari bagian bawah sebelah belakang hingga menembus ke mulut di bagian depan.

double hook dan blade

11. Tarik kawat sampai double hook masuk setengahnya. Arah kail menghadap keatas. Selesai. Soft Frog siap digunakan.


Gimana gan sekarang sudah paham dan bisa kan??  Bila kalian ikuti step demi stepnya pasti bisa kawan. Semoga bermanfaat.

Bila masih bingung atau ada hal yang belum paham silakan tanyakan dikolom komentar. 





0 Response to "Cara Membuat Soft Frog dari Lem Kaca/Silicon"

Post a Comment